√ Kunci Jawaban Halaman 107, 108, 109, 110, 113, 116, 117, 118 Tema 9 Kelas 6 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 4 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 107, 108, 109, 110, 113, 116, 117, 118 Tema 9 Kelas 6 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 4

Kunci jawaban Tema 9 Menjelajah Angkasa Luar Kelas 6 halaman 107, 108, 109, 110, 113, 116, 117, 118 subtema 2 Benda Angkasa Luar dan Rahasianya pembelajaran 4 buku siswa tematik K13 revisi berikut ini kami sediakan untuk mempermudah adik-adik yang memang tengah kesulitan mencari jawaban untuk mengisi soal-soal yang sulit yang mungkin belum bisa terjawab. Dengan adanya jawaban ini, kami yakin adik-adik dengan mudah bisa menyelesaikan tugas sekolah, dan nilai yang kelak adik-adik peroleh bisa bagus dan maksimal. Maka dari itu silahkan adik-adik gunakan dengan bijak jawaban yang kami sediakan ini.

Kami melihat bahwa memang sekarang ini banyak siswa dan juga orang tua yang mencari alternatif jawaban seperti ini untuk menjawab soal-soal dan menyelesaikan semua tugas sekolah. Mungkin adik-adik belum bisa menyelesaikan tugas sekolah, karena ada beberap soal yang sulit dan adik-adik tidak juga menemukan jawabannya pada buku pelajaran. Pada kenyataannya memang soal-soal tematik kurikulum 2013, tidak semua soalnya mudah untuk dijawab. Ada bebera tugas atau soal yang harus dijawab dengan penelitian ataupun dengan pendapat sendiri.

Maka tak heran jika adik-adik masih banyak mencari alternatif jawaban seperti ini. Dan kami disini hadir untuk menyediakan jawabannya kepada adik-adik. Jawaban yang kami sediakan ini kami ambil dari beberapa sumber, yang kemudian kami jadikan dalam satu artikel lengkap seperti ini. Kami berharap jawaban yang kami buat ini benar-benar bisa menjadi solusi bagi adik-adik dalam menyelesaikan semua tugas sekolah. Dan tak hanya itu saja, kami juga cukup yakin dengan jawaban ini, adik-adik bisa mendapatkan nilai yang bagus.

Sebelumnya kami juga telah banyak berbagai Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 yang masih bisa adik-adik cari pada artikel kami sebelum jika memang masih adik-adik perlukan. Kami harap jawaban yang kami sediakan pada blog ini, dan sempat adik-adik manfaatkan untuk mengerjakan tugas sekolah, bisa menjadi jawaban yang tepat dan benar serta nilai yang nantinya diperoleh bisa maksimal dan tinggi. Lihat juga Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 97, 99, 100, 103, 104, 105, 106 yang juga telah kami posting pada blog ini beberapa waktu yang lalu.

Kunci Jawaban Halaman 107, 108, 109, 110, 113, 116, 117, 118 Tema 9 Kelas 6

Seperti yang adik-adik ketahui bahwa semester genap ini merupakan semester penentu bagi adik-adik dalam kelulusan. Maka sangat penting untuk bisa meraih nilai yang bagus dari berbagai kegiatan yang diadakan oleh guru dan sekolah. Tak terkecuali dengan nilai tugas, nilai tugas yang adik-adik peroleh akan dicatat oleh guru pada buku nilai untuk kemudian nantinya nilai ini akan dihitung dan dimasukan kedalam nilai raport semester.

