√ Kunci Jawaban Halaman 179, 180, 181, 182, 183 Tema 7 Kelas 3 Buku Siswa Tematik SD Pembelajaran 2 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 179, 180, 181, 182, 183 Tema 7 Kelas 3 Buku Siswa Tematik SD Pembelajaran 2

Kunci jawaban Tema 7 Perkembangan Teknologi Kelas 3 halaman 179, 180, 181, 182, 183 subtema 4 Perkembangan Teknologi Transportasi pembelajaran 2 buku siswa SD K13 berikut ini kami buat dan sediakan untuk memudahkan adik-adik yang sekarang ini kesulitan menjawab sendiri soal-soal pada buku pelajaran, yang mana soal-soal tersebut menjadi tugas sekolah adik-adik saat ini. Kami menyadari jika alternatif jawaban saat ini cukup banyak dimanfaatkan adik-adik sekolah dasar sebagai jawaban untuk menjawab dan menyelesaikan tugas sekolah. Selain itu kamipun sangat berharap dengan jawaban yang kami sediakan ini, adik-adik nantinya bisa mendapatkan nilai yang bagus dan tinggi.

Kami tahu jika adik-adik sekarang ini tengah sibuk mengerjakan tugas-tugas sekolah, bahkan mungkin ada cukup banyak tugas yang harus diselesaikan. Tidak heran jika adik-adik sekarang ini lebih banyak diberikan tugas oleh guru. Karena kita tahu kalau saat ini masih banyak sekolah yang masih merapkan kegiatan belajar secara daring atau online. Maka pastinya gurupun akan lebih banyak memberikan tugas individu kepada siswanya, untuk nantinya dikerjakan di rumah dan dikumpulkan kembali kepada guru kelas untuk dikoreksi dan diberikan nilai sesuai dengan jumlah benar dari tugas tersebut.

Kami akan selalu berupaya menyediakan jawaban terbaik untuk adik-adik, agar nantinya jawaban tersebut dapat dipergunakan untuk menyelesaikan semua tugas sekolah. Dan tak hanya itu saja, kami juga berharap dengan jawaban yang kami sediakan ini, adik-adik bisa mendapatkan nilai yang maksimal. Dalam membuat jawaban ini kami tentunya tidaklah sembarangan atau asal dalam membuat dan menjawab soal-soalnya. Namun terlebih dahulu kami sudah memahami soal-soal dan materi yang ada pada buku, baru setelah itu kami mencari jawaban yang tepat, baik dari buku pelajaran, maupun dari berbagai referensi lainnya.

Adik-adik pastinya tahu, kalau sebelum inipun kami telah banyak memposting Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 3 yang tentunya masih bisa adik-adik lihat dan manfaatkan untuk menyelesaikan tugas-tugas yang masih ada. Dan lihat juga Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 3 Halaman 171, 172, 175, 176 yang belum lama ini juga telah kami posting pada blog ini. Kami yakin jawaban-jawaban tersebut dapat mengantarkan adik-adik untuk bisa meraih nilai terbaik pada setiap tugas yang dikerjakan dan dikumpulkan kepada guru kelas.

Kunci Jawaban Halaman 179, 180, 181, 182, 183 Tema 7 Kelas 3

Mengerjakan tugas sekolah adalah hal yang tak dapat dipisahkan dalam proses kegiatan belajar. Bagi seorang siswa, tugas sekolah sudah menjadi bagian dari pembelajaran. Dan nilai-nilai yang adik-adik peroleh akan dicatat oleh guru kelas, untuk nantinya semua nilai akan dihitung dan dimasukan kedalam raport semester. Maka dari itu, mulailah serius dalam belajar dan berlombalah dengan teman-teman yang lainnya untuk bisa meraih nilai yang terbaik. Karena adik-adik sangat memerlukan nilai yang bagus.

Saat ini adik-adik sudah akan menyelesaikan buku siswa tema 7, dan akan melanjutkan kegiatan belajar di buku tema 8. Tak terasa adik-adik sudah hampir menyelesaikan semua kegiatan belajar di semester genap ini. Dan pada akhir semester adik-adik akan melaksankan kegiatan ulangan akhir semester. Maka mulailah giat dalam belajarnya, persiapankan diri dengan lebih sering lagi belajar dan mempersiapkan diri adik-adik untuk mengikuti kegiatan ulangan tersebut.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 3 Halaman 179

Ayo Menulis

Bacalah kembali teks “Pergi ke Pulau” dengan teliti! Garis bawahi kalimat pertama dari setiap paragraf!

