√ Kunci Jawaban Halaman 160, 162, 163, 164, 166, 167, 169, 170 Tema 9 Kelas 6 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 3 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 160, 162, 163, 164, 166, 167, 169, 170 Tema 9 Kelas 6 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 3

Kunci jawaban Tema 9 Menjelajah Angkasa Luar Kelas 6 halaman 160, 162, 163, 164, 166, 167, 169, 170 subtema 3 Tokoh Penjelajah Angkasa Luar pembelajaran 3 buku siswa tematik K13 revisi berikut ini kami sediakan agar adik-adik yang saat ini kesulitan menjawab soal-soal pada buku pelajaran dapat terbantu dan bisa menyelesaikan tepat waktu tugas-tugas sekolah dan tidak terlambat dalam mengumpulkan tugas tersebut kepada guru. Dan kami juga cukup yakin jika jawaban yang kami posting ini bakal bisa menjadi jawaban terbaik yang tepat dan benar.

Kami memahami akan pentingnya alterntif jawaban ini bagi adik-adik yang kesulitan menyelesaikan dan menjawab semua soal-soal pada buku pelajaran. Karena kami tahu bahwa soal-soal tematik K13 ini tak semuanya mudah untuk dijawab, bahkan ada soal yang harus dijawab dengan pendapat sendiri. Maka tak heran jika adik-adik banyak yang memilih alternatif jawaban seperti in untuk menyelesaikan semua soal yang sulit yang belum terjawab.

Jawaban yang kami sediakan ini merupakan jawaban terbaik yang kami ambil dari berbagai sumber yang kemudian kami kumpulkan dan jadikan dalam satu artikel lengkap, agar adik-adik bisa mencari dan menemukannya dengan mudah. Kamipun cukup yakin, bahwa jawaban ini kelak bisa menjadi jawaban terbaik, sehingga akan mengantarkan adik-adik meraih nilai yang bagus dan tinggi. Maka pergunakan dengan maksimal dan bijak setiap jawaban yang kami sediakan pada blog ini.

Sebelum ini, kami juga sudah banyak memposting Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 yang bisa adik-adik cari dan temukan pada postingan kami sebelum ini. Kami berharap jawaban tersebut bisa menjadi penyebab adik-adik mendapatkan nilai yang bagus dan tinggi. Dan lihat juga Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 149, 150, 153, 156, 157, 158 yang juga belum lama ini sudah kami posting pada blog ini. Silahkan adik-adik lihat dan manfaatkan dengan baik, karena jawaban tersebut merupakan jawaban untuk tugas sebelum ini.

Kunci Jawaban Halaman 160, 162, 163, 164, 166, 167, 169, 170 Tema 9 Kelas 6

Seperti yang adik-adik ketahui bahwa tak lama lagi adik-adik akan menyelesaikan pembelajaran pada buku siswa tema 9 ini. Artinya adik-adik sudah semakin dekat dengan kegiatan akhir sekolah, yaitu ujian akhir sekolah yang akan sangat menentukan juga nilai akhir adik-adik. Namun nilai dari tugas sekolah juga sangat membantu dalam meningkatkan nilai pada raport semester. Maka dari itu selalu kerjakan tugas yang diberikan guru dengan maksimal dan raih nilai terbaiknya.

Dan semester genap ini akan menjadi semester penentu bagi adik-adik dalam kelulusan nantinya. Maka dari itu, persiapankan diri adik-adik sebaik mungkin dengan memperbanyak belajar dan banyak mengulang materi pelajaran yang belum adik-adik pahami dengan baik. Dengan begitu, kami cukup yakin jika nantinya adik-adik bisa mengerjakan soal-soal pada kegiatan tersebut dengan mudah dan tak menutup kemungkinan, adik-adik bisa meraih nilai yang bagus.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 160

Ayo Berdiskusi

Berdasarkan bacaan di atas, diskusikanlah beberapa hal berikut ini bersama dengan teman sekelompokmu.

Bagaimana cara para astronaut menuju ke Bulan dari Bumi?

Para astronout menuju bulan dari bumi menggunakan pesawat luar angkasa.

