√ Kunci Jawaban Halaman 129, 130, 131, 132, 133, 135, 136, 137 Tema 9 Kelas 5 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 2 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 129, 130, 131, 132, 133, 135, 136, 137 Tema 9 Kelas 5 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 2

Kunci jawaban Tema 9 Benda-Benda di Sekitar Kita Kelas 5 halaman 129, 130, 131, 133, 135, 136, 137 subtema 3 Manusia dan Benda di Lingkungannya pembelajaran 2 buku siswa tematik SD K13 revisi berikut ini kami sediakan sebagai jawaban yang tepat dan benar, yang dapat adik-adik manfaatkan untuk menjawab soal-soal yang ada pada buku pelajaran adik-adik, yang mungkin saja soal-soal tersebut menjadi tugas sekolah adik-adik sekarang ini. Kami melihat bahwa saat ini cukup banyak siswa yang lebih memilih alternatif jawaban seperti ini untuk membantu menyelesaikan tugas-tugas sekolahnya.

Dan pastinya dengan adanya alternatif jawaban seperti ini, adik-adik akan sangat terbantu sekali, dan pasti tidak akan telat atau terlambat dalam mengumpulkan tugas-tugas sekolah nantinya. Dalam masa pembelajaran seperti saat ini, memang siswa lebih banyak diberikan tugas oleh gurunya. Maka tak heran jika ada siswa yang masih mengeluh karena banyaknya tugas yang harus mereka kerjakan dan kumpulkan segera. Dan kenyataannya memang untuk mengerjakan soal-soal pada buku pelajaran tak semudah yang dibayangkan. Karena sebagian soalnya harus dijawab dengan pendapat sendiri, dan tak sedikit juga jawabannya tidak ada pada buku pelajaran.

Melihat hal tersebutlah, kami hadir dan akan terus berusaha semaksimal mungkin menyediakan jawaban yang tepat dan benar. Dengan harapan jawaban yang kami sediakan ini benar-benar bisa membantu adik-adik dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah dan bisa mengantarkan adik-adik untuk meraih nilai yang bagus dan maksimal. Karena memang kami membuat jawaban ini sudah semaksimal mungkin. Kami mencari jawaban terbaik dari buku dan dari luar buku pelajaran. Dan kami cukup yakin dengan jawaban yang kami sediakan ini, nantinya bisa menjadi jawaban yang benar-benar tepat.

Sebelum inipun kami sudah cukup banyak berbagi Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 yang mungkin saja sudah pernah adik-adik lihat dan manfaatkan sebagai jawaban menyelesaikan tugas-tugas sekolah sebelum ini. Jikapun memang demikian, kami berharap jawaban tersebut benar-benar membantu dan menjadi jalan untuk adik-adik meraih nilai yang bagus. Beberapa waktu yang lalu kami juga sudah berbagi Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 121, 124, 126, 127 yang kami sarankan adik-adik melihatnya, karena jawaban tersebut merupakan jawaban untuk tugas pada kegiatan belajar sebelum ini.

Kunci Jawaban Halaman 129, 130, 131, 132, 133, 135, 136, 137 Tema 9 Kelas 5

Meskipun sekarang ini adik-adik merasa terbantu dengan adanya alternatif jawaban seperti ini. Dan bahkan nilai yang adik-adik peroleh bisa bagus dan tinggi, namun kami selalu mengingatkan dan menyarankan kepada adik-adik, agar tetap berusaha semampunya dalam mencari sendiri jawabannya pada buku pelajaran sebelum memanfaatkan alternatif jawaban. Dengan begitu setidaknya adik-adik dapat berusaha sendiri dan bisa sekalian membaca dan memahami materi yang ada.

