√ Kunci Jawaban Halaman 48, 50, 51, 52, 53, 54, 55, 56, 57, 58 Tema 9 Kelas 4 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 1 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 48, 50, 51, 52, 53, 54, 55, 56, 57, 58 Tema 9 Kelas 4 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 1

Kunci jawaban Tema 9 Kayanya Negeriku Kelas 4 halaman 48, 50, 51, 52, 53, 54, 55, 56, 57, 58 subtema 2 Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia pembelajaran 1 buku siswa tematik SD/MI K13 revisi berikut ini kami buat dan siapkan untuk adik-adik yang sekarang ini mungkin tengah sibuk-sibuknya mencari jawaban di internet untuk dimanfaatkan sebagai jawaban mengerjakan dan menyelesaikan soal-soal pada buku pelajaran yang menjadi tugas sekolah sekarang ini. Kami melihat, bahwa memang sekarang ini, siswa dan orang tua cukup banyak yang mencari alternatif jawaban seperti ini, yang nantinya dipergunakan untuk menyelesaikan tugas-tugas sekolah.

Kami mengerti jika hal ini adik-adik piliha, karena kamipun tahu kalau adik-adik sekarang ini lebih disibukan dengan tugas-tugas harian. Kondisi pembelajaran yang belum efektif dan harus banyak sekolah yang menyelenggarakan kegiatan belajar secara online, pastinya akan berdampak juga kepada siswa. Siswa akan lebih banyak diberikan tugas oleh guru kelas ataupun guru mapel. Dan tugas-tugas ini secepatnya harus segera dikumpulkan kepada guru kelas, untuk dikoreksi dan diberikan nilai sesuai dengan jumlah benar dari tugas tersebut. Maka melihat hal itu, tak heran jika adik-adik lebih memilih memanfaatkan alternatif jawaban.

Kami berupaya semaksimal mungkin untuk selalu memberikan jawaban terbaik kepada adik-adik sekalian. Karena kami tahu, adik-adikpun pastinya berharap dengan jawaban yang kami sediakan in, adik-adik bisa meraih nilai yang bagus dan maksimal. Sebenarnya kami sering menyampaikan terkait jawaban yang kami sediakan ini, bahwa dalam membuat jawaban ini, atau menjawab soal-soal pada buku pelajaran, kami tentunay sudah berusaha semaksimal mungkin mencari jawaban yang tepat dan benar, baik pada buku pelajaran atau diluar buku pelajaran. Maka dari itulah kami cukup yakin dengan jawaban yang kami sediakan ini.

Sebelum ini juga kami sudah cukup banyak berbagi Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 yang kami rasa mungkin adik-adikpun sudah pernah melihat dan memanfaatkannya sebagai jawaban menyelesaikan tugas pada kegiatan belajar sebelumnya. Kami berharap apa yang kami sediakan tersebut benar-benar dapat membantu adik-adik dan nilai yang diperoleh juga bisa maksimal. Lihat juga Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 38, 39, 40, 44, 45, 46 yang juga sudah kami posting pada blog ini, adik-adik dapat mencari dan melihatnya pada artikel kami tersebut.

Kunci Jawaban Halaman 48, 50, 51, 52, 53, 54, 55, 56, 57, 58 Tema 9 Kelas 4

Adik-adik sekarang ini tengah mengerjakan tugas-tugas pada kegiatan belajar 1 subtema 2 buku siswa tema 9 kelas 4. Seperti yang adik-adik ketahui, kalau buku tema 9 kelas 4 ini adalah buku materi pelajaran terakhir yang adik-adik pelajari di kelas 4 semester genap ini. Tak terasa adik-adik sudah akan menyelesaikan semua materi yang ada pada semester genap. Setelah itu tentunya adik-adik akan melaksanakan kegaitan ulangan akhir semester, dimana nilai yang nantinya adik-adik dapatkan akan sangat berperan penting sekali dalam menentukan kenaikan kelas.

Maka dari itu kami selalu mengingatkan kepada adik-adik sekalian, agar mulai giat dalam belajarnya. Manfaatkan waktu dengan baik, dan juga manfaatkan alternati jawaban yang kami sediakan ini sebagai bahan belajar di rumah nantinya. Karena adik-adik tahu juga bahwa tak cukup hanya mengandalkan nilai yang adik-adik peroleh dari kegiatan tugas sekolah. Tapi nilai dari kegiatan lainnyapun akan sangat berperan penting dalam menentukan kenaikan kelas adik-adik.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 48

Ayo Mengamati

Amatilah gambar di bawah lalu dan jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
Sungai dan pohon merupakan salah satu unsur lingkungan alam. Sungai dan pohon memiliki banyak manfaat.

Coba sebutkan manfaat-manfaat sungai dan pohon bagi manusia.

Manfaat Sungai :

  • Sebagai Tempat Pariwisata
  • Untuk mandi
  • Untuk Mck
  • Untuk Membuat keramba ikan

Manfaat Pohon :

  • Pohon mengeluarkan O2/oksigen
  • Pohon menyerap air
  • Pohon menahan tahah longsor

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 50

Ayo Berlatih

Nah sekarang, tuliskan sumber-sumber energi yang digunakan dan perubahan energi yang terjadi saat melakukan kegiatan-kegiatan di bawah ini.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 51

Ayo Berlatih

Carilah contoh pemanfaatan perubahan energi dalam kehidupan sehari-hari.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 52-53

Ayo Berlatih

1. Berilah contoh hasil sumber daya alam yang dapat diperbarui. Contohnya hasil pertanian, perkebunan, perikanan, hasil hutan dan hasil peternakan yang ada di daerah tempat tinggalmu (kota, kabupaten, atau provinsimu). Tuliskan pada tabel berikut.