Sikap dan nilai seperti apa yang dimiliki Buzz hingga ia menjadi salah satu orang yang mendarat di Bulan?

Sikap dan nilai yang dimiliki Buzz Aldrin diantaranya adalah kerja keras, disiplin, pantang menyerah dan percaya diri.

Apakah masih ada pertanyaanmu yang berkaitan dengan bacaan di atas? Tuliskan di sini.

Apa nama pesawat yang digunakan Buzz Aldris, Neil Armstrong dan Michael Collins pergi menjelajah angkasa luar?

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 162

Ayo Berlatih

Bersama dengan teman sekelompokmu lakukanlah beberapa kegiatan berikut ini. Dengan menggunakan berbagai sumber informasi, lakukanlah perbandingkan alat transportasi darat dulu dan sekarang. Gunakakanlah tabel berikut untuk mencatatnya.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 163-164

Modernisasi memang memberikan dampak baik langsung maupun tidak langsung. Demikian juga dengan dampaknya terhadap sistem transportasi darat saat ini. Bersama teman sebangkumu diskusikanlah dampak positif dan negatif modernisasi sistem transportasi darat terhadap kelangsungan hidup masyarakat maupun dampaknya terhadap lingkungan. Gunakan diagram berikut untuk mencatatnya.

Buatlah sebuah kesimpulan tentang kegiatan di atas.

Kemajuan teknologi transportasi sebagai bagian modernisasi terus berkembang seiring kebutuhan manusia untuk bermobilisasi

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 166-167

Ayo Menulis

Sebuah cerita dapat mengingatkanmu kepada pengalamanmu sendiri, atau pengalaman orang lain yang diceritakan kepadamu. Atau bahkan, dapat mengingatkanku terhadap film yang pernah kamu tonton sebelumnya. Film yang dimaksud adalah gambar bergerak yang secara audio visual dapat ditangkap inderamu. Film yang dimaksud adalah film-film baik yang berdurasi panjang maupun pendek yang dapat kamu tonton di bioskop, televisi atau media yang lain. Lakukan kegiatan berikut ini setelah kamu membaca cerita fiksi di atas dengan saksama.

A. Jelaskan isi cerita fiksi di atas dengan membuat tulisan satu paragraf di setiap bagian cerita: awal, tengah dan akhir dengan menggunakan diagram berikut ini.

B. Pilihlah di antara tiga bagian dari cerita di atas yang mengingatkanmu terhadap peristiwa yang terjadi denganmu, atau terjadi di sekelilingmu, atau mengingatkanmu tentang sebuah film yang pernah kamu tonton. Gambarkan peristiwa tersebut, lalu tuliskanlah penggalan peristiwa tersebut pada diagram berikut.

Bagian Tengah :

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 169

Ayo Berdiskusi

Dengan menggunakan bacaan di atas dan sumber informasi lainnya, lakukanlah kegiatan berikut ini secara berpasangan.

A. Menjawab pertanyaan.

1. Peristiwa peratuan dan kesatuan apa yang dijelaskan dalam bacaan di atas?

Pemerintah Daerah Cirebn bekerjasama dengan pengusaha dan perajin batik untuk meningkatkan nilai jual batik Trusmi.

2. Bagaimana dampak peristiwa tersebut terhadap setiap pihak yang terlibat?

Setiap pihak yang terlibat mendapatkan manfaat yang baik dengan peristiwa persatuan dan kesatuan tersebut. Pemerintah Daerah mendapatkan pajak, pengusaha dan pengrajin mendapat keuntungan dari penjualan batik.

B. Menceritakan pengalaman Bersama dengan temanmu, ceritakanlah sebuah pengalaman tentang peristiwa persatuan dan kesatuan yang melibatkanmu. Tuliskanlah cerita tersebut dalam bentuk gambar berseri. Lakukanlah analisis bagaimana peristiwa itu berhubungan dengan persatuan dan kesatuan Lakukanlah analisis dampak peristiwa tersebut terhadap dirimu sendiri. Jelaskanlah dampak peristiwa tersebut dalam bentuk gambar dan ceritakanlah di depan kelas.

