√ Kunci Jawaban Halaman 17, 18, 20, 22, 23, 25 Tema 9 Kelas 6 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 2 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 17, 18, 20, 22, 23, 25 Tema 9 Kelas 6 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 2

Kunci jawaban Tema 9 Menjelajah Angkasa Luar Kelas 6 halaman 17, 18, 20, 22, 23, 25 subtema 1 Keteraturan yang Menakjubkan pembelajaran 2 buku siswa tematik K13 revisi yang kami sediakan pada postingan kami ini bisa adik-adik gunakan dengan baik untuk menjawab soal-soal pada buku pelajaran yang mungkin saja ada beberap soal yang masih belum adik-adik temukan jawabannya. Kami mengerti kalau alternatif jawaban seperti ini tengah banyak dimanfaatkan oleh siswa dan juga orang tua untuk mengerjakan dan menyelesaikan tugas sekolah.

Dan tentunya tak hanya menyelesaikan tugas sekolah saja, namun adik-adik juga pastinya berharap nilai yang nantinya diperoleh bisa bagus dan tinggi dari teman lainnya. Dalam situasi pembelajaran seperti saat ini, memang tugas sekolah menjadi hal yang sering dikerjakan oleh adik-adik. Guru akan lebih banyak memberikan tugas sekolah kepada siswanya untuk nantinya dikerjakan di rumah dan dikumpulkan kembali kepada guru untuk dikoreksi dan diberikan nilainya. Dan nilai yang nantinya adik-adik dapatkan dari tugas sekolah yang dikerjakan akan dimasukan juga kedalam nilai akhir raport semester.

Kami selalu berusaha menyediakan jawaban terbaik buat adik-adik sekalian, dengan harapan jawaban ini benar-benar bisa menjadi solusi dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah nantinya dan juga nilai yang adik-adik peroleh bisa bagus dan tinggi. Dalam menjawab soal-soal pada buku pelajaran, kami sudah berusaja semaksimal mungkun mencari jawaban terbaik, baik dari buku pelajaran maupun dari luar buku serta pemahaman kami sendiri. Maka dari itulah kami cukup yakin jika nantinya jawaban ini akan menjadi jawaban yang tepat dan benar.

Dan sebelum ini, kami juga sudah cukup banyak memposting Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 yang bisa adik-adik cari dan lihat pada artikel kami sebelumnya. Dan terkahir sebelum postingan ini, kami juga sudah memposting Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 4, 5, 6, 7, 8, 10, 11, 12 yang kami harap adik-adik juga melihat dan memanfaatkan jawaban tersebut. Karena jawaban tersebut merupakan jawaban untuk tugas pada kegiatan belajar sebelum ini.

Kunci Jawaban Halaman 17, 18, 20, 22, 23, 25 Tema 9 Kelas 6

Seperti yang adik-adik ketahui bahwa tak lama lagi adik-adik akan menyelesaikan pembelajaran pada buku siswa tema 9 ini. Artinya adik-adik sudah semakin dekat dengan kegiatan akhir sekolah, yaitu ujian akhir sekolah yang akan sangat menentukan juga nilai akhir adik-adik. Namun nilai dari tugas sekolah juga sangat membantu dalam meningkatkan nilai pada raport semester. Maka dari itu selalu kerjakan tugas yang diberikan guru dengan maksimal dan raih nilai terbaiknya.

Apalagi semester genap ini menjadi semester penentu bagi adik-adik dalam kelulusan nantinya. Dan meskipun kami disini sudah menyediakan jawaban, namun adik-adik juga harus teliti dalam mengerjakan soalnya. Pastikan adik-adik selalu mengecek jawaban yang kami sediakan sebelum menyalinnya ke buku tugas. Dengan begitu, kami cukup yakin kalau nantinya adik-adik akan bisa meraih nilai yang bagus pada setiap tugas yang dikerjakan.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 17

Ayo Berdiskusi

Kamu telah membaca dan memahami bacaan “Mengenal Tata Surya”. Sekarang lakukanlah kegiatan kelompok berikut ini. Kamu juga dapat mencari informasi dari sumber lain seperti internet atau surat kabar.

