√ Kunci Jawaban Halaman 139, 142, 143, 145, 146, 148, 149, 150 Tema 9 Kelas 5 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 3 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 139, 142, 143, 145, 146, 148, 149, 150 Tema 9 Kelas 5 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 3

Kunci jawaban Tema 9 Benda-Benda di Sekitar Kita Kelas 5 halaman 139, 142, 143, 145, 146, 148, 149, 150 subtema 3 Manusia dan Benda di Lingkungannya pembelajaran 3 buku siswa tematik SD K13 revisi berikut ini kami sediakan untuk mempermudah adik-adik yang saat ini memang kesulitan menjawab berberapa soal pada buku pelajaran yang menjadi tugas sekolah. Kami membuat jawaban ini supaya adik-adik bisa segera mengerjakan dan menyelesaikan tugas sekolah tersebut, sehingga adik-adik tidak telat dalam mengumpulkan tugas tersebut kepada guru. Karena kami memahami akan penting dan membantunya alternatif jawaban ini buat adik-adik.

Harus kami akui jika sekarang ini cukup banyak sekali siswa maupun orang tua yang mencari alternatif jawaban seperti ini di internet. Dalam situasi pembelajaran seperti saat ini, dimana kita lihat masih banyak sekali sekolah yang harus menerapkan kegiatan belajar secara online atau daring. Maka hal tersebut pasinya akan berdampak juga kepada siswa. Siswa akan lebih banyak diberikan tugas sekolah oleh guru untuk dikerjakan di rumah dan nantinya harus dikumpulkan lagi kepada guru untuk dikoreksi dan diberikan nilai. Maka tak heran jika terkadang siswa kesulitan dalam mengerjakan semua tugas sekolah tersebut. Ditambah dengan soal-soal pada buku tematik, semuanya dalam bentuk isian, pasti juga akan membutuhkan waktu untuk mencari jawaban tersebut.

Melihat kendala yang dialami siswa dan antusias siswa dan juga para orang tua dalam mencari alternatif jawaban, itulah kenapa kami juga hadir dan berusaha untuk terus memberikan jawaban terbaik kepada adik-adik. Dengan harapan, jawaban yang kami buat ini bisa membantu adik-adik dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah sehingga tidak telat dalam mengumpulkan tugas tersebut. Dan tak hanya itu saja, semoga dengan jawaban ini adik-adik bisa mendapatkan nilai yang bagus dan tinggi. Karena nilai yang nantinya adik-adik peroleh dari tugas sekolah seperti ini, juga akan sangat membantu dalam meningkatkan nilai akhir pada raport semester.

Pada postingan kami sebelum ini, kami juga sudah banyak berbagi Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 yang mungkin juga sebelumnya sudah pernah adik-adik lihat dan gunakan jawabannya untuk mengerjakan tugas-tugas pada kegiatan sebelum ini. Kami sangat berharap, jawaban yang kami sediakan ini benar-benar bisa membantu dalam menyelesaikan tugas sekolah dan nilai yang diperolehpun bisa maksimal. Lihat juga Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 129, 130, 131, 132, 133, 135, 136, 137 yang beberapa waktu lalu juga telah kami posting pada blog Pojok Edukasi ini.

Kunci Jawaban Halaman 139, 142, 143, 145, 146, 148, 149, 150 Tema 9 Kelas 5

Mengerjakan tugas sekolah memang sudah menjadi bagian dalam proses kegiatan belajar mengajar yang adik-adik ikuti di sekolah. Dengan adik-adik mengerjakan tugas sekolah, artinya adik-adik sudah melaksanakan kewajiban sebagai seorang murid di sekolah tersebut. Tugas sekolah juga menjadi alat penilaian bagi guru dalam melihat keberhasilan pembelajaran dan melihat kemampuan siswa dalam memahami materi yang sudah disampaikan. Nilai yang adik-adik peroleh atau dapatkan dari tugas tersebut akan dicatat oleh guru untuk kemudian nantinya jawaban tersebut akan dihitung dan dimasukan pada raport semester.

