√ Kunci Jawaban Halaman 85, 86, 87, 90, 91 Tema 8 Kelas 5 Buku Siswa Tematik SD Pembelajaran 5 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 85, 86, 87, 90, 91 Tema 8 Kelas 5 Buku Siswa Tematik SD Pembelajaran 5

Kunci jawaban Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Kelas 5 halaman 85, 86, 90, 91 subtema 2 Perubahan Lingkungan pembelajaran 5 buku siswa tematik SD K13 edisi revisi berikut ini kami sediakan untuk membantu adik-adik yang sekarang ini tengah memerlukan jawaban untuk menjawab soal-soal pada buku pelajaran yang menjadi tugas sekolah. Kami memahami jika adik-adik sekarang ini sangat memerlukan alternatif jawaban untuk membantu menyelesaikan tugas sekolah. Memang kita tahu jika sekarang ini adik-adik tengah disibukan dengan tugas-tugas sekolah. Apalagi dalam situasi pembelajaran seperti saat ini, dimana siswa akan lebih banyak diberikan tugas mandiri oleh guru untuk dikerjakan di rumah.

Maka tak heran jika banyak siswa yang lebih memilih mencari jawaban di internet ketimbang mencari sendiri jawabannya pada buku pelajaran. Selain itu juga kita tahu kalau soal-soal pada buku tematik kurikulum 2013, semuanya adalah isian dan tak sedikit soal yang ada pada buku pelaajran harus dijawab dengan pendapat sendiri dan bahkan jawabannya tidak terdapat pada buku pelajaran. Maka dari itulah kami hadir untuk turut serta memberikan jawaban terbaik kepada siswa, dengan harapan kami, semoga jawaban tersebut bisa membantu adik-adik dalam menyelesaikan tugas sekolah. Dan dengan jawaban tersebut adik-adik bisa mendapatkan nilai yang bagus.

Kami juga sering menyampaikan kepada adik-adik bahwa dalam menjawab soal-soal pada buku pelajaran, kami tidaklah asal dalam menjawabnya. Namun kami terlebih dahulu sudah memahami soalnya, yang baru kemudian kami mencari dengan semaksimal mungkin jawaban terbaik, baik dari buku pelajaran, internet atau pemahaman kami sendiri. Dan kami cukup yakin sekali dengan jawaban yang kami sediakan ini, bisa menjadi solusi bagi adik-adik dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah nantinya. Selain itu yang lebih terpenting lagi adalah dengan jawaban ini, kami yakin adik-adik bisa meraih nilai yang tinggi dan bagus.

Sebelumnya kamipun sudah banyak memposting Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5, yang mungkin saja sudah pernah adik-adik pergunakan sebagai jawaban. Kami berharap sekali, jawaban yang sudah adik-adik manfaatkan dapat membantu meningkatkan nilai tugas adik-adik. Dan lihat juga Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 79, 80, 82, 83, 84 yang juga telah kami bagikan beberapa waktu lalu. Kami berharap, jawaban ini bisa bermanfaat untuk adik-adik dan bisa menjadi jalan bagi adik-adik dalam mendapatkan nilai yang tinggi.

Kunci Jawaban Halaman 85, 86, 87, 90, 91 Tema 8 Kelas 5

Sekarang ini adik-adik tengah mengerjakan tugas pada kegiatan belajar 5, subtema 2 buku siswa tema 8 kelas 5. Tidak terasa, adik-adik tak lama lagi akan menyelesaikan tugas-tugas di subtema 2, dan akan melanjutkan pembelajaran di subtema 3. Seperti yang sering kami sampaikan kepada adik-adik, bahwa nilai tugas merupakan hal yang juga sangat penting dalam meningkatkan nilai akhir pada raport semester. Semua nilai yang adik-adik peroleh dari kegiatan tugas sekolah akan dicatat oleh guru, untuk kemudian pada akhir semester semua nilai akan dihitung dan dimasukan ke dalam raport semester.

