√ Kunci Jawaban Halaman 149, 150, 153, 156, 157, 158 Tema 9 Kelas 6 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 2 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 149, 150, 153, 156, 157, 158 Tema 9 Kelas 6 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 2

Kunci jawaban Tema 9 Menjelajah Angkasa Luar Kelas 6 halaman 149, 150, 153, 156, 157, 158 subtema 3 Tokoh Penjelajah Angkasa Luar pembelajaran 2 buku siswa tematik K13 revisi dibawah ini kami sediakan untuk adik-adik sekolah dasar, khususnya siswa kelas 6 SD yang sekarang ini mungkin tengah sibuk mengerjakan soal-soal pada buku pelajaran yang mana soal-soal inilah yang menjadi tugas sekolah dan harus segera dikerjakan untuk dikumpulkan kepada guru kelas. Dengan adanya alternatif jawaban ini, kami yakin adik-adik akan dengan mudah menyelesaikan semua tugas sekolah tersebut.

Sekarang ini memang kami melihat banyak siswa dan juga orang tua yang mencari alternatif jawaban seperti ini di internet untuk digunakan mengerjakan soal-soal yang sulit yang mungkin saja belum ditemukan jawabannya. Seperti yang kami tahu bahwa memang soal-soal pada buku tematik kurikulum 2013, semuanya meruapakan soal jenis isian dan tak sedikit soal-soal tersebut harus dijawab dengan pendapat sendiri bahkan ada soal yang jawabannya tidak terdapat pada buku pelajaran dan harus dicari diluar buku pelajaran.

Mengetahui akan pentingnya alternatif jawaban ini bagi adik-adik, maka kami hadir dan berusaha menyediakan jawaban terbaik yang kami ambil dari berbagai sumber. Dan kami cukup yakin dengan jawaban yang kami sediakan ini, bisa menjadi jawaban yang tepat dan benar ketika tugas ini nantinya dikoreksi oleh guru. Dengan begitu pastinya adik-adik akan bisa mendapatkan nilai yang bagus dan tinggi. Dan nilai yang tinggi akan sangat membantu sekali untuk meningkatkan nilai akhir pada raport semester nantinya.

Sebelum ini, kami juga sudah banyak memposting Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 yang dapat adik-adik cari pada artikel kami sebelum ini. Silahkan adik-adik lihat dan gunakan jawabannya, jika memang masih diperlukan dan dibutuhkan oleh adik-adik. Kami berharap jawaban tersebut benar-benar bisa membantu dalam menyelesaikan tugas sekoalh adik-adik. Dan lihat pula Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 141, 142, 143, 144, 146, 147, 148 yang juga sudah kami posting beberapa waktu lalu.

Kunci Jawaban Halaman 149, 150, 153, 156, 157, 158 Tema 9 Kelas 6

Seperti yang adik-adik ketahui, bahwa tak lama lagi adik-adik akan menuntaskan kegiatan belajar pada buku siswa tema 9 ini. Dan setelah kegiatan belajar mengajar selesai, adik-adik akan mengikuti kegiatan akhir semester, yaitu ujian akhir semester. Dan semester ini akan menjadi semester penentu bagi adik-adik dalam kelulusan. Untuk itu persiapan diri adik-adik sebaik mungkin dan perbanyak belajar.

Karena nilai-nilai yang adik-adik dapatkan, mulai dari tugas sekolah, tugas praktek, ulangan harian dan ujaian akhir semester akan sangat menentukan sekali dalam kelulusan nantinya. Dan untuk bisa menjawab dan mengerjakan soal-soal pada kegiatan tersebut, adik-adik harus punya persiapan yang bagus, dan perbanyak mempelajari materi pelajaran yang belum dipahami dengan baik. Dengan begitu adik-adik akan lebih siap dalam mengikuti kegiatan tersebut.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 149

Perhatikanlah gambar di atas dengan saksama. Benda apakah yang ada dalam gambar? Apakah kegunaan benda tersebut? Pernahkah kamu melihat atau melakukan kegiatan seperti yang ditunjukkan oleh gambar? Siapakah yang pertama menemukan alat dan benda itu?

