√ Kunci Jawaban Halaman 36, 37, 38, 41, 42, 43 Tema 9 Kelas 5 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 5 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 36, 37, 38, 41, 42, 43 Tema 9 Kelas 5 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 5

Kunci jawaban Tema 9 Benda-Benda di Sekitar Kita Kelas 5 halaman 36, 37, 38, 41, 42, 43 subtema 1 Benda Tunggal dan Campuran pembelajaran 5 buku siswa tematik SD K13 revisi yang kami sediakan pada artikel kami ini dapat adik-adik manfaatkan sebagai jawaban, mengerjakan soal-soal pada buku siswa, yang mungkin sebagian soalnya menjadi tugas rumah atau PR adik-adik sekarang ini. Harus kami akui bahwa alternatif jawaban seperti ini cukup banyak dicari dan dimanfaatkan oleh para siswa dan juga orang tua untuk mengerjakan dan menyelesaikan tugas-tugas sekolah. Adik-adikpun pastinya tahu jika mencari alternatif jawaban seperti ini akan melihat banyak sekali jawaban yang tersedia di internet.

Kami memahami mengapa alternatif jawaban seperti ini sangat membantu adik-adik dalam mengerjakan tugas sekolah, apalagi dalam masa dan situasi seperti saat ini. Kita tahu bahwa adik-adik sekarang ini lebih banyak diberikan tugas mandiri oleh sekolah untuk nantinya dikerjakan dan dipelajari di rumah. Dan tugas-tugas ini tak hanya dikerjakan saja, namun harus segera dikumpulkan lagi kepada guru kelas. Dan guru kelas akan mengoreksi dan memberikan nilai. Dan nilai-nilai yang adik-adik peroleh dari tugas seperti ini akan dicatat oleh guru, untuk nantinya akan direkap dan dihitung, lalu dimasukan kedalam raport akhir semester.

Maka kami ingatkan adik-adik, bahwa jangan sampai meremehkan tugas yang guru berikan, apalagi sampai tidak mengerjakannya. Karena nilai yang adik-adik peroleh akan sangat berguna, membantu adik-adik meningkatkan nilai akhir pada raport nantinya. Maka  dari itulah kami hadir dan berusaha semaksimal mungkin menyediakan jawaban terbaik kepada adik-adik, yang kami yakini jawaban yang kami buat ini akan sangat membantu adik-adik dalam menyelesaikan semua tugas sekolah, khususnya lagi untuk tugas pada buku siswa tema 9 ini. Dan selain itu, kami juga cukup yakin jika nantinya nilai yang adik-adik peroleh bisa bagus dan tinggi.

Sebelum inipun kami sudah cukup banyak berbagi Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 yang bisa adik-adik cari dan temukan lagi pada artikel kami sebelum ini. Kami yakin adik-adik sebelum ini sudah pernah melihat dan memanfaatkannya. Dan kami harap dengan jawaban itu adik-adik bisa mendapatkan nilai yang bagus dan tinggi. Dan lihat juga Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 29, 30, 31, 33, 34 yang juga belum lama ini sudah kami sediakan pada blog ini, silahkan adik-adik lihat dan manfaatkan sebaik mungkin.

Kunci Jawaban Halaman 36, 37, 38, 41, 42, 43 Tema 9 Kelas 5

Seperti yang sering kami sampaikan pada setiap artikel kami, bahwa memang kami disini sudah berusaha menyediakan jawaban terbaik kepada adik-adik,  yang nantinya bisa adik-adik manfaatkan untuk menyelesaikan semua tugas sekolah yang ada. Namun meskipun demikian, kami masih tetap menyarankan adik-adik untuk sebelumnya bisa berusaha sendiri mencari jawabannya pada buku pelajaran. Karena dengan begitu, setidaknya adik-adik bisa membaca dan memahami materi yang ada.