Apalagi semester genap ini sangat menentukan sekali bagi adik-adik dalam kenaikan kelas. Maka dari itu, sangat penting bagi adik-adik mendapatkan nilai yang bagus dan tinggi. Karena nilai tersebut akan membantu nantinya. Namun tak hanya nilai dari tugas sekolah saja, adik-adik juga harus bisa mendapatkan nilai yang bagus dari kegiatan lainnya, seperti ulangan harian, tugas praktek, dan ulangan akhir semester. Untuk itu, mulai saat ini kurangi waktu bermain, fokuslah mempersiapkan diri adik-adik dengan cara lebih giat lagi dalam belajarnya.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 139

Ayo Mengamati

Perhatikan iklan yang dilihat Edo pada koran!

Setelah mengamati, coba kamu jelaskan tentang isi iklan tersebut.

Uraikan dalam kolom berikut. 

Isi iklan di atasIklan tersebut berisi tentang penawaran sebuah produk pasta gigi bermerk “Gigident”. Pasta gigi tersebut berfungsi mengurangi rasa ngilu pada gigi hanya dalam selang waktu 30 menit setelah pemakaian. Pasta gigi tersebut juga melindungi gigi agar bebas dari rasa ngilu lebih lama.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 142

Ayo Berlatih

Amatilah iklan yang terdapat dalam sebuah majalah berikut ini.

Jenis iklan apakah pada gambar di atas? Apa informasi penting dalam iklan tersebut? Tuliskan pada kolom berikut.

Iklan tersebut termasuk iklan layanan masyarakat. Informasi-informasi penting yang terdapat dalam iklan. adalah mengajak masyarakat untuk menjaga persatuan dan kesatuan.. Masyarakat juga dihimbau untuk hindari sesuatu yang dapat menimbulkan hilangnya rasa persatuan dan kesatuan.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 143

Ayo Berdiskusi

Buatlah beberapa kelompok yang beranggotakan 5 orang. Lakukan kegiatan berikut.

1. Identifikasilah peristiwa-peristiwa yang tidak memedulikan persatuan dan kesatuan yang terjadi di masyarakat.

  • Enggan menengok tetangga yang sakit/terkena musibah
  • Enggan bergaul dengan tetangga yang tidak satu suku
  • Diskriminasi terhadap seseorang berdasarkan suku, ras dan lain sebagainya.
  • Tidak aktif dalam kegiatan kerja bakti/gotong royong kebersihan dan ronda keliling
  • Memaksakan pendapat kepada orang lain

2. Jelaskan akibat yang akan terjadi dari peristiwa-peristiwa tersebut.

  • Kurangnya silaturahmai/rasa persaudaraan antar warga
  • Mengutamakan kepentingan golongan maupun suku masing-masing
  • Terjadinya perselisihan dan permusuhan
  • Tidak adanya kerja sama yang terjalin antarwarga masyarakat
  • Terjadinya pelanggaran hak orang lain

3. Buatlah laporan hasil diskusi.

4. Presentasikan hasil diskusi kelompokmu di depan kelas.

Laporan Hasil Diskusi

Persatuan dan kesatuan seharusnya tetap dijaga dan dipertahankan demi keberlanjutan pembangunan bangsa. Tindakan-tindakan yang dapat mempengaruhi persatuan dan kesatuan di masyarakat seperti : enggan menengok tetangga yang sedang terkena musibah, enggan bergaul dengan tetangga yang tidak sesuku, tindakan diskriminasi, malas ikut kerja bhakti, dan memaksakan pendapat kepada orang lain harus dihindari. Karena jika tidak dihindari, maka akan menyebabkan hilangnya rasa persaudaraan, lebih mementinggkan golongan sendiri, terjadi perselsihan, tidak adanya kerja sama, dan terjadinya pelanggaran hak. Akibat yang lebih besar adalah munculnya perpecahan bangsa, yang dapat mengancam kehidupan seluruh bangsa Indonesia.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 145-146

Ayo Berlatih

1. Indonesia sebagai sebuah bangsa yang kaya akan ras, suku, dan budaya memiliki konteks persatuan bangsa. Jelaskan makna persatuan tersebut.

