√ Kunci Jawaban Halaman 119, 121, 122, 125, 126, 129, 130 Tema 9 Kelas 6 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 5 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 119, 121, 122, 125, 126, 129, 130 Tema 9 Kelas 6 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 5

Kunci jawaban Tema 9 Menjelajah Angkasa Luar Kelas 6 halaman 119, 121, 122, 125, 126, 129, 130 subtema 2 Benda Angkasa Luar dan Rahasianya pembelajaran 5 buku siswa tematik K13 revisi berikut ini kami sediakan agar adik-adik bisa memanfaatkannya untuk mengerjakan soal-soal pada buku pelajaran yang menjadi tugas sekolah adik-adik sekarang ini. Mungkin saja sekarang ini adik-adik masih kesulitan menjawab beberapa soal pada buku pelajaran yang masih belum bisa adik-adik temukan jawabannya pada buku siswa dan harus mencari referensi diluar buku.

Pada kenyataannya memang alternatif jawaban seperti ini tengah banyak dicari dan dimanfaatkan oleh siswa maupun orang tua untuk mengerjakan soal-soal pada buku pelajaran. Dengan memanfaatkan alternatif jawaban ini, adik-adik pasti akan sangat dimudahkan dan bisa segera menyelesaikan tugas-tugas sekolah. Dan kami juga cukup yakin kalau nantinya jawaban ini bisa mengantarkan adik-adik meraih nilai yang bagus dan tinggi. Maka dari itu, manfaatkan dengan bijak setiap jawaban yang kami sediakan. Pastikan adik-adik selalu mengecek jawaban kami, sebelum disalin ke buku tugas.

Kami berkomitmen untuk terus menyediakan jawaban terbaik. Agar dengan jawaban yang kami sediakan ini adik-adik bisa mengerjakan tugas sekolah dengan mudah. Jawaban yang kami sediakan ini kami ambil dari berbagai sumber yang kemudian kami sajikan dalam satu artikel lengkap seperti ini yang akan memudahkan adik-adik mencarinya. Diharapkan jawaban ini akan mengantarkan dan menjadi penyebab adik-adik bisa mendapatkan nilai yang bagus dan tinggi.

Sebelumnya kami juga telah cukup banyak berbagai Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 yang bisa adik-adik cari pada postingan kami yang lalu, jika memang jawaban tersebut masih adik-adik perlukan. Kami berharap jawaban yang kami sediakan pada blog Pojok Edukasi dan sudah adik-adik manfaatkan pada tugas sebelumnya, bisa menjadi jawaban yang tepat dan benar, sehingga dengan begitu adik-adik bisa meraih nilai yang bagus dan tinggi. Lihat juga Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 107, 108, 109, 110, 113, 116, 117, 118 yang sudah kami posting beberapa waktu lalu pada blog ini.

Kunci Jawaban Halaman 119, 121, 122, 125, 126, 129, 130 Tema 9 Kelas 6

Seperti mana yang adik-adik ketahui, bahwa sekarang ini adik-adik tengah mengerjakan tugas sekolah pada buku siswa tema9 kelas 6 subtema 2 pembelajaran 5. Tak terasa, adik-adik sekarang ini sudah masuk pada buku materi terakhir di semester genap atau semester dua. Buku siswa tema 9 ini adalah buku materi terakhir yang akan adik-adik pelajari pada semester ini. Selanjutnya, setelah adik-adik menyelesaikan semua kegiatan belajar, adik-adik akan mengikuti kegiatan akhir semester, yaitu ujian akhir semester.