Benda pada gambar adalah teleskop yang digunakan untuk mengamati benda-benda di luar angkasa. Teleskop pertama kali ditemukan oleh seorang ilmuwan  Friedrich William Herschel, ilmuwan ini adalah tokoh astronomi Inggris

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 150

Ayo Berdiskusi

Setelah membaca artikel di atas, diskusikanlah bersama dengan teman sebangkumu dampak yang ditimbulkan oleh penemuan Herschel di atas.

Dampak penemuan William Herschel membuka mata kita bahwa angkasa luar menyimpan banyak misteri yang dapat kita telusuri terus menerus.

Ayo Berlatih

William Herschel menjelajah angkasa luar dengan teleskopnya hingga menemukan planet Uranus. Tahukah kamu bahwa para ahli astronomi membagi planet-planet dalam tata surya menjadi dua kelompok menurut orbit asteroid. Kumpulan asteroid yang membentuk sabuk asteroid ini berada di antara planet Mars dan Jupiter. Kumpulan asteroid ini juga berputar mengelilingi Matahari dalam orbitnya.

Para ahli membagi planet-planet dalam tata surya berdasarkan orbit asteroid ini menjadi dua kelompok, yaitu planet dalam dan planet luar. Planet dalam adalah planet-planet dalam tata surya yang berada di dalam orbit Asteroid. Yang termasuk planet dalam adalah planet Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars. Sedangkan yang termasuk planet luar adalah. Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Tahukah kamu apa yang membedakan planet dalam dan planet luar? Selain keduanya dipisahkan oleh sabuk asteroid, kamu dapat mengetahui perbedaannya dengan membaca dan melengkapi informasi pada tabel berikut ini.

Berdasarkan data di atas, lakukanlah perbaikan pada model tata surya tiga dimensi yang telah kamu buat dengan menambahkan keterangan tentang planet dalam dan planet luar ini.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 153

Ayo Menulis

Pernahkah kamu menulis sebuah surat untuk teman atau saudaramu? Atau, pernahkah kamu menceritakan pengalamanmu pada saat berkunjung ke tempat-tempat yang menarik? Cerita fiksi di atas mungkin dapat membantumu mengingatkan pengalaman yang serupa. Lakukanlah kegiatan berikut ini untuk menceritakan pengalamanmu yang hampir sama dengan cerita fiksi di atas. 

A. Gambarkan dan jelaskan tentang peristiwa yang terjadi dalam cerita di atas dengan menggunakan diagram di bawah ini.

B. Gambarkan dan jelaskan peristiwa serupa yang terjadi denganmu atau orang-orang yang kamu kenal dengan menggunakan diagram berikut ini.

C. Buatlah sebuah surat kepada teman atau kerabatmu tentang pengalamanmu berkinjung ke tempat yang menarik, atau pengalaman lain yang menarik. Tuliskan suratmu di bawah ini.

Contoh Surat :

Sahabatku Deni, Halo Den,

Halo Deni, bagaimana kabarmu? Semoga baik-baik saja seperti aku ya! Aku ingin menceritakan pengalaman menarikku kepadamu, Den. Semoga lain waktu kita dapat mengalaminya bersama, ya!

Liburan akhir tahun ini keluargaku datang ke Jogja. Sebenarnya aku ingin pulang ke Bandung. Eh, baru satu semester tinggal di Jogja tapi aku sudah menjelajah ke banyak tempat loh Den.

Ternyata pantai-pantai di Jogja bagus-bagus. Ada pantai Indrayanti, Drini, Nglambor, Kukup, Krakal, Baron. Rasanya tidak cukup sehari mengunjungi ke pantai-pantai itu. Seru sekali liburan bareng keluarga di Jogja. Jogja memang istimewa.