Untuk bisa menjawab dan mengerjakan soal-soal pada kegiatan tersebut, adik-adik harus punya persiapan yang bagus dan pemahaman terkait materi pelajarannya, agar nantinya bisa menjawab soal-soal yang ada. Namun kami yakin, dengan persiapan yang bagus, dan sering mengulang dan mempelajari materi yang belum dipahami dengan baik, adik-adik akan dengan mudah mengerjakan soalnya dan bisa mendapatkan nilai terbaik.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 129

Ayo Berdiskusi

Bentuklah kelompok terdiri atas lima anak. Setelah mengamati iklan pada gambar di atas, diskusikan bersama kelompokmu mengenai unsur-unsur iklan. Tuliskan pada kolom berikut.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 130

Ayo Berlatih

Untuk memperdalam pengetahuan kamu tentang iklan, lakukanlah latihan berikut. Perhatikan iklan kolom dalam sebuah koran berikut.

Setelah kamu membaca iklan tersebut, jawablah pertanyaan di bawah ini.

1. Sebutkan unsur-unsur yang terdapat dalam iklan di atas.

Unsur Iklan

  • Nama Produk : Totota New Alvanza
  • Gambar yang menarik : Gambar mobil Totota Alvanza
  • Kalimat iklan : Totota termurah New Alvanza Ready Stock
  • Keunggulan Produk : DP murah, angsuran ringan, proses cepat, mudah data, harga & servis terbaik, gratis hadiah tanpa diundi
  • Nomor telepon (0221866667777)

2. Bagaimana ciri-ciri bahasa yang terdapat pada iklan tersebut?

Ciri-ciri bahasa yang terdapat pada iklan baris, yaitu menggunakan bahasa yang singkat, padat, dan jelas

3. Buatlah gambar (visual) tentang kesimpulan isi teks paparan iklan di atas.

Kesimpulannya adalah iklan tersebut berisi ajakan untuk membeli/mengangsur mobil Totota Alvanza yang memiliki keunggulan DP murah, angsuran ringan, proses cepat dan mudah, harga & servis terbaik, Data bisa dibantu, gratis hadiah tanpa diundi, Ready stock dan bisa tukar tambah.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 131

Ayo Berlatih

1. Coba amati segelas air gula. Gula tercampur sempurna dengan air sehingga campuran antara gula dengan air tampak jernih. Berarti dalam hal ini gula tercampur rata dengan air. Termasuk campuran apakah peristiwa ini? Berikan penjelasannya.

Gula tercampur rata dengan air. Campuran antara gula dengan air termasuk campuran homogen. Campuran homogen juga disebut dengan larutan. Jadi dalam larutan gula tersebut terdapat dua penyusun larutan, yaitu air sebagai pelarut dan gula sebagai zat terlarut.

2. Cobalah amati segelas air yang di dalamnya terdapat pasir. Apakah pasir dapat larut dengan sempurna sehingga larutan terlihat jernih? Tentu tidak bukan? Termasuk campuran apakah peristiwa ini?

Campuran antara pasir dengan air termasuk campuran heterogen. Pasir tidak dapat larut dengan sempurna dalam air. Campuran heterogen adalah campuran yang zat-zat penyusunnya bercampur secara tidak merata dan campuran ini tiap-tiap bagian tidak sama susunannya .

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 132

Ayo Mencoba

Sekarang kamu telah memahami tentang campuran dan mengetahui contohcontoh campuran. Cobalah untuk bereksperimen dengan membuat campuran seperti pada kegiatan berikut.

Buatlah kelompok dengan anggota 5 orang. Kemudian, lakukan percobaan berikut ini. Percobaan ini untuk menentukan jenis campuran beberapa benda. Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan dalam melakukan percobaan.

  1. Alat dan bahan
  2. Langkah percobaan.
  3. Buatlah kesimpulan dari percobaan yang kalian lakukan dengan menentukan jenis campuran.
  4. Buatlah laporan hasil percobaan kalian.