Selain mengerjakan tugas sekolah, adik-adik juga harus mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin untuk kegaitan ulangan harian dan ujian akhir semester nantinya. Dan untuk bisa mengerjakan soal-soal pada kegiatan tersebut, adik-adik harus mengerti dengan materi yang keluar pada soalnya. Untuk itulah, mulai dari sekarang ini, giatlah dalam belajarnya dan sering mengulang dan mempelajari kembali materi pelajaran yang belum dipahami dengan baik.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 119

Ayo Berdiskusi

Bulan merupakan salah satu benda langit yang dengan mudah dapat disaksikan dari Bumi tempat kita tinggal. Perhatikan gambar Bulan di bawah. Diskusikanlah bersama teman sebangkumu tentang apa saja yang kamu ingin ketahui tentang Bulan. Tuliskanlah pertanyaanmu pada sebuah kertas dan tempelkan di papan tulis.

Pertanyaan:

  1. Mengapa sinar bulan tidak terasa panas?
  2. Berapa jarak bumi ke bulan??
  3. Mengapa bentuk Bulan terlihat berbeda-beda?
  4. Mengapa bulan di sebut sebagai satelit Bumi?
  5. Mengapa bisa terjadi gerhana Bulan?

Pernahkah kamu menyadari bahwa pada saat tertentu kamu tidak dapat menyaksikan Bulan bersinar, padahal langit malam sedang cerah? Terkadang kamu perhatikan bahwa bentuk Bulan juga berganti-ganti. Apakah yang sebenarnya terjadi? Bacalah bacaan berikut ini dengan saksama.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 121

Ayo Mencoba

Kamu telah mengetahui lebih banyak tentang salah satu benda langit yang paling tidak asing bagi kamu. Bulan, sebagai satu-satunya satelit Bumi merupakan salah satu benda langit yang pertama diteliti para ilmuwan. Salah satu tujuan penelitiannya adalah untuk melihat kemungkinan apakah Bulan dapat menjadi tempat tinggal manusia.

Berdasarkan bacaan di atas dan dari sumber informasi lainnya, lakukanlah kegiatan berikut bersama dengan teman sebangkumu.

1. Bacalah kembali bacaan tentang Bulan di atas dengan saksama. Kamu dapat menggunakan sumber informasi lainnya untuk mengetahui lebih banyak tentang Bulan.

2. Carilah informasi sebanyak-banyaknya juga tentang planet Bumi kita.

3. Lakukanlah perbandingan antara Bulan dan Bumi dan catatlah pada sebuah tabel.

4. Dengan menggunakan tabel tersebut, buatlah poster untuk menjelaskan perbedaan keduanya dengan cara yang lebih menarik. Tujuan poster itu untuk memberitahu pembaca tentang kemungkinan manusia untuk tinggal di Bulan.

5. Buatlah postermu dengan menggunakan karton ukuran A3, dan gunakan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya menarik.

6. Presentasikan postermu di depan kelas dengan percaya diri.

Apakah kesimpulanmu dari kegiatan di atas?

Bulan tidak memiliki atmosfir seperti di bumi sehingga tidak memungkinkan manusia tinggal di Bulan

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 122

Ayo Berdiskusi

Ingatkah kamu dengan sketsa sistem tata surya yang telah kamu buat sebelumnya? Untuk membuat model tata surya, kamu perlu memuat perbandingan ukuran planet-planet yang ada di dalamnya. Bersama dengan kelompokmu, lakukanlah kegiatan berikut.

1. Carilah informasi tentang diameter planet-planet di dalam tata surya dan catatlah di dalam tabel. Lalu, buatlah perbandingan dengan membandingkannya dengan planet yang memiliki diameter paling kecil (perhatikan contoh).

2. Dengan menggunakan data tersebut, kamu dapat menentukan perbandingan ukuran planet dalam tata surya dengan cukup akurat. Misalnya dalam model, kamu menggunakan ukuran diameter planet terkecil (Merkurius) sebesar 1 cm, maka diameter planet lainnya akan mengikuti sesuai perbandingan yang kamu buat. Lalu, siapkan alat dan bahan yang kamu perlukan sesuai sketsa dan rencana yang kamu telah susun bersama kelompokmu sebelumnya untuk membuat model tata surya 3 dimensi, atau semi 3 dimensi. Semi 3 dimensi adalah menggabungkan antara dua dimensi dan tiga dimensi dalam satu model. Perhatikan kembali contoh yang ada pada pembelajaran 1 dan 2. Dan seterusnya…

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 125-126

Ayo Menulis

Bacalah kembali cerita di atas dan juga hasil pekerjaanmu sebelumnya. Bayangkanlah kamu ada di dalam cerita itu dan ingin menjelaskannya kepada temanmu dengan menggunakan sebuah gambar.

