√ Kunci Jawaban Halaman 146, 148, 149, 150 Tema 9 Kelas 4 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 6 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 146, 148, 149, 150 Tema 9 Kelas 4 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 6

Kunci jawaban Tema 9 Kayanya Negeriku Kelas 4 halaman 146, 148, 149, 150 subtema 3 Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia pembelajaran 6 buku siswa tematik SD/MI K13 revisi berikut ini kami buat dan sediakan untuk membantu adik-adik menjawab soal-soal pada buku pelajaran dan menyelesaikan tugas-tugas sekolah. Kami tahu kalau sekarang ini adik-adik tengah sibuk-sbuknya menyelesaikan tugas-tugas sekolah. Dan tugas-tugas tersebut harus segera diselesaikan untuk dikumpulkan kembali kepada guru. Kami sadar jika alternatif jawaban seperti ini tengah banyak dimanfaatkan oleh para siswa dalam menyelesaikan tugas sekolah.

Kami memahami akan pentingnya alternatif jawaban seperti ini bagi adik-adik. Apalagi dalam masa pembelajaran seperti saat ini, dimana kita melihat banyak sekolah yang masih harus menerapkan kegiatan belajarnya secara daring atau online. Maka hal ini pastinya akan berdampak juga kepada siswa. Dimana kita tahu bahwa sekarang ini siswa lebih banyak diberikan tugas rumah oleh gurunya. Tugas-tugas tersebut diberikan guru untuk dikerjakan secara mandiri di rumah, dan nantinya tugas tersebut dikumpulkan kembali kepada guru. Berbicara masalah tugas, tentunya tak lepas dari yang namanya soal-soal pada buku pelajaran.

Kami tahu jika soal-soal pada buku tematik kurikulum 2013, tidak bisa dikatakan mudah untuk dikerjakan dan dijawab. Karena memang kita sama-sama tahu jika kurikulum 2013 sangat menuntut siswanya aktif dan mandiri dalam belajar. Dan tak terkecuali dengan soal-soalnya. Dimana soal-soal pada buku tematik, semuanya dalam bentuk isian. Dan tak sedikit soal-soalnya harus dijawab dengan pendapat sendiri. Maka tak heran kalau sekarang ini masih banyak siswa yang lebih memilih memanfaatkan alternatif jawaban untuk menjawab soal-soal tersebut dan menyelesaikan tugas sekolah.

Sebelum ini, kami juga tentunya sudah banyak berbagi Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 yang mungkin juga adik-adik sudah pernah melihat dan memanfaatkannya. Kami berharap, dengan jawaban yang kami buat dan sediakan tersebut, adik-adik benar-benar terbantu, khususnya terbantu dalam menjawab soal-soal yang sulit yang belum aidk-adik temukan jawabannya pada buku pelajaran. Dan kami juga berharap nilai yang adik-adik peroleh bisa maksimal dan bagus. Dan lihat juga Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 139, 140, 141, 143, 144 yang juga sudah kami sediakan pada blog ini.

Kunci Jawaban Halaman 146, 148, 149, 150 Tema 9 Kelas 4

Tugas yang sekarang ini adik-adik kerjakan, merupakan tugas terakhir pada kegiatan belajar 6 subtema 3 buku tematik tema 9 kelas 4. Tak terasa saat ini adik-adik sudah akan menyelesaikan semua kegiatan belajar pada semester genap, dan nantinya akan melanjutkan kegiatan ulangan akhir semester. Kami berharap alternatif jawaban yang kami sediakan ini benar-benar bisa adik-adik manfaatkan sebaik mungkin, dan juga bisa adik-adik gunakan sebagai bahan belajar di rumah.

Karena selain mengerjakan tugas sekolah, adik-adik juga harus mempersiapkan diri untuk mengikuti kegiatan ulangan harian, maupun ulangan akhir semester nantinya. Tentunya tak cukup jika hanya mengandalkan nilai yang adik-adik dapatkan dari kegiatan tugas sekolah. Namun adik-adik juga harus bisa mendapatkan nilai yang bagus dari kegaitan lainnya, seperti ulangan harian dan ulangan akhir semester.

Maka dari itu, mulailah giat dalam belajar untuk mempersiapkan diri mengikuti kegiatan ulangan. Karena untuk bisa menjawab dan mengerjakan soal-soal pada kegiatan tersebut, adik-adik harus memahami materi pelajaran yang keluar pada soal-soal tersebut. Namun kami yakin, dengan persiapan yang bagus, adik-adik bisa mengerjakan soal-soal tersebut dengan mudah dan tak menutup kemungkinan, adik-adik bisa meraih nilai yang bagus pada kegiatan tersebut.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 146

Ayo Berdiskusi

Coba diskusikan bersama dengan temanmu untuk menjawab pertanyaanpertanyaan berikut:

1. Haruskah orang yang mengabaikan kewajiban diberi sanksi? Mengapa?

Orang yang mengabaikan kewajiban harus diberi sanksi karena mengabaikan kewajiban berarti mengabaikan pula aturan-aturan. Aturan-aturan tersebut berguna untuk menjaga ketertiban di dalam masyarakat itu sendiri.