Dan juga adik-adik tahu kalau semester ini merupakan semester yang sangat menentukan bagi adik-adik dalam kenaikan kelas. Nilai yang nantinya adik-adik peroleh akan sangat menentukan sekali, baik dari nilai tugas harian, nilai praktek, nilai ulangan harian dan juga nilai ulangan akhir semester. Pasti semuanya akan berharap bisa naik ke kelas 6 dengan nilai yang bagus, begitupun dengan orang tua adik-adik. Namun untuk meraih nilai yang bagus, adik-adik harus berjuang dengan bersungguh-sungguh dalam mengerjakan tugas sekolah. Serta mulai rajin dalam belajarnya. Selain itu adik-adik juga harus rajin mempelajari materi pelajaran yang belum dikuasi dengan baik.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 85

Perhatikanlah gambar di atas. 

1. Menunjukkan peristiwa apakah gambar di atas? 

Gambar menunjukkan peristiwa kekeringan.

2. Pernahkah daerahmu mengalami peristiwa seperti pada gambar itu?

Daerah saya pernah mengalami kekeringan beberapa tahun yang lalu

3. Apa yang dapat kita lakukan dalam menghadapi peristiwa seperti pada gambar?

Dalam menghadapi kekeringan kita dapat melakukan beberapa hal, antara lain berdoa kepada Tuhan supaya segera turun hujan, menghemat pemakaian air, dan mendaur ulang pemakaian air, misalnya air bekas mencuci bahan makanan digunakan untuk menyiram tanaman

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 86

Ayo Berdiskusi

Berdasarkan teks “Tari Suling Dewa” tuliskan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan dalam tabel berikut.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 87

Ayo Bercerita

Begitu pentingnya air bagi kehidupan manusia. Jika siklus air berputar lancar, ketersediaan air di bumi akan terjaga. Tersedianya air di bumi menjamin berlangsungnya kehidupan.

Pada Pembelajaran 2 kamu mendapat tugas membuat poster tentang dampak siklus air terhadap kehidupan. Kini, presentasikan postermu di hadapan Bapak/Ibu Guru dan teman-temanmu.

Perkenalkan nama saya Siti. Saya akan mempresentasikan tentang Dampak Siklus Air terhadap Kehidupan.

Tanpa Air, Apa Jadinya Makhluk Hidup? Manusia sangat membutuhkan air karena lebih dari setengah Zat pembentuk tubuh manusia adalah air. Semua aktivitas yang pernah ada di muka Bumi membutuhkan air. “Tanpa Air Tidak Ada Kehidupan”

Air banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk mandi, mencuci, memasak dan sebagainya. Darimana datangnya air? Mengapa air tak kunjung habis, walaupun kita gunakan setiap hari? Air selalu ada di bumi karena air mengalami siklus (daur). Siklus air adalah perubahan yang terjadi pada air secara berulang dalam suatu pola tertentu.

Ada banyak dampak yang ditimbulkan oleh siklus air terhadap kehidupan. Berikut ini beberapa dampak siklus air.

  1. Siklus air mempengaruhi peristiwa di bumi dan kelangsungan hidup makhluk hidup.
  2. Siklus air menyediakan air yang dibutuhkan oleh makhluk hidup.
  3. Siklus air juga mempengaruhi kelembaban, suhu, curah hujan dan iklim di bumi. 
  4. Uap air hasil evaporasi yang ada di atmosfer akan mempengaruhi kelembaban dan suhu.
  5. Uap air akan mengurangi suhu di bumi sehingga tidak terlalu panas. 
  6. Air yang turun sebagai hujan menghasilkan air tawar yang dibutuhkan makhluk hidup untuk dapat bertahan hidup. 
  7. Jika siklus air terganggu maka bencana kekeringan akan melanda bumi.

