√ Kunci Jawaban Halaman 92, 93, 94, 95, 97, 98, 99 Tema 9 Kelas 4 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 6 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 92, 93, 94, 95, 97, 98, 99 Tema 9 Kelas 4 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 6

Kunci jawaban Tema 9 Kayanya Negeriku Kelas 4 halaman 92, 93, 94, 95, 97, 98, 99 subtema 2 Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia pembelajaran 6 buku siswa tematik SD/MI K13 revisi berikut ini kami sediakan sebagai jawaban yang tepat dan benar yang nantinya bisa adik-adik pergunakan untuk menjawab soal-soal apda buku siswa yang sekarang ini mungkin masih ada beberapa soal yang belum adik-adik jawab karena belum menemukan jawaban yang benar di buku pelajaran. Kami tahu bahwa pada kenyataannya banyak siswa yang memanfaatkan alternatif jawaban untuk menyelesaikan tugas-tugas sekolah. Karena dengan adanya alternatif jawaban seperti ini adik-adik bisa dengan mudah menyelesaikan semua tugas dan tidak telat dalam mengumpulkan tugas tersebut.

Kenyataannya memang soal-soal pada buku tematik sebagian cukup sulit untuk dijawab sendiri, dan tak sedikit juga soal-soalnya harus dijawab dengan pendapat dan pemahaman sendiri tanpa ada jawaban pada buku pelajaran. Ditambah dengan keadaan pembelajaran yang serba daring, membuat adik-adik lebih banyak diberikan tugas oleh guru. Maka tidak heran jika kami melihat masih ada siswa yang mengeluh karena tugas yang cukup banyak, dan harus segera dikumpulkan kepada guru. Maka tak heran cukup banyak siswa yang memilih mencari jawaban langsung seperti ini tanpa repot harus mencari sendiri pada buku pelajaran.

Itulah yang menjadi dasar kami menyediakan jawaban ini, agar dengan jawaban ini adik-adik bisa terbantu dalam menyelesaikan tugas sekolah dan nilai yang diperoleh dari tugas yang dikumpulkan juga bisa bagus dan maksimal. Kami cukup yakin dengan jawaban yang kami buat ini nantinya bisa menjadi jawaban terbaik, karena pada kenyataannya memang kami membuat jawaban ini dengan dasar pemahaman kami setelah mempelajari soal-soal dan materi yang ada pada buku pelajaran. Maka dari itu, adik-adik tak usah ragu dalam mengerjakan dan memanfaatkan jawaban kami ini. Gunakan dengan bijak setiap jawaban yang kami sediakan ini.

Sebelum ini, kami juga tentunya sudah cukup banyak berbagi Kunci Jawbaan Tema 9 kelas 4 yang kami yakin adik-adikpun sebelum ini sudah banyak memanfaatkan jawaban yang kami sediakan. Kami hanya berharap semoga jawaban yang akmi bagikan kepada adik-adik tersebut benar-benar bisa membantu dan dengan jawaban tersebut adik-adik bisa mendapatkan nilai yang bagus dan maksimal. Serta lihat juga Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 87, 88, 89, 90 yang juga beberapa waktu yang lalu sudah kami sediakan pada blog ini. Silahkan adik-adik manfaatkan dengan bijak setiap jawaban yang kami sediakan.

Kunci Jawaban Halaman 92, 93, 94, 95, 97, 98, 99 Tema 9 Kelas 4

Kami mengerti akan kebutuhan adik-adik terhadap alternatif jawaban seperti ini. Maka dari itulah kami tidak sembarangan dan asal dalam memberikan jawabannya. Karena kami tahu pastinya adik-adik juga sangat berharap bisa mendapatkan nilai yang bagus dari tugas yang dikerjakan. Selain itu kami juga mengingatkan dan menyarankan kepada adik-adik, agar teliti dalam mengerjakan soal-soalnya. Jikapun masih ditemukan jawaban yang salah atau kurang tepat, maka silahkan adik-adik perbaiki saja, atau cari jawaban yang lebih tepat.

