√ Kunci Jawaban Halaman 20, 21, 23, 24, 25, 26 Tema 9 Kelas 5 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 3 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 20, 21, 23, 24, 25, 26 Tema 9 Kelas 5 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 3

Kunci jawaban Tema 9 Benda-Benda di Sekitar Kita Kelas 5 halaman 20, 21, 23, 24, 25, 26 subtema 1 Benda Tunggal dan Campuran pembelajaran 3 buku siswa tematik SD K13 revisi berikut ini kami sediakan untuk membantu adik-adik sekolah dasar, khususnya adik-adik kelas 4 SD yang saat ini kami yakini sedang sibuk mencari jawaban di internet untuk digunakan menjawab soal-soal pada buku pelajaran yang menjadi tugas sekolah saat ini. Kami sadari jika akhir-akhir ini cukup banyak siswa yang memilih memanfaatkan alternatif jawaban seperti ini untuk membantu menyelesaikan semua tugas-tugas sekolahnya. Bahkan bukan hanya siswa saja, namun kami juga tahu jika tak sedikit dari para orang tua yang juga turut memanfaatkan alternatif jawaban ini.

Pada kenyataannya memang alternatif jawaban menjadi pilihan banyak siswa. Selain membantu menyelesaikan tugas sekolah, alternatif jawaban juga bisa menjadi perantara bagi adik-adik dalam mendapatkan nilai yang bagus dari tugas yang dikerjakan. Apalagi kita tahu kalau sekarang ini adik-adik sedang banyak diberikan tugas oleh guru, baik oleh guru kelas maupun guru mata pelajaran. Dalam situasi seperti saat ini, dimana kita lihat dan temukan masih banyak sekolah yang harus masih menerapkan kegiatan belajar secara daring, pastinya akan berdampak juga kepada siswanya. Dan salah satu dampakanya yaitu penugasan yang diberikan ke siswa akan lebih banyak.

Melihat hal tersebutlah kenapa kami disini hadir dan berusaha untuk selalu memberikan jawaban terbaik kepada adik-adik, dengan harapan alternatif jawaban yang kami sediakan ini benar-benar bisa membantu dalam mengerjakan tugas sekolah. Dan seperti yang sering kami sampaikan juga, bahwa dalam membuat jawaban atau dalam menjawab soal-soal pada buku pelajaran yang menjadi tugas sekolah saat ini, kami sudah berusaha semaksimal mungkin menjawab soal-soalnya dengan jawaban terbaik, baik jawaban tersebut kami cari pada buku pelajaran maupun kmai cari dari luar buku pelajaran. Maka dari itulah kenapa kami cukup yakin dengan jawaban yang kami sediakan ini, nantinya bisa mengantarkan adik-adik meraih nilai yang bagus.

Sebelumnya kami juga telah banyak berbagai Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 kepada adik-adik. Yang tentunya masih bisa adik-adik lihat pada artikel kami di blog ini. Kami berharap jawaban yang kami buat ini bisa mengantarkan adik-adik untuk bisa meraih nilai yang bagus dan tinggi. Karena dengan nilai yang bagus, yang adik-adik dapatkan, akan sangat membantu dalam meningkatkan nilai akhir pada raport semester adik-adik. Dan lihat juga Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 9, 10, 11, 16, 17, 18 yang juga telah kami sediakan pada blog ini. Adik-adik dapat melihat dan menggunakannya, karena jawaban tersebut merupakan jawaban untuk tugas pada kegiatan belajar sebelum ini.

Kunci Jawaban Halaman 20, 21, 23, 24, 25, 26  Tema 9 Kelas 5

Mengerjakan tugas sekolah sudah menjadi hal rutin yang adik-adik temukan dalam kegiatan belajar di sekolah. Tugas sekolah yang diberikan oleh guru biasanya dikerjakan disekolah maupun dijadikan tugas rumah. Dan tugas-tugas ini biasanya akan diambil oleh guru dari buku pelajaran dan jawabannyapun sebagian besar ada pada buku pelajaran. Adik-adik dapat memanfaatkan dengan baik setiap jawaban yang kami bagikan ini. Akan tetapi kami tetap menyarankan, supaya adik-adik tetap berusaha mencari sendiri jawabannya pada buku pelajaran.

Dengan mencari sendiri jawabannya pada buku pelajaran, adik-adik bisa dapat belajar dan lebih memahami materi yang ada. Dan selain mengerjakan tugas sekolah, adik-adik juga tentunya harus mempersiapkan diri dengan memperbanyak belajar dan mengulang kembali materi pelajaran yang belum dipahami dengan baik. Dengan begitu adik-adik akan lebih siap dalam mengikuti kegiatan ulangan, dan kami yakin adik-adik bisa dengan mudah mengerjakan soal-soal pada kegiatan tersebut.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 20

Ayo Mengamati

Amatilah gambar peta tersebut. Tuliskan nama daerah-daerah yang pernah kamu kunjungi pada kolom berikut.

Nama-nama daerah di Indonesia:
Aceh , Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau , Kepulauan Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung , Bengkulu, Lampung, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Provinsi Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, Papua.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 21

Ayo Berlatih

  1. Provinsi Jawa Tengah beribu kota di Semarang. Letak geografis kota Semarang sekitar 110° BT dan 7°LS. Tunjukkan letak Semarang pada gambar peta di atas. Kemudian, lingkarilah dengan pensil berwarna!
  2. Lihatlah peta di kelasmu atau buku atlasmu. Pilihlah 10 kota kabupaten pada peta di atas. Kemudian, tuliskan letaknya menurut garis lintang dan garis bujur! Tuliskan dalam tabel berikut!

