√ Kunci Jawaban Halaman 9, 10, 11, 16, 17, 18 Tema 9 Kelas 5 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 2 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 9, 10, 11, 16, 17, 18 Tema 9 Kelas 5 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 2

Kunci jawaban Tema 9 Benda-Benda di Sekitar Kita Kelas 5 halaman 9, 10, 11, 16, 17, 18 subtema 1 Benda Tunggal dan Campuran pembelajaran 2 buku siswa tematik SD K13 revisi berikut ini kami buat dan sediakan untuk membantu dan mempermudah adik-adik dalam mengerjakan dan menjawab soal-soal pada buku pelajaran atau buku siswa yang mana soal-soal tersebut ada yang menjadi tugas sekolah adik-adik sekarang ini. Kami menyadari jika sekarang ini adik-adik sangat memerlukan alternatif jawaban ini, karena dengan adanya alternatif jawaban seperti ini, adik-adik dapat mengerjakan soal-soal yang sulit yang mungkin belum terjawab oleh adik-adik.

Kami sadar jika adik-adik saat ini tengah sibuk mengerjakan tugas-tugas sekolah. Dan kami juga tahu kalau adik-adik saat ini tengah banyak tugas untuk dikerjakan. Karena dalam situasi seperti saat ini, dimana sekolah masih banyak melaksanakan pembelajaran secara daring atau online, pastinya akan membuat guru lebih banyak memberikan tugas kepada siswanya. Dan tugas-tugas ini dikerjakan secara mandiri di rumah untuk kemudian tugas tersebut segera dikumpulkan kembali kepada guru untuk dikoreksi dan diberikan nilainya sesuai dengan jumlah benar dari tugas tersebut.

Dengan melihat antusias akan kebutuhan alternatif jawaban seperti ini, maka dari itulah kami selalu berupaya memberikan jawaban terbaik kepada adik-adik. Agar dengan jawaban tersebut adik-adik bisa mengerjakan dan menyelesaikan semua tugas sekolah. Dan pastinya tak cukup sampai menyelesaikan tugas sekolah saja, namun kami juga yakin dengan jawaban yang kami sediakan ini, adik-adik bisa meraih nilai yang bagus dan maksima. Karena seperti yang sering kami sampaikan, bahwa kami membuat jawaban ini semaksimal mungkin dengan mencari jawaban terbaik baik dari buku pelajaran maupun diluar buku pelajaran.

Sebelum ini kami juga sudah pernah memposting Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 yang bisa adik-adik lihat pada postingan kami Kunci Jawbaan Tema 9 Kelas 5 Halaman 3, 5, 6, 7. Kami berharap adik-adik dapat terbantu dengan kami sediakan alternatif jawaban seperti ini. Dan juga pastinya kami berharap nilai yang adik-adik peroleh bisa bagus dan tinggi. Kalaupun sebelumnya adik-adik sudah merasakan hasil dari memanfaatkan alternatif jawaban yang kami buat ini, kami juga berharap adik-adik dapat menyampaikannya pada kolom komentar. Karena dengan begitu kami tahu jika apa yang kami sediakan ini benar-benar bermanfaat buat adik-adik.

Kunci Jawaban Halaman 9, 10, 11, 16, 17, 18 Tema 9 Kelas 5

Seperti yang sering kami sampaikan, bahwa kami disini berusaha semaksimal mungkin menyediakan jawaban terbaik kepada adik-adik. Karena memang kami membuat jawaban ini sudah sesuai dengan pemahaman kami, dan kami cukup yakin jika jawaban ini akan mengantarkan adik-adik meraih nilai yang bagus dan maksimal. Akan tetapi, meskipun begitu kami tetap menyarankan adik-adik agar tetap berusaha sendiri mencari jawabannya pada buku pelajaran. Dengan begitu adik-adik bisa dapat belajar dan memahami materinya.

Namun kalau ternyata setelah adik-adik berusaha mencari sendiri jawabannya pada buku, namun belum juga menemukan jawaban yang tepat, maka silahkan adik-adik manfaatkan dengan baik setiap jawaban yang kami sediakan ini. Namun kami juga menyarankan agar adik-adik mulai giat dalam belajarnya. Karena selain tugas sekolah, adik-adik juga harus bisa mendapatkan nilai yang bagus pada kegiatan ulangan harian maupun ulangan akhir semester nantinya.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 9

Ayo Mengamati

Amatilah gambar pada halaman 8. Apakah iklan tersebut memenuhi unsur-unsurnya? Ungkapkan pendapatmu pada kolom berikut.

Iklan yang ada pada halaman 8 tidak memenuhi semua unsur-unsur iklan, hanya memenuhi 4 unsur saja, yaitu :

  • Nama produk (Susu)
  • Gambar produk
  • Kalimat iklan
  • Keunggulan produk(Padat gizi, kaya energi kalsium tinggi)

Ayo Berlatih

Membedakan Zat Tunggal dan Campuran

Kalian telah mempelajari tentang iklan dan unsur-unsurnya. Kalian juga telah mengetahui iklan susu pada halaman 7 termasuk zat tunggal atau campuran. Sekarang, kita akan berlatih membedakan zat tunggal dan campuran dengan bahan-bahan berikut. Ikuti langkah kerjanya dengan baik dan hati-hati.

Langkah kerja: 

  1. Siapkan lima macam benda seperti kapur tulis, air garam, gula pasir, minuman kopi tumbuk, dan kawat tembaga. 
  2. Amati zat penyusun kelima benda tersebut.
  3. Tuliskan hasil pengamatanmu dalam tabel berikut

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 10

Setelah kalian melakukan kegiatan dan mengisi tabel, maka buatlah kesimpulan dengan meneruskan kalimat berikut.

