√ Kunci Jawaban Halaman 141, 142, 143, 144, 146, 147, 148 Tema 9 Kelas 6 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 1 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 141, 142, 143, 144, 146, 147, 148 Tema 9 Kelas 6 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 1

Kunci jawaban Tema 9 Menjelajah Angkasa Luar Kelas 6 halaman 141, 142, 143, 144, 146, 147, 148 subtema 3 Tokoh Penjelajah Angkasa Luar pembelajaran 1 buku siswa tematik K13 revisi berikut ini kami buat dan sediakan sebagai jawaban yang akan membantu adik-adik dalam mengerjakan soal-soal pada buku pelajaran yang mana soal-soal tersebut menjadi tugas sekolah adik-adik sekarang ini. Mungkin saja adik-adik saat ini belum menemukan jawaban yang tepat untuk beberapa soal pada buku pelajaran, maka dari itu adik-adik memutuskan untuk mencari alternatif jawaban seperti ini agar dapat menyelesaikan tugas sekolah.

Dan bahwa memang sekarang ini alternatif jawaban seperti ini cukup banyak dicari dan dimanfaatkan oleh siswa dan orang tua. Dengan memanfaatkan alternatif jawaban seperti ini, adik-adik tidak akan tepat dalam mengumpulkan tugas sekolah kepada guru. Dan kami juga cukup yakin kalau nantinya jawaban ini bisa menjadi jawaban yang tepat dan benar. Dengan begitu pastinya adik-adik bisa mendapatkan nilai yang bagus dari setiap tugas yang dikerjakan dan kumpulkan kepada guru. Dan hal tersebut akan berdampak baik juga untuk nilai raport adik-adik.

Kami akan selalu berupaya menyediakan jawaban-jawaban terbaik kepada adik-adik sekalian. Dengan harapan kami, agar jawaban tersebut benar-benar bisa menjadi jawaban yang tepat dan benar, sehingga benar-benar bisa membantu adik-adik dalam menyelesaikan tugas sekolah dan nilai yang diperolehpun bisa bagus dan tinggi. Jawaban yang kami sediakan ini, kami ambil dari berbagai sumber yang kemudian kami sajikan dalam satu artikel lengkap seperti ini.

Dan sebelum ini juga kami telah banyak berbagai Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 yang kami yakin, adik-adikpun sebelumnya sudah banyak menggunakan jawaban tersebut. Jika memang demikian, kami berharap nilai yang adik-adik dapatkan juga bisa bagus dan tinggi. Dan belum lama ini juga kami sudah memposting Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 131, 134, 135, 137, 138, 139 yang juga harus adik-adik lihat. Karena jawaban tersebut merupakan jawaban untuk tugas pada kegiatan belajar sebelum ini.

Kunci Jawaban Halaman 141, 142, 143, 144, 146, 147, 148 Tema 9 Kelas 6

Seperti yang adik-adik tahu, bahwa sekarang ini adik-adik tengah mengerjakan tugas sekolah pada kegiatan belajar 1 subtema 3 buku siswa tema 9 kelas 6. Tak lama lagi adik-adik bakal menyelesaikan kegiatan belajar pada buku siswa tema 9 ini. Dan setelah itu adik-adik akan mengikuti kegiatan akhir semester, yaitu ujaian akhir semester. Yang mana semester genap ini akan sangat menentukan sekali dalam kelulusan adik-adik. Maka dari itu persiapkan diri adik-adik sebaik mungkin.

Mulailah untuk giat dalam belajarnya, karena untuk bisa menjawab dan mengerjakan soal-soal pada kegiatan ulangan tersebut, adik-adik harus memahami materi pelajaran yang ada pada buku. Dengan begitu kami cukup yakin, jika nantinya adik-adik akan bisa mengerjakan soal-soalnya denga mudah. Dan tak menutup kemungkinan, adik-adik akan bisa meraih nilai yang bagus dan tinggi pada kegiatan tersebut.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 141-142

Ayo Berdiskusi

Galileo Galilei merupakan salah satu penemu yang berperan besar terhadap perkembangan ilmu pengetahuan yang memengaruhi peradaban manusia. Bersama dengan teman sebangkumu diskusikanlah penemuan apa saja yang telah dihasilkannya dan dampaknya terhadap kehidupan manusia hingga kini. Gunakan tabel berikut untuk mencatatnya.

