√ Kunci Jawaban Halaman 164, 165, 167, 171, 172 Tema 9 Kelas 5 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 5 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 164, 165, 167, 171, 172 Tema 9 Kelas 5 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 5

Kunci jawaban Tema 9 Benda-Benda di Sekitar Kita Kelas 5 halaman 164, 165, 167, 171, 172 subtema 3 Manusia dan Benda di Lingkungannya pembelajaran 5 buku siswa tematik SD K13 revisi berikut ini kami buat dan bagikan untuk mempermudah adik-adik dalam menjawab sola-soal yang sulit yang ada pada buku pelajaran yang mana soal-soal tersebut mungkin menjadi tugas sekolah adik-adik sekarang ini. Harus kami akui bahwa akhir-akhir ini alternatif jawaban seperti ini cukup banyak dicari oleh para siswa maupun orang tua yang ternyata juga tak sedikit terlibat dalam membantu mengerjakan tugas sekolah.

Kami mengerti akan pentingnya alternatif jawaban seperti ini bagi adik-adik sekalian. Dalam menjawab soal-soal pada buku pelajaran memang terkadang perlu referensi lainnya, karena ada beberapa jawaban yang tidak terdapat pada buku pelajaran. Apalagi kita tahu jika buku tematik kurikulum 2013 sangat menuntut sekali siswanya untuk bisa aktif dan kreatif. Dan kamipun melihat bahwa tak sedikit juga soal-soal pada buku pelajaran harus dijawab dengan pendapat sendiri, dan juga ada sebagian jawaban yang tidak terdapat pada buku pelajaran. Maka tak heran sebagian soal harus adik-adik cari jawabannya diluar buku, seperti alternatif jawaban ini.

Kami berusaha semaksimal mungkin menyediakan jawaban terbaik, agar dengan jawaban tersebut adik-adik benar-benar terbantu dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah. Dan tak hanya itu saja tentunya, kami juga yakin jika jawaban yang kami sediakan ini bakal bisa menjadi jawaban yang benar dan tepat, sehingga bisa mengantarkan adik-adik meraih nilai yang bagus pada setiap tugas yang dikerjakan. Dalam membuat jawaban, atau menjawab soal-soal pada buku siswa, kami juga tentunya sudah berusaha semaksimal mungkin mencari jawaban yang tepat dan benar. Maka dari itu adik-adik tidak usah ragu, manfaatkan dengan baik setiap jawaban yang kami bagikan ini.

Sebelum ini kami juga telah banyak memposting Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 yang dapat adik-adik lihat dan gunakan jika memang masih diperukan. Jikapun sebelumnya adik-adik sudah pernah menggunakan jawaban yang kami posting pada blog ini, kami berharap nilai yang adik-adik dapatkan dari setiap tugas yang dikerjakan bisa bagus dan tinggi. Karena dengan nilai yang bagus, adik-adik juga bisa meningkatkan nilai raport semester. Dan sebelum ini juga kami sudah memposting Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 152, 153, 154, 158, 159, 160, 161 yang dapat adik-adik lihat dan gunakan juga.

Kunci Jawaban Halaman 164, 165, 167, 171, 172 Tema 9 Kelas 5

Kami menyadari akan kepentingan adik-adik terhadap alternatif jawaban seperti ini. Maka dari itu kami juga serius dalam menjawab soal-soalnya. Agar dengan jawaban yang kami buat tersebut, adik-adik bisa mendapatkan nilai yang bagus. Dan juga dengan jawaban tersebut, bisa adik-adik manfaatkan sebagai bahan belajar mandiri di rumah nantinya. Meskipun kami sudah berusaha menyediakan jawaban terbaik kepada adik-adik sekalian, namun kami tetap menyarankan agar adik-adik teliti dalam mengerjakan tugas itu.

Kalaupun ternyata masih adik-adik temukan jawaban yang kurang tepat, maka silahkan diperbaiki saja dengan jawaban yang lebih bagus dan tepat. Dan juga kami menghimbau adik-adik agar mulai serius dalam belajarnya. Persiapkan diri adik-adik dengan baik untuk mengikuti kegiatan lainnya, seperti ulangan harian dan ulangan akhir semester yang tak lama lagi akan dilaksanakan. Dengan persiapan yang bagus, kami yakin adik-adik bisa dengan mudah mengerjakan tugas-tugas sekolah.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 164-165

Ayo Berlatih

Amatilah salah satu iklan di internet berikut ini.

