√ Kunci Jawaban Halaman 27, 28, 29, 30, 33, 34, 37, 38 Tema 9 Kelas 6 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 3 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 27, 28, 29, 30, 33, 34, 37, 38 Tema 9 Kelas 6 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 3

Kunci jawaban Tema 9 Menjelajah Angkasa Luar Kelas 6 halaman 27, 28, 29, 30, 33, 34, 37, 38 subtema 1 Keteraturan yang Menakjubkan pembelajaran 3 buku siswa tematik K13 revisi berikut ini kami buat dan siapkan buat adik-adik sekolah dasar, khususnya buat adik-adik kelas 6 SD yang mungkin sekarang ini tengah sibuk-sibuknya mencari jawaban di internet atau buku untuk mengerjakan dan menyelesaikan tugas-tugas sekolah. Mungkin saat ini adik-adik tengah mencari jawaban untuk beberapa soal yang belum terjawab atau belum ditemukan jawabannya pada buku pelajaran dan lebih memilih mencari jawaban di internet.

Pada kenyataannya memang alternatif jawaban seperti ini tengah banyak dicari dan dimanfaatkan oleh para siswa dan juga orang tua untuk mengerjakan dan menyelesaikan semua tugas sekolah. Memang benar, bahwa dengan adanya alternatif jawaban seperti ini akan sangat membantu adik-adik sekalian yang tengah kesulitan menjawab beberapa soal pada buku pelajaran yang mungkin saja bagi adik-adik soal tersebut cukup sulit atau jawabannya tidak terdapat pada buku pelaajran. Maka dari itu, adik-adik harus memilih mencari jawabannya di internet untuk menyelesaikan tugas dan mengumpulkan tugas tersebut kepada guru.

Kami tahu betul akan kebutuhan adik-adik yang sangat memerlukan alternatif jawaban seperti ini. Maka dari itulah kami berusaha semaksimal mungkin menyediakan jawaban terbaik kepada adik-adik. Dengan harapan jawaban yang kami buat ini benar-benar bisa menjadi solusi dan memberikan kemudahan bagi adik-adik dalam menyelesaikan tugas sekolah tersebut. Dan tentu tak hanya itu saja, kamipun berharap jawaban yang kami sediakan ini bisa mengantarkan adik-adik meraih nilai yang bagus dan tinggi. Sehingga nilai tersebut akan sangat berguna dalam meningkatkan nilai akhir pada raport semester.

Dan sebelum ini, kami juga sudah cukup banyak berbagi Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 yang kami rasa adik-adik juga sudah pernah melihat dan menggunakan jawabannya. Jika memang demikian, kami harap jawaban tersebut menjadi solusi bagi adik-adik yang kesulitan menyelesaikan tugas sekolah. Dan tak hanya itu, kami harap nilai yang diperoleh adik-adik bisa bagus dan maksimal. Balum lama ini juga kami sudah menyediakan Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 17, 18, 20, 22, 23, 25. Adik-adik dapat melihatnya, karena jawaban tersebut merupakan jawaban untuk tugas pada kegiatan belajar sebelum ini.

Kunci Jawaban Halaman 27, 28, 29, 30, 33, 34, 37, 38 Tema 9 Kelas 6

Meskipun kami disini sudah berusaha semakismal mungkin menyediakan jawaban terbaik kepada adik-adik, dan kami juga cukup yakin dengan jawaban yang kami sediakan ini akan mengantarkan adik-adik meraih nilai terbaik. Namun kami tetap menyarankan, agar adik-adik tetap teliti dalam mengerjakan soal-soalnya. Pastikan adik-adik sudah mengecek setiap jawbana yang kami sediakan sebelum jawaban tersebut disalin ke buku tugas.

Dan satu hal lagi yang perlu adik-adik ketahui bahwa kami tidak bisa menjamin semua jawaban tersebut akan benar dan tepat. Maka dari itu, jikapun nantinya masih adik-adik temukan ada jawaban yang kurang tepat, silahkan adik-adik cari jawaban lain yang lebih tepat atau sampaikan kepada kami. Dan juga kai tidak henti untuk mengingatkan agar adik-adik selalu giat dalam belajarnya dan selalu mengulangi materi pembelajaran yang belum adik-adik pahami dengan baik. Karena dengan begitu adik-adik akan lebih siap dalam mengikuti kegiatan tersebut.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 27

Amatilah dengan saksama gambar-gambar di atas. Lalu, diskusikan dengan temanmu dengan mengikuti kegiatan berikut:

1. Sebutkan nama dan kegunaan benda-benda tersebut.

Nama dan kegunaan:

  • Bajak dan traktor digunakan untuk mengolah lahan pertanian
  • Mesin ketik dan laptop digunakan untuk menulis
  • Setrika arang dan setrika listrik digunakan untuk merapikan baju
  • Telepon rumah dan telepon seluler digunakan untuk komunikasi

2. Jelaskan di mana kamu menjumpai benda-benda tesebut.

Jawaban:

  • Bajak dan traktor sering dijumpai di sawah
  • Mesik ketik dan laptop sering dijumpai di kantor-kantor
  • Setrika arang dan setrika listrik sering dijumpai di rumah
  • Telepon dan telepon seluler sering dijumpai di kantor atau di rumah.

