√ Kunci Jawaban Halaman 125, 126, 128, 129, 130 Tema 8 Kelas 5 Buku Siswa Tematik SD Pembelajaran 5 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 125, 126, 128, 129, 130 Tema 8 Kelas 5 Buku Siswa Tematik SD Pembelajaran 5

Kunci jawaban Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Kelas 5 halaman 125, 126, 128, 129, 130 subtema 3 Usaha Pelestarian Lingkungan pembelajaran 5 buku siswa tematik SD K13 revisi berikut ini kami sediakan untuk membantu dan mempermudah adik-adik dalam menjawab soal-soal pada buku pelajaran yang sulit yang mungkin belum bisa adik-adik temukan sendiri pada buku pelajaran. Kami tahu kalau sekarang ini adik-adik tengah sibuk mencari jawaban di internet untuk dipergunakan menjawab soal-soal yang ada pada buku yang menjadi tugas sekolah adik-adik. Dan tak hanya siswa saja, namun kami juga tahu jika para orang tuapun saat ini ada yang sibuk membantu anaknya mencari jawaban yang tepat untuk menjawab soal-soal tersebut.

Selain itu juga, kita sama-sama tahu jika sekarang ini siswa lebih disibukan dengan tugas-tugas sekolah. Hal tersebut tak lepas dari proses pembelajaran yang mana kita ketahui bahwa masih banyak sekolah yang harus menerapkan kegiatan belajar secara daring atau belajar dari rumah. Hal tersebut tentu akan berdampak kepada siswa. Siswa akan lebih banyak diberikan tugas oleh guru kelas, maupun guru mata pelajaran. Dan dimana tugas-tugas tersebut harus segera dikumpulkan kepada guru kelas untuk dikoreski dan diberikan nilai. Karena banyaknya tugas yang diberikan, maka tak heran jika kami masih menemukan ada siswa yang mengeluhkan hal tersebut.

Akan tetapi meskipun tugas yang adik-adik kerjakan cukup banyak dan merepotkan, tetap saja harus dikerjakan dan menjadi tanggung jawab adik-adik. Karena dengan tugas tersebut, guru bisa menilai keberhasilan pembelajaran dan kemampuan adik-adik dalam memahami materi yang ada. Maka dari itu kami hadir untuk memberikan jawaban terbaik kepada adik-adik. Dengan harapan dengan jawaban yang kami buat ini, adik-adik dapat terbantu menyelesaiakn tugas sekolah. Dan tentu tak sampai disitu saja, kami juga berharap dengan jawaban ini, adik-adik bisa meraih nilai yang bagus dan maksimal. Karena nilai yang adik-adik peroleh dari tugas sekolah juga akan sangat diperhitungkan dalam menentukan nilai akhir raport semester.

Pada artikel kami yang lalu, kami juga telah banyak memposting Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 yang kami yakini jawaban tersebut akan sangat membantu adik-adik dalam menyelesaikan tugas sekolah. Dan harapan kami juga, semoga dengan jawaban tersebut adik-adik bisa meraih nilai yang bagus dan tinggi. Serta lihat juga Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 119, 121, 122, 123, 124 yang beberapa waktu lalu juga sudah kami posting pada blog Pojok Edukasi ini. Kami yakin jawaban itu akan sangat membantu adik-adik dalam mengerjakan tugas pada kegiatan belajar sebelum ini.

Kunci Jawaban Halaman 125, 126, 128, 129, 130 Tema 8 Kelas 5

Seperti yang sering kami sampaikan perihal alternatif jawaban yang kami sediakan ini, bahwa meskipun kami disini menyediakan jawaban terbaik, yang kami yakini jawaban ini merupakan jawaban yang sudah tepat dan benar, namun kami tetap mengingatkan dan menyarankan kepada adik-adik, bahwa dalam mengerjan soal-soalnya, pastikan adik-adik terlebih dahulu mengecek dan memastikan jawabannya sudah sesuai dengan soal, baru kemudian adik-adik dapat menyalin ke buku tugas. Karena kamipun tentunya tak lepas dari kesalahan dan kekeliruan, bisa saja masih ada jawaban yang keliru, maka dari itu adik-adik harus teliti juga.

Semester genap ini merupakan semester yang sangat menentukan bagi adik-adik dalam kenaikan kelas. Pastinya semua siswa akan berharap bisa naik ke kelas 6 dengan nilai yang terbaik. Kami selalu mengingatkan bahwa, untuk bisa mendapatkan nilai yang bagus dan bisa mewujudkan impian tersebut, adik-adik haruslah berusaha dengan maksimal. Mulai dari mengerjakan tugas sekolah, melaksanakan tugas praktek, mengikuti ulangan harian, serta ulangan akhir semester. Adik-adik harusny sudah mulai serius dan giat dalam belajar, dan mengurangi kegiatan bermain. Serta perbanyak mempelajari kembali materi yang belum adik-adik pahami dengan baik.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 125

Laporan Kegiatan Percobaan Mengetahui Tingkat Pemborosan Air

Tujuan Percobaan :  Mengidentifikasi tingkat pemboroan air
Alat dan bahan :

  • 1 buah gelas (ukuran ±300 mL).
  • 1 buah bak mandi/tampungan air

Langkah-langkah Percobaan:

  • Sediakan satu buah gelas (ukuran ±300 mL).
  • Bukalah keran air sekecil mungkin sehingga air hanya menetes perlahan-lahan! 
  • Tampunglah tetesan air tersebut hingga gelas penuh. Gunakan air yang kamu tampung untuk mencuci piring atau menyiram tanaman.
  • Catatlah waktu yang diperlukan oleh tetesan air untuk memenuhi gelas tersebut.
  • Seandainya keran atau tandon air di rumahmu bocor sehingga air menetes seperti pada percobaan ini, berapa liter air yang terbuang sia-sia selama satu hari (24 jam)?