Laporan Kegiatan Percobaan Campuran Homogen dan Heterogen

Tujuan Percobaan : Menentukan janis campuran beberapa benda
Alat dan bahan :

  1. 4 buah gelas,
  2. 4 buah sendok
  3. Air
  4. Minyak goreng
  5. Pasir
  6. Tanah
  7. Susu bubuk
  8. Garam

Langkah-langkah Percobaan:

  1. Menyiapkan 4 buah gelas beserta 4 buah sendok
  2. Gelas 1 diisi dengan air dan minyak, kemudian diaduk menggunakan sendok.
  3. Gelas 2 diisi dengan tanah dan pasir, diaduk menggunakan sendok.
  4. Gelas 3 diisi dengan air dan garam, diaduk menggunakan sendok.
  5. Gelas 4 diisi dengan air dan susu bubuk, diaduk menggunakan sendok.
  6. Mengamati keempat campuran tersebut, kemudian menentukan campuran dalam masing-masing gelas termasuk campuran heterogen atau homogen.
  7. Mencatat hasil pengamatan ke dalam tabel.

Data Pengamatan:

Kesimpulan :
Terdapat dua jenis campuran dalam percobaan yang telah dilakukan, yaitu campuran heterogen yang terdiri atas campuran air dan minyak, campuran tanah dan pasir, serta campuran air dan susu, dan campuran homogen, yaitu campuran air dan garam

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 133

Ayo Berlatih

Di daerah mana kamu tinggal? Apa karya seni rupa yang ada di daerahmu? Jelaskan karya seni rupa tradisional yang ada daerahmu. Uraikan dalam kolom berikut.(Hanya contoh)

Karya seni tradisional yang ada di daerahku (Jawa Tengah) adalah Batik Pekalongan. Pekalongan merupakan salah satu daerah yang terkenal sebagai pusat penghasil batik. Terdapat berbagai motif batik yang dihasilkan di daerah ini. Ciri khas motif batik Pekalongan didominasi dengan tumbuh-tumbuhan dan hewan. Warna batik Pekalongan ini juga beragam, kebanyakan diantaranya berwarna cerah dan mencolok.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 135

Ayo Berlatih

Kamu telah mengetahui tentang seni rupa daerah. Untuk lebih memahami tentang karya seni rupa daerah, cobalah untuk mengerjakan latihan berikut.

1. Sebutkan berbagai jenis karya seni rupa daerah di Indonesia yang kamu ketahui.

Jenis karya seni rupa daerah di Indonesia, yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan

2. Sebutkan cirri-ciri umum karya seni rupa daerah.

Berikut ciri-ciri umum karya seni rupa daerah.

  • Bersifat kedaerahan.
  • Dipengaruhi oleh budaya dan latar belakang sejarah suatu wilayah.
  • Corak dan motifnya dipengaruhi oleh kondisi fisik atau geografi suatu daerah dipengaruhi oleh corak seni tradisional masyarakat setempat

3. Sebutkan dua macam seni rupa berdasarkan jenisnya.

Berdasarkan jenisnya, seni rupa daerah terbagi menjadi dua, yaitu seni murni dan seni terapan.

4. Sebutkan 3 contoh seni rupa terapan yang ada di sekitar daerahmu.

Tiga contoh seni rupa terapan, yaitu batik, ukiran kayu, dan gerabah.

5. Sebutkan fungsi karya seni rupa daerah.

Fungsi karya seni rupa daerah dibagi menjadi dua.

a. Fungsi individual

  • Sebagai media untuk mengekspresikan jiwa, emosi dan mencerminkan segala sesuatu baik suka, duka , marah, cita-cita, pandangan hidup, watak, bentuk, corak bahan dan juga teknik yang tercerminkan melalui karya seni.

b. Fungsi sosial

  • Sebagai media pendidikan
  • Sebagai media hiburan (refreshing)
  • Sebagai media komunikasi
  • Sebagai media keagamaan

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 136

Ayo Berdiskusi

Karya seni rupa daerah di Indonesia sangat beragam. Setiap daerah memiliki karya seni yang unik dan khas sehingga berbeda dari daerah lain. Mulai dari batik, tenun/songket, ukir, anyaman, gerabah, hingga lukisan, dan patung semuanya memiliki ciri tradisional daerah asalnya. Beragamnya karya seni rupa daerah menunjukkan kekayaan budaya Indonesia. Coba kamu diskusikan bersama kelompokmu. Apa yang harus kalian lakukan dengan banyaknya ragam seni rupa daerah di Indonesia? Mengapa demikian? Tulislah hasil diskusi dalam kolom berikut.