Setelah kamu mengamati iklan tersebut, jawablah pertanyaan di bawah ini.

1. Barang apa yang ditawarkan dalam iklan tersebut?

Barang yang ditawarkan pada iklan tersebut adalah yaitu kain batik jumputan.

2. Informasi apa saja yang dapat kamu peroleh dari iklan tersebut?

Informasi yang diperoleh :antara lain banyak pilihannya, indah warnanya , ayo kita cintai batik Indonesia. dan batik jumputan hasil budaya bangsa.

3. Sebutkan unsur-unsur yang ada dalam iklan tersebut.

Unsur yang ada dalam iklan tersebut adalah gambar dan tulisan.

4. Jelaskan ciri-ciri bahasa dalam iklan tersebut.

Ciri bahasa pada iklan tersebut adalah singkat, padat, menarik, komunikatif, informatif, sederhana, dan mudah dipahami.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 167

Pernahkah kamu melihat batik jumputan selain pada gambar di atas? Bagaimana cara membuat batik jumputan? Coba bertanyalah kepada orang yang kamu anggap tahu cara membuat batik jumputan. Kamu juga bisa mencari referensi dari buku, majalah, atau sumber lainnya.

Tuliskan pada kolom berikut cara membuat batik jumputan.

Cara Membuat Batik Jumputan:

  • Siapkan alat dan bahan
  • Pastikan kain yang akan digunakan dalam keadaan bersih.
  • Tentukan dan buatlah motif batik yang diinginkan.
  • Ikatlah kain yang telah dibuat motifnya menggunakan koin atau kelereng dan batu, kemudian diikat dengan tali atau karet.
  • Rebuslah air, pewarna dan sedikit garam dalam panci sampai mendidih.
  • Basahi terlebih dahulu kain yang telah diikat.
  • Celupkanlah ikatan kain berpola kedalam air berwarna yang telah mendidih, tunggu hingga 20-30 menit agar warnanya meresap.
  • Lakukan pencelupan kain lagi, jika memiliki moif dan warna yang berbeda.
  • angkat lain yang telah dicelupkan, buka ikatan kain dan bilas sampai bersih.
  • Jemurlah hingga kering kemudian dapat disetrika.
  • Batik jumputan siap digunakan.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 171

Ayo Mencoba

Buatlah larutan untuk mencelup kain dalam proses membuat batik jumputan. Untuk bahan membuat larutan, kamu dapat menggunakan seperti uraian sebelumnya. Namun, kamu juga dapat membuat larutan sendiri berdasarkan referensi yang kalian ketahui atau hasil dari bertanya kepada orang yang lebih tahu.

Buatlah laporan hasil percobaan kalian. Laporan berisi hal-hal berikut.

  1. Bahan untuk membuat larutan.
  2. Uraikan termasuk zat tunggal atau zat campuran bahan yang kamu gunakan untuk membuat larutan.
  3. Uraikan juga termasuk unsur atau senyawa bahan yang kamu gunakan untuk membuat larutan.
  4. Cara membuat larutan untuk membuat batik jumputan.

Tuliskan laporanmu, lalu kumpulkan kepada Bapak atau Ibu Guru

Laporan Kegiatan Percobaan Membuat Larutan Penceup Batik Jumputan

Tujuan Percobaan : Mengetahui cara membuat larutan pencelup batik jumputan
Alat dan bahan :

  • Kompor
  • Panci
  • Sendok kayu yang digunakan untuk mengaduk
  • Ember
  • Pewarna dan penguatnya dalam satu kemasan, bisa memakai Wenter atau Wantex. Bahan pewarna termasuk senyawa karena terdiri dari beberapa unsur.
  • 2 liter air untuk satu kemasan pewarna. Air termasuk zat tunggal. Air, merupakan senyawa karena terbentuk dari gabungan hidrogen dan oksigen.
  • 2 sendok makan garam. Garam termauk zat tunggal. Garam termasuk senyawa karena terdiri dari 2 unsur yang bebeda yakni natrium dan klorida
  • Cuka secukupnya. Cuka termasuk zat tunggal. Asam cuka, merupakan senyawa. Asam cuka merupakan gabungan unsur karbon, hidrogen dan oksigen

Langkah-langkah Percobaan:

  1. Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat bahan pencelup batik jumputan.
  2. Masak air sesuai aturan pada pewarna kain.
  3. Setelah panas, masukkan zat pewarna satu per satu dan aduk sampai rata.
  4. Jika pencelupan lebih dari satu warna maka proses pembuatan larutan harus dipisah.
  5. Gunakan satu wadah panci untuk satu warna saja
  6. Wantek biru dimasak pada air mendidih hingga larut selanjutnya dibiarkan dingin dan masukkan ke dalam botol air mineral 600 ml, tutup botolnya yang kuat sampai waktu digunakan.
  7. Demikian juga untuk warna merah dan kuning lakukan hal yang sama hingga kita punya 3 botol pewarna siap pakai.
  8. Larutan pencelup ini sudah siap digunakan.