Hasil Percobaan :

Ternyata gelas penuh dalam waktu sekitar setengah jam saja. Jika kebocoran air selama 24 jam maka akan ada 48 gelas air yang akan terbuang sia-sia

Kesimpulan :

Dari pengamatan yang telah dilakukuan dapat disimpulkan bahwa banyak sekali pemborosan air yang terjadi di sekitar kita. Dari jumlah air yang terbuang dapat kita ketahui tingkat pemborosan air.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 126

Ayo Berdiskusi

  1. Diskusikan bersama teman-teman sekelompokmu mengenai tindakan-tindakan penghematan air yang dapat kalian lakukan.
  2. Selanjutnya, buatlah buklet berisi cerita ajakan untuk melakukan tindakan-tindakan penghematan air.
  3. Lengkapi cerita dengan gambar yang mendukung. Perhatikan langkah-langkah pembuatan gambar cerita

Tindakan yang dilakukan untuk menghemat pemakaian air antara lain :

  1. Memeriksa tagihan rekening untuk mengetahui ada kenaikan atau tidak
  2. Tidak perlu mandi terlalu lama
  3. Mematikan kran saat bersabun dan sikat gigi
  4. Mencuci baju saat mesin sudah penuh dengan cucian
  5. Menutup kran dengan sempurna sehingga tidak ada air yang menetes
  6. Menggunakan kembali air bekas cucian
  7. Menggunakan tombol setengah siram pada kloset

Buklet :

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 128

Ayo Berkreasi

Buatlah sketsa gambar cerita berdasarkan tema yang telah kamu tentukan pada Pembelajaran 2.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 129

Ayo Renungkan

Dari pembelajaran hari ini, kamu telah mendapat pengetahuan baru, melatih keterampilan, dan mengembangkan sikap-sikap baik.

Adakah pengetahuan dan keterampilan yang dapat kamu berikan bagi perbaikan lingkungan sekitarmu? Apakah itu?

Pengetahuan dan keterampilan yang dapat aku berikan bagi perbaikan kehidupan lingkungan sekitarku:

Pengetahuan dan keterampilan yang dapat aku berikan adalah pengetahuan cara memelihara ketersediaan air bersih. Dengan memelihara ketersediaan air bersih ketersedian air akan tetap terjaga

Sikap baik apakah yang dapat menjadikan kehidupanmu dan lingkungan sekitarmu menjadi lebih baik? Sikap baikku yang dapat menjadikan kehidupan dan lingkungan sekitarku menjadi lebih baik:

Sikap baik yang dapat menjadikan kehidupan lebih baik adalah menghargai perbedaan pendapat. Dengan adanya sikap menghargai pendapat orang lain akan menghindarkan dari yang namanya perselisihan. Semua orang tidak akan memaksakan pendapatnya untuk diterima.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 130

Kegiatan Bersama Orang Tua

Diskusikan dengan orang tuamu, tindakan apa saja yang dapat kalian lakukan untuk menghemat air bersih di rumah?

Tindakan yang dilakukan keluargaku untuk menghemat air bersih di rumah:

  • Memperbaiki kebocoran pipa saluran air
  • Waktu mandi tidak terlalu lama berada di kamar mandi
  • Menggosok gigi alangkah baiknya Anda mematikan keran air
  • Gunakan kran aerator untuk membatasi aliran dari kran.
  • Gunakan filter air sehingga tidak perlu lagi membeli air kemasan atau air galon
  • Gunakan kembali air bekas cucian buah dan sayur
  • Mengurangi siraman saat mencuci kendaraan, menyiram tanaman dan halaman.
  • Memantau penggunaan air pada kamar mandi atau di bak penampungan jangan sampai luber.
  • Mematikan kran yang sudah tidak digunakan

Nah adik-adik, itulah ulasan yang dapat kami paparkan pada artikel kali ini terkait dengan Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 125, 126, 128, 129, 130. Kami yakin, dengan memanfaatkan alternatif jawaban yang kami sediakan ini, adik-adik bisa dengan mudah menyelesaikan tugas sekolah, meskipun tugasny cukup banyak dan sudah harus dikumpulkan kepada guru kelas. Dan tak hanya itu saja tentunya, kami juga yakin bahwa dengan jawaban yang kami sediakan ini, adik-adik bisa meraih nilai yang bagus. Karena nilai yang bagus akan sangat adik-adik perlukan untuk kenaikan kelas semester ini.

Kamipun selalu mengingatkan, agar adik-adik lebih giat lagi dalam belajarnya, serta mengurangi kegiatan bermain yang akan melalaikan adik-adik dari kegiatan belajar. Adik-adik sangat perlu sekali persiapan untuk mengikuti kegiatan ulangan harian maupun ulangan akhir semester. Dengan banyak mempelajari materi pelajaran yang belum adik-adik kuasai dengan baik, kami yakin adik-adik akan lebih siap lagi untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Dengan persiapan yang bagus, pastinya adik-adik akan lebih mudah dalam mengerjakan dan menjawab soal-soal pada kegiatan ulangan tersebut. Karena adik-adik tidak bisa mengandalkan orang lain, yang hanya adik-adik andalkan adalah pemahaman adik-adik sendiri, terkait usaha yang sudah adik-adik lakukan selama ini. Makanya mumpung masih ada waktu dan kesempatan, jangan sia-siakan, manfaatkan dengan sebaik mungkin.

Sumber : Buku Siswa SD/MI Kelas V

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 125, 126, 128, 129, 130 Tema 8 Kelas 5 Buku Siswa Tematik SD Pembelajaran 5"