Buatlah beberapa pertanyaan tentang bacaan di atas atau tentang hal-hal yang ingin kamu ketahui lebih dalam. Tuliskanlah pertanyaanmu di dalam kotak yang tersedia berikut ini.

Pertanyaanku:

  1. Siapakah ilmuwan yang teorinya diperkuat oleh penemuan-penemuan Galileo Galilei? (Penemuan-penemuan Galileo memperkuat teori Copernicus sebelumnya)
  2. Kapan Galileo Galilei mempublikasikan buklet kecil yang berjudul The Starry Messenger?(Pada bulan Maret 1610, Galileo mempublikasikan sebuah buklet kecil yang berjudul The Starry Messenger)
  3. Bagaimana cara Galileo Galilei memanfaatkan teleskop?(Beliau memanfaatkan teleskop untuk melakukan pengamatan dunia angkasa luar.)
  4. Apa peran Galileo Galilei dalam ilmu pengetahuan angkasa luar? (Galileo Galilei berperan membuka wawasan warga dunia terhadap ilmu pengetahuan angkasa luar.)
  5. Di mana Galileo Galilei dilahirkan?(Galilei Galilei dilahirkan di Italia)
  6. Dari mana Galileo Galilei mengetahui tentang penemuan teleskop saat itu? (Galileo Galilei mengetahui penemuan teleskop dari seorang pembuat kacamata dari Belanda)
  7. Mengapa Galileo Galilei disebut sebagai “Bapak Sains Modern”? (Galileo Galilei disebut sebagai “Bapak Sains Modern” karena temuan-temuanya yang berperan besarnya terhadap perkembangan ilmu pengetahuan)
  8. Berapa jumlah temuan Galileo Galilei dalam bidang ilmu pengetahuan angkasa luar? (Galileo Galilei menemukan banyak temuan diantaranya adalah permukaan bulan bergunung dan berkawah, saturnus memiliki cincin, Venus memiliki beberapa fase, Jupiter memiliki satelit sendiri, dan lain sebagainya)

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 143-144

Ayo Berdiskusi

Berdasarkan bacaan di atas, jawablah beberapa pertanyaan berikut ini.

1. Jelaskan persamaan dan perbedaan antara komet dan planet

2. Beberapa pengelompokan dalam sistem tata surya sudah pernah dilakukan selain pengelompokan planet berdasarkan garis edar Bumi. Pengelompokan sistem tata surya apa sajakah yang telah kamu ketahui? Bagaimana kamu membedakannya?

Pengelompokkan dalam Sistem Tata Surya :

  • Berdasarakan posisi planet yang dilihat dari orbit Bumi : Planet inferior adalah planet yang terletak di dalam orbit Bumi, yaitu Merkurius dan Venus. Planet Superior adalah planet yang terletak di luar orbit Bumi, yaitu Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.
  • Berdasarkan material penyusun : Planet terrestial adalah planet dengan ukuran yang relatif kecil, berbatu, dan memiliki atmosfer yang tipis. Planet tersebut antara lain Merkurius, Venus, Bumi dan Mars Planet Jovian adalah planet dengan ukuran yang relatif lebih besar, tersusun dari gas, cairan, dan es tebal.
  • Berdasarkan letaknya yang dilihat dari orbit asteroid : Planet dalam adalah planet yang berada di dalam orbit asteroid, yaitu Merkurius, Venus, Bumi dan Mars Planet luar adalah planet yang berada di luar orbit asteroid, yaitu Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus

Ayo Berlatih

Bersama dengan teman sekelompokmu, lihatlah kembali model sistem tata surya yang telah kamu rancang sebelumnya. Berdasarkan pemahamanmu tentang pengelompokan di atas, gunakan bahan atau alat yang dapat membantumu untuk menunjukkan jenis planet berdasarkan garis edar Bumi yang telah kamu pelajari kali ini. Kesimpulan apakah yang dapat kamu buat berdasarkan kegiatan di atas?

