√ Kunci Jawaban Halaman 208, 209 Tema 9 Kelas 6 SD Buku Siswa Tematik Ayo Membaca 1 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 208, 209 Tema 9 Kelas 6 SD Buku Siswa Tematik Ayo Membaca 1

Kunci jawaban Tema 9 Menjelajah Angkasa Luar Kelas 6 SD halaman 208, 209 Aku Cinta Membaca 1 buku siswa tematik K13 revisi berikut ini kami sediakan sebagai jawaban yang dapat adik-adik gunakan untuk mengisi atau mengerjakan soal-soal pada buku pelajaran, khususnya pada tugas di kegiatan membaca atau literasi. Sebenarnya cukup mudah untuk menjawab soal-soal pada tugas kali ini. Adik-adik hanya perlu membaca ceritanya saja. Namun bagi adik-adik yang tidak punya waktu banyak untuk membaca dan buru-buru untuk menyelesaikan tugas tersebut, maka alternatif jawaban seperti ini bisa menjadi solusi.

Kami menyadari jika alternatif jawaban seperti ini cukup banyak dicari dan dimanfaatkan oleh siswa sekolah dasar. Dan tak hanya siswa saja, namun tak sedikit juga orang tua turut andil dalam mencari alternatif jawaban seperti ini untuk membantu anaknya mengerjakan tugas sekolah. Kami tahu jika soal-soal pada buku tematik kurikulum 2013 tak semuanya mudah untuk dijawab. Bahkan tak sedikit soal-soalnya harus dijawab dengan pendapat sendiri dan tidak ada jawabannya pada buku pelajaran.

Maka dari itu, kami berusaha menyediakan jawaban terbaik kepada adik-adik, dengan harapan jawaban ini nantinya bisa membantu adik-adik dalam menyelesaikan semua tugas sekolah. Dan bukan hanya itu saja, kami juga berharap dengan jawaban ini, adik-adik bisa meraih nilai yang bagus dan maksimal, sehingga nilai dari tugas sekolah ini dapat membantu adik-adik dalam meningkatkan nilai raport pada akhir semester nantinya.

Sebelum ini, kami juga sudah cukup sering memposting Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 yang dapat adik-adik lihat dan cari pada blog ini di artikel kami sebelumnya. Kalaupun sebelumnya adik-adik sudah pernah memanfaatkan jawaban yang kami sediakan, kami berharap nilai yang adik-adik dapatkan bisa bagus dan tinggi. Lihat juga Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 196, 197, 199, 200, 203 yang juga telah kami posting beberapa waktu lalu pada blog ini. Gunakan dengan bijak semua jawaban kami, serta kerjakan dengan sungguh-sungguh setiap soalnya.

Kunci Jawaban Halaman 208, 209 Tema 9 Kelas 6

Seperti yang adik-adik ketahui, bahwa sekarang ini adik-adik tengah mengerjakan tugas pada kegiatan membaca atau literasi dan tugas kali ini merupakan tugas membaca pertama yang adik-adik kerjakan. Setelah ini, masih ada lima kegiatan membaca dan lima tugas lagi yang sama yang harus adik-adik kerjakan. Mengerjakan tugas sekolah memang cukup penting, karena nilai yang adik-adik dapatkan dari tugas ini akan dicatat oleh guru untuk nantinya pada akhir semester guru hitung dan masukan pada nilai raport semester.

Namun fokus pada tugas saja tidak baik, baik adik-adik juga harus mempersiapkan diri sebaik mungkin mengikuti kegiatan lainnya seperti ulangan harian, tugas praktek dan ujian akhir semester yang pasti akan adik-adik ikuti pada akhir semester nantinya. Dan waktu adik-adik mempersiapkan diri sudah tidak banyak lagi. Maka dari itu, kurangi waktu bermain, perbanyak mempelajari materi yang belum adik-adik pahami dengan baik, karena dengan begitu adik-adik akan punya persiapan yang bagus.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 208-209

Ayo Menulis

Setelah membaca cerita di atas, lakukanlah kegiatan berikut. Gambarlah tokoh utama, tempat yang melatarbelakangi cerita, masalah yang muncul, dan penyelesaiannya. Jelaskanlah setiap gambar dengan menggunakan kalimat yang sesuai.

Tokoh utama : Sarah dan Nurma

Penjelasan : Tokoh utama merupakan anak perempuan usia pelajar tingkat sekolah dasar

Tempat : Lapangan futsal
Penjelasan : Tempat di mana tokoh utama sedang menonton pertandingan kejuaraan futsal antar SD se-kecamatan Pontianak Timur, Kota Pontianak.