Semester ini merupakan semester penentu bagi adk-adik dalam kenaikan kelas nantinya. Maka dari itu adik-adik harus mulai serius dalam mempersiapkan diri dengan rajin belajar dan banyak mempelajari kembali materi pelajaran yang belum dipahami. Karena tak cukup hanya dengan nilai tugas sekolah saja, meskipun nilai yang adik-adik peroleh bagus atau tinggi, tetap saja nilai dari kegiatan ulangan dan praktek sangat berperan dalam menentukan nilai akhir pada raport semester.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 92-93

Ayo Mengamati

Amati perilaku dan kegiatan-kegiatan masyarakat di sekitar tempat tinggalmu berkaitan dengan usaha-usahanya dalam menjaga kelestarian lingkungan alam beserta manfaat yang bisa dirasakan.

Tuliskan pada tabel berikut!

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 94

Ayo Mengamati

Berikan contoh bentuk-bentuk kerja bakti sebagai pelaksanaan kewajiban terhadap lingkungan

a. Di lingkungan rumah

Contoh Kerja Bhakti

  • Bergotong royong membersihkan halaman rumah
  • Bersama-sama membantu ibu memasak
  • Bersama-sama membantu ayah mencuci mobil
  • Bersama-sama melakukan kegiatan menanam bunga di rumah
  • Bersama-sama mengepel lantai rumah

b. Di lingkungan sekolah

Contoh Kerja Bhakti

  • Melaksanakan piket kelas bersama-sama
  • Bersama-sama menghias sekolah jelang perayaan hari kemerdekaan
  • Bersama-sama membersihkan perpustakaan sekolah
  • Bersama-sama membersihkan lingkungan sekolah
  • Bersama-sama mengerjakan mading sekolah

c. Di lingkungan masyarakat

Contoh Kerja Bhakti

  • Gotong royong membangun jembatan
  • Kerja bakti membersihkan lingkungan sekitar
  • Bergotong royong menyiapkan kegiatan hari besar agama
  • Bergotong royong membangun tempat ibadah.
  • Bergotong royong melakukan penghijauan di lingkungan sekitar

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 95

Ayo Berlatih

Amatilah perilaku orang-orang di sekitarmu! Sebut dan identifikasikan perilaku-perilaku yang menujukkan pelaksanaan kewajiban dalam menjaga kelestarian lingkungan! Carilah jawaban pertanyaan tersebut dengan bertanya kepada narasumber di sekitarmu. Kamu dapat bertanya kepada orang tuamu, Bapak/Ibu uru, atau orang-orang lain di sekitarmu. Buatlah laporan hasil wawancaramu seperti kotak berikut.

LAPORAN HASIL WAWANCARA

Nama : Dayu
Pertanyaan yang diajukan: Kegiatan-kegiatan apa yang sudah anda lakukan dalam menjaga kelestarian lingkungan?
Hasil Wawancara:

Kesimpulan :

Lingkungan harus kita jaga kelestariannya karena apabila lingkungan tidak ada maka manusia, hewan, dan tumbuhan tidak dapat bertahan hidup.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 97

1. Apa sumber energi kereta kertas?

Kereta kertas menggunakan sumber energi angin

2. Bagaimana kereta kertas bisa bergerak?

Kereta kertas dapat bergerak karena ada tiupan angin pada bagain belakang

3. Tuliskan laporan dari hasil percobaan yang telah kamu lakukan!

Laporan Percobaan Membuat Mainan Bertenaga Angin
Tujuan Percobaan : Mengetahui pemanfaatan perubahan energi dalam kehidupan sehari-hari
Alat dan bahan :

  • Satu kemasan bekas minuman kemasan.
  • Satu sedotan bekas minuman kemasan.
  • Empat tutup botol bekas minuman.
  • Satu batang lidi.
  • Lem.