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 23

Ayo Berdiskusi

Ada perilaku yang mencerminkan persatuan dan kesatuan dalam masyarakat. Sebaliknya, ada pula perilaku yang tidak mencerminkan persatuan dan kesatuan dalam masyarakat. Coba diskusikan secara kelompok bersama tiga orang temanmu perilaku tersebut. Kemudian, tuliskan contoh-contoh dari kedua perilaku tersebut dalam tabel berikut.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 24

Ayo Mengamati

Untuk memperkukuh persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia dibuatlah iklan ajakan atau seruan seperti berikut.

Ingatkah kamu yang dimaksud dengan iklan? Tuliskan dalam kolom berikut. 

Iklan adalah pemberitahuan mengenai suatu barang atau jasa kepada khalayak umum agar mereka tertarik untuk membeli dan menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 25

Ayo Berlatih

Carilah contoh iklan dari media cetak. Gunting iklan tersebut, lalu ceritakan isinya di depan teman-temanmu. Tempelkan iklan yang kamu peroleh dalam kolom berikut.

Iklan tersebut menawarkan sabun Nuvo yang dapat menciptakan hari-hari anti kuman. Sabun nuvo memiliki kekuatan ganda sehingga 99% kuman mati. Menurut Kak Seto (pemerhati anak) dengan kehidupan bebas kuman dapat memenuhi hak hidup sehat dan tumbuh kembang anak. Anak yang tumbuh dengan baik akan sehat dan aktif, serta berani berprestasi. Nuvo Famiily ciptakan generasi sehat Indonesia.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 26

Ayo Renungkan

Apa saja yang sudah kamu pelajari hari ini? Apa manfaat dari pembelajaran yang kamu peroleh hari ini? Tuliskan dalam kolom berikut.

Hasil Renungan:
Hari ini saya telah belajar tentang sikap rasa ingin tahu, percaya diri, kerja sama, dan bertanggung jawab. Pengetahuan yang saya pelajari adalah karakteristik geografis Indonesia, sikap persatuan dan kesatuan dalam masyarakat, isi Iklan. Keterampilan yang saya pelajari adalah berdiskusi, mengomunikasikan, menuliskan. Manfaat pembelajaran pada hari ini saya jadi lebih mengetahui karakteristik geografis Indonesia dan isi dari sebuah iklan.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Apa yang kamu lakukan untuk menjalin persatuan dan kesatuan antaranggota keluarga?

Yang saya lakukan:

  • Saling mencintai sesama anggota keluarga
  • Mengakui keberadaan dan fungsi tiap-tiap anggota keluarga
  • Mengembangkan sikap tenggang rasa dan tepa salira
  • Tidak memaksakan kehendak orang lain
  • Adanya keterbukaan antar anggota keluarga

Apa yang keluargamu lakukan untuk menjalin persatuan dan kesatuan antaranggota masyarakat? 

Yang keluarga saya lakukan:

  • Hidup rukun dengan semangat kekeluargaan antarwarga masyarakat
  • Setiap warga masyarakat menyelesaikan masalah sosial secara bersama-sama
  • Bergaul dengan sesama warga masyarakat tidak membedakan-bedakan suku, agama, ras, ataupun aliran
  • Menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar dalam bergaul antarsuku bangsa
  • Mengadakan bakti sosial di lingkungan masyarakat

Diskusikan bersama orang tuamu, lalu tuliskan hasilnya pada kolom berikut. Buatlah laporan sederhana hasil diskusimu bersama orang tua untuk dikumpulkan kepada Guru.

Sekian ulasan kami pada artikel kali ini terkait dengan Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 20, 21, 23, 24, 25, 26. Adik-adik pastinya sangat berharap nilai yang diperoleh dari tugas yang dikerjakan bisa mendapatkan ilia yang bagus dan tinggi. Kami cukup yakin dengan jawaban yang kami sediakan ini, karena seperti yang sering kami sampaikan, bahwa memang kami membuat jawaban ini sudah berdasarkan pemahaman kami terkait soal-soal yang ada pada buku dan materinya. Dan kami mencari jawaban untuk menjawab soal-soalnya sudah semaksimal mungkin, baik kami cari di buku pelajaran maupun diluar buku.

Seperti yang adik-adik tahu jika buku siswa tema 9 kelas 5 ini merupakan buku materi terkahir yang adik-adik pelajari pada semester genap ini. Dan adik-adikpun tahu jika semester ini merupakan semester penentu bagi adik-adik dalam kenaikan kelas nantinya. Kalau dinyata kepada siswa, mau tidaknya naik kelas, pastinya semua siswa akan menjawab mereka mau naik kelas, apalagi jika naik kelas dengan nilai yang bagus.

Akan tetapi untuk mewujudkan itu semua adik-adik haruslah bisa mendapatkan nilai yang bagus juga. Tak cukup hanya dari tugas sekolah, namun adik-adik juga harus bisa mendapatkan nilai yang bagus dari kegiatan lainnya seperti ulangan harian, ulangan akhir semester dan tugas praktek. Kami selalu mengingatkan agar adik-adik mulai serius dan rajin dalam belajarnya. Mangfaatkan juga alternatif jawaban yang kami buat ini sebagai bahan belajar adik-adik di rumah dalam meningkatkan pemahaman adik-adik terkait materi pada semester ini.

Sumber : Buku Siswa SD/MI Kelas V

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 20, 21, 23, 24, 25, 26 Tema 9 Kelas 5 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 3"