√ Kunci Jawaban Halaman 172, 174, 175, 178, 179, 182, 183 Tema 9 Kelas 6 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 4 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 172, 174, 175, 178, 179, 182, 183 Tema 9 Kelas 6 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 4

Kunci jawaban Tema 9 Menjelajah Angkasa Luar Kelas 6 halaman 172, 174, 175, 178, 179, 182, 183 subtema 3 Tokoh Penjelajah Angkasa Luar pembelajaran 4 buku siswa tematik K13 revisi berikut ini kami sediakan sebagai jawaban yang akan mempermudah adik-adik dalam mengerjakan soal-soal pada buku pelajaran yang menjadi tugas sekolah adik-adik sekarang ini. Kami sadari, mungkin saat ini adik-adik masih belum menyelesaikan semua soal-soal yang ada, karena ada beberapa soal yang belum adik-adik temukan jawabannya pada buku pelajaran, atau mungkin soal tersebut harus dijawab dengan pendapat sendiri.

Maka tak heran jika adik-adik mencari alternatif jawaban di internet untuk digunakan menjawab soal-soal yang sulit tersebut. Kami tahu bahwa kenyataannya, memang soal-soal pada buku pelajaran tak semuanya mudah untuk dikerjakan, bahkan ada bebera soal yang harus dijawab dengan pengamatan, dan pendapat sendiri. Dan semua soal-soal pada buku pelajaran, semuanya berbentuk isian. Maka tak heran jika adik-adik tidak bisa dengan mudah menyelesaikan semua soal tersebut.

Melihat hal tersebut, kami hadir dan terus berupaya untuk menyediakan jawaban yang tepat dan benar. Yang mana jawaban-jawaban ini kami ambil dari berbagai sumber yang bagus yang kemudian kami jadikan dalam satu artikel lengkap, supaya adik-adik mudah mencari dan menemukan jawabannya. Untuk itulah kami cukup yakin, jika kelak jawaban ini bisa menjadi jawaban yang benar-benar tepat, sehingga bisa mengantarkan adik-adik meraih nilai yang bagus dan tinggi.

Sebelum kami memposting alternatif jawaban ini, kami juga sudah banyak memposting Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 yang masih bisa adik-adik cari dan temukan pada artikel kami di blog ini. Silahkan gunakan pencarian agar mudah menemukan jawaban dan halaman yang adik-adik inginkan. Kami sangat berharap, jawaban yang sudah adik-adik manfaaatkan, bisa menjadi jawaban yang tepat, sehingga akan memperoleh nilai yang bagus. Kami juga menyarankan untuk adik-adik melihat Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 160, 162, 163, 164, 166, 167, 169, 170 yang juga sudah kami sediakan beberapa waktu lalu pada blog ini.

Kunci Jawaban Halaman 172, 174, 175, 178, 179, 182, 183 Tema 9 Kelas 6

Mengerjakan tugas sekolah sudah menjadi bagian dalam pembelajaran di sekolah. Tugas sekolah menjadi salah satu alat penilaian guru bagi siswanya untuk melihat sejauh mana keberhasilan pembelajaran yang telah dilakukan. Dan nilai yang adik-adik peroleh dari kegiatan tersebut akan dicatat oleh guru, untuk kemudian pada akhir semester, semua nilai akan dihitung dan dimasukan dalam raport semester.

Namun nilai tugas sekolah saja tidak cukup untuk dijadikan syarat dalam kelulusan. Adik-adik juga mesti bisa mendapatkan nilai yang bagus dari kegiatan lainanya, yaitu ulangan harian, tugas praktek, dan ujian akhir semester yang tak lama lagi juga akan dilaksanakan. Perbanyak belajar dan persiapkan diri adik-adik sebaik mungkin. Karena untuk bisa menjawab soal-soal pada kegiatan tersebut, adik-adik harus memahami materi yang keluar pada soalnya.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 172

Ayo Berdiskusi

Berdasarkan bacaan singkat di atas, lakukanlah diskusi dengan teman sebangkumu untuk menjawab pertanyaan berikut.

1. Mengapa manusia ingin menemukan pesawat terbang berbahan bakar energi surya?

Manusia ingin menemukan pesawat terbang berbahan bakar energi surya untuk mengurangi pemakaian bahan bakar fosil yang mencemari lingkungan.

2. Apakah keunggulan pesawat terbang berbahan bakar energi surya dibanding dengan yang berbahan bakar fosil?

Keunggulan pesawat terbang berbahan bakar energi surya dibanding dengan yang berbahan bakar fosii adalah tidak mencemari lingkungan.

3. Apakah dampak dari penemuan tersebut terhadap lingkungan dan kehidupan masyarakat pada umumnya?

Dampak penemuan tersebut adalah lingkungan bebas polusi, sedangkan pengaruh pada kehidupan masyarakat adalah meningkatnya kualitas hidup.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 174

Ayo Berdiskusi

Bersama dengan teman sekelompokmu lakukanlah beberapa kegiatan berikut ini. Pilihlah sistem transportasi udara dan air yang akan dibahas oleh kelompokmu Dengan menggunakan berbagai sumber informasi, lakukanlah perbandingkan alat transportasi air dan udara baik dulu maupun sekarang. Gunakakan tabel berikut untuk mencatatnya.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 175

Modernisasi memang memberikan dampak baik langsung maupun tidak langsung. Demikian juga dengan dampaknya pada sistem transportasi darat saat ini. Bersama teman sebangkumu diskusikanlah dampak positif dan negatif terhadap kelangsungan hidup masyarakat maupun dampaknya terhadap lingkungan. Gunakan diagram berikut untuk mencatatnya.

Presentasikanlah hasil diskusimu di depan kelas dengan percaya diri. Buatlah sebuah kesimpulan tentang kegiatan di atas.

