√ Kunci Jawaban Halaman 184, 187, 191, 192, 194, 195 Tema 9 Kelas 6 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 5 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 184, 187, 191, 192, 194, 195 Tema 9 Kelas 6 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 5

Kunci jawaban Tema 9 Menjelajah Angkasa Luar Kelas 6 halaman 184, 187, 191, 192, 194, 195 subtema 3 Tokoh Penjelajah Angkasa Luar pembelajaran 5 buku siswa tematik K13 revisi yang kami sediakan berikut ini bisa adik-adik pergunakan dan manfaatkan untuk mengerjakan berbagai soal pada buku pelajaran yang mungkin saja sebagain soal pada buku siswa menjadi tugas adik-adik sekarang ini. Kami tahu kalau adik-adik saat ini tengah sibuk mengerjakan tugas sekolah, dan mungkin saja ada beberapa soal yang belum bisa dikerjakan dan belum adik-adik temukan jawabannya pada buku pelajaran.

Maka adik-adik lebih memlih alternatif jawaban seperti ini untuk menyelesaikan soal-soal tersebut. Dengan memanfaatkan alternatif jawaban yang kami sediakan ini, kami cukup yakin kalau adik-adik bisa dengan mudah menyelesaikan semua tugas sekolah. Dan tak hanya itu saja, besar kemungkinan adik-adik bisa mendapatkan nilai yang bagus dari tugas yang dikerjakan. Untuk itu, manfaatkan dengan baik semua jawaban yang kami sediakan, dan kerjakan semua soal-soalnya dengan maksimal.

Seperti yang sering kami sampaikan terkait dengan jawaban yang kami sediakan ini, bahwa jawaban ini kami ambil dari sumber yang terbaik yang kemudian kami jadikan dalam satu artikel lengkap seperti ini, agar adik-adik lebih mudah dalam mencari jawaban yang diperlukan sesuai dengan halaman soal yang sedang dikerjakan. Namun kami tidak menutup kemungkinan, bahwa mungkin masih ada jawaban yang kurang tepat, maka dari itu adik-adik harus selalu teliti dalam mengerjakan soal-soalnya. Kalaupun masih adik-adik temukan jawaban yang kurang tepat, maka silahkan cari jawaban yang lain.

Sebelumnya, kami juga sudah cukup banyak memposting Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 yang dapat adik-adik cari pada artikel kami sebelum ini. Kami berharap jawaban yang kami posting ini benar-benar bisa menjadi solusi dan memberikan kemudahan buat adik-adik dalam mengerjakan tugas sekolah sehingga adik-adik tidak terlambat mengumpulkan tugasnya kepada guru kelas. Dan beberapa waktu yang lalupun kami sudah memposting Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 172, 174, 175, 178, 179, 182, 183 yang dapat adik-adik lihat juga.

Kunci Jawaban Halaman 184, 187, 191, 192, 194, 195 Tema 9 Kelas 6

Kami menyadari bahwa sekaranh ini alternatif jawaban memang menjadi hal yang cukup penting buat adik-adik. Maka dari itu, kami selalu berusaha mencari jawaban yang terbaik buat adik-adik, agar dengan jawaban ini adik-adik bisa menyelesaikan semua tugas sekolah. Dan yang lebih terpenting lagi, bahwa nilai yang nantinya adik-adik peroleh bisa bagus dan maksimal. Karena nilai yang bagus sangat diperlukan adik-adik dalam meningkatkan nilai pada raport semester nantinya.

Kami juga mengingatkan dan mengajak adik-adik untuk mulai giat dalam belajar, karena tak lama lagi adik-adik akan melaksanakan kegiatan Ujian Akhir Semester yang akan sangat menentukan sekali dalam kelulusan nantinya. Maka rajinlah untuk mempelajari kembali materi pelajaran yang belum adik-adik pahami dengan baik. Dengan begitu, adik-adik akan punya persiapan yang bagus untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 184

Ayo Mengamati

Perhatikanlah gambar-gambar berikut ini!

Tahukah kamu siapa saja mereka? Apakah peran mereka terhadap perkembangan ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan angkasa luar? Berdiskusilah dengan teman sebangkumu untuk mencari tahu informasi tentang mereka. Buatlah peta pikiran untuk menjelaskan peran dan temuannya yang memengaruhi perkembangan ilmu pengetahuan hingga saat ini.

Jawab:

  1. Niklaus Koppernikus adalah seorang astronom, matematikawan, dan ekonom berkebangsaan Polandia, yang mengembangkan teori heliosentrisme Tata Surya dalam bentuk yang terperinci, sehingga teori tersebut bermanfaat bagi sains.
  2. Johannes Kepler adalah seorang astronom Jerman, matematikawan dan astrolog. Dia paling dikenal melalui hukum gerakan planetnya.
  3. Edwin Hubble adalah seorang astronom dan kosmolog yang dianggap sebagai satu di antara astronom terpenting sepanjang masa. Dia memainkan peran yang sangat penting dalam pendirian studi astronomi ekstragalaksi dan alam semesta yang teramati

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 187

Ayo Berdiskusi

Bersama dengan teman sekelompokmu, gunakan peta pikiran atau diagram untuk membuat rangkuman dari informasi bacaan di atas.