Laporan Hasil Diskusi

Kita harus menghormati keanekaragaman karya seni tersebut dengan jalan menunjukkan sikap :

  • Ikut memelihara, melestarikan, dan mengembangkan keanekaragaman karya seni.
  • Tidak menganggap karya seni daerah sendiri yang paling baik.
  • Tidak meremehkan karya seni daerah lain.
  • Mempelajari berbagai karya seni tradisional
  • Menonton/menikmati hasil karya seni daerah lain

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 137

Ayo Renungkan

Apa saja yang sudah kamu pelajari pada hari ini? Apa manfaat pembelajaran hari ini untuk kamu? Coba tuliskan hasil renunganmu pada kolom berikut.

Hasil Renungan
Hari ini saya telah belajar tentang sikap percaya diri, bekerja sama, dan bertanggung jawab Pengetahuan tentang iklan media cetak, zat campuran homogen dan heterogen, seni rupa daerah. Keterampilan tentang mengidentifikasikan dan mengomunikasikan. Manfaat pembelajaran hari ini saya mengetahui iklan media cetak, zat campuran homogen dan heterogen serta seni rupa daerah.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Coba perhatikan baju batik yang dimiliki oleh orang tuamu. Tentunya ada keberagaman bentuk dan motif dari beberapa baju batik yang dimiliki orang tuamu. Apakah yang memengaruhi perbedaan motif setiap kain batik? Adakah ciri khas motif kain batik yang membedakan antara satu daerah dengan daerah lain? Diskusikan dengan orang tuamu tentang ciri khas kain batik dari beberapa daerah. Tuliskan pada kolom berikut.

Cukup sekian artikel kami kali ini terkait dengan Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 129, 130, 131, 132, 133, 135, 136, 137. Kami tahu bahwa alternatif jawaban seperti ini menjadi hal yang sangat membantu adik-adik dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah. Tentunya tak semua soal yang adik-adik kerjakan dengan menggunakan jawaban yang kami sediakan ini, pastinya hanya soal-soal yang sulit saja. Kami berharap dengan jawaban yang kami buat ini, adik-adik benar-benar terbantu dan bisa mendapatkan nilai yang bagus dari tugas yang telah dikerjakan.

Mengerjakan tugas sekolah dan bisa mendapatkan nilai yang bagus memang sangat penting sekali bagi adik-adik. Karena nilai yang nantinya adik-adik peroleh dari tugas sekolah seperti ini juga akan sangat membantu dalam meningkatkan nilai akhir pada raport semester. Apalagi semester genap ini menjadi semester penentu bagi adik-adik dalam kenaikan kelas nantinya. Untuk bisa naik kelas, adik-adik harus bisa mendapatkan nilai yang bagus, tak hanya tugas sekolah saja, namun dari kegiatan lainnya juga.

Ada kegiatan ulangan harian, tugas praktek, dan ulangan akhir semester yang juga mesti adik-adik ikuti dan harus bisa mendapatkan nilai yang bagus. Namun untuk mengerjakan dan bisa menjawab soal-soal pada kegiatan ulangan harian atau ulangan akhir semester nantinya, adik-adik harus paham dengan materi pelajaran yang keluar pada soalnya. Maka dari itulah, kami selalu mengingatkan adik-adik agar selalu giat dalam belajar dan sering-sering mengulang materi pelajaran yang belum adik-adik pahami dengan baik.

Sumber : Buku Siswa SD/MI Kelas V

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 129, 130, 131, 132, 133, 135, 136, 137 Tema 9 Kelas 5 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 2"