Indonesia sebagai sebuah bangsa yang kaya akan ras, suku, dan budaya memiliki konteks persatuan bangsa dimana persatuan ini memiliki makna bahwa apapunbudaya, ras, dan sukunya tidak ada yang dapat memisahkan dan menggoyahkan persatuan yang telah terjalin.

2. Sebutkan akibat yang akan timbul apabila tidak mengutamakan persatuan dan kesatuan dalam lingkungan keluarga.

Berikut akibat tidak adanya persatuan dan kesatuan di lingkungan keluarga.

  • Terjadi pertengkaran di dalam keluarga.
  • Kurangnya kerukunan di dalam keluarga.
  • Kurangnya keakraban di dalam keluarga.

3. Sebutkan akibat yang akan timbul apabila tidak mengutamakan persatuan dan kesatuan dalam lingkungan sekolah.

Bebebrapa  akibat tidak adanya persatuan dan kesatuan di lingkungan sekolah. 

  • Sombong dan tidak peduli dengan sesama teman. 
  • Membeda-bedakan teman. 
  • Mengolok-olok teman. 
  • Terjadi tawuran

4. Sebutkan akibat yang akan timbul apabila tidak mengutamakan persatuan dan kesatuan dalam lingkungan masyarakat.

Beberapa  akibat tidak adanya persatuan dan kesatuan di lingkungan masyarakat. 

  • Tidak adanya kepedulian terhadap penderitaan yang dialami oleh orang lain. 
  • Kepentingan golongan maupun suku masing-masing lebih diutamakan oleh masyarakat
  • Tidak adanya kerja sama yang terjalin antarwarga masyarakat

5. Sebutkan akibat yang akan timbul apabila tidak mengutamakan persatuan dan kesatuan dalam lingkup negara. 

Beberapa akibat tidak adanya persatuan dan kesatuan di lingkungan negara.

  • Hilangnya tenggang rasa dan toleransi dalam bermasyarakat. 
  • Perpecahan bangsa.
  • Melemahnya pertahanan dan keamanan bangsa.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 148

Ayo Mencoba

Kamu telah memahami tentang kegiatan ekonomi dan pengaruhnya bagi kehidupan masyarakat. Untuk mengembangkan keterampilan berpikirmu, buatlah mind map atau peta pikiran dari materi yang telah kamu pelajari tersebut. Mind map dapat dibuat pada kertas manila, asturo, ataupun kertas karton. Kamu bebas berkreasi menggunakan spidol warna-warni dan membuat bentuk mind map sesuai keinginan. Buatlah sebaik dan sekreatif mungkin. Contohnya sebagai berikut.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 149

Ayo Berdiskusi

Kesejahteraan masyarakat akan tercipta jika kegiatan ekonomi berlangsung stabil dan lancar. Tingginya kegiatan ekonomi akan semakin meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Apa yang akan terjadi jika kegiatan ekonomi tidak berjalan dengan baik? Bagaimana pengaruhnya terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat? Diskusikan hal tersebut bersama 4 orang temanmu. Kemudian, tulislah hasil diskusi pada kolom berikut.

Laporan Hasil Diskusi
Kegiatan ekonomi dilakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup manusia. Jika kegiatan ekonomi tidak berjalan dengan baik, tentu berakibat pada kelangsungan hidup seseorang. Kehidupan masing-masing individu akan terganggu, sehingga tidak ada kenyamanan dalam hidup. Tiap individu akan selslu berusaha agar kebutuhan bisa terpenuhi, bahkan dengan berbagai cara. Akibatnya adalah dilanggarnya norma-norma atau nilai-nilai yang ada di masyarakat, tidak seimbangnya antara hak dan kewajiban, yang pada akhirnya menimbulkan masalah-masalah sosial di masyarakat. Saat masalah-masalah sosial makin merebak di masyarakat, maka sulit bagi masyarakat untuk mencapai kesejahteraan yang diinginkan, yang pada akhirnya dapat merusak nilai persatuan dan kesatuan.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 150

Ayo Renungkan

Apa saja yang sudah kamu pelajari hari ini? Apakah ada hal yang belum kamu pelajari? Apa manfaat pembelajaran hari ini untuk kamu? Tuliskan pada kolom berikut.

