√ Kunci Jawaban Halaman 97, 98, 99, 101, 102, 103 Tema 8 Kelas 5 Buku Siswa Tematik SD Pembelajaran 1 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 97, 98, 99, 101, 102, 103 Tema 8 Kelas 5 Buku Siswa Tematik SD Pembelajaran 1

Kunci jawaban Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Kelas 5 halaman 97, 98, 99, 101, 102, 103 subtema 3 Usaha Pelestarian Lingkungan pembelajaran 1 buku siswa SD K13 revisi berikut ini kami bagikan untuk adik-adik sekolah dasar, khususnya untuk siswa kelas 5 yang sekarang ini tengah sibuk mencari jawaban yang tepat untuk menjawab soal-soal pada buku pelajaran yang mana soal-soal tersebut menjadi tugas sekolah adik-adik. Kami berharap jawaban yang kami buat ini benar-benar membantu adik-adik dalam menyelesaikan tugas sekolah. Kami sadar akan pentingnya alternatif jawaban seperti ini bagi adik-adik, untuk itu kami selalu berusaha menyediakan jawaban yang terbaik.

Pada kenyataannya memang alternatif jawaban seperti ini lebih dipilih oleh adik-adik, ketimbang harus mencari jawaban sendiri di buku. Tapi memang kita tahu bahwa soal-soal pada buku tematik kurikulum 2013, semuanya isian, tidak ada pilihan ganda, bahkan sebagian jawabannya cukup sulit untuk dijawab dan tak sedikit juga jawabannya tidak ada pada buku pelajaran. Maka wajar jika siswa maupun orang tua kesulitan dalam menjawab soal-soal pada buku siswa, dan lebih memilih mencari jawabannya di internet.

Kami hadir memberikan solusi bagi adik-adik untuk memudahkan dalam menjawab soal-soal yang ada pada buku pelajaran. Seperti yang sering kami sampaikan kepada adik-adik kalau jawaban yang kami sediakan ini kami buat berdasarkan pemahaman kami sendiri, setelah kami membaca dan memahami soalnya, baru kemudian kami mencari jawaban yang terbaik, baik di buku pelajaran, bukan lainnya, internet, maupun pemahaman kami sendiri. Oleh karena itulah kami cukup yakin denga napa yang kami bagikan ini. Dan adik-adikpun dapat memanfaatkan jawaban ini dengan baik.

Pada postingan kami yang lalupun, kami telah banyak memposting Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 yang mungkin saja adik-adik juga sudah banyak memanfaatkannya. Kami berharap tak hanya tugas saja yang dapat adik-adik selesaikan tepat waktu, akan tetapi dengan jawaban tersebut, adik-adik bisa meraih nilai yang bagus dan tinggi. Karena nilai yang bagus akan sangat membantu adik-adik dalam meningkatkan nilai akhir di raport semester. lihat juga Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 94, 95, 96 yang baru-baru in juga sudah kami posting pada blog ini. Kami yakin jawaban tersebut dapat membantu adik-adik.

Kunci Jawaban Halaman 97, 98, 99, 101, 102, 103 Tema 8 Kelas 5

Kami selalu menyampaikan kepada adik-adik, bahwa meskipun kami disini menyediakan jawaban yang terbaik, tetap saja kami selalu mengingatkan dan menyarankan adik-adik, agar sebelum memanfaatkan jawaban yang kami buat ini, adik-adik juga bisa berusaha sendiri mencari sebisa mungkin jawabannya pada buku pelajaran. Dengan membaca dan mencari jawabannya, adik-adik akan lebih paham tentang materi yang dibahas. Akan tetapi jika adik-adik sudah berusaha dan belum juga menemukan jawaban yang tepat, maka silahkan manfaatkan dengan baik jawaban yang kami sediakan ini.

Adik-adik harus mulai serius dalam belajarnya dan mulailah mengurangi aktifitas bermain. Karena adik-adik tahu kalau semester ini merupakan semester akhir dan menjadi semester penentu bagi adik-adik dalam kenaikan kelas. Pastinya semua siswa akan berharap bisa naik ke kelas 5 dengan nilai yang bagus. Namun untuk bisa meraih nilai hal tersebut, perlu perjuangan dengan memaksimalkan dalam mengerjakan tugas dan giat dalam belajarnya.

Perbanyak mengulang atau mempelajari kembali materi pelajaran yang sebelumnya belum adik-adik kuasai dengan baik. Karena untuk bisa menjawab soal-soal pada kegiatan ulangan harian maupun ulangan akhir semester, adik-adik perlu pemahaman yang baik terkait materi tersebut. Maka dari itu jangan sia-siakan waktu dan kesempatan adik-adik, mulailah serius dalam mengerjakan tugas sekolah dan belajarnya.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 97

1. Kegiatan apa yang dilakukan dalam gambar tersebut?

Gambar menunjukkan kegiatan penanaman pohon atau biasa disebut reboisasi

2. Di mana kegiatan itu biasa dilakukan?

Kegiatan penanaman pohon dapat dilakukan di daerah perbukitan yang tandus serta di lingkungan sekitar, seperti halaman rumah atau sekolah

3. Apa tujuan dari kegiatan itu?

Kegiatan penanaman pohon bertujuan menghijaukan lingkungan dengan tanaman-tanaman berdaun hijau

4. Apa manfaat dari kegiatan itu?

Manfaat dari kegiatan penanaman pohon: membuat lingkungan menjadi lebih asri, memanfaatkan lahan tidur, jika pohon telah tumbuh besar dapat menahan erosi dan banjir, akar-akar pohon dapat menahan air hujan sehingga menambah persediaan air tanah

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 98-99

Ayo Berdiskusi

Jawablah pertanyaan berikut dengan berdiskusi bersama kelompokmu.