Manusia tidak bisa terlepas dengan teknologi sehingga di era globalisasi ini manusia dituntut untuk dapat menggunakan teknologi. Namun, perkembangan teknologi memiliki dampak negatif sehingga kita harus bersikap bijak dalam menggunakan teknologi.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 178-179

Ayo Menulis

Sebuah cerita dapat memiliki persamaan dan perbedaan dengan pengalaman pribadimu atau dari film yang pernah kamu tonton. Setelah membaca cerita di atas, lakukanlah kegiatan berikut.

  • Gunakan diagram di bawah ini untuk melengkapi keterangan tentang cerita fiksi di atas. Tuliskan bagian yag paling kamu sukai dari cerita fiksi di atas dalam tulisan satu paragraf. Jelaskan alasan kamu menyukainya.
  • Jelaskanlah persamaan dan perbedaan cerita tersebut dengan peristiwa yang pernah kamu alami atau yang pernah kamu tonton dari sebuah film. Gunakan diagram venn berikut sebagai bantuanmu. Tuliskan pokok pikiran yang ada di dalam cerita fiksi pada bagian cerita fiksi. Tuliskan pokok pikiran dari pengalamanmu atau dari film yang ditonton pada bagian yang lain. Tuliskan kesamaan antara keduanya di bagian tengah diagram venn.

c. Berdasarkan diagram venn di atas, jelaskan dan tuliskan dalam satu paragraf perbedaan dan persamaan antar cerita fiksi dan pengalaman pribadi atau fim yang pernah ditonton di tempat yang tersedia di bawah ini.

Persamaan :
Persamaan dalam antara cerita fiksi dan pengalaman pribadi adalah sepeda ontel merupakan barang antik. 

Perbedaan :
Pada cerita fiksi sepeda ontel sangat mahal dan tinggi namun ayah Dindin tidak menjualnya karena merupakan peninggalan dari kakek. Sedangkan pada pengalaman pribadi sepeda ontel tersebut dijual oleh ayah karena harganya yang sangat tinggi.

d. Gambarkanlah persamaan dan perbedaan tersebut dengan menggunakan tempat yang tersedia di bawah ini.

e. Presentasikan persamaan dan perbedaan itu dengan menggunakan gambar yang kamu buat dengan percaya diri.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 182

Ayo Berdiskusi

Bersama dengan teman dalam kelompokmu, analisislah artikel di atas dengan mencari dampak persatuan dan kesatuan terhadap masyarakat sekitar dengan menggunakan tabel berikut. Perhatikan contoh.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 183

Ayo Renungkan

Menurutmu dampak modernisasi terhadap sistem transportasi apakah yang paling memengaruhimu? Mengapa? Bagaimana caramu untuk menghadapinya?

Menurut saya dampak modernisasi sistem transportasi yang paling memengaruhi adalah adanya penghematan waktu. Karena semakin canggih alat transportasi senakin cepat waktu perjalanan. Tentunya diperlukan kehati-hatian dalam menggunakan alat transportasi tersebut agar tidak merugikan diri-sendiri.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Diskusikanlah dengan orang tuamu, alat transportasi apa yang menjadi pilihan utama keluargamu jika ingin bepergian bersama, dan jelaskan alasannya. Lakukanlah perbandingan dengan menggunakan alat transportasi lainnya.

Menurut saya alat transportasi yang menjadi pilihan utama keluarga saat bepergian bersama adalah mobil. Menggunakan mobil lebih cepat mencapai tempat tujuan jika dibandingkan menggunakan alat transportasi yang lain. Sebagai contoh jika ingin pergi ke rumah nenek yang berada di pelosok desa jika menggunakan kereta api tentunya kurang efisien. Kereta api hanya berhenti di satasiun saja, untuk ke rumah nenek harus menggunakan angkutan lain. Namun jika menggunakan mobil kita bisa langsung menuju rumah nenek yang berada di pelosok.

Nah adik-adik, cukup sekian ulasan kami untuk Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 172, 174, 175, 178, 179, 182, 183 ini. Kami harap adik-adik bisa memanfaatkan alternatif jawaban yang kami sediakan ini dengan baik. Dan dari tugas-tugas yang adik-adik kerjakan dan kumpulkan kepada guru kelas bisa mendapatkan nilai yang bagus dan tinggi. Karena nilai tugas sekolah juga akan sangat membantu dalam meningkatkan nilai akhir di raport.

Perlu juga kami sampaikan terkait jawaban yang kami sediakan ini, bahwa meskipun kami sudah menyediakan jawaban ini, namun kami tetap menyarankan adik-adik supaya tetap berusaha sendiri mencari jawabannya pada buku pelajaran. Dan kalaupun nantinya ketika adik-adik sudah berusaha mencari jawabannya pada buku pelajaran, namun belum juga menemukan jawaban yang tepat, maka barulah adik-adik bisa memanfaatkan alternatif jawaban ini.

Bisa mendapatkan nilai yang bagus pada tugas sekolah memang sangat bagus, namun nilai dari tugas sekolah saja tidak cukup untuk syarat bisa lulus. Adik-adik juga harus bisa mendapatkan nilai yang bagus dari kegiatan lainnya sepertu ulangan harian, tugas praktek dan ujian akhir semester. Untuk bisa mengerjakan soal-soal pada kegiatan tersebut, adik-adik haruslah punya persiapan yang bagus. Maka mulai dari sekarang ini, perbanyak belajar dan ulang kembali materi pelajaran yang belum dimengerti dengan baik.

Sumber : Buku Siswa SD/MI Kelas VI

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 172, 174, 175, 178, 179, 182, 183 Tema 9 Kelas 6 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 4"