  1. Bagilah kelas menjadi delapan kelompok sesuai dengan jumlah planet dalam tata surya dan Matahari.
  2. Setiap kelompok akan mendapatkan bagian untuk menemukan informasi penting dari semua planet dalam sistem tata surya dan Matahari.
  3. Dengan menggunakan kertas karton ukuran A3, setiap kelompok akan menyajikan beberapa informasi sebagai berikut: a. Gambar planet atau Matahari. b. Informasi tentang ukuran, jarak dari Matahari atau urutan planet dari Matahari, diameter, serta kecepatan rotasi dan revolusi. c. Semua informasi menarik yang menjadi keunikan planet tersebut.
  4. Susunlah informasi tersebut sehingga tampilannya menarik dan mudah dipahami.
  5. Tempelkan kertas yang berisi keterangan tentang anggota tata surya tersebut di dinding yang telah ditentukan.
  6. Setiap kelompok akan mengamati informasi yang dibuat oleh kelompok lain secara bergantian. Setiap anggota kelompok boleh menuliskan pertanyaan tentang anggota tata surya dari kelompok lain pada sebuah kertas kecil dan meletakkannya di dekatnya.
  7. Dalam waktu yang ditentukan, setiap kelompok akan melakukan presentasi di depan kelas secara bergantian. Selain presentasi, setiap kelompok juga akan menjawab pertanyaan yang diajukan kelompok lain yang telah dituliskan sebelumnya.
  8. Kelompok yang tidak melakukan presentasi akan mencatat informasi penting dan mengajukan pertanyaan jika diperlukan.

Hasil diskusi:

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 18

Ayo Menulis

Membuat pertanyaan merupakan salah satu cara untuk menyatakan rasa ingin tahu terhadap sesuatu yang sedang ada dalam pikiran kita. Membuat pertanyaan dapat dibantu dengan menggunakan kata tanya. Beberapa kata tanya tersebut telah sering kamu gunakan: Apa, Mengapa, Siapa, Kapan, Di mana, dan Bagaimana.

Gunakan kata-kata tanya tersebut untuk membantumu menuliskan pertanyaan tentang hal-hal yang ingin kamu ketahui lebih dalam tentang sistem tata surya kita! Tuliskan di tempat yang telah disediakan.

Pertanyaan dan jawaban:

  1. Apa nama planet yang terjauh jaraknya dari matahari? (Planet yang berada di urutan paling jauh dari Matahari adalah planet Neptunus)
  2. Mengapa planet-planet dalam tata surya tidak saling bertabrakan? (Planet-planet tetap mengelilingi matahari dan tidak terjadi tabrakan karena matahari mempunyai gaya gravitasi terhadap planet serta planet beredar pada orbitnya)
  3. Siapa yang mengemukakan teori pembentukan tata surya Big Bang? (Tokoh yang mengemukakan teori Big Bang adalah R.A Lyttleton)
  4. Kapan kita bisa melihat planet Merkurius? (Markurius baru terlihat setelah Matahari terbenam, atau sebelum Matahari terbit)
  5. Di mana letak inti planet Jupiter? (Letak inti planet Jupiter jauh di tengah)
  6. Bagaimana.cara manusia mempelajari tata surya (Manusia mempelajari sistem tata surya melalui penelitian)
  7. Berapa jarak planet merkurius ke matahari? (Planet Markurius berjarak limapuluh delapan juta kilometer dari Matahari)

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 20

Ayo Mencoba

Cobalah untuk merancang model sederhana dari sistem tata surya kita. Bekerjalah bersama temanmu dalam kelompok yang terdiri atas 3–4 orang. Pilihlah model dua dimensi terlebih dulu dengan membuat gambar pada kertas ukuran A4. Tentukan planet-planet dari yang terkecil hingga terbesar, lalu gambarlah Matahari dengan ukuran yang sesuai dengan contoh. Warnai dan namailah setiap anggota sistem tata surya sehingga mudah dilihat dan dipahami. Tunjukkanlah hasil kerjamu dengan menempelkannya di dinding kelas. Jelaskanlah bagaimana kelompokmu membuatnya dan jelaskanlah urutan dalam sistem tata surya dengan percaya diri.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 22-23

Ayo Menulis

Kamu telah membaca cerita fiksi “Tetaplah Berada di Jalurmu!” Berdasarkan cerita tersebut, gambarlah tokoh utama, tokoh tambahan, dan tempat peristiwa dengan mengunakan imajinasimu. Tuliskan juga ringkasan cerita tersebut. Ceritakanlah hasil pekerjaanmu di depan kelas dengan percaya diri.