Bagaimana liburanmu Den? Serukan? Masa seorang Deni Surendra hanya berdiam diri di rumah. Pastinya waktu dua hari libur saja bisa untuk jalan-jalan. Apalagi libur sebulan. Hahaha. Kamu datang ke Jogja saja Den. Bagaimana kalau liburan semester depan kita liburan bareng di Jogja?

Den, aku sudahi dulu ceritaku, ya! Sampai jumpa lagi! 

Salam manis,

Udin 

D. Ceritakanlah pengalamanmu yang serupa dengan cerita di atas dengan menggunakan gambar yang telah kamu buat. Lalu, bacakanlah surat yang telah kamu buat kepada teman-temanmu secara bergantian. Adakah pengalaman menarik temanmu yang paling kamu suka?

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 156-157

Ayo Berdiskusi

Berdasarkan bacaan di atas lakukanlah diskusi dengan teman sekelompokmu untuk mencari informasi tentang beberapa hal berikut:

1. Lengkapilah tabel berikut ini dengan mencari tahu alat dan bahan yang digunakan pada patung dan tema yang disajikannya.

2. Patung manakah yang paling kamu sukai? Jelaskan alasanmu. Patung manakah yang ingin kamu buat dengan menggunakan alat dan bahan yang kamu miliki? Jelaskan alasanmu. Patung seperti apa yang ingin kamu buat? Kesimpulan apakah yang dapat kamu buat dari kegiatan di atas?

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 158

.Ayo Renungkan

1. Nilai dan sikap apa sajakah yang kamu dapatkan dari para tokoh penemu benda-benda luar angkasa?

Beberapa sikap para penemu antara lain bekerja keras, tekun, tidak gampang menyerah dan percaya diri

2. Hal-hal apa lagi yang ingin kamu ketahui tentang para tokoh penjelajah luar angkasa? 

Saya ingin mengetahui ilmuwan yang menemukan Planet  Neptunus

3. Jika kamu ingin menjadi penemu, alat atau benda apakah yang ingin kamu temukan? Apa manfaatnya? Mengapa kamu ingin menemukannya?

Jika saya menjadi penemu saya ingin menciptakan buku anti air. Dengan buku anti air kekhawatiran buku basah pada saat hujan akan hilang.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Berdiskusilah dengan orang tuamu, tentang alat atau benda yang belum ditemukan hingga kini yang menurutmu dapat membantumu dalam memenuhi kebutuhan sehari-harimu.

Menurut saya benda yang dapat membantu mempermudah belajar namun belum ditemukan adalah tas sekolah yang bisa membuka dan menutup otomatis.

Demikianlah postingan kami untuk Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 149, 150, 153, 156, 157, 158 ini. Berharap bisa mendapatkan nilai yang bagus dari tugas yang dikerjakan memang sudah menjadi hal biasa adik-adik harapkan. Kami sebenarnya cukup yakin, jika nantinya jawaban ini bakal bisa menjadi jawaban yang tepat dan benar, karena memang jawaban ini merupakan jawaban pilihan yang kami ambil dari sumber terbaik.

Namun meskipun demikian, kami tetap menyarankan adik-adik untuk selalu teliti dan mengecek setiap jawaban yang ada. Jika adik-adik rasa jawabannya sudah tepat dan sesuai dengan soal yang ada, maka barulah adik-adik salin ke buku tugas. Namun jika adik-adik fikir jawaban tersebut belum tepat dan tak sesuai dengan soal yang ada, maka silahkan saja adik-adik cari jawaban lain yang lebih tepat, atau sampaikan kepada kami lewat kolom komentar.

Kami juga ingin mengingatkan adik-adik agar selalu giat dalam belajarnya, karena semester ini merupakan semester penentu bagi adik-adik dalam kelulusan. Maka dari itu mulailah untuk giat dalam belajar dan perbanyak mengulang dan mempelajari kembali materi pelajaran yang belum adik-adik pahami dengan baik. Dengan begitu kami yakin nantinya adik-adik akan punya persiapan yang bagus untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Sumber : Buku Siswa SD/MI Kelas VI

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 149, 150, 153, 156, 157, 158 Tema 9 Kelas 6 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 2"