√ Kunci Jawaban Halaman 133, 134, 135, 136, 137, 138 Tema 9 Kelas 4 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 4 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 133, 134, 135, 136, 137, 138 Tema 9 Kelas 4 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 4

Kunci jawaban Tema 9 Kayanya Negeriku Kelas 4 halaman 133, 134, 135, 136, 137, 138 subtema 3 Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia pembelajaran 4 buku siswa tematik SD/MI K13 revisi yang kami sediakan pada kesempatan kali ini, merupakan jawaban yang kami buat dengan sebaik mungkin. Adik-adik dapat memanfaatkan semua jawaban yang kami sediakan pada artikel ini untuk menjawab soal-soal pada buku pelajaran yang mungkin sebagian soal-soal pada buku siswa tersebut menjadi tugas adik-adik sekarang ini. Kami melihat bahwa memang ternyata alternatif jawaban seperti ini cukup banyak dicari dan dimanfaatkan oleh para siswa untuk menyelesaikan tugas sekolahnya.

Dan pastinya adik-adik tak hanya sekedar menyelesaikan tugas sekolah saja dan mengantarkan tugas tersebut kepada guru. Namun pasti adik-adik juga berharap nilai yang diperoleh bisa bagus dan tinggi. Kami menyadari kalau adik-adik sangat berharap dengan jawaban yang kami sediakan ini. Apalagi kami tahu kalau sekarang ini adik-adik tengah banyak diberikan tugas oleh guru, yang mana tugas-tugas ini harus segera dikerjakan dan kumpulkan kepada guru kembali. Yang menjadi masalahnya adalah tak semua soal yang ada pada buku pelajaran, semuanya mudah untuk dijawab.

Maka tak heran jika adik-adik harus mencari sebagian jawabannya di internet, agar semua soal bisa dijawab dan tugas bisa diselesaikan tepat waktu. Kami berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan jawaban terbaik kepada adik-adik, yang kami anggap jawaban ini sudah tepat dan benar. Karena memang dalam menjawab soal-soalnya kami sudah memahami soal-soal dan materinya, baru kemudian kami mencari jawaban yang tepat, baik pada buku maupun dari referensi lainnya.

Dan sebelum inipun kami sudah banyak berbagi kepada adik-adik Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 yang kami sarankan adik-adik cari lagi pada artikel kami sebelum ini dan lihat serta manfaatkan jawabannya jika memang jawaban tersebut masih diperlukan oleh adik-adik. Dan kami tentunya tak hany berbagi kunci jawaban untuk kelas 4 saja, namun kami juga berbagi kunci jawaban untuk kelas 5 dan kelas 6. Kami berharap jawaban yang kami sediakan ini bisa mengantarkan adik-adik meraih nilai terbaik. Dan lihat juga Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 20, 121, 124, 125, 126, 127, 128, 130, 131 yang juga telah kami posting pada blog ini.

Kunci Jawaban Halaman 133, 134, 135, 136, 137, 138 Tema 9 Kelas 4

Saat ini adik-adik tengah mengerjakan tugas sekolah untuk kegiatan belajar 4 di subtema 3 buku siswa tema 9 kelas 4. Seperti yang adik-adik ketahui kalau buku siswa tema 9 ini merupakan buku materi pelajaran terakhir yang adik-adik pelajari pada semester genap ini. Dan pada akhir semester adik-adik akan mengikuti kegiatan ulangan akhir semester, yang mana kegiatan tersebut sangat penting bagi adik-adik.

Alternatif jawaban yang kami sediakan pada blog ini, pastinya akan sangat membantu adik-adik dalam mengerjakan dan menyelesaikan tugas sekolah. Akan tetapi, meskipun kami menyediakan jawaban ini untuk mempermudah adik-adik, kami tetap menyarankan kepada adik-adik agar tetap berusaha sendiri mencari jawabannya pada buku pelajaran. Dengan begitu setidaknya adik-adik bisa belajar dan memahami materi pada buku pelajaran.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 133

Ayo Berlatih

Tahukah kamu sikap persatuan dan kesatuan yang lainnya? Tuliskan sikap persatuan dan kesatuan yang pernah kamu lakukan saat di sekolah, di rumah, dan di masyarakat.

