√ Kunci Jawaban Halaman 196, 197, 199, 200, 203 Tema 9 Kelas 6 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 6 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 196, 197, 199, 200, 203 Tema 9 Kelas 6 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 6

Kunci jawaban Tema 9 Menjelajah Angkasa Luar Kelas 6 halaman 196, 197, 199, 200, 203 subtema 3 Tokoh Penjelajah Angkasa Luar pembelajaran 6 buku siswa tematik K13 revisi berikut ini kami sediakan buat adik-adik sekolah dasar, terkhusus untuk siswa kelas 6 SD yang kami tahu jika sekarang ini adik-adik tengah sibuk mengerjakan tugas-tugas sekolah. Jawaban yang kami sediakan ini dapat adik-adik pergunakan untuk menjawab soal-soal pada buku pelajaran yang menjadi tugas sekolah sekarang ini. Kami tahu jika sekarang ini adik-adik masih kesulitan dalam menjawab beberapa soal pada buku, dan memilih mencari alternatif jawaban seperti ini agar bisa menyelesaikan tugas sekolah tepat waktu.

Pada kenyataannya memang sekarang ini cukup banyak siswa maupun orang tua mencari jawaban di internet untuk digunakan menjawab soal-soal yang sulit yang belum terjawab. Dengan adanya jawaban seperti ini, pasti akan lebih memudahkan adik-adik dalam menyelesaikan tugas sekolah. Dan tak menutup kemungkinan, nantinya nilai yang adik-adik peroleh bisa bagus dan maksimal. Apalagi kami tahu jika soal-soal pada buku tematik, tak semuanya mudah untuk dijawab dan dikerjakan. Bahkan ada beberapa soal yang harus dijawab dengan pendapat sendiri. Maka tak heran, banyak siswa yang mencari jawaban di internet seperti ini.

Kami berupaya menyediakan jawaban terbaik kepada adik-adik, dengan harapan jawaban ini benar-benar bisa mengantarkan adik-adik untuk meraih nilai yang bagus dan tinggi. Jawaban yang kami sediakan ini  kami ambil dari sumber terbaik yang kami yakini jawaban ini bisa menjadi jawaban yang tepat. Namun meskipun demikian, kami tetap menyuruh adik-adik untuk tetap berusaha sendiri menyelesaikan soal-soal tersebut. Karena dengan begitu setidaknya adik-adik tidak terlalu bergantung dengan alternatif jawaban seperti ini.

Dan sebelum ini, kami juga telah banyak berbagai Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 yang bisa adik-adik lihat dan cari pada artikel kami sebelumnya. Kami harap jawaban yang sebelumnya sudah adik-adik manfaatkan dapat menjadi jawaban terbaik, sehingga pastinya nilai yang akan adik-adik peroleh bisa maksimal dan bagus. Lihat juga Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 184, 187, 191, 192, 194, 195 yang juga telah kami posting pada blog ini. Silahkan digunakan dengan bijak semua jawaban yang sudah kami posting pada blog ini.

Kunci Jawaban Halaman 196, 197, 199, 200, 203 Tema 9 Kelas 6

Seperti yang adik-adik ketahui bahwa tak lama lagi adik-adik akan menyelesaikan pembelajaran pada buku siswa tema 9 ini. Artinya adik-adik sudah semakin dekat dengan kegiatan akhir sekolah, yaitu ujian akhir sekolah yang akan sangat menentukan juga nilai akhir adik-adik. Namun nilai dari tugas sekolah juga sangat membantu dalam meningkatkan nilai pada raport semester. Maka dari itu selalu kerjakan tugas yang diberikan guru dengan maksimal dan raih nilai terbaiknya.

Maka dari itu, selalu kerjakan dengan maksimal setiap tugas yang diberikan oleh guru. Dan selain mengerjakan tugas sekolah, adik-adik juga harus mempersiapkan diri dengan memperbanyak belajar di rumah untuk kesiapan mengikuti kegiatan lainnya, seperti ulangan harian, ulangan akhir semester dan tugas praktek lainnya. Pelajari lagi materi pelajaran yang belum adik-adik pahami dengan baik, karena dengan begitu kami yakin adik-adik akan punya persiapan yang bagus untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 196

Ayo Berlatih

Setelah membaca keterangan singkat tentang kegiatan para ilmuwan untuk menjelajah angkasa luar di atas, buatlah beberapa pertanyaan tentang segala hal yang ingin kamu ketahui tentang kehidupan para astronaut. Buatlah paling sedikit tiga pertanyaan untuk didiskusikan dengan teman sekelasmu.

