√ Kunci Jawaban Halaman 139, 140, 141, 143, 144 Tema 9 Kelas 4 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 5 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 139, 140, 141, 143, 144 Tema 9 Kelas 4 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 5

Kunci jawaban Tema 9 Kayanya Negeriku Kelas 4 halaman 139, 140, 141, 143, 144 subtema 3 Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia pembelajaran 5 buku siswa tematik SD/MI K13 revisi yang kami buat dan sediakan pada postingan kali ini, bisa adik-adik manfaatkan sebagai jawaban, mengisi atau menjawab soal-soal pada buku pelajaran yang soal-soal tersebut menjadi tugas sekolah adk-adik sekarang ini. Kami menyadari jika alternatif jawaban seperti ini ternyata banyak dicari dan dimanfaatkan oleh siswa maupun orang tua untuk mengerjakan dan menyelesaikan tugas sekolah. Memang pada kenyataannya alternatif jawaban seperti ini akan sangat membantu adik-adik dalam menyelesaikan semua tugas yang ada.

Kami tahu kalau sekarang ini adik-adik tengah sibuk mengerjakan tugas sekolah. Apalagi dalam situasi seperti saat ini, dimana adik-adik lebih banyak belajar mandiri di rumah, dan gurupun akan lebih banyak memberikan tugas mandiri kepada adik-adik yang nantinya tugas tersebut harus adik-adik kerjakan dan kumpulkan kembali kepada guru. Kami juga menyadari jika soal-soal pada buku tematik kurikulum 2013, semuanya adalah soal-soal dalam bentu isian dan tak sedikit soalnya harus dijawab dengan pendapat sendiri, dan bahkan ada sebagian soal yang jawabannya harus dicari diluar buku siswa.

Maka tak heran jika adik-adik masih memanfaatkan alternatif jawaban seperti ini untuk mengerjakan dan menyelesaikan tugas sekolah. Dan kami disini hadir menyediakan jawaban terbaik kepada adik-adik. Yang mana jawaban ini kami buat dengan sebaik mungkin, dengan terlebih dahulu memahami soal-soalnya, baru kemudian mencari jawaban terbaik baik dari buku pelajaran maupun dari luar buku pelajaran. Kami mengumpulkan semua jawaban dan dijadikan dalam satu artikel lengkap seperti ini, agar adik-adik mudah mencari dan memanfaatkan jawaban tersebut.

Sebelumnya kami juga sudah banyak memposting Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 yang dapat adik-adik cari dan lihat lagi pada postingan kami yang lalu. Kami berharap jawaban yang kami buat dan posting pada blog Pojok Edukasi ini, benar-benar bisa membantu adik-adik dalam mengerjakan dan menyelesaikan tugas sekolah dan yang lebih pentingnya lagi, nilai yang nantinya adik-adik peroleh bisa bagus. Beberapa waktu yang lalu, kami juga sudah memposting Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 133, 134, 135, 136, 137, 138. Adik-adik juga perlu melihatnya, karena jawaban tersebut adalah jawaban untuk tugas sebelum ini.

Kunci Jawaban Halaman 139, 140, 141, 143, 144 Tema 9 Kelas 4

Kami mengerti akan kebutuhan adik-adik terhadap alternatif jawaban seperti ini, memang pada kenyataannya alternatif jawaban seperti ini akan sangat membantu adik-adik dalam mengerjakan dan menyelesaikan tugas sekolah. Meskipun kami disini sudah berusaha menyediakan jawaban terbaik kepada adik-adik, yang akan mempermudah dalam menyelesaikan tugas sekolah, namun kami tetap menyarankan adik-adik agar tetap berusaha sendiri dalam mencari jawabannya pada buku pelajaran.

Dan kalaupun ternyata, setelah adik-adik usaha mencari sendiri jawabannya, ternyata belum juga menemukan jawaban yang tepat, maka barulah kami sarankan adik-adik memanfaatkan jawaban yang kami buat ini. Dan kami juga mengingatkan agar adik-adik selalu teliti dalam mengerjakan soal-soalnya. Pastikan adik-adik selalu mengecek jawaban yang kami sediakan dan memastikan jawaban sudah sesuai dengan soal yang ada, baru kemudian adik-adik salin ke buku tugas.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 139

Ayo Mengamati

Amatilah gambar di bawah ini kemudian jawablah pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan kedua gambar tersebut!

1. Coba jelaskan perubahan lingkungan alam yang tampak pada gambargambar di atas!

Perubahan yang terjadi pada gambar adalah hutan lebat yang menjadi hutan yang gundul

2. Menurutmu, apa yang menjadi penyebab dan yang menjadi dampak perubahan alam pada gambar di atas?

Penyebabnya adalah orang yang menebang pohon secara berlebihan dan tidak melakukan reboisasi.

3. Jelaskan dampak yang ditimbulkan dari perubahan tersebut!

Hutan yang gundul mengakibatkan makhluk hidup yang tinggal di hutan menjadi tidak mempunyai tempat tinggal serta persediaan air akan berkurang karena berkurangnya hutan.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 140

Ayo Berlatih

Carilah informasi dan data tentang contoh perubahan-perubahan alam yang disebabkan karena aktivitas manusia melalui tulisan pada buku, majalah, surat kabar, atau artikel di internet.

Tuliskan hasilnya pada tabel berikut!