Mari kita biasakan menghemat air dalam kehidupan sehari-hari. Hemat air selamatkan bangsa dari bencana kekeringan.

Demikian prsentasi saya tentang dampak siklus air terhadap kehidupan. Semoga presentasi ini bermanfaat, Terima Kasih.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 90-91

Ayo Renungkan

Dari pelajaran hari ini, kamu telah mendapat pengetahuan baru, melatih keterampilan, dan mengembangkan sikap-sikap baik. Adakah pengetahuan dan keterampilan yang dapat kamu berikan bagi perbaikan lingkungan sekitarmu. Apakah itu?

Pengetahuan dan keterampilan yang dapat aku berikan bagi perbaikan kehidupan lingkungan sekitarku

Pengetahuan dan keterampilan tentang dampak siklus air terhadap kehidupan.

Sikap baik apakah yang dapat menjadikan kehidupanmu dan lingkungan sekitarmu menjadi lebih baik?

Sikap baikku yang dapat menjadikan kehidupan dan lingkungan sekitarku menjadi lebih baik

Sikap menghargai perbedaan pendapat dengan orang lain

Kegiatan Bersama Orang Tua

Diskusikan dengan orang tuamu, tindakan apa saja yang dapat kalian lakukan untuk ikut menjaga kelestarian lingkungan sekitar kalian?

Tindakan yang dilakukan untuk ikut menjaga kelestarian lingkungan sekitar 

  1. Membuang sampah pada tempatnya
  2. Menghindari penebangan hutan secara liar
  3. Membersihkan sampah di lingkungan sekitar
  4. Menjaga dan merawat tanaman yang ada di lingkungan sekitar
  5. Tidak membuang sampah di aliran sungai
  6. Menanami kembali hutan yang gundul
  7. Melakukan tebang pilih tanam
  8. Menanam Pohon di pinggir jalan
  9. Membersihkan sungai dari sampah yang menumpuk
  10. Menangkap ikan dengan peralatan yang ramah lingkungan

Cukup sekian postingan kami kali ini yang membahas tentang Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 85, 86, 87, 90, 91. Mengerjakan tugas sekolah memang sudah menjadi bagian dalam kegiatan belajar adik-adik. Namun jangan pernah menyepelehkan tugas-tugas sekolah, karena nilai yang nantiny adik-adik dapatkan dari tugas harian akan dicatat oleh guru untuk nantinya dimasukan ke nilai akhir raport. Maka dari itu selalu kerjakan dengan sungguh-sungguh tugas yang diberikan oleh guru, raih nilai terbaik dari teman-teman lainnya.

Dan selain tugas sekolah, adik-adik juga harusnya sudah mempersiapkan diri dengan memperbanyak belajar dan mengurangi aktifitas bermainnya. Karena ada kegiatan ulangan harian yang bisa saja sewaktu-waktu guru kelas adakan dan juga ada kegiatan ulangan akhir semester yang pastinya akan adik-adik ikuti nantinya. Untuk itu mulailah serius dalam belajar dan perbanyak mengulang dan mempelajari kembali materi pelajaran yang belum adik-adik pahami dengan baik, dengan begitu kami yakin adik-adik akan lebih siap dalam mengikuti kegiatan tersebut.

Adik-adik tentunya juga bisa memanfaatkan alternatif jawaban seperti ini untuk bahan belajar di rumah. Kami yakin jika adik-adik serius dalam belajar dan mempersiapkan diri untuk mengikuti kegiatan tersebut, adik-adik bisa meraih nilai yang bagus dan tinggi. Bahkan tidak menutup kemungkinan adik-adik bisa juara kelas di sekolah. Dengan begitu orang tua adik-adikpun akan sangat senang dengan prestasi tersebut.

Sumber : Buku Siswa SD/MI Kelas V

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 85, 86, 87, 90, 91 Tema 8 Kelas 5 Buku Siswa Tematik SD Pembelajaran 5"