3. Urutkanlah benda-benda tersebut, dari yang paling sering ke yang paling jarang kamu lihat dan gunakan.

Telepon seluler, setrika listrik, laptop, telepon, setrika arang, mesin ketik, bajak, dan traktor.

4. Tentukan benda-benda mana saja yang sampai sekarang ada di rumahmu dan masih digunakan.

Telepon genggam, setrika listrik, laptop

5. Pilihlah satu benda dari benda-benda di atas yang paling kamu inginkan,dan jelaskan alasanmu.

Telepon seluler, karena hampir setiap hari aku menggunakannya

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 28

Ayo Berdiskusi

Kamu telah membaca dan mengetahui tentang masyarakat modern. Bersama dengan teman dalam kelompok tentukanlah ciri-ciri masyarakat modern dari bacaan di atas. Lalu, gambarlah atau carilah gambar yang sesuai untuk menjelaskan ciri masyarakat modern tersebut. Buatlah tabel untuk menjelaskan hasil diskusimu. Lalu, presentasikanlah hasil diskusimu di depan kelas dengan percaya diri.

Ciri-ciri Masyarakat Modern

  • Memiliki sikap hidup untuk menerima hal-hal yang baru dan terbuka untuk perubahan
  • Memiliki keberanian untuk menyatakan pendapatnya tentang lingkungannya sendiri.
  • Sangat menghargai waktu dan lebih banyak berorientasi ke masa depan daripada masa lalu
  • Memandang perlu adanya perencanaan dan perhitungan yang matang
  • Memiliki rasa percaya diri yang tinggi,
  • Mempercayai ilmu pengetahuan dan teknologi
  • Menghargai orang lain melalui prestasinya

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 29-30

Ayo Berlatih

Lakukanlah kegiatan ini secara berpasangan. Lakukanlah wawancara terhadap orang tua atau kakek nenekmu tentang cara hidup mereka ketika mereka seusia Kamu. Sebagai pewawancara, kamu harus mencari tahu bagaimana cara mereka melakukan kegiatan belajar di rumah dan di sekolah. Apa saja yang mereka lakukan pada saat hari libur atau ketika tidak bersekolah. Apa saja yang mereka gunakan untuk melakukan kegiatan-kegiatan tersebut. Lalu, ringkaslah hasil wawancaramu untuk dibandingkan dengan kegiatan yang sama yang kamu lakukan saat ini. Catatlah hasil wawancaramu dengan menggunakan tabel berikut. Perhatikan contoh!

Nama Narasumber : Karto Supomo (Kakek)
Nama Pewawancara : Udin
Usia Narasumber : 68 Tahun
Tempat Wawancara : Rumah Kakek

Buatlah sebuah tulisan dalam satu paragraf untuk membuat kesimpulan dari wawancara tersebut.

Cara-cara hidup yang dilakukan masyarakat saat ini dibandingkan dengan cara hidup masyarakat di masa lalu sangat berbeda. Salah satu penyebab perbedaan tersebut adalah perkembangan teknologi. Perkembangan teknologi memudahkan manusia dalam memenuhi kebutuhan dan menjalankan aktivitasnya.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 33

Perhatikan baik-baik cerita fiksi di atas untuk menjawab beberapa pertanyaan berikut.

1. Bagaimana menurutmu cerita fiksi di atas? Apakah kamu menyukai ceritanya? Mengapa?

Cerita fiksi pada bacaan di atas sangat menarik karena terjadi pada kehidupan sehari-hari. Cerita tersebut menunjukkan bahwa teknologi mempermudah pekerjaan manusia.

2. Masih ingatkah kamu tentang tokoh utama dan tokoh tambahan dalam sebuah cerita fiksi? Menurutmu apakah perbedaan keduanya?

Tokoh utama merupakan tokoh yang banyak diceritakan di dalam sebuah karangan. Sedangkan tokoh tambahan merupakan tokoh yang mendukung tokoh utama.

3. Bagaimanakah caramu untuk menentukan tokoh utama dan tokoh tambahan dari cerita tersebut?

Cara menentukan tokoh utama adalah dengan mencari tokoh yang senantiasa ada dalam setiap peristiwa, dan banyak berhubungan dengan tokoh lain, dan paling banyak terlibat dengan tema cerita. Sedangkan untuk mencari tokoh tambahan adalah mencari tokoh yang berperan sebagai pelengkap dalam cerita.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 34

Ayo Menulis

Berdasarkan cerita fiksi Si Hitam, lakukanlah kegiatan berikut ini.

  1. Gunakan diagram di bawah ini untuk menjelaskan tentang tokoh utama dan tokoh tambahan dalam cerita Si Hitam.
  2. Jelaskanlah gambar tersebut dengan menuliskan beberapa kata kunci tentang sifat dan ciri fisiknya dan mengapa kamu menggambarkannya demikian. Gunakan dua kotak berikut ini untuk mengerjakannya.

