√ Kunci Jawaban Halaman 113, 114, 115, 116, 119 Tema 9 Kelas 5 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 6 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 113, 114, 115, 116, 119 Tema 9 Kelas 5 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 6

Kunci jawaban Tema 9 Benda-Benda di Sekitar Kita Kelas 5 halaman 113, 114, 115, 116, 119 subtema 2 Benda dalam Kegiatan Ekonomi pembelajaran 6 buku siswa tematik SD K13 revisi berikut ini kami sediakan agar adik-adik terbantu dalam mengerjakan tugas sekolah. Mungkin saja adik-adik sekarang ini sedang mencari jawaban untuk menjawab beberapa soal yang belum terjawab. Kami disini hadir menyediakan semua jawaban untuk semua soal-soal pada buku pelajaran, yang kami harap jawaban yang kami sediakan ini bisa membantu adik-adik yang sekarang ini sedang sibuk menyelesaikan tugas sekolah.

Kami mengerti jika saat ini adik-adik tengah sibuk mengerjakan tugas sekolah. Apalagi dalam situasi pembelajaran seperti saat ini, banyak sekolah yang masih harus menerapkan kegiatan belajar secara daring. Maka tak heran jika guru lebih banyak memberikan tugas kepada muridnya untuk dikerjakan di rumah. Dan tugas-tugas tersebut harus segera dikerjakan untuk dikumpulkan kembali kepada guru. Nilai yang nantinya adik-adik dapatkan dari tugas sekolah akan guru catat pada buku nilai, yang nantinya nilai-nilai ini akan dihitung dan masukan pada raport semester.

Kami sering menyampaikan kepada adik-adik, bahwa jawaban yang kami sediakan ini merupakan jawaban terbaik, yang kami buat semaksimal mungkin. Kami akan terus berusaha menyediakan jawaban terbaik kepada adik-adik, dengan harapan jawaban yang kami buat ini benar-benar bisa membantu dalam mengerjakan tugas sekolah. Dan kami berharap jawaban ini akan menjadi jalan bagi adik-adik dalam meraih nilai yang bagus. Namun kami tetap mengingatkan adik-adik agar tetap mandiri dalam menjawab soal-soalnya. Pastikan adik-adik masih berusaha sendiri dalam mencari jawabannya, dengan begitu adik-adik tidak terlalu bergantung dengan alternatif jawaban.

Sebelumnya kami juga sudah banyak memposting Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 yang kami yakini adik-adikpun sudah pernah melihat dan menggunakannya. Kami harap nilai yang adik-adik peroleh bisa mendapatkan nilai yang bagus dan tinggi. Lihat juga Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 104, 105, 107, 109, 110 yang juga sudah kami sediakan pada blog ini beberapa waktu lalu. Kami harap adik-adik dapat memanfaatkannya, karena jawaban tersebut merupakan jawaban untuk tugas sebelum ini.

Kunci Jawaban Halaman 113, 114, 115, 116, 119 Tema 9 Kelas 5

Seperti yang sering kami sampaikan kepada adik-adik, bahwa meskipun kami disini berusaha memberikan jawaban terbaik, namun kami selalu mengingatkan dan tetap menyarankan kepada adik-adik, agar tetap berusaha sendiri mencari jawabannya pada buku pelajaran, dan kalaupun ternyata setelah adik-adik berusaha mencari jawabannya, ternyata masih ada soal yang belum terjawab, maka silahkan manfaatkan jawaban yang kami sediakan ini.

Adik-adik juga harus sudah mulai giat dalam belajar, apalagi saat ini sudah masuk semester akhir, dan semester ini menjadi semester penentu bagi adik-adik dalam kenaikan kelas. Maka dari itu sering-sering belajar dan persiapkan diri sebaik mungkin. Perbanyak mengulang dan mempelajari kembali materi pelajaran yang belum adik-adik pahami dengan baik. Karena dengan begitu kami yakin adik-adik bisa mengerjakan tugas soal-soal dengan mudah.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 113

Ayo Berlatih

Sekarang coba kamu pilih salah satu iklan di televisi. Gambarlah benda-benda yang ada dalam iklan televisi. Selanjutnya, buat kesimpulan tertulis isi iklan yang kamu pilih dalam lembaran kertas. Presentasikan hasil kesimpulanmu secara lisan di depan kelas. Bapak/Ibu Guru akan menilai hasil kesimpulan isi.