Pada saat itu aku mengikuti kegiatan gotong royong membersihkan kelas masing-masing. Aku dan teman-temankuku membersihkan kelas bersama sama. Ada yang menyapu, mengepel, membersihkan jendela, kursi, meja, dll. Kegiatan tersebut dapat mempererat tali persaudaraan juga pekerjaan menjadi cepat selesai. Peristiwa gotong royong berhubungan erat dengan persatuan dan kesatuan. Misalnya pada saat teman yang lain mengalami kesusahan memindahkan barang barang dikelas kita bersama sama memindahlkan agar pekerjaan menjadi ringan. Dampak peristiwa persatuan bagi diri sendiri adalah kegiatan pembelajaran berjalan nyaman sehingga dapat belajar dengan maksimal dalam kelas.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 170

Ayo Renungkan

Dampak modernisasi apa sajakah yang menurutmu paling memengaruhimu? Mengapa? Bagaimana caramu untuk menghadapi dampak modernisasi tersebut?

Dampak modernisasi yang menurut saya paling memengaruhiku adalah perkembangan teknologi misalnya saja teknologi komunikasi. Karena dengan ditemukannya telepon seluler hampir semua kegiatan menggunakan benda tersebut. Cara menghadapi dampaknya adalah dengan mengatur waktu agar tidak semua waktu tersita di depan layar handphone.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Bersama dengan orang tuamu carilah sebuah cerita dari majalah atau dari buku cerita. Bacalah bersama cerita itu lalu menggambarlah sama-sama tentang isi ceritanya bersama-sama.

Cerita Malin Kundang

Di sebuah desa, hiduplah seorang perempuan miskin. Ia hidup bersama anak tunggalnya, namanya Malin Kundang. Saat Malin Kundang mulai dewasa, ia memutuskan untuk pergi ke kota. Ia ingin mengadu nasibnya di sana. Dengan berat hati, ibunya pun mengizinkan. 

Hingga beberapa tahun kemudian, Malin berhasil mengubah nasib. Ia telah menjadi saudagar yang kaya raya. Suatu hari, Malin ingin melihat keadaan desanya. Ibu Malin yang mengetahui kedatangan anaknya segera berlari menuju dermaga. Benar saja, di sana terlihat Malin dengan istrinya yang sangat rupawan.

Malin mengenali ibunya. Namun, ia malu mengakui orangtua yang berpakaian sangat lusuh itu. Sungguh sakit hati Ibunya mendengar perlakuan Malin. Ibunya lalu mengutuk Malin. “Hatimu sungguh sekeras batu, Malin. Maka, kau aku kutuk menjadi batu. Kau anak yang durhaka.” ucap ibunya.

Demikianlah ulasan yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini terkait dengan Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 160, 162, 163, 164, 166, 167, 169, 170. Kami berharap jawaban ini benar-benar bisa menjadi solusi bagi adik-adik yang sekarang ini memang tengah memerlukan alternatif jawaban seperti ini. Dan tak hanya itu saja tentunya, kami juga berharap nilai yang nantinya adik-adik peroleh bisa maksimal dan bagus. Karena nilai tugaspun akan sangat membantu dalam meningkatkan nilai akhir pada raport semester.

Mengerjakan tugas sekolah merupakan bagian dari kegiatan belajar mengajar di sekolah. Pastinya setiap siswa akan diberikan tugas oleh guru. Meskipun kami disini sudah menyediakan jawaban yang terbaik yang akan memudahkan adik-adik dalam mengerjakan tugas sekolah, namun kami tetap menyarankan supaya adik-adik tetap berusaha mencari sendiri jawabannya pada buku pelajaran.

Selain mengerjkaan tugas sekolah, adik-adik juga harus mulai sibuk belajar dan mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk mengikuti kegiatan lainnya, seperti ulangan harian, tugas praktek, dan ujian akhir semester yang tak lama lagi juga akan dilaksanakan. Maka dari itu mulailah mempersiapkan diri adik-adik. Kurangi kegiatan bermain dan perbanyak mempelajari materi pelajaran yang belum dipahami dengan baik.

Sumber : Buku Siswa SD/MI Kelas VI

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 160, 162, 163, 164, 166, 167, 169, 170 Tema 9 Kelas 6 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 3"