2. Sebutkan contoh sanksi bagi orang yang tidak melaksanakan kewajiban. Tuliskan pada tabel berikut.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 148

Kamu telah membaca bacaan ”Mengapa Jakarta Setiap Tahun Banjir?”. Carilah informasi penting pada bacaan tersebut. Kemudian, lengkapilah gambar peta pikiran berikut.

Mengapa Jakarta Banjir Setiap Tahun?

  • Kapan terjadi banjir? Setiap musim hujan, Jakarta banjir.
  • Apa penyebab banjir? Pembangunan vila di Puncak,  warga yang membuang sampah ke sungai, dan resapan hujan di Jakarta semakin sempit.
  • Bagaimana terjadinya banjir? Banjir terjadi ketika di Puncak turun hujan yang lebat, air hujan terus mengalir ke Jakarta. Sementara di Jakarta sungai semakin dangkal dan sempit sehingga tidak bisa menampung air dari Puncak.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 149

Ayo Berlatih

Timbulnya bencana salah satunya disebabkan oleh sebagian besar masyarakat yang tidak melaksanakan kewajibannya terhadap lingkungan alam sekitar. Mereka banyak membuat kerusakan tanpa mau melakukan usaha-usaha pelestarian. Bencana apa saja yang bisa timbul jika manusia melakukan kerusakan terhadap lingkungan alam sekitar? Carilah jawaban pertanyaan tersebut dengan bertanya kepada narasumber di sekitarmu. Kamu dapat bertanya kepada orang tuamu, Bapak/Ibu Guru, atau orang-orang lain di sekitarmu.

Buatlah laporan hasil wawancaramu seperti contoh dalam kotak berikut.

LAPORAN HASIL WAWANCARA

Nama : Dayu
Pertanyaan yang diajukan: Bencana apa saja yang bisa timbul jika manusia melakukan kerusakan terhadap lingkungan alam sekitar?
Hasil Wawancara:

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 150

Ayo Renungkan

1. Apa yang kamu pelajari hari ini?

Hari ini saya telah belajar tentang dampak tidak dilaksnakannya hak dan kewajiban secara seimbang, mengidentifikasi perilaku merusak lingkungan

2. Nilai apa saja yang dapat kamu ambil melalui pembelajaran hari ini?

Nilai yang dapat saya ambil adalah percaya diri, peduli, tanggung jawab.

3. Keterampilan apa saja dapat kamu kuasai melalui pembelajaran hari ini?

Keterampilan yang dapat saya kuasai pada pembelajatran kali ini adalah wawancara.

4. Apa yang akan kamu lakukan setelah melalui pembelajaran hari ini?

Setelah pelajaran pada hari ini saya akan melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang dalam kehidupan sehari-hari.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Mintalah orang tua untuk bercerita tentang bencana alam yang pernah terjadi di daerah tempat tinggalmu sejak orang tuamu masih kecil hingga sekarang. Tuliskan cerita orang tuamu ke dalam sebuah cerita yang menarik.

Jawaban dapat adik-adik sesuaikan dengan cerita yang orang tua adik-adik sampaikan. Catat setiap cerita yang disampaikan oleh orang tua adik-adik.

Demikian postingan kami kali ini yang membahas tentang Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 146, 148, 149, 150. Kami yakin dengan jawaban yang kami buat ini, adik-adik dapat terbantu dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah, khususnya menjawab soal-soal yang sulit yang belum terjawab oleh adik-adik. Dan kami juga cukuup yakin dengan jawaban yang kami buat ini, nantinya bisa mengantarkan adik-adik meraih nilai yang bagus pada setiap tugas sekolah yang adik-adik kerjakan. Dengan mendapatkan nilai yang bagus, adik-adik bisa meningkatkan nilai akhir pada raport semester nantinya.

Adik-adik tahu kalau saat ini sudah memasuki kegiatan akhir pembelajaran pada semester genap. Dan buku siswa tema 9 ini merupakan buku materi pelajaran terakhir yang adik-adik pelajari pada semester genap ini. Setelah menyelesaikan semua materi pelajaran pada buku siswa tema 9 ini, adik-adik akan mengikuti kegiatan ulangan akhir semester. Dan kegiatan ulangan akhir semester akan sangat menentukan sekali dalam kenaikan kelas.

Maka dari itu mulailah serius dan rajin dalam belajarnya. Perbanyak belajar dan mengulang kembali materi pelajaran yang belum adik-adik pahami dengan baik, karena dengan begitu adik-adik bisa mempersiapkan diri untuk mengikuti kegiatan ulangan nantinya. Karena untuk bisa menjawab soal-soal pada kegiatan tersebut, adik-adik harus paham dengan materi yang keluar pada soal tersebut.

Sumber : Buku Siswa SD/MI Kelas IV

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 146, 148, 149, 150 Tema 9 Kelas 4 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 6"