Langkah-langkah Percobaan:

  1. Potong sedotan menjadi dua dan rekatkan ke kotak minuman. Sedotan ini berfungsi sebagai tempat as atau poros roda.
  2. Lubangi keempat tutup botol ditengah-tengah. Potong lidi sukuran lebar kotak dan ditambah 5 cm. Masukann lidi ke tutup botol.
  3. Masukan roda ke dalam sedotan dan badan kereta pun sudah terbentuk.
  4. Tambahkan aksesoris seperti cerobong asap dan ruang masinis.
  5. Cara memainkannya dengan meniup bagian belakang kereta. Karena kereta ini sangat ringan maka dengan tiupan kereta pun akan bergerak ke depan

Hasil Percobaan :
Ketika kereta mainan ditiup pada bagian belakan, kereta bergerak ke depan. Kegiatan tersebut menunjukkan pemanfaatan energi.

Kesimpulan :
Dari pengamatan percobaan yang telah dilakukuan dapat disimpulkan energi angin dapat dimanfaatkan sebagai sumber tenaga pada mainan bertanaga angin

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 98-99

Ayo Renungkan

1. Apa yang kamu pelajari hari ini?

Hari ini saya telah belajar mengenai  perilaku-perilaku yang menunjukkan pelaksanaan hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari.

2.Manfaat apa saja yang dapat kamu ambil melalui pembelajaran hari ini?

Manfaat yang saya peroleh pada hari ini saya mengetahui tentang pelaksanaan hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari dan pemanfaatan energi

3. Keterampilan apa saja yang dapat kamu kuasai melalui pembelajaran hari ini?

Keterampilan yang saya peroleh hari ini adalah keterampilan melakukan kegiatan wawancara.dan cara membuat mainan bertenaga angin

4. Apa yang akan kamu lakukan setelah melalui pembelajaran hari ini?

Setelah pembelajaran hari ini saya ingin lebih mengetahui pelaksanaan kewajiban dan hak dalam kehidupan sehari-hari

Kerja Sama dengan Orang Tua

Identifikasikan kegiatan-kegiatan kerja bakti di lingkungan rumah yang bersama dengan keluargamu. Sebutkan dan tuliskan pada kolom berikut.

Membersihkan lingkungan rumah misalnya seperti menyapu rumah, mengepel lantai. membersihkan debu-debu yg menempel pada kaca dsb.

Sekian artikel kami untuk Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 92, 93, 94, 95, 97, 98, 99 ini. Untuk bisa mendapatkan nilai yang bagus atau tinggi pastinya adik-adik harus benar dalam menjawab soal-soalnya. Dengan memanfaatkan alternatif jawaban ayng kami buat ini, kami cukup yakin kalau nantinya adik-adik bisa meraih nilai yang bagus dan tinggi, karena jawaban yang kami buat ini memang dibuat dengan semaksimal mungkin dengan terlebih dahulu memahami soal-soalnya, baru setelah itu mencari jawaban yang tepat.

Meskipun hanya tugas sekolah, namun adik-adik sangat perlu untuk bisa mendapatkan nilai yang bagus dan tinggi, karena nilai yang diperoleh dari tugas sekolah nantinya akan dicatat oleh guru di buku tugas untuk kemudian nantinya dihitung pada akhir semester dan dimasukan kedalam raport semester. Maka dari itu usahakan untuk selalu maksimal dalam mengerjakan tugas sekolah, meskipun kami sudah menyediakan jawaban ini, namun adik-adikpun harus teliti dalam mengerjakan soal-soalnya. Kalaupun nantinya ditemukan ada jawaban yang kurang tepat, maka silahkan adik-adik perbaiki dan cari jawaban yang lebih tepat.

Kami jug mengingatkan adik-adik, agar mempersiapkan diri dengan memperbanyak belajar. Karena selain nilai dari tugas sekolah, adik-adik juga harus bisa mendapatkan nilai yang bagus dari kegiatan ulangan harian maupun ulangan akhir semester. Maka dari itu, mulai sekarang perbanyak waktu belajar, dan sering-sering mempelajari kembali materi pelajaran yang belum adik-adik kuasai dengan baik.

Sumber : Buku Siswa SD/MI Kelas IV

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 92, 93, 94, 95, 97, 98, 99 Tema 9 Kelas 4 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 6"