Dan kami juga menghimbau bahwa, jikapun nantinya menurut adik-adik masih ada jawaban yang kurang tepat, maka silahkan saja adik-adik cari jawaban lain. Atau adik-adik bisa menyampaikannya kepada kami, agar bisa kami cek dan perbaiki jika memang jawaban kurang tepat. Dan tak lupa kami ingatkan adik-adik sekalian, agar mulai serius dan giat belajarnya, karena semester genap ini sangat menentukan sekali dalam kenaikan kelas bagi adik-adik nantinya.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 36

Ayo Mengamati

Amatilah iklan berikut.

1. Apa saja unsur-unsur yang ada pada iklan di atas?

Unsur-unsur:

  • Nama produk.(Toko Mas Subuir)
  • Gambar produk.
  • Kalimat iklan.(Jual beli perhiasan, logam mulia)
  • Keunggulan produk (No. 1, Quality Guaranted)
  • Nomor telepon (08573432116)
  • Alamat pengiklan.(Jalan Mulia Selatan 65 Jakarta)

2. Apakah menurutmu unsur-unsur pada iklan di atas lengkap?

Tuliskan pendapatmu pada kolom berikut:

Iklan di atas tidak lengkap karena tidak memenuhi unsur yang lain seperti "Harga produk"

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 37-38

Mengidentifikasi Sifat Campuran

Sebelumnya kita telah mempelajari tentang zat tunggal dan zat campuran. Kita juga telah berlatih untuk membedakannya. Sekarang, kita akan berlatih mengidentifikasi sifat zat campuran. Ikuti langkah kerjanya dengan baik dan hati-hati.

Langkah kerja:

  1. Sediakan gelas plastik, sendok, air, gula, minyak, pasir, dan pewarna merah.
  2. Buatlah campuran sesuai tabel berikut, lalu catat hasil pengamatanmu.

Berilah tanda centang () pada kolom yang sesuai dengan hasil pengamatanmu.

a. Campuran manakah yang tercampur sempurna?

Zat yang tercampur sempurna yaitu air + gula dan air + pewarna makanan

b. Campuran manakah yang tidak tercampur sempurna?

Zat yang tidak tercampur sempurna yaitu air + minyak, air + pasir, minyak + pasir, minyak + pewarna makanan, dan minyak + gula.

Ayo Mencoba

Pernahkah kamu melihat penjual jamu mencampur air dengan serbuk dari kunyit dan buah asam? Percampuran antara air, serbuk kunyit, dan buah asam menghasilkan minuman kunyit asam. Apakah campuran itu tercampur sempurna atau tidak tercampur sempurna? Ayo, lakukan percobaan berikut. Tuliskan hasil percobaanmu di buku latihanmu, Setelah itu, laporkan hasilnya kepada Ibu/Bapak Gurumu.

Laporan Percobaan Minuman Kunyit Asam

Tujuan Percobaan : Mengidentifikasi sifat campura
Alat dan bahan :

  • Gelas
  • Sendok
  • Air putih
  • Gula sachet
  • Serbuk kunyit
  • Serbuk asam 

Langkah-langkah Percobaan:

  • Siapkan alat-alat dan bahan bahan yang diperlukan
  • Isi gelas dengan air putih kemudian masukkan serbuk kunyit, sebuk asam, dan gula.
  • Aduk-aduk menggunakan sendok kurang lebih 2 menit hingga merata.
  • Amati perubahan yang terjadi pada campuran asam kunyit tersebut
Hasil Percobaan :
Setelah dilakukan percobaan di atas dan air didiamkan selama 1 menit, campuran air dengan serbuk kunyit, serbuk asam, dan gula penampilannya sama. Meskipun ketiga bahan sudha tercampur namun rasa asam, kunyit, dan gula masih terasa

Kesimpulan :
Dari pengamatan percobaan yang telah dilakukuan dapat disimpulkan bahwa jamu kunyit asam termasuk campuran. homogen.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 41

Apa yang kamu rasakan setelah menyanyikan lagu ”Suwe Ora Jamu” tersebut? Nada apa saja yang digunakan?

Saya merasa bahagia, nada yang digunakan adalah pelog

Apa yang kamu rasakan setelah menyanyikan lagu ”Lir-ilir” tersebut? Nada apa yang terdapat pada lagu “Lir Ilir”?