Namun adik-adik juga harus ingat, bahwa nilai dari tugas sekolah saja tidak cukup untuk syarat kelulusan nantinya. Adik-adik juga harus bisa mendapatkan nilai yang bagus dari berbagai kegiatan lainnya seperti ulangan harian, tugas praktek, dan ujian akhir semester. Maka dari itu, mulailah giat dalam belajar dan perbanyak mengulang atau mempelajari kembali materi pelajaran yang belum adik-adik pahami dengan baik.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 107

Ayo Berdiskusi

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah memungkinkan manusia menjelajah hingga angkasa luar. Hal tersebut dilakukan untuk memenuhi kebutuhan manusia di bumi yang semakin beragam karena pengaruh modernisasi. Bersama dengan teman sebangkumu diskusikan manfaat ilmu pengetahuan dan teknologi luar angkasa terhadap kehidupanmu sehari-hari. Presentasikan hasil diskusimu dalam diskusi di kelasmu. Adakah kesimpulan yang bisa kamu dapatkan dari diskusi tersebut? Adakah pertanyaan baru yang muncul yang ingin kamu tanyakan?

Penjelasan:

Manfaat teknologi luar angkasa dalam kehidupan sehari-hari antara lain :

  • Teknologi satelit ini memungkinkan adanya komunikasi pada masa modern, seperti siaran langsung dengan televisi, telepon jarak jauh.
  • Sistem Pemosisi Global (Global Positioning System ) adalah sistem untuk menentukan letak di permukaan bumi dengan bantuan sinyal satelit.
  • Alat-alat Listrik Nirkabel. Berkat teknologi luar angkasa, alat-alat listrik nirkabel telah memasuki kehidupan kita sehari-hari. Misi luar angkasa Apollo, menggunakan bor portabel untuk mengekstraksi tanah dari permukaan bulan.
  • Pakaian Medis (gravitasi 0). Dengan adanya kostum ini, dokter membantu anak-anak dengan cerebral palsy untuk berjalan dan meningkatkan mobilitas. Kostum ini juga digunakan untuk merehabilitasi penderita stroke.
  • Kawat Gigi Tidak Berwarna. Kawat gigi tidak berwarna bahannya terbuat dari alumina polikristalin, yang diciptakan oleh NASA. bahan ini transparan terhadap radiasi inframerah.

Kesimpulan : Ilmu pengetahuan dan teknologi luar angkasa bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan manusia di bumi yang semakin beragam karena pengaruh modernisasi.

Setiap pengaruh selalu memberikan dua dampak, yaitu dampak baik dan dampak yang tidak baik. Dengan mengetahui keduanya, diharapkan kita dapat menentukan sikap terhadap setiap pengaruh yang ada. Demikian juga dengan pengaruh modernisasi terhadap perubahan budaya yang terjadi di dalam masyarakat.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 108-109

Ayo Berdiskusi

Lakukan kegiatan berikut ini dengan memerhatikan instruksi yang diberikan. Membuat Poster Dengan menggunakan bacaan di atas dan juga menggunakan sumber informasi lainnya yang sesuai, buatlah sebuah poster. Postermu sebaiknya memuat beberapa hal berikut ini:

  • Bagaimana modernisasi memengaruhi gaya hidup dan cara berpikir masyarakat modern.
  • Menjelaskan contoh setiap pengaruh modernisasi yang disebutkan dalam artikel. Contoh lain dapat didapatkan dari sumber informasi lain yang sesuai.
  • Tulisan dan gambar keseluruhan jelas dan mudah dibaca. Kamu dapat menggunakan pensil warna atau spidol untuk memperjelas dan membuatnya menarik.

Ayo Berlatih

Bersama dengan temanmu sekelompokmu, lakukanlah kegiatan berikut.

1. Dengan menggunakan bacaan di atas, lengkapilah tabel berikut. Buatlah daftar dampak negatif modernisasi terhadap budaya bangsa, lalu cari tahu cara-cara untuk mengatasinya.

2. Membuat Poster Berdasarkan hasil penelahan terhadap dampak negatif modernisasi di atas, pilihlah salah satu dampak dan cara penanggulangannya untuk dijadikan bahan poster. Poster biasa digunakan untuk mempromosikan sesuatu ke masyarakat sekitar. Gunakanlah alat dan bahan yang sesuai untuk membuat postermu. Lalu, presentasikan postermu di depan kelas dan pajanglah di beberapa tempat strategis di gedung sekolah agar dapat dibaca oleh semua anggota komunitas sekolah.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 110

Ayo Menulis

Berdasarkan kegiatan yang telah kamu lakukan, tuliskanlah kesimpulanmu tentang dampak modernisasi terhadap budaya masyarakat kita. Kamu dapat juga menghubungkannya dengan kehidupanmu sehari-hari.