Dari diagram yang kamu buat, bentuklah ke dalam sebuah lini masa yang memuat tokoh, masa, penemuan dan dampaknya terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Berikan gambar yang unik yang membedakan antara satu masa ke masa yang lainnya. Gunakan kertas ukuran A3 untuk membuat lini masamu. Presentasikanlah hasil pekerjaanmu di depan kelas.

Buatlah sebuah kesimpulan dari kegiatan di atas tentang dampak penemuan terhadap kehidupan di sekitarmu.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 191-192

Ayo Menulis

Sebuah cerita dapat memiliki persamaan dan perbedaan dengan pengalaman pribadimu atau dari film yang pernah kamu tonton. Setelah membaca cerita di atas, lakukanlah kegiatan berikut. 

a. Gunakan diagram di bawah ini untuk melengkapi keterangan tentang cerita fiksi di atas. Tuliskan bagian yag paling kamu sukai dari cerita fiksi di atas dalam tulisan satu paragraf. Jelaskan alasan kamu menyukainya.

b. Jelaskanlah persamaan dan perbedaan cerita tersebut dengan peristiwa yang pernah kamu alami atau yang pernah kamu tonton dari sebuah film. Gunakan diagram venn berikut sebagai bantuanmu. Tuliskan pokok pikiran yang ada di dalam cerita fiksi pada bagian cerita fiksi. Tuliskan pokok pikiran dari pengalamanmu atau dari film yang ditonton pada bagian yang lain. Tuliskan kesamaan antara keduanya di bagian tengah diagram venn.

c. Berdasarkan diagram venn di atas, jelaskan dan tuliskan dalam satu paragraf perbedaan dan persamaan antar cerita fiksi dan pengalaman pribadi atau fim yang pernah ditonton di tempat yang tersedia di bawah ini.membuat benda yang sebenarnya. Patung-patung dengan tema kendaraan, baik kendaraan biasa maupun kendaraan untuk angkasa luar, cukup sering diciptakan seniman maupun ilmuwan untuk keperluan pengembangan ilmu pengetahuan.

Persamaan :
Persamaan kedua teks di atas adalah sama-sama menunjukkan pemanfaatan barang bekas untuk membut kerajinan. 

Perbedaan :
Perbedaannya adalah Tsaqif membuat barang kerajinan untuk tugas kelas lalu saat ibunya ulang tahun dia memberikan kerajinan tersebut sebagai hadiah. Sedamgkan temanku Agus membuat kerajinan dari barang bekas untuk mengikuti lomba kreativitas siswa.

d. Buatlah sebuah karangan dengan mengembangkan bagian yang berbeda dari cerita fiksi di atas. Kamu dapat mengambil beberapa bagian dari cerita fiksi yang asli sebagai bantuan, lalu meneruskannya dengan ceritamu sendiri berdasarkan pengalamanmu atau dari film yang pernah kamu tonton.

Tsaqif mendapat ide memberikan hadiah ulang tahun ibunya setelah mendengar saran dari Amir. Setelah pulang sekolah Tsaqif mengajak Amir ke rumahnya. Di rumah Tsaqif meminta bantuan kakaknya untuk membuka internet mencari contoh barang-barang kerajinan dari barang bekas. Tsaqif dan Amir mengamati salah satu video dari Youtube tentang membuat membuat tas dari kain perca. Setelah Tsaqif dan Amir memahami cara membuat tas dari kain perca tersebut kedua sahabat itu mencari bahan-bahan yang diperlukan. Dengan kesabaran serta ketelatenan dua sahabat tersebut sebuah tas cantik dari bahan kain perca siap dijadikan hadiah ulang tahun Ibu Tsaqif. Tsaqif dan Amir gembira ternyata usaha mereka tidak sia-sia dan mampu memberikan hadiah istimewa untuk ulang tahun ibu Tsaqif.

e. Presentasikan cerita barumu itu kepada teman-teman sekelasmu.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 194

Ayo Mencoba 

Perhatikan dengan baik contoh di atas. Terdapat banyak alat dan bahan lain yang bisa dimanfaatkan untuk membuat kendaraan angkasa luar. Ingatlah, bahwa roket bukan satu-satunya kendaraan luar angkasa. Jika kamu melakukan riset kecil, ada banyak jenis dan rupa kendaraan angkasa luar yang sudah dibuat manusia.