Sikap persatuan dan kesatuan di sekolah

Contoh Sikap Persatuan dan Kesatuan:

  1. Menjenguk teman yang sedang sakit
  2. Membersihkan lingkungan sekolah bersama-sama
  3. Saling menghormati teman yang berbeda agama atau suku
  4. Menolong teman yang kesulitan memahami pelajaran
  5. Ikut memberikan sumbangan untuk teman yang terkena musibah

Sikap persatuan dan kesatuan di rumah

Contoh Sikap Persatuan dan Kesatuan:

  1. Saling mencintai sesama anggota keluarga
  2. Saling menghargai antar anggota keluarga
  3. Adanya keterbukaan antar anggota keluarga
  4. Melakukan musyawarah jika ada masalah
  5. Mengakui keberadaan dan fungsi tiap-tiap anggota keluarga

Sikap persatuan dan kesatuan di masyarakat

Contoh Sikap Persatuan dan Kesatuan:

  1. Ikut kerja bakti atau gotong royong membersihkan lingkungan
  2. Hidup rukun dengan semangat kekeluargaan dengan tetangga
  3. Menyelesaikan masalah yang ada dengan musyawarah mufakat
  4. Bergaul sesama warga dengan tidak membedakan agama, suku, atau ras
  5. Bersikap ramah kepada semua orang

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 134-135

Ayo Berlatih

Amatilah gambar berikut. Selanjutnya, tuliskan pendapatmu mengenai gambar. Apakah perilaku atau sikap orang-orang pada gambar mencerminkan persatuan dan kesatuan? Tuliskan pada kolom di sampingnya.

Pendapatku:

  • Gambar 1 : Pada gambar 1 menunjukan kegiatan menjenguk tetangga yang sedang sakit. Kegiatan tersebut mencerminkan sikap menjaga persatuan dan kesatuan
  • Gambar 2 : Pada gambar 2 menunjukan dua orang anak yang sedang bertengkar. Kegiatan tersebut tidak mencerminkan sikap persatuan dan kesatuan justru akan memecah persatuan
  • Gambar 3 : Gambar 3 menunjukkan siswa yang sedang bersama-sama membersihkan lingkungan sekolah. Kegiatan tersebut mencerminkan sikap menjaga persatuan dan kesatuan
  • Gambar 4 : Gambar 4 menunjukkan warga yang sedang bekerja bhakti membersihkan lingkungan. Kegiatan tersebut mencerminkan sikap menjaga persatuan dan kesatuan.
  • Gambar 5 : Gambar 5 menunjukkan orang yang sedang menebang pohon secara sembarangan. Kegiatan tersebut tidak mencerminkan sikap persatuan dan kesatuan karena merugikan lingkungan dan orang lain.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 136

Ayo Berlatih

Berdasarkan bacaan di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.

1. Apa yang dapat dilakukan dalam kerja bakti untuk usaha pelestarian lingkungan?

Kerja bhakti dapat menjadikan lingkungan menjadi asri, hijau, dan indah sehingga kelestarian lingkungan tetap terjaga.

2. Apa manfaat kerja bakti dalam menjaga sikap persatuan dan kesatuan warga?

Manfaat kerja bhakti dalam menjaga persatuan dan kesatuan adalah dengan kerja bhakti makan terjalin kerja sama dan kebersamaan di antara warga.

3. Mengapa kerja bakti perlu dilakukan?

Berdasarkan bacaan di atas kerja bhakti perlu dilakukan untuk menjaga persatuan dan kesatuan serta menjaga kelestarian lingkungan.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 137

Ayo Berlatih

Kerja bakti merupakan kegiatan positif masyarakat yang banyak manfaatnya. Selain memupuk jiwa persatuan dan kesatuan, kerja sama, juga dapat berguna dalam menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan kepentingan umum. Selain itu, kerja bakti yang dilkakukan dalam rangka bersih-bersih lingkungan dapat menciptakan lingkungan yang bersih, rapi, dan nyaman. Kerja bakti apa saja yang sering dilakukan oleh warga masyarakat di sekitar tempat tinggalmu? Carilah jawaban pertanyaan tersebut dengan bertanya kepada narasumber di sekitarmu.