Tuliskan isi cerita dari setiap paragraf!

Isi Cerita

  • Paragraf 1 : Paman mengajak Beni pergi ke pulau Bunaken dengan perahu umum.
  • Paragraf 2 : Perahu berisi penumpang yang beragam
  • Paragraf 3 : Selama di perahu, paman menyapa penumpang.
  • Paragraf 4 : Paman berdiskusi tentang transportasi air dengan turis asing.
  • Paragraf 5 : Seperti apakah transportasi air di masa depan?

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 3 Halaman 180

Ayo Bercerita

Alat transportasi terus berkembang. Berikut adalah gambar alat transportasi zaman dulu dan sekarang.

Pasangkanlah alat transportasi dulu dan sekarang berikut ini dengan cara menarik garis! Ceritakan perkembangan alat transportasi yang paling kamu sukai!

Perkembangan alat transportasi darat:

  • Sepeda  memiliki sejarah yang sangat panjang. Mulai dari bentuknya yang sederhana, beroda tiga hingga sepeda modern dengan berbagai bentuk yang kita kenal sekarang. sepeda pertama ditemukan oleh Baron Karl Drais von Sauerbronn atau lebih sering dikenal Karl Drais -lahir pada tanggal 29 April 1785 di Karlsruhe, Jerman. Di Indonesia, popularitas sepeda banyak dikenalkan di masa kolonial Belanda. Orang Belanda membawa sepeda buatan Eropa sebagai alat transportasi di masa pendudukan mereka di Indonesia. Kini di era milenial, model sepeda pun kian berkembang. Saat ini ada sepeda MTB (sepeda gunung) hingga sepeda lipat. Selain itu sepeda BMX juga mulai diminati oleh para anak muda Indonesia.
  • Ide awal kereta api pertama kali dicetuskan oleh seorang ilmuwan Inggris yang bernama William Murdoch. Idenya sangat sederhana, yaitu sebuah rangkaian kereta yang ditarik oleh kuda. Dari awal abad ke-19 hampir semuanya didukung oleh lokomotif uap. Dari tahun 1910-an dan seterusnya lokomotif uap mulai digantikan oleh kurang dan bersih lokomotif diesel dan lokomotif listrik. Saat ini kereta api ada beberapa jenis, diantaranya adalah kereta api konvensional dan kereta api monorel.
  • Penemuan mesin diesel pada 1882 menjadi babak penting dalam sejarah mobil. Muncul kendaraan dengan mesin berbahan bakar bensin, menggunakan tiga roda, kendaraan ini diciptakan Karl Benz pada 1885. Tak mau kalah, di Amerika Serika Henry Ford telah membangun mobil pertamanya pada 1886. Inilah cikal bakal mobil-mobil di era modern. Sejarah mobil terus berkembang secara positif pada milenium kedua. Sejumlah teknologi terbaru banyak bermunculan. Semuanya bertujuan untuk menciptakan kendaraan yang lebih efisien dan ramah lingkungan.
  • Pesawat terbang diterbangkan pertama kali oleh Wright Bersaudara. Pada tahun tahun berikutnya balon Zeppelin mengusai pengangkutan udara. Pesawat komersial yang lebih besar dibuat pada tahun 1949 bernama Bristol Brabazon.Sampai sekarang pesawat penumpang terbesar di dunia di buat oleh airbus industrie dari eropa dengan pesawat A380.
  • Inilah nenek moyangnya kapal laut. Kapal laut generasi pertama ini masih sangat sederhana. Manusia purba biasa menggunakan kano atau rakit untuk menyeberangi sungai atau danau. Kano biasanya terbuat dari batang pohon. Di zaman modern ini, kapal laut sudah semakin canggih. Kapal laut dilengkapi mesin bertenaga tinggi sehingga dapat melaju dengan cepat. Desainnya pun dibuat begitu mewah dan megah, dilengkapi fasilitas-fasilitas yang memanjakan penumpangnya.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 3 Halaman 181

Ayo Mengamati

Amati kembali teks “Pergi ke Pulau”! Perahu berisi penumpang yang beragam. Tulislah keberagaman penumpang perahu di bawah ini!