Isi dan kesimpulan dari iklan iklanmu tersebut.
Isi iklan di atas adalah seorang anak yang sedang menyikat gigi menggunakan sikat dan pasta gigi. Kesimpulan iklan tersebut berisi ajakan kepada masyarakat agar menyikat gigi secara rutin agar gigi menjadi bersih, sehat dan kuat.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 114

Ayo Berlatih

1. Hidup rukun artinya saling menghormati, saling membantu, dan saling menyayangi. Hidup rukun hendaknya dilakukan baik di lingkungan rumah, sekolah, maupun di lingkungan masyarakat. Bagaimana kamu menciptakan kerukunan saat di rumah, di sekolah, dan di masyarakat lingkungan tempat tinggalmu? Uraikan dalam kolom berikut.

Menciptakan kerukunan di lingkungan sekolah :

  • Tidak membeda-bedakan teman sekolah karena agama, suku, ras atau status sosial
  • Saling menghormati dan menghargai antar teman sekolah
  • Siswa yang lebih tua melindungi siswa yang lebih muda, siswa yang lebih muda menghormati siswa yang lebih tua
  • Sikap saling tolong menolong antar teman sekolah
  • Menanamkan pada diri sendiri, bahwa perbedaan yang ada di sekolah adalah suatu anugerah
  • Dengan menghargai hasil karya teman
  • Dengan menghargai pendapat teman lain

Menciptakan kerukunan di lingkungan masyarakat :

  • Membiasakan tersenyum dan saling menyapa saat berjumpa dengan teman/tetangga sekitar
  • Turut aktif mengikuti kegiatan yang diadakan oleh masyarakat sekitar seperti kerja bakti, rapat warga, dan lain-lain
  • Membantu tetangga yang mempunyai kegiatan tertentu/hajatan
  • Menghargai dan menghormati tetangga yang berbeda agama, suku, ras
  • Mengutamakan musyawarah mufakat dalam mengambil keputusan yang berhubungan dengan masyarakat
  • Mengembangkan sikap kekeluargaan dan gotong royong dalam kehidupan bermasyarakat
  • Saling menghormati pendapat, dan hasil karya orang lain

Menciptakan kerukunan di lingkungan rumah :

  • Dengan menjaga secara seimbang antara hak dan kewajiban tiap anggota keluarga di rumah
  • Dengan mengutamakan kepentingan keluarga di atas kepentingan pribadi
  • Menyamakan persepsi dalam memperjuangkan tujuan bersama dalam keluarga
  • Meningkatkan keakraban dalam keluarga
  • Meningkatkan kualitas komunikasi antara anggota keluarga
  • Melaksanakan tugas masing-masing anggota keluarga dengan penuh tanggung jawab
  • Saling menghormati dan menyayangi antar anggota keluarga

2. Apakah kerukunan bagimu memberikan rasa aman? Mengapa? Uraikan dalam kolom berikut.

Kerukunan memberikan rasa aman untukku, Karena dengan kerukunan dapat mengurangi perselisihan/pertentangan, saat pertentangan dapat dikurangi maka persatuan lebih terjaga, kehidupan lebih harmonis, lebih tenteram dan pada akhirnya timbul rasa aman di komunitas/lingkungan tersebut.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 115

Ayo Mengamati

Perhatikan peristiwa-peristiwa yang mengutamakan kerukunan berikut.Apa yang dikerjakan anak-anak dalam gambar? Apakah mencerminkan kerukunan saat di sekolah? Tuliskan pendapatmu pada kotak berikut.

Apa yang dikerjakan oleh bapak-bapak pada gambar di atas? Di manakah sikap atau perilaku pada gambar sering dilakukan? Tuliskan pendapatmu pada kotak berikut.

Menurut saya anak-anak pada gambar tersebut sedang merapikan buku-buku yang ada di perpustakaan sekolah. Gambar tersebut mencerminkan kerukunan saat di sekolah. Karena anak-anak telah mempraktekkan tentang adanya perilaku saling pengertian di antara mereka untuk tetap menjaga fasilitas sekolah, juga sikap mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi.