Modernisasi memengaruhi gaya hidup dan cara berpikir masyarakat modern, namun masyarakat harus mampu menyaring mana yang sesuai nilai dan norma yang telah dianutnya.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 113

Ayo Menulis

Berdasarkan cerita fiksi di atas, lakukanlah kegiatan berikut ini secara mandiri.

A. Bagilah cerita di atas menjadi tiga bagian yaitu awal cerita, tengah, dan akhir cerita. Tentukanlah pokok pikiran pada bagian cerita tersebut. Lalu, tuliskanlah pokok pikiran atau ide cerita pada setiap bagian pada diagram berikut ini.

B. Bacalah kembali cerita di atas dan juga hasil pekerjaanmu sebelumnya. Bayangkanlah kamu ada di dalam cerita itu dan ingin menjelaskannya kepada temanmu dengan menggunakan sebuah gambar. Buatlah gambarmu dalam bentuk gambar berseri. Pada setiap gambarnya, kamu dapat memberikan keterangan tambahan. Gunakan kertas ukuran A4 kemudian bagi menjadi empat. Gunakanlah keempatnya untuk menggambarkannya.

C. Tukarkanlah gambarmu dengan temanmu yang lain dan mintalah pendapat mereka. Apakah ada persamaan dan perbedaan antara gambar dan keterangan yang kamu buat dengan milik temanmu? Diskusikan mengapa terjadi persamaan dan perbedaan.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 116

Ayo Berdiskusi

Kamu tentu telah mengalami beberapa kali kegiatan yang melibatkan musyawarah untuk mencapai mufakat. Berdasarkan artikel di atas, bersama dengan teman sebangkumu cobalah untuk mencari tahu dengan saksama bagaimana peristiwa persatuan dan kesatuan terdapat dalam peristiwa pengambilan keputusan bersama. Jelaskan juga bagaimana peristiwa tersebut berhubungan dengan sila-sila dalam Pancasila yang telah kamu pelajari sebelumnya. Tuliskanlah hasil diskusimu di atas selembar kertas, lalu bacakanlah secara bergiliran di dalam diskusi kelas. Tempelkanlah hasil diskusimu di papan tulis.

Buatlah sebuah tabel untuk menjelaskan sikap-sikap apa saja yang diperlukan dalam musyawarah dalam rangka meningkatkan persatuan dan kesatuan. Pada sisi yang lain, sebutkan sikap sebaliknya yang dapat mengganggu atau mengancam terciptanya persatuan dan kesatuan dalam peristiwa tersebut. Perhatikanlah sikap mana saja yang telah kamu lakukan. Berilah tanda centang (✓) terhadap sikap yang telah kamu lakukan dan tanda silang (x) untuk sikapsikap yang tidak ingin kamu lakukan.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 117-118

Kesimpulan apakah yang dapat kamu buat tentang kegiatan musyawarah yang memengaruhi persatuan dan kesatuan masyarakat?

Kesimpulanku:
Bahwa dalam setiap musyawarah harus diliputi semangat gotong royong, kekeluargaan, mengutamakan kepentingan bersamasehingga  hasil musyawarah tersebut makin mempererat persatuan dan kesatuan

Ayo Renungkan

Bagaimana peran ilmu pengetahuan dan teknologi angkasa luar dalam memengaruhi cara pikir dan perilaku orang-orang di sekitarmu?

Peran ilmu pengetahuan dan teknologi angkasa luar sangat penting karena dengan teknologi luar angkas memudahkan manusia memenuhi kebutuhannya.