Tokoh Utama : Deo
Tempat/Latar : Trotoar didepan toko kelontong pak ahmad dan Rumah Deo

Gambar tempat peristiwa dalam cerita :

Ringkasan jalan cerita:
Suatu hari Deo pulang sekolah sambil meringis kesakitan sambil menuntun sepedanya dengan langkah pincang. Pakaiannya terlihat kotor dan keringat membasahi dahinya. Setibanya di rumah, ibunya menyambutnya, lalu membersihkan luka-luka Deo. Beberapa saat kemudian, Deo bercerita bahwa ia mengalami kecelakaan akibat lomba balap sepeda dengan Arsyad. Deo bersepeda di trotoar yang dikhususkan untuk pejalan kaki. Tapi ia tak melihat ada batu besar sehingga tersandung dan jatuh ke got. Ibu Deo mengatakan bahwa hal tersebut akan menjadi pelajaran bagi Deo, terutama agar tidak menyerobot trotoar. Deo berjanji akan tetap di jalurnya, bukan jalur orang lain. Setelah mendengar perkataan nasehat ibunya Deo pergi mengganti baju dan makan siang.

Ayo Mencoba

Bersama dengan teman sebangkumu, carilah sebuah cerita pendek anak di surat kabar atau majalah. Salin atau potong cerita pendek tersebut. Tempelkan cerita pendek tersebut pada sebuah karton ukuran A3. Bacalah dengan saksama cerita tersebut. Lalu, gambarkanlah tokoh utama, satu tokoh tambahan, dan tempat dalam cerita tersebut. Tuliskan juga jalan cerita dari cerpen tersebut. Ceritakanlah cerpen temuanmu di depan kelas dengan percaya diri.

Anak Kecil dan Penjual Tahu

“Bu, Amir berangkat ke sekolah dulu ya!” pamit seorang anak laki-laki berumur 10 tahun yang sudah mengenakan seragam SD yang terlihat usang. Bu Bagio, Ibunda Amir, menjawab, ”Iya, Mir. Hati-hati di jalan. Ini uang sakumu, Nak.” Amir menerima uang saku sebesar seribu rupiah dari ibunya.

Walaupun hidupnya susah, Amir selalu terlihat riang dan ceria. Seperti pagi itu, ia berangkat ke sekolah dengan langkah yang riang. Sekitar 100 meter dari sekolahnya, ia melihat seorang bapak tua yang menuntun sepedanya. Sepeda bapak itu berisi wadah yang berisi tahu. Nampaknya, ban sepeda bapak itu kempis. “Pak, ada yang bisa kubantu?” tanya Amir ketika menghampiri bapak itu. “Ini, Nak. Ban saya kempis. Jualan saya belum laku, saya tidak punya uang untuk mengisi angin di tempat tambal ban,” jawab si bapak.

Amir langsung menawarkan bantuannya untuk menuntun sepeda itu ke tukang tambal ban di dekat sekolahnya. Kebetulan pemilik tambal ban itu sudah kenal dengan Amir. Ia bahkan mau mengisi angin ban sepeda penjual tahu itu secara cuma-cuma.

Penjual tahu yang bernama Pak Imron itu mengucapkan terima kasih berkali-kali. Amir senang Pak Imron bisa kembali menggunakan sepeda itu untuk berdagang.

Keesokan harinya, Pak Imron sengaja menunggu Amir di depan gerbang sekolah. Ketika Amir datang, Pak Imron memberikan beberapa buku cerita pendek anak yang sudah usang. Amir menerima buku itu dan mengucapkan terima kasih.

Dua hari setelah Amir menerima buku cerita dari Pak Imron, gurunya mengumumkan bahwa esok semua murid harus membawa sebuah buku cerita anak-anak. Di saat Amir kebingungan, tiba-tiba ia teringat dengan buku cerita yang diberikan oleh Pak Imron.