Jawab:

  1. Pada saat di luar angkasa bolehkah kita membawa nasi dan roti?(Nasi, roti, dan lainnya tidak boleh dibawa ke pesawat luar angkasa. Pasalnya, remahan-remahan yang ditimbulkannya akan melayang dan bisa menyangkut di mesin pesawat.)
  2. Jelaskan bagaimana cara astronot tetap dapat beraktivitas di luar angkasa? (Astronot memiliki pakaian khusus yang disesuaikan dengan kondisi luar angkasa)
  3. Apa yang terjadi pada tubuh saat di luar angkasa? (Salah satunya adalah luar angkasa sangat dingin,  jika tidak menggunakan pakaian khusus tubuh akan membeku)

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 197

Cari tahu penemuan-penemuan apa saja yang telah dilakukan sebelum mengirimkan manusia ke angkasa luar. Hal-hal berhubungan dengan segala sesuatu yang diperlukan agar para astronaut itu bisa hidup dan beraktivitas di angkasa luar dan kembali ke Bumi dengan selamat. Gunakan tabel di bawah ini untuk membantumu. Lihatlah contoh yang telah dibuatkan untukmu.

Apa sajakah yang diperlukan untuk menjadi seorang astronaut?

Jika ingin menjadi Astronot NASA ada beberapa persyaratan yang dibutuhkan, seperti :

  • Memiliki kewarganegaraan Amerika Serikat. Untuk Warga Negara Indonesia atau negara lain di luar Amerika Serikat, tetap bisa menjadi astronaut dengan titel astronaut internasional (international astronauts).
  • Untuk menjadi astronaut pun ada syarat lulusan teknik, ilmu biologi, ilmu fisika, ilmu komputer, atau matematika.
  • Untuk menjadi astronaut, harus memiliki setidaknya pengalaman tiga tahun bekerja di bidang terkait, atau memiliki sedikitnya pengalaman 1.000 jam terbang khusus.
  • Jika ingin menjadi astronaut haruslah lulus dari tes fisik calon astronaut NASA. Selain itu, kamu juga harus memiliki penglihatan jarak jauh dan jarak dekat yang tajam.
  • Memiliki jiwa kepemimpinan, mampu bekerja dalam tim, dan berkomunikasi dengan baik.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 199-200

Ayo Menulis

Sebuah cerita dapat memiliki persamaan dan perbedaan dengan pengalaman pribadimu atau dari film yang pernah kamu tonton. Setelah membaca cerita di atas, lakukanlah kegiatan berikut.

a. Gunakan diagram di bawah ini untuk melengkapi keterangan tentang cerita fiksi di atas. Tuliskan bagian yag paling kamu sukai dari cerita fiksi di atas dalam tulisan satu paragraf. Jelaskan alasan kamu menyukainya.

b. Jelaskanlah persamaan dan perbedaan cerita tersebut dengan peristiwa yang pernah kamu alami atau yang pernah kamu tonton dari sebuah film. Gunakan diagram venn berikut sebagai bantuanmu. Tuliskan pokok pikiran yang ada di dalam cerita fiksi pada bagian cerita fiksi. Tuliskan pokok pikiran dari pengalamanmu atau dari film yang ditonton pada bagian yang lain. Tuliskan kesamaan antara keduanya di bagian tengah diagram venn.

c. Berdasarkan diagram venn di atas, jelaskan dan tuliskan dalam satu paragraf perbedaan dan persamaan antar cerita fiksi dan pengalaman pribadi atau fim yang pernah ditonton di tempat yang tersedia di bawah ini.

Persamaan :
Persamaan antara teks fidksi dan pengalaman pribadi pada cerita di atas adalah kerja bhakti sama-sama meningkatkan persatuan dan kesatuan. 

