√ Kunci Jawaban Halaman 152, 153, 154, 158, 159, 160, 161 Tema 9 Kelas 5 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 4 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 152, 153, 154, 158, 159, 160, 161 Tema 9 Kelas 5 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 4

Kunci jawaban Tema 9 Benda-Benda di Sekitar Kita Kelas 5 halaman 152, 153, 154, 158, 159, 160, 161 subtema 3 Manusia dan Benda di Lingkungannya pembelajaran 4 buku siswa tematik SD K13 revisi dibawah ini kami sediakan sebagai jawaban yang nantinya dapat adik-adik gunakan untuk menjawab soal-soal pada buku pelajaran yang menjadi tugas sekolah adik-adik sekaran ini. Kami tahu jika alternatif jawaban seperti ini akan sangat membantu adik-adik dalam menyelesaikan tugas sekolah. Pada kenyataannya memang alternatif jawaban seperti ini cukup banyak dicari dan digunakan oleh siswa maupun orang tua dalam membantu mengerjakan tugas-tugas sekolah.

Kami tahu kalau adik-adik sekarang ini tengah sibuk mengerjakan tugas-tugas sekolah. Dalam situasi pembelajaran seperti saat ini, dimana kita tahu bahwa masih banyak sekali sekolah yang harus menerapkan kegiatan belajar secara online atau daring, maka hal tersebut juga akan berdampak kepada siswa. Siswa pastinya akan lebih banyak diberikan tugas individu untuk dikerjakan di rumah dan dikumpulkan kembali kepada guru. Dengan mengerjakan tugas sekolah, artinya adik-adik telah melaksanakan tugas sebagai seorang siswa. Nilai yang nantinya adik-adik dapatkan dari tugas ini akan sangat membantu dalam meningkatkan nilai akhir raport semester.

Kami berusaha menyediakan jawaban terbaik untuk adik-adik. Dengan harapan jawaban yang kami sediakan ini benar-benar bisa membantu dalam menyelesaikan tugas sekolah serta nilai yang kelak adik-adik peroleh dari setiap tugas yang dikerjakan bisa maksimal atau bagus. Karena adik-adik sangat membutuhkan nilai yang bagus, meskipun itu hanya nilai dari tugas sekolah. Karena semua nilai yang adik-adik peroleh dari setiap kegiatan yang diadakan oleh guru dan sekolah akan dihitung dan dimasukan kedalam raport semester.

Adik-adik tahu kalau sebelum inipun kami sudah banyak berbagi Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 yang mungkin saja sudah pernah adik-adik lihat dan gunakan jawabannya untuk menyelesaikan tugas sekolah pada kegiatan belajar yang lalu. Kalaupun adik-adik sudah pernah memanfaatkan jawaban tersebut, maka kami sangat berharap nilai yang adik-adik peroleh bisa bagus dan maksimal. Dan lihat juga Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 139, 142, 143, 145, 146, 148, 149, 150 yang kami harap adik-adik dapat melihat dan menggunakannya.

Kunci Jawaban Halaman 152, 153, 154, 158, 159, 160, 161 Tema 9 Kelas 5

Sering kami sampaikan kepada adik-adik, bahwa semester ini merupakan semester akhir dan penentu dalam kelulusan adik-adik. Maka dari itu, selalu maksimalkan dalam mengerjakan tugas sekolah. Manfaatkan dengan baik setiap jawaban yang kami sediakan tersebut. Dan selalu periksa jawaban sebelum disalin ke buku tugas, agar tidak ada kekeliruan pada soal dan jawabannya. Dan jikapun nantinya masih adik-adik temukan jawaban yang kurang tepat, maka silahkan diperbaiki.

Meskipun kami cukup yakin dengan jawaban yang kami buat ini, tetap saja kami tidak bisa menjamin semua jawaban yang kami bagikan ini pasti benar dan tepat. Untuk itu selalu teliti dalam mengerjakan soal-soalnya. Jikapun menurut adik-adik masih ada jawaban yang kurang tepat, maka silahkan adik-adik perbaiki dan ganti dengan jawaban yang tepat.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 152

Ayo Mengamati

Ketika Edo sedang asyik menonton berita bersama ayah dan ibunya, tiba-tiba diselingi iklan. Salah satu iklan yang muncul, terlihat dalam cuplikan gambar berikut.

Amatilah iklan yang dilihat Edo.

Setelah mencermati iklan tersebut, lakukan kegiatan berikut.

  1. Informasi apa saja yang kamu peroleh?
  2. Simpulkan informasi yang kamu peroleh dengan kalimat sendiri.

Tuliskan pada kolom berikut.

Iklan yang dilihat Edo berisi tentang penawaran sebuah produk anti septic. Anti septik berfungsi untuk melindungi tubuh dari kuman. Anti septik tersebut dapat digunakan untuk mandi dan membersihkan luka.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 153

Ayo Berlatih

Amatilah iklan elektronik, baik iklan di radio, televisi, maupun internet. Tuliskan informasi yang disampaikan dari iklan yang kalian amati. Berikan juga tanggapan terhadap iklan yang kamu amati. Apakah iklan menarik dan jelas dalam penyampaiannya? Tuliskan dalam kolom berikut.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 154

Pernahkah kamu mengamati iklan elektronik yang berisi anjuran untuk menjaga persatuan dan kesatuan? Coba, carilah iklan dari media elektronik berisi anjuran untuk menjaga persatuan dan kesatuan. Ceritakan iklan yang kamu amati dengan menuliskan pada kolom berikut.