Saya merasa sedih, nada yang digunakan slendro

Ayo Mengamati

Nyanyikan kembali lagu Lir-ilir dan Suwe Ora Jamu. Kemudian, identifikasilah tangga nada masing-masing lagu tersebut

1. Lir Ilir

  • Judul Lagu : Lir-ilir
  • Jenis tangga nada : Slendro
  • Penjelasan : Pada lagu tersebut banyak digunakan nada-nada 1-2-3-5-6.

2. Suwe Ora Jamu

  • Judul Lagu : Suwe Ora jamu
  • Jenis tangga nada : Pelog
  • Penjelasan : Pada lagu tersebut banyak digunakan nada-nada 1-3-4-5-7.

Dengarkan lagu-lagu pentatonik lainnya, selain dua lagu itu. Kemudian, tuliskan judul lagu yang telah kamu dengarkan, jenis tangga nadanya, dan berikan penjelasan mengenai lagunya.

1. Cingcangkeling (Jawa Barat)

Cingcangkeling

  • Judul Lagu : Cingcangkeling
  • Jenis tangga nada : Slendro
  • Penjelasan : Pada lagu tersebut banyak digunakan nada-nada 1-2-3-5-6.

2. Macepet-cepetan (Bali)

Macepet-cepetan

  • Judul Lagu : Macepet-cepetan
  • Jenis tangga nada : Pelog
  • Penjelasan : Pada lagu tersebut banyak digunakan nada-nada 1-3-4-5-7.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 42-43

Ayo Renungkan 

Apa saja yang sudah kamu pelajari hari ini? Apa manfaat dari pembelajaran yang kamu peroleh hari ini? Tuliskan dalam kolom berikut. 

Hasil Renungan:
Hari ini saya telah belajar tentang sikap santun dan percaya diri  Pengetahuan  tentang klan, benda campuran, tangga nada lagu Keterampilan tentang mengomunikasikan, mengidentifikasi, bernyanyi.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Pilihlah lagu yang isinya mengenai benda-benda di sekitarmu. Mintalah orang tua untuk membantu memilih lagu. Bersama orang tuamu, nyanyikan lagu yang telah dipilih. Kemudian, tuliskan syair lagu pada kolom berikut.

Macepet-cepetan (Bali)

Jani m'lati macepet-cepetan
Nanging limane tusing dadi matiang
Sejaba ento mekajang dadi
Nyenje kalah lakar gedhing

Cukup sekian postingan kami kali ini terkait dengan Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 36, 37, 38, 41, 42, 43. Seperti yang sering kami sampaikan bahwa kami tahu kalau alternatif jawaban seperti ini akan sangat membantu adik-adik dalam mengerjakan dan menyelesaikan tugas sekolah. Dan pastinya adik-adik tidak akan telat dalam mengumpulkan setiap tugas yang diberikan oleh guru. Selain itu kamipun tahu kalau adik-adik pasti berharap dengan jawaban yang kami sediakan ini, adik-adik bisa mendapatkan nilai yang bagus dan tinggi.

Kami cukup yakin dengan jawaban yang kami sediakan ini, nantinya bisa mengantarkan adik-adik untuk meraih nilai yang bagus dan maksimal. Karena seperti yang sudah sering kami sampaikan terkait jawaban yang kami buat ini, bahwa kami membuat jawaban ini semaksimal mungkin dengan terlebih dahulu mempelajari dan memahami materi dan soal-soal yang ada pada buku pelajaran. Maka dari itu kami cukup yakin dengan jawaban yang kami buat dan sediakan ini.

Dan kami juga mengingatkan dan menyarankan adik-adik untuk mulai serius dan rajin dalam belajarnya, karena saat ini sudah tidak ada lagi waktu bersantai, karena Sudha dekat sekali dengan kegiatan  akhir semester, yaitu ulangan akhir semester. Adik-adik harus punya persiapan yang bagus dengan rajin belajar dan mengulang kembali materi pelajaran yang belum adik-adik pahami dengan baik.

Sumber : Buku Siswa SD/MI Kelas V

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 36, 37, 38, 41, 42, 43 Tema 9 Kelas 5 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 5"