Kali ini kamu dapat mengembangkan imajinasimu seluas-luasnya untuk merancang dan membuat sebuah kendaraan angkasa luar. Kamu dapat menggunakan bahan-bahan yang yang ada di sekitarmu yang sudah tidak terpakai. Nah, bersama teman sebangkumu, cobalah untuk melakukan riset guna merancang kendaraan angkasa luar sesuai imajinasimu. Kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Gambarlah kendaraan angkasa luarmu sesuai imajinasimu.
  2. Carilah bahan yang sesuai dengan kebutuhanmu. Gunakan bahan yang tidak terpakai dari rumahmu, misalnya kertas karton bekas, plastik bekas botol minuman atau wadah deterjen, sedotan, tutup botol, baik tutup botol plastik maupun tutup botol yang terbuat dari bahan lain.
  3. Tentukan alat yang akan kamu gunakan untuk merangkai bahan-bahan tadi. Bahan dari kertas mungkin memerlukan lem kertas, atau lem kayu yang lebih kuat. Bahan plastik mungkin memerlukan staples, atau tali pengikat dari plastik atau kawat. Semuanya harus dicoba.
  4. Tentukan ukuran kendaraan angkasa luar yang akan kamu buat. Pecah bagian-bagian kendaraan tersebut yang berbeda bentuk. Misalnya ada bentuk tabung, kerucut, segitiga atau bentuk lainnya. Pikirkan bagaimana kamu akan membuat bentuk-bentuk tiga dimensi tersebut.
  5. Pikirkan apakah kendaraanmu harus dapat didirikan atau tidak perlu berdiri. Hal ini memengaruhi rancangan yang kamu buat dan bahan yang kamu perlukan.
  6. Cobalah mulai membuat kendaraan angkasa luar rancanganmu, dan lihatlah hasilnya.
  7. Tunjukkanlah rancangan dan hasil rancanganmu di depan kelas. Jelaskan alasanmu memilih rancangan tersebut dan pengalamanmu menentukan alat dan bahan serta cara membuatnya. Jelaskan juga kesulitan-kesulitan yang kamu hadapi dan caramu mengatasinya.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 195

Ayo Renungkan

Menurutmu, siapakah tokoh penemu angkasa luar yang paling kamu kagumi? Mengapa? Nilai dan sikap apa saja yang dapat kamu ambil dari penemu idolamu itu?

Menurut saya tokoh penemu angkasa luar yang paling dikagumi adalah Niklas Kopernikus karena beliaua yang mengembangkan teori heliosentrisme Tata Surya dalam bentuk yang terperinci, sehingga teori tersebut bermanfaat bagi sains. Sikap dan keterampilan yang dapat saya ambil adalah bekerja keras, tekun, tidak gampang menyerah, dan berusaha tanpa henti.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Bersama dengan orang tuamu lakukanlah sebuah permainan ular tangga, hanya saja ular dan tangga akan berada pada kotak yang sama. Setiap kali bertemu kotak tersebut, pemain harus menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan lini masa yang telah kamu buat sebelumnya. Jika jawabannya benar, ia akan naik tangga. Ia akan turun bila ia menjawab salah.

Pertanyaan:

  1. Apa nama planet yang terjauh jaraknya dari matahari?
  2. Mengapa planet-planet dalam tata surya tidak saling bertabrakan?
  3. Siapa yang mengemukakan teori pembentukan tata surya Big Bang?
  4. Kapan kita bisa melihat planet Merkurius?
  5. Di mana letak inti planet Jupiter?
  6. Bagaimana.cara manusia mempelajari tata surya 
  7. Berapa jarak planet merkurius ke matahari?

Nah adik-adik, sekian postingan kami untuk Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 184, 187, 191, 192, 194, 195 ini. Kami menyadari akan kebutuhan adik-adik terhadap alternatif jawaban seperti ini. Maka dari itu kami terus berusaha menyediakan jawaban untuk semua tugas pada buku pelajaran, lengkap untuk semua tema dan jenjang kelas. Dan kami berharap semoga adik-adik dapat terbantu dalam menyelesaikan tugas sekolah dan nilai yang diperolehpun bisa bagus dan tinggi.

Mengerjakan tugas sekolah dan bisa mendapatkan nilai yang bagus memang menjadi hal yang sangat baik untuk adik-adik. Karena nilai yang nantinya adik-adik peroleh dari tugas sekolah akan dicatat oleh guru untuk kemudian nantinya nilai tersebut dimasukan dalam nilai akhir di raport semester. Maka dari itu, jangan pernah bermalas-malasan dalam mengerjakan tugasnya. Kerjakan dengan maksimal dan raih nilai terbaiknya.

Namun adik-adik juga harus tahu, bahwa nilai dari tugas sekolah saja tidak bisa adik-adik andalkan sebagai syarat untuk kelulusan. Adik-adik harus bisa mendapatkan nilai yang bagus juga dari kegiatan lainnya seperti ulangan harian, tugas praktek, dan ujian akhir semester. Maka mulai sekarang ini, persiapkan diri adik-adik sebaik mungkin, perbanyak belajar dan mengulang kembali materi pelajaran yang belum adik-adik pahami dengan baik, dengan begitu adik-adik akan punya persiapan yang bagus.

Sumber : Buku Siswa SD/MI Kelas VI

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 184, 187, 191, 192, 194, 195 Tema 9 Kelas 6 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 5"