Iklan elektronik Kami Indonesia Oleh Cameo Projek. Iklan ini menunjukan semangat persatuan dan kesatuan yang saat ini dikikis oleh faktor globalisasi, ekonomi, budaya asing, dan lain sebagainya, tetapi tidak bisa menguburkan seluruhnya. Semangat nasionalisme ini hanya tertidur pulas karena tidak menemukan lagi panggung kepentingannya di hati bangsa Indonesia. Karena kepedulian inilah dan juga terhadap masalah lainnya yang berhubungan dengan ketidakadilan terhadap golongan-golongan minoritas tertentu, kami tergerak untuk membangunkannya kembali: rasa nasionalisme!

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 158

Ayo Berlatih

Setelah kalian membaca cerita “Kesombongan Membawa Bencana”, sikap seperti Beni sudah selayaknya tidak kita tiru. Sikap sombong seperti yang dilakukan oleh Beni dapat menjadi penyebab pecahnya persatuan dan kesatuan. Para pemimpin bangsa kita terdahulu pun sangat menjaga agar rasa persatuan dan kesatuan tidak terpecah.

Sekarang, coba kalian sebutkan usaha-usaha yang dilakukan pemimpin bangsa dalam membina persatuan dan kesatuan sehingga tercipta kerukunan hidup bermasyarakat dan berbangsa. Tulislah ceritamu pada buku tugas, lalu kumpulkan kepada Bapak/Ibu Guru untuk dinilai.

Usaha-usaha yang dilakukan pemimpin bangsa dalam membina kerukunan hidup bermasyarakat dan berbangsa antara lain:

  • Mengadakan festival budaya.
  • Mewajibkan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar di setiap acara resmi dimanapun berada.
  • Menjalankan pemerintahan secara adil dan terbuka.
  • Mengadakan pemerataan pembangunan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  • Menciptakan kebebasan masyarakat untuk memeluk agama dan melakukan ibadah sesuai agamanya masing-masing.
  • Membina sikap saling menghormati dan menghargai antar pemeluk agama.
  • Mengadakan peringatan hari-hari besar nasional dengan menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 159

Kamu telah mengetahui cara menghargai mata pencaharian masyarakat yang multi budaya untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa. Sekarang cobalah berdiskusi dengan temanmu tentang cara menghargai kegiatan orang lain dalam usaha.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 160

Ayo Renungkan

Apa saja yang sudah kamu pelajari hari ini? Apakah ada hal yang belum kamu pelajari? Apa manfaat pembelajaran hari ini untuk kamu? Tuliskan pada kolom berikut.

Hasil Renungan :

Hari ini saya telah belajar tentang sikap rasa ingin tahu, percaya diri, kerja sama, toleransi, dan bertanggung jawab. Pengetahuan tentang informasi dalam Iklan, kerukunan hidup bermasyarakat dan berbangsa, jenis pekerjaan terkait dengan kegiatan ekonomi. Keterampilan tentang bermain peran, berdiskusi, mengomunikasikan, mengidentifikasikan. Manfaat pembelajaran hari ini adalah saya menjadi lebih menghargai keragaman ekonomi di sekitar kita.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 161

Kerja Sama dengan Orang Tua

Perhatikan saat orang tuamu membeli baju, tas, sandal ataupun sepatu, baik untuk mereka sendiri ataupun untuk dirimu. Di mana mereka sering membelinya? Apakah produk yang mereka pilih merupakan produk dalam negeri atau produk impor? Diskusikan dengan orang tuamu tentang dampak memilih produk dalam negeri dan produk impor. Tuliskan hasil diskusi pada kolom berikut. Laporan 

Hasil Diskusi Bersama Orang Tua
Ketika ibu membeli baju, tas, sandal, dan sepatu ibu membelinya di pasar/toko. Ibu selalu membeli merek-merek produksi dalam negeri. Memilih produk dalam negeri membantu meningkatkan ekonomi produsen produk tersebut.

Demikianlah postingan kami kali ini terkait dengan Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 152, 153, 154, 158, 159, 160, 161. Dengan memanfaatkan alternatif jawaban, adik-adik dapat dengan mudah menyelesaikan semua tugas sekolah dan pastinya tidak akan telat dalam mengumpulkan tugas tersebut. Dan pastinya adik-adik akan berharap nilai yang diperoleh dari setiap tugas yang dikerjakan bisa bagus dan tinggi. Karena meskipun hanya nilai tugas sekolah, namun nilai tersebut akan sangat membantu sekali dalam meningkatkan nilai akhir pada raport semester nantinya.

Maka dari itu, kerjakan setiap tugas yang diberikan oleh guru dengan maksimal dan berlombalah dengan teman sekelas untuk bisa mendapatkan nilai terbaik. Meskipun kami disini sudah berusaha menyediakan jawaban yang tepat dan benar, namun adik-adik juga harus mengecek setiap jawaban yang kami sediakan ini sebelum disalin ke buku tugas. Dengan begitu adik-adik akan lebih maksimal dalam mengerjakan tugas sekolah.

Namun selain tugas sekolah, adik-adik juga harus bisa mendapatkan nilai yang bagus dari kegiatan lainnya, seperti ulangan harian, tugas praktek, dan ulangan akhir semester nantinya. Maka dari itu, mulailah giat dalam belajarnya. Apalagi sekarang ini sudah masuk pada akhir kegiatan belajar semester genap dan juga tak lama lagi adik-adik akan melaksanakan kegiatan ulangan akhir semester. Sangat penting bagi adik-adik untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin dalam mengikuti kegiatan ulangan tersebut.

Sumber : Buku Siswa SD/MI Kelas V

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 152, 153, 154, 158, 159, 160, 161 Tema 9 Kelas 5 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 4"