Hasil Percobaan :
Hasil percobaan yang dilakukan menggunakan beberapa senyawa. Hasil larutan pencelup batik jumputan termasuk campuran homogen.

Kesimpulan :
Dari pengamatan percobaan yang telah dilakukuan dapat disimpulkan larutan pencelup batik jumputan merupakan campuran homogen.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 172

Ayo Renungkan

Batik di Indonesia sangat beragam. Setiap daerah di Indonesia rata-rata memiliki kain yang khas, baik itu dengan teknik batik atau tenun. Beragamnya kain dengan berbagai motif hias, merupakan kekayaan budaya bangsa Indonesia. Namun, tidak dapat dimungkiri bahwa masuknya kain dan pakaian dari luar negeri, cukup menyita perhatian masyarakat Indonesia. Apa yang sebaiknya kamu lakukan dengan kondisi tersebut? Tuliskan hasil renunganmu pada kolom berikut.

Hasil Renungan
Sebagai bangsa yang cinta akan kebudayaan sendiri untuk menyikapi fenomena tersebut dilakukan dengan cara memilih menggunakan batik produk dalam negeri. Dengan menggunakan produk dalam negeri semakin menumbuhkan rasa cinta tanah air sekaligus meningkatkat pendapatan para pengrajin batik yang ada di Indonesia.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Perhatikan pakaian yang dimiliki orang tuamu. Adakah mereka mempunyai baju batik bermotif hias jumputan/pelangi/ikat celup? Jika iya, coba amati motif hiasnya. Diskusikan dengan orang tuamu tentang asal batik tersebut. Tuliskan dalam kolom berikut.

Laporan Hasil Diskusi Bersama Orang Tua
Ayah memiliki baju batik jumputan. Baju tersebut memiliki motif garis ganda yang motifnya abstrak dan tidak beraturan.

Nah adik-adik, itulah ulasan yang dapat kami sampaikan untuk Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 164, 165, 167, 171, 172 ini. Kami berharap apa yang kami buat dan sediakan buat adik-adik bisa membantu dalam menyelesaikan tugas sekolah dan nilai yang adik-adik harapkanpun dapat terwujud. Karena memang nilai yang bagus sangat adik-adik perlukan dalam kenaikan kelas ini. Dan nilai-nilai dari tugas sekolah nantinya akan guru catat pada buku nilai untuk kemudian pada akhir semester semua nilai akan dihitung dan masukan pada raport semester.

Apalagi adik-adik tahu kalau semester genap ini akan sangat menentukan sekali dalam kenaikan kelas. Maka dari itu berlombalah dengan teman adik-adik lainnya untuk bisa meraih nilai yang bagus. Karena semester ini merupakan semester penentu, yang akan menentukan adik-adik naik atau tidak pada semester ini. Kerjakan setiap tugas yang guru berikan dengan maksimal. Dan meskipun kami disini sudah menyediakan jawaban buat adik-adik, namun adik-adik juga harus teliti dalam mengerjakan soal-soalnya. Pastikan adik-adik selalu mengecek jawabannya sebelum menyalin jawaban tersebut ke buku tugas.

Namun meskipun adik-adik bisa mendapatkan nilai yang bagus dan maksimal dari tugas sekolah, itu saja tidak cukup untuk bisa naik kelas. Adik-adik juga harus bisa mendapatkan nilai yang bagus dari kegiatan lainnya, seperti ulangan harian, tugas praktek, dan ulangan akhir semester. Maka dari itu, mulailah giat dalam belajar dan banyak-banyak mempelajari materi pelajaran yang belum adik-adik pahami dengan baik. Karena dengan begitu adik-adik bisa lebih siap dalam mengikuti kegiatan ulangan, baik ulangan harian maupun ulangan akhir semester nantinya.

Sumber : Buku Siswa SD/MI Kelas V

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 164, 165, 167, 171, 172 Tema 9 Kelas 5 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 5"