1. Bagilah cerita di atas menjadi tiga bagian, yaitu bagian awal, tengah, dan akhir. Lalu, dengan menggunakan kertas ukuran A4 yang dibagi empat, buatlah tiga gambar seri yang menggambarkan cerita di atas. Untuk bagian pertama, kamu boleh menuliskan judul dan pengarangnya beserta gambar yang menjelaskan judul tersebut. Pada bagian kedua hingga keempat, gambarlah isi cerita pada bagian awal, tengah, dan akhir cerita. Tuliskan paling sedikit satu kalimat untuk menjelaskan gambarmu. Gunakan contoh di bawah ini untuk membantumu.

2. Tuliskanlah pesan yang kamu dapatkan dari cerita tersebut ke dalam satu kalimat pendek.

3. Lihatlah kembali gambar yang telah kamu buat sebelumnya. Perhatikanlah bagian akhir dari cerita di atas. Dengan menggunakan imajinasimu, ubahlah bagian akhir dari cerita tersebut. Tuliskan hasil imajinasimu dengan menggunakan kata-katamu sendiri di tempat yang disediakan berikut ini.

Andi dan Bayu pun lupa dengan permainan gawainya karena kakek erus bersemangat membuat cerita buat para cucunya. Sebenarnya ibu sudah menyuruh anak-anak untuk beristirahat, tetapi anak-anak tidak mau, dan kakek Banu pun menyuruh ibu untuk membiarkan anak-anak tersebut. Kakek mengajak anak-anak pindah ke ruang keluarga sambil tetap meneruskan cerita. Anak-anak sambil tiduran di lantai yang sudah dilapisi karpet terus bersemangat mendengarkan cerita tersebut. Akhirnya anak-anak tertidur di ruang keluarga. Kakek Banu pun tersenyum bahagia.

4. Ceritakanlah gambar seri yang telah kamu buat beserta dengan cerita yang telah kamu kembangkan kepada teman-temanmu. Ceritakanlah dengan menggunakan intonasi, pemenggalan kalimat dan lafal yang jelas serta suara yang keras agar terdengar dengan baik.

5. Setelah itu, mintalah teman lain untuk memberikan sarannya terhadap cerita gambarmu dan juga caramu bercerita dan menuliskannya di selembar kertas kecil. Lalu, perbaikilah hasil pekerjaanmu dan catatlah hal-hal yang hendak kamu lakukan untuk memperbaikinya.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 129

Ayo Berlatih

Kini kamu telah mengetahui beberapa tari kreasi daerah yang ada di Indonesia. Tari kreasi daerah dalam bacaan sebelumnya hanyalah sebagian kecil dari tari kreasi daerah yang ada di nusantara. Hampir semua daerah memiliki tari kreasi daerah yang dikembangkan oleh seniman daerah masing-masing.

Bersama dengan teman sekelompok, kamu akan melakukan kegiatan untuk mengetahui lebih banyak lagi tentang tari kreasi daerah. Ikutilah langkahlangkah sebagai berikut.

1. Tentukanlah sebuah tari kreasi daerah, baik yang ada di daerahmu atau salah satu tari daerah yang ada pada bacaan di atas.

2. Carilah beberapa informasi untuk mengetahui lebih banyak tentang taritari tersebut. \

3. Gunakan tabel berikut untuk mengorganisiasi informasi yang diperlukan. Kamu dapat menuliskan keterangan atau menempelkan gambar yang sesuai dengan keterangan yang diharapkan.