Hasil Renungan
Hari ini saya telah belajar tentang sikap rasa ingin tahu, Percaya diri, bekerja sama, toleransi, dan bertanggung jawab. Pengetahuan tentang Isi Iklan, perilaku menunjukkan persatuan dan kesatuan, pengaruh kegiatan ekonomi terhadap kesejahteraan masyarakat. Keterampilan tentang mengidentifikasi dan mengomunikasikan. Manfaat pembelajaran hari ini saya jadi lebih tahu tentang isi iklan dan perilaku yang menunjukkan persatuan dan kesatuian dalam masyarakat.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Pernahkah kamu mengikuti ibumu belanja kebutuhan rumah tangga di pasar, warung, atau supermarket? Kegiatan ekonomi apa yang dilakukan ibumu? Coba diskusikan bersama orang tuamu tentang tujuan dan manfaat dari kegiatan yang dilakukan ibumu? Tuliskan hasil diskusi pada kolom berikut.

Laporan Hasil Diskusi Bersama Orang Tua
Saya pernah mengikuti ibi beberlanja ke pasar. Di pasar ibu membeli beberapa macam kebutuhan sehari-hari. Kegiatan ekonomi yang ibu lakukan tersebut termasuk kegiatan ekonomi konsumsi. Tujuan kegiatan ekonomi konsumsi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Demikianlah ulasan kami untuk Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 139, 142, 143, 145, 146, 148, 149, 150 ini. Kami yakin adik-adik akan sangat terbantu, dengan kami berbagi alternatif jawaban seperti ini. Dan seperti yang sering kami sampaikan pada setiap postingan kami, bahwa dalam membuat jawaban ini, kami sudah berupaya semaksimal mungkin mencari jawaban yang terbaik yang benar dan tepat, baik dari buku pelajaran maupun dari berbagai referensi lainnya yang kemudian kami ambil jawaban yang bagus untuk kami jadikan dalam satu artikel lengkap seperti ini yang mudah adik-adik cari.

Mengerjakan tugas sekolah memang sudah menjadi kewajiban adik-adik sebagai seorang siswa. Namun pada kenyataannya, memang adik-adik banyak juga yang dibantu oleh orang terdekat untuk mengerjakannya, misalnya orang tua, kakak dan lainnya. Bisa mendapatkan nilai yang bagus pada setiap tugas yang dikerjakan merupakan hal yang harus adik-adik capai. Karena nilai yang diperoleh dari tugas harian juga akan sangat membantu adik-adik dalam meningkatkan nilai akhir pada raport semester. Untuk itu, selalu kerjakan dengan maksimal setiap tugas yang guru adik-adik berikan.

Selain tugas sekolah, adik-adik juga tentunya harus bisa mendapatkan nilai yang bagus dari berbagai kegiatan lainnya yang adakan oleh guru maupun sekolah. Misalnya dari kegiatan ulangan harian, tugas praktek, dan ulangan akhir semester. Maka dari itulah kami selalu mengingatkan dan mengajak adik-adik untuk terus giat dalam belajarnya. Persiapkan diri adik-adik untuk kegiatan tersebut. Dengan persiapan yang bagus, kami yakin anntinya adik-adik bisa mengerjakan soal-soal pada kegiatan tersebut dengan mudah dan tidak menutup kemungkinan adik-adik bisa mendapatkan nilai yang bagus.

Sumber : Buku Siswa SD/MI Kelas V

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 139, 142, 143, 145, 146, 148, 149, 150 Tema 9 Kelas 5 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 3"