Apa yang dikerjakan oleh bapak-bapak pada gambar di atas? Di manakah sikap atau perilaku pada gambar sering dilakukan? Tuliskan pendapatmu pada kotak berikut.

Bapak-bapak sedang melakukan ronda keliling kampung dengan siskamling (sistem keamanan lingkungan). Gambar tersebut mencerminkan sikap kerukunan antar masyarakat, dimana dengan sukarela dan kesadaran tinggi warga masyarakat turut aktif melakukan kegiatan demi kepentingan bersama. Dengan keamanan lingkungan diharapkan masyarakat dapat hidup lebih tenang dan harmonis.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 116

Ayo Berlatih

1. Apa yang kamu lakukan saat di depan rumahmu ada kegiatan membersihkan lingkungan atau kerja bakti? Tuliskan pada kolom berikut.

Jika di depan rumahku ada kegiatan membersihkan lingkungan amak dengan penuh semangat turut mendukung kegiatan tersebut sesuai dengan kemampuan.

2. Apa manfaat dari hidup rukun?

Beberapa manfaat hidup rukun antara lain :

  • Tidak adanya perselisihan antar warga
  • Kehidupan menjadi lebih harmonis
  • Kehidupan menjadi lebih aman sentosa
  • Kehidupan menjadi lebih tenteram dan damai
  • Dapat memperkukuh/memperkuat persatuan dan kesatuan

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 119

Ayo Berkreasi

Kamu telah mengetahui empat pola lantai tarian daerah. Coba kamu lakukan kreasi pola lantai dengan menggabungkan pola lantai yang kamu ketahui. Lakukan secara kelompok.

Kamu bisa menirukan gerakan tari dari tarian daerah mana pun. Pentaskan hasil kreasi pola lantai yang kelompokmu buat. Bapak/Ibu Guru akan menilai hasil kreasi kelompokmu.

Ayo Renungkan

Indonesia kaya akan tempat pariwisata. Jika semua tempat pariwisata dikelola dengan baik, tentu akan banyak mengundang wisatawan, baik dalam negeri maupun wisatawan asing. Coba kamu renungkan. betapa banyaknya devisa yang masuk ke negara dari bidang pariwisata.

Kita bisa mendukung usaha pariwisata dalam negeri dengan cara ikut mempromosikan, baik melalui media cetak maupun elektronik, misalnya melalui pamflet dan website atau blog.

Sama dengan Orang Tua

Mengutamakan persatuan dan kesatuan, dapat kamu biasakan dalam kehidupan sehari-hari terutama di lingkungan keluarga.

Caranya dengan membiasakan bergotong royong membersihkan rumah. Lakukan hal tersebut dengan ikhlas dan senang hati.

Sekian artikel kami untuk Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 113, 114, 115, 116, 119. Seperti yang sering kami sampaikan bahwa kami membuat jawaban ini berdasarkan pemahaman kami dan kami sudah mengusahakan untuk mencari jawaban terbaik yang tepat dan benar. Maka dari itulah kami cukup yakin jika nantinya jawaban ini bisa mengantarkan adik-adik meraih nilai yang bagus dan tinggi.

Semester genap ini menjadi semester penentu bagi adik-adik.  Maka sangat penting sekali bisa mendapatkan nilai yang bagus, karena nilai-nilai yang adik-adik peroleh akan snagat membantu meningkatkan nilai akhir pada raport semester. Meskipun kami sudah menyediakan jawaban ini, namun adik-adik juga harus teliti dalam mengerjakan soal-soalnya. Jikapun nantinya adik-adik masih menemukan jawaban yang kurang tepat, maka silahkan diperbaiki.

Dan selain tugas sekolah, adik-adik juga harus bisa mendapatkan nilai yang bagus dari kegiatan lainnya, seperti ulangan harian, tugas praktek, dan ulangan akhir semester. Maka dari itu, kami sering mengingatkan adik-adik untuk selalu giat dalam belajarnya. Perbanyak mempelajari materi pelajaran yang belum adik-adik pahami dengan baik. Karena dengan begitu adik-adik akan lebih siap dalam mengikuti kegiatan ulangan harian maupun ulangan akhir semester nantinya.

Sumber : Buku Siswa SD/MI Kelas V

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 113, 114, 115, 116, 119 Tema 9 Kelas 5 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 6"