Jawab:

  1. Zat tunggal adalah zat yang tersusun dari satu jenis materi.
  2. Contoh zat tunggal yaitu air, kapur tulis, gula pasir, dan kawat tembaga.
  3. Zat campuran adalah zat yang tersusun dari beberapa jenis materi atau zat tunggal.
  4. Contoh campuran, yaitu air garam dan minuman kopi tumbuk

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 11

Ayo Bernyanyi

Apa yang kamu rasakan setelah menyanyikan lagu ”Air” tersebut?

Perasaan saat menyampaikan lagu Air Karya Yanti adalah senang. Setelah menyanyikan lagu berjudul air kita menjadi tahu bahwa air sangat penting bagi kehidupan di bumi ini.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 16

Apa yang kamu rasakan setelah menyanyikan lagu ”Gugur Bunga” dan lagu “Ayam den Lapeh” tersebut?

Gugur Bunga” dan ”Ayam Den Lapeh” termasuk lagu bertangga nada minor. Lagu tersebut jika dinyanyikan menimbulkan perasaan sedih.

Apakah lagu-lagu tersebut dinyanyikan dengan tempo cepat?

Lagu ”Gugur Bunga” dinyanyikan dengan tempo lambat untuk menunjukkan dan menegaskan ekspresi kesedihan. Sementara itu, lagu ”Ayam Den Lapeh” dinyanyikan dengan tempo moderato (sedang). Meskipun demikian, ungkapan kesedihan tetap terlihat dari lirik lagu tersebut.

Apa isi syair pada lagu di atas?

Isi lagu ”Gugur Bunga”, yaitu tentang ungkapan kesedihan karena gugurnya pahlawan bangsa. Sementara itu, lagu ”Ayam Den Lapeh” berisi ungkapan kesedihan karena kehilangan sesuatu yang berharga.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 17-18

Ayo Renungkan

Apa saja yang sudah kamu pelajari hari ini?

Hari ini saya telah belajar tentang sikap percaya diri, bekerja sama, dan bertanggung jawab. Pengetahuan tentang unsur-unsur iklan, zat tunggal dan zat campuran, jenis tangga nada. Keterampilan bernyanyi. mengomunikasikan, menuliskan hasil identifikasi.

Apa manfaat dari pembelajaran yang kamu peroleh hari ini? Tuliskan dalam kolom berikut.

Manfaat pembelajaran hari ini saya menjadi lebih percaya diri dan lebih mengetahui tentan unsur ikan, zat tunggal dan zat campuran.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Pilihlah lagu yang isinya mengenai benda-benda di sekitarmu. Mintalah orang tua untuk membantu memilih lagu. Bersama orang tuamu, nyanyikan lagu yang telah dipilih. Kemudian, tuliskan syair lagunya pada kolom berikut.

Lagu topi saya bundar, lihat kebunku, dan layang-layang adalah beberapa contoh lagu yang isinya mengenai benda-benda di sekitar kita.

Topi Saya Bundar
Topi saya bundar.
Bundar topi saya.
Kalau tidak bundar.
bukan topi saya.

Lihat Kebunku
Lihat kebunku penuh dengan bunga
Ada yang putih dan ada yang merah
Setiap hari kusiram semua
Mawar, melati semuanya indah

Layang-layang
Kuambil buluh sebatang
Kupotong sama panjang
Kuraut dan kuikat dengan benang
Kujadikan layang-layang 
Reff Bermain berlari
Bermain layang-layang
Berlari kubawa ke tanah lapang
Hati riang dan senang

Demikianlah postingan kami untuk Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 9, 10, 11, 16, 17, 18 ini. Kami berharap apa yang kami sediakan buat adik-adik ini benar-benar dapat menjadi solusi dan memberikan kemudahan dalam mengerjakan dan menyelesaikan setiap tugas sekolah yang guru berikan. Dan pastinya tak sampai disitu saja, kamipun berharap nilai yang adik-adik peroleh setelah memanfaatkan jawaban yang kami buat ini bisa bagus dan maksimal sehingga akan sangat membantu adik-adik dalam meningkatkan nilai akhir pada raport semester nantinya.

Selain tugas sekolah, adik-adikpun tentunya harus mempersiapkan diri sebaik mungkin mengikuti kegiatan ulangan harian dan ulangan akhir semester nantinya. Apalagi adik-adik tahu kalau sekarang ini sudah masuk pada kegiatan belajar akhir pada buku siswa tema 9. Setelah menyelesaikan semua materi pada buku siswa tema 9 ini, adik-adik akan melanjutkan pada kegiatan ulangan akhir semester. Nilai dari kegiatan ulangan tentunya juga harus bisa maksimal dan bagus, karena nantinya akan diperhitungkan untuk menentukan kenaikan kelas.

Kami juga selalu mengingatkan adik-adik agar selalu giat dalam belajar dan rajin mengulang atau mempelajari kembali materi pelajaran yang belum adik-adik pahami dengan baik. Karena nantinya pada kegiatan ulangan harian maupun ulangan akhir semester, adik-adik harus paham dengan materi yang keluar pada setiap soalnya. Dengan memahami materinya, pastinya adik-adik akan bisa dengan mudah mengerjakan setiap soal yang ada.

Sumber : Buku Siswa SD/MI Kelas V

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 9, 10, 11, 16, 17, 18 Tema 9 Kelas 5 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 2"