Perbedaan :
Sedangkan perbedaannya adalah pada teks cerita fiksi kerja bhakti dilakukan untuk menghadapi musim hujan. Sedangkan pada pengalaman pribadi kerja bhakti dilakukan untuk menghadapi peringatan kemerdekaan.

d. Buatlah sebuah karangan dengan mengembangkan bagian yang berbeda dari cerita fiksi di atas. Kamu dapat mengambil beberapa bagian dari cerita fiksi yang asli sebagai bantuan, lalu meneruskannya dengan ceritamu sendiri berdasarkan pengalamanmu atau dari film yang pernah kamu tonton.

Bagian tengah :
Tak lama kemudian, kerja bakti dimulai. Semua orang yang ikut serta bekerja bakti dibagi dalam beberapa kelompok, ada kelompok yang membersihkan selokan, kelompok yang mencabuti rumput, mengumpulkan sampah. Mereka bekerja dengan senang hati dan suasana begitu akrab. Romi, Adi, dan Budi yang kebagian membersihkan selokan bekerja dengan penuh semangat. Karena terlalu bersemangat sehingga Adi sempat tercebur ke dalam selokan yang berair. Romi dan Budi segera menolong Adi dan melanjutkan pekerjaan mereka sampai selesai.

e. Lipatlah kertas ukuran A4 menjadi dua bagian sama besar. Pada sisi kanan gambarkanlah cerita fiksi dengan gambar yang jelas dan mewakili. Di sisi kiri, gambarkan pengalamanmu yang membedakannya dengan cerita fiksi di atas.

f. Presentasikan cerita baru dan gambarmu kepada teman-teman sekelasmu dengan percaya diri.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 203

Ayo Berdiskusi

Bacalah kembali cerita fiksi tentang kerja bakti di atas dengan saksama. Analisislah cerita tersebut dengan menjelaskan usaha peningkatan persatuan dan kesatuan beserta akibat-akibat yang ditimbulkannya dalam sebuah tabel.

Lalu, mintalah kelompok lain untuk menganalisis dampaknya terhadap bangsa dan negara. Lalu, bersama dengan teman sekelompokmu buatlah sebuah skenario drama yang menceritakan sebuah peristiwa yang berhubungan dengan persatuan dan kesatuan. Tampilkanlah hasil skenariomu dalam bentuk bermain peran di depan kelas.

Percakapan:

Romi, Adi, Budi, dan Wawan mendapat tugas membuat patung bertema manusia dari Pak Guru. Tugas tersebut harus selesai dalam waktu seminggu. Pada waktu istirahat di teras sekolah, mereka berempat bermusyawarah menentukan bentuk patung yang akan mereka buat. Keempatnya tampak asik berdiskusi.

  • Romi : Di, kira-kira kelompok kita akan membuat patung apa?
  • Adi : Begini, Rom aku pernah melihat patung berbentuk Bumblebee yang terbuat dari bahan karton. Bagaimana kalau kita membuat patung tersebut? Bagaimana pendapat yang lain?
  • Budi : Kalau aku sih, Oke-oke saja membuat patung Bumblebee. Aku hanya khawatir kira-kira patung tersebut bisa selesai dalam waktu seminggu atau tidak.
  • Wawan : Aku setuju dengan Adi. Menurutku patung tersebut mudah membuatnya dan tentunya sangat menarik. Bagaimana dengan kamu Rom?
  • Romi : Aku juga setuju, tetapi kita harus berbagi tugas agar patung tesebut bisa selesai dalam waktu seminggu. Bagaimana menurutmu di?
  • Adi : Sebaiknya memang harus berbagi tugas Rom, agar tugas tersebut bisa selesai tepat waktu..
  • Budi : Baiklah kita berbagi tugas saja. Bagaimana jika saya dan Romi yang menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Sementara Wawan dan Budi yang memikirkan bagaimana cara membuat patung tersebut. Untuk pembuatan patung nanti kita kerjakan bersama-sama di rumahku juga boleh.
  • Wawan : Ide bagus tuh, Aku sangat setuju dengan usul Budi. Kita memang harus berbagi tugas agar pekerjaan cepat selesai. Kamu bagaimana Rom?
  • Romi : Saya setuju dengan pendapat Wawan. Kita memang harus bekerja sama, selain pekerjaan cepat selesai juga semakin memperkuat persatuan dan kesatuan dalam kelompok kita
  • Adi : Baiklah jika seperti itu. Namun saya berpesan agar masing-masing anggota juga aktif melaksankan tugasnya masing-masing. Jangan sampai gara-gara satu orang kelompok kita gagal membuat patung. OK !
  • Budi : Saya siap melaksanakan tugas saya. Kita memang perlu bekerjasama agar pekerjaan cepat selesai. Bagaimana kawan-kawan?
  • Wawan : Dengan kerjasama perkerjaan yang berat bisa menjadi lebih ringan, itulah manfaatnya persatuan Oke!