1. Apa syarat-syarat air yang layak kita gunakan sebagai air minum dan untuk memasak?

Air yang layak digunakan sebagai air minum dan untuk memasak harus jernih, tidak berasa, dan tidak berbau.

2. Bagaimana kualitas air yang dapat digunakan untuk mencuci pakaian?

Untuk mencuci pakaian, air yang digunakan harus jernih serta dapat melarutkan kotoran dan sabun, karena jika menggunakan sadah (air dengan kandungan mineral tinggi) juga akan mengakibatkan pakaian menjadi kusam

3. Bagaimana kualitas air yang dapat digunakan untuk menyiram tanaman?

Untuk menyiram tanaman, air yang digunakan sebaiknya tidak mengandung zat kimia berbahaya bagi tanaman, misalnya air detergen. Namun, kita dapat menggunakan air bekas.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 101-102

Ayo Berdiskusi

Informasi penting apa yang dapat kamu temukan pada teks “Air untuk Kebutuhan Sehari-hari?” Tulislah dalam bentuk peta pikiran berikut.

Paragraf 1

  1. Sebagian besar (97%) air di bumi berupa air laut yang tidak bagus untuk diminum. 
  2. Hanya 3% air di dunia berupa air segar yang dapat digunakan untuk minum, memasak, dan mencuci.

Paragraf 2

Persyaratan air bersih meliputi tiga komponen, yaitu persyaratan secara fisik, secara kimia, dan kandungan mikroba.

Paragraf 3

  1. Masyarakat memerlukan air dalam jumlah yang sangat besar. 
  2. Air diambil dari sungai-sungai atau sumur. 
  3. Air dialirkan dalam tangki dan ditambahkan gas chlorine untuk membunuh kuman. 
  4. Air dipompa melalui pipa bawah tanah menuju ke rumah-rumah penduduk. 

Paragraf 4

  1. Sumber air lainnya didapat dari sumur. 
  2. Dahulu, orang menggunakan timba, namun, sekarang menggunakan pompa air listrik. 
  3. Pompa mengalirkan air menuju ke bak penampung, kamar mandi, dapur, dan tempat-tempat lain.

Ayo Renungkan

Hari ini saya belajar tentang: 

Saya belajar tentang:

  1. Sikap menghargai perbedaan pendapat dengan orang lain dan sikap cermat
  2. Pengetahuan tentang peristiwa atau tindakan dalam bacaan, faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas air
  3. Keterampilan tentang menuliskan peristiwa atau tindakan dalam bacaan, dan mempresentasikan hasil diskusi

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 103

Kegiatan Bersama Orang Tua

Apakah air di rumahmu memenuhi persyaratan air bersih? Apa alasannya?

Air di rumahku (memenuhi/tidak memenuhi) persyaratan air bersih.

Penjelasan:
Air di rumahku memenuhi sayarat air bersih karena tidak keruh, tidak berwarna apa pun, tidak berasa apa pun, tidak berbau apa pun, tidak meninggalkan endapan

Cukup sekian postingan kami pada kesempatan kali ini yang membahas tentang Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 97, 98, 99, 101, 102, 103. Memang sekarang ini alternatif jawaban menjadi hal yang cukup penting bagi adik-adik dalam membantu menyelesaikan tugas-tugas sekolah. Dan pastinya adik-adik juga sangat berharap nilai yang nantinya diperoleh dari tugas yang dikumpulkan kepada guru kelas bisa bagus dan tinggi. Kami sebenarnya cukup yakin jika jawaban yang kami buat dan sediakan ini bisa mengantarkan adik-adik meraih nilai terbaik.

Akan tetapi, meskipun kami cukup yakin dengan jawaban yang kami buat ini, kami selalu mengingatkan dan menyarankan kepada adik-adik untuk selalu teliti dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah. Baiknya, sebelum adik-adik menyalin jawaban ke buku tugas, adik-adik terlebih dahulu mengoreksi sebisa mungkin dan memastikan jawabannya sudah sesuai dengan soal yang ada. Dengan begitu adik-adik akan lebih maksimal dalam mengerjakan tugas sekolah.

Dan jikapun ternyata ada jawaban yang adik-adik ragukan, atau menurut adik-adik jawabannya kurang tepat, maka tentu kamipun akan menyarankan supaya adik-adik mencari jawaban yang lebih bagus. Dan tak lupa juga kami ingatkan adik-adik untuk mulai giat dan serius dalam belajar, serta kurangi aktifitas bermain. Karena sekarang ini adik-adik sudah mulai masuk pada akhir kegiatan belajar untuk semester genap. Adik-adik perlu persiapan yang bagus untuk mengikuti kegiatan ujian akhir semester yang pasti akan diikuti nantinya.

Sumber : Buku Siswa SD/MI Kelas V

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 97, 98, 99, 101, 102, 103 Tema 8 Kelas 5 Buku Siswa Tematik SD Pembelajaran 1"