Kamu dapat bertanya kepada orang tuamu, Bapak/Ibu Guru, atau orang-orang lain di sekitarmu. 

Buatlah laporan hasil wawancaramu seperti contoh dalam kotak berikut.

LAPORAN HASIL WAWANCARA

Nama : Lani
Pertanyaan yang diajukan: Kerja bakti apa saja yang sering dilakukan oleh warga masyarakat di sekitar tempat tinggalmu? Apa saja manfaatnya?
Hasil Wawancara:

Kesimpulan:

Kegiatan kerja bhakti yang dilakukan di lingkungan sekitar menjadikan kehidupan lebih baik dan pekerjaan menjadi cepat selesai

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 138

Ayo Renungkan

1. Apa yang kamu pelajari hari ini?

Hari ini saya telah belajar tentang perilaku-perilaku yang menunjukkan pelaksanaan hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari.

2. Manfaat apa saja yang dapat kamu ambil melalui pembelajaran hari ini?

Manfaat yang saya peroleh pada pembelajaran kali ini adalah mengetahui pentingnya sikap persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari.

3. Keterampilan apa saja yang dapat kamu kuasai melalui pembelajaran hari ini?

Keterampilan yang saya pelajari hari ini adalah keterampilan wawancara

4. Apa yang akan kamu lakukan setelah melalui pembelajaran hari ini?

Setelah melaksanakan pembelajaran kali ini saya ingin menunjukkan sikap menjaga persatuan dan kesatuan baik di sekolah, rumah dan masyarakat dengan lebih baik

Kerja Sama dengan Orang Tua

Buatlah daftar periksa atau check list tentang perilaku sehari-harimu yang menunjukkan kepedulianmu terhadap kelestarian sumber daya alam hayati dan nonhayati.

Biarkan orang tuamu yang memberikan penilaian dalam bentuk centang terhadap sikapmu.

Contoh:

Sekian artikel kami untuk Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 133, 134, 135, 136, 137, 138 ini. Kami tahu pastinya adik-adik sangat berharap, selain bisa menyelesaikan tugas sekolah, berharap juga nilai yang nantinya diperoleh dari tugas tersebut bisa bagus dan tinggi. Kami sering menyampaikan bahwa kami disini menyediakan jawaban terbaik yang kami buat semaksimal mungkin. Maka dari itu kami cukup yakin dengan jawaban yang kami buat ini, nantinya bisa menjadi jawaban yang tepat dan benar.

Adik-adik tahu jika semester genap ini menjadi semester penentu bagi adik-adik dalam kenaikan kelas nantinya. Pasti setiap siswa berharap bisa naik ke kelas 5 dengan nilai yang bagus. Akan tetapi, untuk bisa naik kelas dengan nilai yang bagus adik-adik haruslah bisa meraih nilai yang bagus. Tak hanya nilai dari tugas sekolah saja, namun nilai dari kegiatan ulangan harian, tugas praktek, bahkan ulangan akhir semester, juga harus bagus.

Maka dari itulah kami sering menyampaikan dan mengingatkan adik-adik agar selalu giat dalam belajarnya dan mulai serius dalam mempersiapkan diri menghadapi kegiatan ulangan. Karena untuk bisa menjawab soal-soal pada kegiatan tersebut, adik-adik haruslah bisa memahami materi pelajaran yang keluar pada soalnya. Dengan persiapan yang bagus dan rajin belajar, kami yakin nantinya adik-adik bisa meraih nilai terbaik.

Sumber : Buku Siswa SD/MI Kelas IV

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 133, 134, 135, 136, 137, 138 Tema 9 Kelas 4 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 4"