Bagaimana pandanganmu tentang kemajuan teknologi saat ini terhadap kegiatan belajarmu? Sikap apa saja yang harus kamu kembangkan untuk memanfaatkan kemajuan teknologi di sekitarmu?

Kemajuan teknologi sangat bepengaruh dalam proses kegiatan belajar karena mempermudah mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Sikap yang perlu dikembangkan adalah hati-hati dan teliti dalam memilih informasi

Bacalah kembali cerita fiksi tentang kunjungan Rima ke Lembang pada pembelajaran Jika kamu menjadi Agatha, sikap apa yang harus ia kembangkan untuk mengatasi masalahnya?

Sikap yang harus dikembangkan untuk mengatasi masalah agatha adalah ingin tahu dan peduli agar menemukan rombonganya.

Bagaimana sikap itu berpengaruh terhadap persatuan dan kesatuan di dalam kelompoknya?

Sikap ingin tahu dan peduli sangat berpengaruh pada persatuan dan kesatuan dalam kelompok. Dengan sikap peduli masiing-masing anggota rombongan akan saling mengingatkan

Kerja Sama dengan Orang Tua

Bersama dengan orang tuamu, buatlah daftar kegiatan dan peristiwa di dalam keluargamu yang dapat mendorong persatuan dan kesatuan antaranggota keluargamu. Lalu, tuliskan juga tantangan-tantangan yang kamu hadapi untuk menjaga persatuan dan kesatuan di dalam keluargamu, baik dalam keluargamu sendiri maupun keluarga besarmu.

Contoh peristiwa doalam keluarga yang mendorong persatuan dan kesatuan antara lain :

  1. Saling mencintai sesama anggota keluarga
  2. Mengakui keberadaan dan fungsi tiap-tiap anggota keluarga 
  3. Adanya keterbukaan antar anggota keluarga
  4. Mengembangkan sikap tenggang rasa.
  5. Mengedepankan musyawarah dalam menyelesaikan persoalan

Tantangan yang dihadapi dalam menjaga persatuan dan kesatuan :

  1. Sering terjadi perbedaan pendapat dalam keluarga.
  2. Terkadang ada anggota keluarga yang semaunya sendiri
  3. Terkadang ada yang lupa akan kewajibannya.
  4. Kurangnya komunikasi
  5. Kurang waktu bersama di dalam rumah

Demikianlah postingan kami kali ini yang mengulas mengenai Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 107, 108, 109, 110, 113, 116, 117, 118. Kami tahu jika adik-adik juga sangat berharap dengan jawaban yang kami sediakan ini, adik-adik bisa menyelesaikan semua tugas sekolah dan nilai yang diperoleh kelak bisa bagus dan tinggi. Sebenarnya kamipun cukup yakin kalau nantinya jawaban ini akan menjadi jawaban yang tepat dan benar, sehingga bisa mengantarkan adik-adik meraih nilai yang bagus.

Karena nilai-nilai yang nantinya adik-adik dapatkan dari kegiatan tugas sekolah ini, akan dicatat oleh guru pada buku nilai yang kemudian nantinya pada akhir semester nilai-nilai tersebut akan dihitung dan dimasukan juga kedalam nilai raport semester. Maka sangat penting bagi adik-adik bisa meraih nilai yang bagus dan maksimal. Maka dari itu, kerjakan dengan bagus dan selalu teliti sebelum jawaban tersebut disalin ke buku tugas.

Adik-adik juga harus mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk mengikuti kegiatan lainnya seperti ulangan harian, tugas praktek, dan ujian akhir semester. Adik-adik tahu kalau semester ini merupakan semester penentu yang akan menentukan kelulusan adik-adik. Maka mulailah mempersiapkan diri adik-adik sebaik mungkin dengan memperbanyak belajar dan banyak mengulang materi pelajaran yang belum adik-adik pahami dengan baik.

Sumber : Buku Siswa SD/MI Kelas VI

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 107, 108, 109, 110, 113, 116, 117, 118 Tema 9 Kelas 6 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 4"