Merekapun membubarkan diri dan masuk ke kelas kembali.

Ayo Renungkan

1.Nilai dan sikap apa sajakah yang menurutmu perlu dimiliki oleh seorang astronaut yang akan tinggal di angkasa luar dalam waktu yang lama?

Nilai kepemimpinan, mampu bekerja dalam tim, dan berkomunikasi dengan baik.

2. Sikap dan keterampilan apa sajakah yang kamu kembangkan selama pembelajaran kali ini?

Sikap percaya diri, rasa ingin tahu, dan kerja sama, serta keterampilan menceritakan, membuat patung konstruksi dengan tema, menyusun skenario.

3. Hal-hal apa sajakah yang perlu kamu tingkatkan?

Hal yang masih perlu ditingkatkan diantaranya adalah membuat patung konstruksi sesuai dengan tema.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Bersama orang tuamu buatlah sebuah perencanaan untuk membantumu meningkatkan nilai, sikap, dan keterampilan yang perlu ditingkatkan.

Sikap, nilai dan keterampilan yang masih perlu ditingkatkan antara lain :

Sikap :

  • Percaya diri
  • Ingin tahu
  • Kerja sama

Keterampilan :

  • Bertanya apa yangg belum di mengerti
  • Mencatat jawaban-jawaban yangg dianggap penting
  • Memahami dan menyelesaikan setiap masalah.

Nilai :

  • Kejujuran
  • Kerjakeras
  • Disiplin

Cukup sekian ulasan kami pada artikel kali ini yang membahas mengenai Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 196, 197, 199, 200, 203. Kami berharap jawaban yang kami sediakan pada blog ini, bernar-benar membantu adik-adik yang tengah kesulitan mencari jawaban yang tepat untuk menjawab soal-soal yang belum selesai. Tak hanya itu saja, namun kami juga berharap nilai yang nantinya adik-adik peroleh bisa maksimal dan bagus, sehingga nantinya adik-adik bisa meningkatkan nilai akhir raport semester.

Tak lupa kami juga mengingatkan adik-adik, meskipun kami disini sudah berusaha menyediakan jawaban yang terbaik, namun adik-adik juga harus bisa berusaha sendiri mencari jawabannya di buku pelajaran. Karena dengan adik-adik mencari sendiri jawabannya, adik-adik bisa turut membaca materi dan lebih memahami materi yang ada pada buku. Namun jika memang adik-adik kesulitan mencari jawabannya dan belum juga menemukan jawaban yang tepat, maka silahkan manfaatkan jawaban yang kami sediakan ini.

Kami juga mengingatkan dan menghimbau adik-adik agar mulai giat dalam belajar dan persiapkan diri sebaik mungkin untuk kegiatan ulangan harian, tugas praktek, maupun ujian akhir semester yang tak lama lagi akan adik-adik laksanakan. Sudah tidak ada waktu bermain, persiapkan diri adik-adik mulai sekarang. Perbanyak mempelajari materi pelajaran yang belum adik-adik pahami dengan baik, karena dengan begitu adik-adik bisa memahami materi dan mengerjakan soal-soalnya.

Sumber : Buku Siswa SD/MI Kelas VI

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 196, 197, 199, 200, 203 Tema 9 Kelas 6 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 6"