2. Agar menambah pemahamanmu tentang sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui, buatlah daftar yang memuat contoh barang tambang yang dihasilkan di daerah tempat tinggalmu (kota, kabupaten, propinsi).

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 54-55

Ayo Mengamati

Kalian telah mengetahui kekayaan dan persebaran sumber daya alam. Berdasarkan jenis bendanya, sumber daya alam dibagi menjadi 2 yaitu sumber daya alam hayati dan sumber daya alam nonhayati. Sumber daya alam hayati berupa makhluk hidup. Sebaliknya, sumber daya alam nonhayati adalah sumber daya alam yang bukan berupa makhluk hidup.

Sekarang giliran kamu untuk menceritakan berbagai kekayaan sumber daya alam, baik hayati maupun nonhayati yang ada di daerahmu.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 56

Ayo Berlatih

Kamu telah membaca bacaan ”Sumber Daya Alam sebagai Modal Pembangunan” Carilah informasi penting pada bacaan tersebut. Selanjutnya, lengkapilah gambar peta pikiran berikut.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 57

Ayo Berlatih

Lakukan wawancara untuk memperoleh data tentang pemanfaatan sumber daya alam baik hayati maupun nonhayati dalam kegiatan ekonomi di daerah tempat tinggalmu. Carilah jawaban pertanyaan tersebut dengan bertanya kepada narasumber di sekitarmu. Kamu dapat bertanya kepada orang tuamu, Bapak/Ibu guru, atau orang-orang lain di sekitarmu. Buatlah laporan hasil wawancaramu seperti contoh dalam kotak berikut.

Tips dan Saran:

Sebelum wawancara, guru mengarahkan siswa melakukan diskusi untuk menentukan pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan untuk menggali informasi (indikator mata pelajaran Bahasa Indonesia). Pertanyaanpertanyaan itu misalnya sebagai berikut.

  1. Maaf, Bapak/Ibu. Kami melakukan tugas dari Bapak/Ibu Guru untuk bertanya kepada Bapak/Ibu. Boleh kami minta waktu sebentar? 
  2. Siapa nama Bapak/Ibu?
  3. Apa pekerjaan Bapak/Ibu?

LAPORAN HASIL WAWANCARA

Nama : Lani
Pertanyaan yang diajukan: Apa akibatnya jika manusia tidak melaksanakan kewajiban terhadap lingkungan alam?
Hasil Wawancara:

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 58

Ayo Renungkan

1. Apa yang kamu pelajari hari ini?

Hari ini saya telah belajar tentang jenis-jenis dan pemanfaatan sumber daya alam

2. Manfaat apa saja yang dapat kamu ambil melalui pembelajaran hari ini?

Manfaat yang saya peroleh adalah saya menjadi tahu pentingnya menjaga kelestarian sumber daya alam

3. Keterampilan apa saja dapat kamu kuasai melalui pembelajaran hari ini?

Keterampilan yang saya kuasai adalah membuat peta pikiran, melakukan wawancara, membaca peta

4. Apa yang akan kamu lakukan setelah melalui pembelajaran hari ini?

Setelah pembelajaran ini saya akan mempelajari lebi dalam tentang sumber daya alam yang ada di sekitarku

Kerja Sama dengan Orang Tua

Apakah kegiatan ekonomi orang tuamu berkaitan dengan pemanfaatan sumber daya alam? Jika ya, jelaskan pada kolom berikut. Namun jika tidak, jelaskan juga kegiatan ekonomi yang dilakukan orang tuamu.

Iya, contohnya seperti membeli bensin bensin adalah berasal dari minyak alam. Contoh masak, masak menggunakan gas alam. Membeli emas, Emas berasal dari SDA.

Demikian postingan kami untuk Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 48, 50, 51, 52, 53, 54, 55, 56, 57, 58 ini. Semua siswa pastinya akan berharap bisa mendapatkan nilai yang bagus dari setiap tugas yang dikerjakan dan dikumpulkan kepada guru. Dengan menggunakan jawaban yang kami buat ini, kami cukup yakin jika kelak adik-adik bakal meraih nilai yang bagus dan tinggi, karena kamipun membuat dengan jawaban ini sudah sesuai dengan soal-soal yang ada dan sesuai dengan pemahaman kami sendiri.

Mengerjakan tugas sekolah memang sudah menjadi tugas adik-adik, dan nilai-nilai yang nantiny adik-adik dapatkan dari tugas sekolah yang dikerjakan, akan dicatat oleh guru ke buku nilai, yang mana nantinya pada akhir semester semua nilai akan dihitung dan dumasukan kedalam raport semester. Sangat penting bagi adik-adik untuk bisa mendapatkan nilai yang bagus dan maksimal. Apalagi adik-adik tahu jika sekarang ini merupakan semester akhir yang akan sangat menentukan dalam kenaikan kelas.

Dan tentunya tak cukup hanya nilai dari tugas-tugas sekolah saja, karena ada kegiatan ulangan harian, tugas praktek, ulangan akhir semester, yang juga nilai-nilai dari kegiatan tersebut sangat berpengaruh besar untuk nilai akhir raport semester dan kenaikan kelas nantinya. Maka dari itu mulailah persiapkan diri dengan memperbanyak belajar dan mengulang materi pelajaran yang belum adik-adik pahami dengan baik.

Sumber : Buku Siswa SD/MI Kelas IV

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 48, 50, 51, 52, 53, 54, 55, 56, 57, 58 Tema 9 Kelas 4 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 1"