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 141

Ayo Berdiskusi

1. Diskusikan dengan temanmu, apa akibat jika kita menebang hutan sembarangan?

Saat hutan ditebang maka tanah tidak terikat oleh akar pohon sehingga akan mudah longsor saat hujan. selain itu air juga akan langsung mengalir ke sungai karena tidak terserap oleh tanah dan mengakibatkan bajir.

2. Kumpulkan informasi dari buku, koran, majalah atau artikel tentang usaha-usaha pelestarian sumber daya alam!

Beberapa usaha pelestarian sumber daya alam antara lain dengan cara sebagai berikut :

  • Penanaman kembali hutan hutan yang gundul
  • Menjaga kebersihan lingkungan
  • Mengurangi kegiatan yang banyak menghabiskan sumber daya alam.
  • Pemanfaatan teknologi dan peralatan yang ramah lingkungan.
  • Menjaga dan melestarikan alam untuk menjaga ketersedian sumber daya alam.
  • Menggunakan energi alternatif.

3. Buatlah uraian singkat tentang akibat buruk apabila tidak melakukan pelestarian sumber daya alam!

Ada begitu banyak dampak negatif yang ditimbulkan apabila kita tidak menjaga sumber daya alam dengan baik.Jika sumber daya alam tidak dijaga dengan baik bisa menimbulkan bencana alam, muncul banyak penyakit, krisis energi, ekosistem terganggu, pencemaran lingkungan dan kerusakan lingkungan. Oleh karena itu kita harus lebih bijak menggunakan sumber daya alam dengan menjaga dan melestarikan sumber daya alam untuk kita manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 143-144

Ayo Berlatih

Coba tuliskan maksud atau isi lagu berjudul “Memandang Alam” pada kolom berikut.

Maksud atau isi lagu “Memandang Alam” adalah:

Maksud lagu berjudul Memandang Alam adalah rasa bahagia dan kagum atas keindahan alam sekitar yang disaksikan dari atas bukit, di mana sungai berliku-liku, sawah hijau bagai permadani di kaki langit serta gunung yang yang menjulang berpayung awan.

Tuliskan perasaan dan imajinasimu saat menyanyikan lagu tersebut.

Perasaan dan imajinasi saat menyanyikan lagu “Memandang Alam” adalah:

Persaan saya saat menyanyikan lagu memandang alam begitu damai dan saya membayangkan saat berada di atas bukit dan memandang keindahan alam yang ada dibawahnya.

Ayo Renungkan

1. Apa yang kamu pelajari hari ini?

Hari ini saya telah belajar tentang memahami arti lirik sebuah lagu, memahami usaha-usaha pelestarian sumber daya alam.

2. Nilai apa saja yang dapat kamu ambil melalui pembelajaran hari ini?

Nilai yang dapat saya ambil pada pembelajaran kali ini adalah percaya diri, peduli, tanggung jawab.

3. Keterampilan apa saja yang dapat kamu kuasai melalui pembelajaran hari ini?

Hari ini saya telah belajar keterampilan menyanyikan lagu dan cara melestarikan sumber daya alam

4. Apa yang akan kamu lakukan setelah melalui pembelajaran hari ini?

Setelah pembelajaran kali ini saya ingin mengetahui lebih banyak tentak cara menyanyika lagu dan usaha melestarikan sumber daya alam

Kerja Sama dengan Orang Tua

Nyanyikan lagu yang berjudul “Memandang Alam” di depan orang tuamu. Selesai bernyanyi, mintalah pendapat dari mereka.

Demikianlah postingan kami untuk Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 139, 140, 141, 143, 144 ini. Pastinya adik-adik yang menggunakan jawaban kami sangat berharap bisa mendapatkan nilai yang bagus dari tugas yang dikerjakan dan kumpulkan kepada siswanya. Sering kami sampaikan terkait jawaban yang kami buat dan sediakan ini, bahwa kami cukup yakin jika nantinya jawaban ini bisa menjadi jawaban yang tepat dan benar. Dengan begitu pastinya adik-adik bisa meraih nilai yang bagus dari tugas yang dikerjakan.

Seperti yang adik-adik ketahui, bahwa buku siswa tema 9 kelas 4 ini merupakan buku materi pelajaran terkahir yang akan adik-adik pelajari pada semester genap. Dan setelah menyelesaikan semua materi pelajaran pada buku siswa tema 9 ini, adik-adik akan melanjutkan ke kegiatan ulangan akhir semester. Dan adik-adik tahu jika semester genap ini menjadi semester penentu dalam kenaikan kelas nantinya. Adik-adik pasti berharap bisa naik ke kelas 5 dengan nilai yang bagus.

Namun untuk bisa meraih harapan tersebut, pastinya adik-adik juga harus bersusaha. Tidak cukup hanya dengan mengerjakan dan mendapatkan nilai bagus pada tugas harian saja. Namun adik-adik juga harus bisa meraih nilai yang bagus pada kegiatan lainnya, seperti ulangan harian, tugas praktek, dan ulangan akhir semester. Maka dari itu, kami sering mengingatkan adik-adik agar selalu giat dalam belajar dan sering-sering mengulang dan mempelajari kembali materi pelajaran yang belum adik-adik pahami dengan baik.

Sumber : Buku Siswa SD/MI Kelas IV

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 139, 140, 141, 143, 144 Tema 9 Kelas 4 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 5"