Latihlah beberapa gerakan tari ini bersama dengan teman sekelompok. Kamu dapat menggunakan video untuk mempelajari tari pilihanmu.

4. Presentasikanlah hasil pengamatan dan hasil pencarian informasi tentang tari kreasi daerah tersebut.

5. Carilah satu kelompok tari lainnya untuk melakukan perbandingan dan menemukan persamaan dan perbedaan antara kedua tari kreasi daerah yang berbeda.

6. Presentasikan kembali hasil perbandingan antara kedua tari tersebut di depan kelas dengan percaya diri.

Buatlah kesimpulan terhadap kegiatan di atas dengan menuliskannya di dalam kotak di bawah ini. Kesimpulanku:

Tari kreasi daerah masih mengacu pada tari daerah yang sudah ada sebelumnya karena terdapat persamaan yaitu fungsi, gerakan dan iringan tari.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 130

Ayo Renungkan

Adakah hal-hal baru yang kamu dapatkan dalam kegiatan belajar kali ini?

Hal-hal baru yang saya pelajarai hari ini adalah Perbedaan Bumi dan Bulan, mengaitkan cerita fiksi dengan pengalaman pribadi, karakteristik tari kreasi daerah

Sikap dan keterampilan apa sajakah yang telah kamu kembangkan oada hari ini?

Sikap yang saya kembangkan adalah percaya diri, rasa ingin tahu, dan kerja sama. Keterampilan yang saya kembangkan adalah : membandingkan, membedakan, mengelompokkan, mengomunikasikan

Adakah caramu untuk mengembangkan sikap dan keterampilan yang kamu anggap perlu untuk ditingkatkan lebih?

Sikap dan keteramplan yang ingin saya kembangkan lebih adalah sikap percaya diri dan keterampilan membedakan.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Pernahkah kamu melakukan kegiatan di luar rumah pada bulan purnama? Mintalah orang tua atau kakek nenekmu untuk menceritakan kegiatan apa yang mereka lakukan pada masa dahulu saat bulan purnama tiba. Bandingkan dengan kegiatan yang kamu lakukan pada saat bulan purnama.

Saat bulan purnama kakek dan nenek bermain di luar rumah, mereka bermain jamuran.

Demikianlah postingan kami kali ini yang membahas mengenai Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 119, 121, 122, 125, 126, 129, 130. Kami harap adik-adik bisa dengan mudah menyelesaikan tugas-tugas sekolah dengan jawaban yang kami sediakan ini. Kami cukup yakin jika nantinya jawaban ini bisa menjadi jawaban yang benar dan tepat sehingga adik-adik bisa meraih nilai yang bagus dari tugas yang dikerjakan.

Sangat penting bagi adik-adik bisa mendapatkan nilai yang bagus dari tugas-tugas sekolah. Karena nilai yang nantinya adik-adik dapatkan dari tugas sekolah akan dicatat oleh guru pada buku nilai, untuk kemudian pada akhir semester akan dihitung dan dimasukan kedalam raport semester. Untuk itu, selalu kerjakan dengan maksimal setiap tugas sekolah yang guru kelas berikan. Dan pastikan adik-adik selalu mengecek setiap jawaban sebelum disalin ke buku tugas.

Selain tugas sekolah, adik-adik juga harus mulai serius mempersiapkan diri untuk kegiatan lainnya seperti ulangan harian, tugas praktek dan ujian akhir semester. Karena untuk bisa mengerjakan soal-soal pada kegiatan tersebut, adik-adik harus bisa memahami materi yang keluar pada soal tersebut. Maka perbanyaklah mengulang materi pelajaran yang belum dipahami dengan baik, dengan begitu kami yakin adik-adik bisa dengan mudah menyelesaikan semua soal pada kegiatan tersebut.

Sumber : Buku Siswa SD/MI Kelas VI

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 119, 121, 122, 125, 126, 129, 130 Tema 9 Kelas 6 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 5"