Kesimpulanku:
Berdasarkan orbit Bumi terhadap Matahari planet dikelompokkan menjadi planet yang berada di dalam orbit bumi (inferior) seperti Merkurius dan Venus serta planet yang berada di luar orbit bumi (superior) seperti Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 146-147

Ayo Menulis

Sebuah cerita memiliki beberapa unsur seperti tokoh, watak, alur cerita, dan latar belakang cerita tertentu. Salah satu unsur tersebut mungkin saja mengingatkanmu kepada pengalaman pribadimu atau mengingatkanmu pada sebuah film yang pernah kamu tonton. Setelah membaca cerita di atas, lakukanlah kegiatan berikut. Gambarkan dan jelaskan tentang peristiwa yang terjadi dalam cerita di atas dengan menggunakan diagram di bawah ini.

Gambarkan dan jelaskan peristiwa serupa yang terjadi denganmu atau orang-orang yang kamu kenal dengan menggunakan diagram berikut ini.

Perasaanku:
Sangat senang karena cerita tersebut mampu memberikan peringatan untuk disiplin menggunakan waktu

Cerita tersebut mengingatkanku:
Cerita tersebut mengingatkanku agar selalu menggunakan waktu dengan bijak agar tidak kehilangan kesempatan dalam hidup

Ceritakanlah pengalamanmu yang berhubungan dengan cerita fiksi di atas kepada teman-temanmu. Juga ceritakan pesan yang kamu dapatkan dan perasaanmu terhadap pengalaman dan cerita di atas. Dengan berbagi cerita, kamu pun dapat belajar dari pengalaman orang lain.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 148

Ayo Renungkan

Menurutmu, mengapa manusia melakukan usaha-usaha penemuan sesuatu yang baru? Apakah manfaatnya? Sikap dan keterampilan apa sajakah yang menurutmu diperlukan untuk melakukan penemuan baru yang bermanfaat bagi manusia dan lingkungannya?

Manusia melakukan usaha-usaha penemuan baru untuk memenuhi kebutuhannya yang semakin beragam. Sikap dan keterampilan yang diperlukan untuk melakukan penemuan baru antara lain sikap : percaya diri, rasa ingin tahu, dan patuh, keterampilan melakukan percobaan dan pengamatan. 

Kerja Sama dengan Orang Tua

Bersama dengan orang tuamu atau anggota keluargamu yang lain, perhatikan benda dan alat-alat yang ads di rumahmu. Pilihlah paling sedikit tiga benda atau alat di rumahmu dan lakukan pengamatan tentang fungsi dan manfaatnya bagi kegiatan sehari-hari anggota keluargamu. Carilah informasi sebanyakbanyaknya tentang siapa penemunya dan jelaskan sebuah keadaan yang akan terjadi bila alat atau benda tersebut tidak atau belum ditemukan. Gunakan tabel berikut untuk mencatat hasil diskusimu.

Penemu:

Sekian postingan kami untuk Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 141, 142, 143, 144, 146, 147, 148 ini. Kami berharap apa yang kami sediakan ini, benar-benar bisa membantu adik-adik yang memang tengah kesulitan dalam menjawab beberapa soal pada buku pelajaran yang menjadi tugas sekolah adik-adik sekarang ini. Dan dengan jawaban yang kami sediakan ini, kami berharap nilai yang adik-adik peroleh bisa bagus dan tinggi, karena dengan nilai yang bagus adik-adik bisa membantu meningkatkan nilai akhir pada raport semester nantinya.

Namun meskipun kami disini sudah menyediakan jawaban buat adik-adik, kami tetap menyarankan agar adik-adik selalu teliti dalam mengerjakan soal-soalnya. Pasti terlebih dahulu adik-adik mengecek setiap jawaban yang kami sediakan, baru setelah yakin dengan jawaban kami, adik-adik salin kebuku tugas. Dengan begitu kami cukup yakin jika nantiny adik-adik akan memperoleh nilai yang bagus.

Mengerjakan tugas sekolah memang cukup penting, namun adik-adik juga harus ingat, bahwa ada kegiatan lainnya yang mesti adik-adik persiapkan dengan baik, yaitu ulangan harian, tugas praktek, dan ujian akhir semester yang sangat penting bagi adik-adik dalam kelulusan nantinya. Maka dari itu, persiapkan diri mulai dari sekarang ini, perbanyak mengulang dan mempelajari kembali materi pelajaran yang belum adik-adik pahami dengan baik.

Sumber : Buku Siswa SD/MI Kelas VI

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 141, 142, 143, 144, 146, 147, 148 Tema 9 Kelas 6 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 1"