Sesampainya di rumah, ia menemukan buku cerita dari Pak Imron itu di bawah tempat tidurnya. Amir langsung menceritakan kejadian ini pada ibunya. Mulai dari pertemuannya dengan Pak Imron, hadiah kecil dari penjual tahu yang tua itu, sampai tugas dari gurunya.

Bu Bagio pun menjawab, “Tidak ada yang serba kebetulan, Mir. Semua sudah diatur oleh Allah, Nak. Barang siapa yang menanam kebaikan, maka ia akan menuai kebaikan pula. Buku yang tampaknya tidak berharga bagimu, kini menjadi sangat berharga untukmu, bukan?”

(Sumber : https://www.tehsariwangi.com/artikel/cerita-pendek-anak-kecil-dan-penjual-tahu)

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 25

Ayo Renungkan

Sistem tata surya kita bergerak dalam keteraturan sehingga tidak membahayakan satu dengan lainnya. Bagaimana menurutmu, apakah kamu memerlukan keteraturan dalam kehidupanmu? Bagaimana caranya?

Saya memerlukan keteraturan dalam hidup sehari-hari sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya saja saya bangun setiap pukul 6 pagi agar tidak terburu-buru melakukan persipan sebalum ke sekolah

Cerita pendek apakah yang menjadi kesukaanmu? Mengapa?

Bagi saya, cerpen yang cukup menarik adalah cerpen anak-anak. Cerpen ini cukup menarik bagi saya karena sesuai dengan usia saya.

Tokoh utama seperti apakah yang kamu sukai? Mengapa?

Saya menyukai tokoh protagonis karena tokoh protagonis biasanya berkelakukan baik dan memberikan contoh yang baik pula

Kerja Sama dengan Orang Tua

Pilihlah sebuah planet dalam sistem tata surya kita. Lalu bersama dengan orang tuamu, bandingkanlah sifat dan ciri planet tersebut dengan bumi kita Carilah informasi mengenai kemungkinan manusia seperti kita bisa menempati planet tersebut.

Bumi sebagian besar ditutupi oleh lautan, sehingga nampak biru. Bumi diselimuti oleh udara tebal yang disebut atmosfer. Fungsi dari atmosfer untuk menyaring panas dari Matahari sehingga tidak terbakar.Planet Mars memiliki karakteristik yang hampir sama dengan Bumi. Keduanya sama-sama memiliki jumlah permukaan tanah yang sama, ditopang oleh kutub. Namun Atmosfer di planet Mars sangat tipis dan terdiri gas karbon dioksida, yang tidak bisa dipakai untuk bernapas sehingga manusia akan sulit hidup di Mars

Nah adik-adik, itulah ulasan kami untuk Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 17, 18, 20, 22, 23, 25. Jika adik-adik mengerjakan tugas dengan sungguh-sungguh dan selalu teliti dalam mengerjakan soal-soalnya, kami yakin nilai yang adik-adik perolehpun akan maksimal. Dan kami juga mengingatkan lagi bahwa meskipun kami disini menyediakan jawaban terbaik buat adik-adik, namun kami tetap menyarankan agar adik-adik selalu teliti dalam mengerjakan soal-soalnya.

Pastikan adik-adik selalu mengecek setiap jawaban yang kami buat sebelum disalin ke buku tugas. Dan jikapun nantinya adik-adik masih menemukan jawaban yang kurang tepat, maka silahkan cari jawaban lain saja, atau adik-adik bisa menyampaikannya kepada kami, agar kami dapat melihat dan mengecek jawaban tersebut, dan jikapun ternyata memang kurang tepat, maka kami akan memperbaikinya.

Selain mengerjakan tugas sekolah, adik-adik juga harusnya mulai giat dalam belajar, mengingat tak lama lagi adik-adik akan menyelesaikan kegiatan belajar mengajar pada buku siswa tema 9 ini. Dan setelah itu adik-adik akan melaksanakan kegiatan ujian akhir semester. Sangat penting adik-adik mempersiapkan diri sebaik mungkun untuk persiapan mengikuti kegiatan tersebut, karena nilai dari tugas sekolah saja tidak akan cukup untuk syarat kelulusan nantinya.

Sumber : Buku Siswa SD/MI Kelas VI

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 17, 18, 20, 22, 23, 25 Tema 9 Kelas 6 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 2"