Masalah : Perbedaan dukungan terhadap tim futsal antara Sarah dan Nurma
Penjelasan : Masalah yang timbul antara Sarah dan Nurma akibat Sarah dan Nurma mendukung tim futsal yang berbeda, karena mereka mendukung masing-masing sekolah mereka sendiri.

Penyelesaian Masalah :  Sarah mampu menempatkan diri dengan tetap membesarkan hati Nurma
Penjelasan : Sarah tidak merayakan kemenangan tim futsal kakaknya secara berlebihan, dengan tetap menghormati dan membesarkan hati Nurma. Nurma terhibur dengan sikap Sarah, terlebih lagi setelah mengetahui walau tim kakaknya kalah dalam pertandingan final, tapi tim kakaknya menjadi juara sebagai tim yang paling sportif. Sarah dan Nurma tetap bersahabat.

Nilai apa sajakah yang dapat kamu simpulkan dari cerita di atas?

Sarah dan Nurma berteman sejak lama dan mereka hidup bertetangga. Mereka bersekolah di tempat yang berbeda. Saat pertandingan futsal, mereka mendukung kakak mereka yang saling berhadapan dalam pertandingan final futsal tingkat SD se-kecamatan Pontianak Timur, Kota Pontianak. Akhirnya tim yang dibela oleh kakak Sarah memenangkan pertandingan. Sarah sangat senang, tetapi Nurma sedih karena tim kakaknya kalah. Sarah dengan baik mampu menempatkan diri dengan tetap membesarkan hati Nurma agar tidak kecewa dan bersedih, Nurma terhibur dengan dukungan Sarah, terlebih setelah mengetahui bahwa meskipun tim kakaknya kalah, tapi tim kakaknya mampu meraih juara sebagai tim yang paling sportif. Juara juga bisa diberikan bagi mereka yang mau menerima kekalahan dengan berjiwa besar, serta menjauhi sikap curang.

Nilai apa sajakah yang dapat kamu simpulkan dari cerita di atas?

Nilai sportivitas, nilai kerjasama, nilai saling menghormati, nilai berjiwa besar, serta menjauhi sikap curang.

Keteraturan seperti apa yang terlihat di dalam cerita tersebut?

Jawaban :

  • Keteraturan dalam tiap tim futsal dalam menjalankan fungsi/tugas masing-masing pemain dalam permainan futsal
  • Keteraturan semua tim futsal dalam mematuhi peraturan dalam pertandingan futsal
  • Keteraturan penonton dalam menonton pertandingan futsal
  • Keteraturan sikap yang ditunjukkan oleh pemain dan penonton sebelum permainan, saat permainan, maupun setelah permainan futsal
  • keteraturan wasit dalam permainan futsal

Demikian postingan kami untuk Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 208, 209 ini. Kami yakin adik-adik sangat terbantu dengan adanya alternatif jawaban seperti ini. Namun kami juga mengingatkan suapaya adik-adik tetap teliti dalam mengerjakan soal-soalnya. Pastikan adik-adik selalu mengecek jawaban yang kami sediakan sebelum disalin ke buku tugas. Jikapun nantinya menurut adik-adik masih terdapat jawaban yang kurang tepat, maka silahkan adik-adik cari jawaban lain.

Mengerjakan tugas sekolah haruslah dengan sungguh-sungguh, agar nilai yang adik-adik peroleh bisa maksimal. Karena nilai yang nantinya adik-adik dapatkan dari tugas sekolah akan guru catat, dan pada akhir semester semua nilai yang adik-adik peroleh akan dihitung dan sumasukan adala nilai raport semester. Jadi jangan menyepelehkan nilai dari tugas sekolah. Kerjakan dengan sungguh-sungguh.

Selain mengerjkan tugas sekolah, adik-adik juga harusnya sudah mulai giat dalam belajar, karena kegiatan ujian akhir sekolah tak lama lagi akan diadakan. Dan untuk bisa menjawab atau mengerjakan soal-soal pada kegiatan tersebut, adik-adik harus memahami materi pelajaran yang keluar pada soalnya. Maka dari itu, pelajarilah materi yang belum adik-adik kuasai dengan baik, karena dengan begitu adik-adik akan lebih siap dalam mengikuti kegiatan tersebut.

Sumber : Buku Siswa SD/MI Kelas VI

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 208, 209 Tema 9 Kelas 6 SD Buku Siswa Tematik Ayo Membaca 1"