Keberagaman Penumpang Perahu:

  • Penumpang perahu mengenakan baju yang beragam.
  • Penumpang perahu ada penumpang laki-laki dan perempuan. 
  • Penumpang perahu ada anak-anak, remaja, dan orang tua. 
  • Penumpang perahu ada penduduk setempat, pengunjung lokal, dan turis asing.
  • Keragaman alat transportasi air saat ini seperti kapal feri, speed boat, dan kapal pesiar.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 3 Halaman 182

Bertanya jawablah kepada temanmu!
Tuliskan hasil tanya jawabmu!

Menjaga Keselamatan Orang Lain di Pantai

  • Memperhatikan teman yang bermain di pantai
  • Menemani teman melakukan kegiatan di pantai
  • Mengingatkan teman jika ada ombak besar
  • Mengingatkan teman agar tidak berenang terlalu jauh ke laut
  • Menyingkirkan benda tajam yang ada di dalam air

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 3 Halaman 183

Ayo Berlatih

Kamu sudah tahu perbuatan yang dapat menjaga keselamatan orang saat bermain air di pantai. Setiap perbuatan yang kamu lakukan pasti ada alasannya.

Amati perbuatan menjaga keselamatan orang lain berikut ini. Mengapa itu dilakukan?

Tuliskan jawabanmu! Lalu, ceritakan salah satu jawabanmu di depan kelas!

Tuhan menciptakan manusia untuk bertanggungjawab terhadap keselamatan dirinya dan orang lain, harus bisa bekerja sama dan saling tolong menolong sebagai bentuk syukur akan segala karunia Tuhan.

Kegiatan Bersama Orang Tua

Orang tua berdiskusi dengan siswa tentang perbuatan-perbuatan yang dapat menjaga keselamatan orang lain di pantai.

Pantai merupakan tempat yang sangat digemari untuk berlibur,  akan tetapi akan berbahaya jika kita tidak berhati hati maka perlu dilakukan berbagai upaya untuk menjaga keselamatan yaitu:

  1. Memasang rambu ditempat yang tidak boleh didekati oleh pengunjung yang ingin berenang
  2. Menyiapkan penjaga pantai agar dapat menolong orang yang mungkin menjadi korban tenggelam
  3. Tidak berenang terlalu jauh ke tengah
  4. Mengawasi anak kecil bermain dipantai
  5. Tidak nekat berenang tanpa pakai pelampung jika tidak bisa teknik berenang
  6. Menjauhi pantai yang ombaknya besar

Nah adik-adik, itulah ulasan yang bisa kami sampaikan untuk Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 3 Halaman 179, 180, 181, 182, 183 ini. Kami yakin jika adik-adik bersungguh-sungguh dalam mengerjakan setiap tugas sekolah, adik-adik pasti bisa mendapatkan nilai yang maksimal. Meskipun kami telah menyediakan jawaban terbaik buat adik-adik, namun tidak lantas adik-adik begitu saja menyalinnya ke buku tugas. Kami berharap adik-adik tetap teliti dalam mengerjakan soal-soalnya, pastikan untuk sellau mengecek dan memastikan jawaban yang kami buat sudah sesuai dengan soal yang ada.

Adik-adik harusnya sudah mulai serius dan giat dalam belajar, mengingat sekarang ini merupakan semester penentu bagi adik-adik dalam kenaikan kelas. Maka dari itu mulailah belajar, dan sering-sering mengulang dan mempelajari kembali materi pelajaran yang belum adik-adik pahami dengan baik. Kami yakin dengan persiapan yang bagus, adik-adik akan dengan mudah bisa mengerjakan dan menyelesaikan soal-soal pada kegiatan ulangan nantinya.

Jika adik-adik punya persiapan yang bagus dan bisa mengerjakan soal-soal pada kegiatan ulangan harian dan ulangan akhir semester dengan mudah, maka tak menutup kemungkinan adik-adik dapat meraih nilai terbaik dan juga tak menutup juga kesempatan, adik-adik bisa meraih juara kelas nantinya. Dan manfaatkan juga alternatif jawaban yang kami sediakan ini sebagai bahan belajar adik-adik di rumah nantinya.

Sumber : Buku Siswa SD/MI Kelas III

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 179, 180, 181, 182, 183 Tema 7 Kelas 3 Buku Siswa Tematik SD Pembelajaran 2"