Penjelasan:

Judul Cerita Fiksi:

Si Hitam

Penulis:

Diana Karitas

Sifat dari Tokoh Utama :

Cerdas, peduli, dan suka menolong.

Tindakan yang Dilakukan :

Membantu adiknya mencari kucing yang hilang dengan menghubungi teman lewat telepon dan menyebar gambar kucing

Pendapatmu tentang Tokoh Utama :

Kak Irma mampu memanfaatkan teknologi untuk menyelesaikan masalah dengan lebih cepat dan efisien.

Buatlah sebuah ringkasan dari cerita Si Hitam dalam satu paragraf. Tuliskanlah di tempat yang telah tersedia berikut ini.

Kak Irma mendapati adiknya sedang Rina menangis. Rina menangis karena tidak mendapati kucingnya si Hitam di rumah. Rina kuatir jika si Hitam tidak pulang kembali. Kak Irma membantu adiknya dengan mencetak foto, dan meminta teman-temannya menyebarkan foto si Hitam. Kak Irma juga menghubungi teman-temannya untuk mencari keberadaan si Hitam. Beberapa saat kemudian salah satu teman memberitahukan keberadaan si Hitam. Temannya tersebut mengantarkan si Hitam ke rumah Irma. Rina dan Kak Irma gembira dan bersyukur karena teknologi dapat menyelesaikan permasalahannya.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 37

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut !

1. Apa makna semboyan Bhinneka Tunggal Ika?

Bhinneka Tunggal Ika memiliki makna meskipun berbeda-beda tetapi pada hakikatnya bangsa Indonesia adalah satu kesatuan utuh yang tidak dapat dipisahkan

2. Bagaimana peran semboyan Bhinneka Tunggal Ika dalam upaya meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa?

Bhinneka Tunggal Ika menjadi semboyan atau moto bangsa Indonesia dan menjadi bagian dari lambang Negara Indonesia. Hal ini dimaksudkan agar bangsa Indonesia yang sangat beragam ini terus mengingat pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa sebagai bangsa yang utuh dan berdaulat.

3. Mengapa persatuan dan kesatuan bangsa dianggap penting bahkan oleh nenek moyang kita?

Sejak dahulu, bangsa Indonesia yang tinggal dalam daerah kepulauan memiliki keragaman dalam budaya, agama, suku bangsa, bahasa, dan adat istiadat.

4. Mengapa semboyan Bhinneka Tunggal Ika masih sesuai dengan masyarakat modern saat ini meskipun pemikiran tersebut telah dituliskan sejak zaman Kerajaan Majapahit?

Semboyan Bhinneka Tunggal Ika masih tetap sesuai dengan zaman modern saat ini karena bangsa Indonesia masih terdiri dari beragam suku dan tersebar di pelosok nusantara.

5. Bersama dengan seorang temanmu, carilah sebuah peristiwa dari koran atau majalah. Peristiwa tersebut yang menjelaskan peristiwa yang dapat memengaruhi makna persatuan dan kesatuan bangsa di dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Jelaskanlah judul peristiwa, tempat peristiwa, sumber berita dan gambar, dan makna persatuan dan kesatuan melalui gambar tersebut. Jelaskanlah hasil pemikiranmu di depan kelas dengan percaya diri.

  • Judul Peristiwa : Penuh Sampah, Warga Gotong-royong Bersihkan Sungai Ledeng
  • Tempat Peristiwa : Mojokerto , Jawa Timur
  • Sumber berita dan gambar : news.detik.com
  • Makna persatuan dan kesatuan pada gambar : Secara swadaya, Warga Desa Modopuro, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto bergotong royong membersihkan Sungai Ledeng yang dipenuhi sampah dan limbah. Gotong royong warga Desa Modopuro meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 38

Ayo Berlatih

Lakukanlah kegiatan berikut ini di dalam kelompok yang terdiri atas 3 orang.

1. Perhatikan kembali cerita fiksi berjudul Si Hitam. Bacalah dengan saksama. Lalu, carilah peristiwa persatuan dan kesatuan yang ada dalam cerita tersebut. 

Peristiwa persatuan dan kesatuan dalam cerita fiksi Si Hitam adalah saat Kak Irma dan teman-temannya membantu Rina mencari kucingnya yang hilang.

2. Gambarkan peristiwa dari dalam cerita tersebut sesuai dengan imajinasimu dalam kertas karton ukuran A4 yang dibagi dua.

3. Pada bagian samping gambar, buatlah sebuah gambar lain yang menceritakan peristiwa persatuan dan kesatuan yang terjadi di sekolahmu.

4. Gunakan gambar tersebut untuk menceritakannya di depan kelompok lain.

Ayo Renungkan

Bentuk kehidupan modern seperti apakah yang kamu lihat di sekitarmu?

Salah satunya adalah gaya hidup dengan teknologi komunikasi.Contohnya  adalah munculnya smartphone dan media sosial yang membawa perubahan terhadap kehidupan di segala bidang.

Bagaimana kamu menerapkan semboyan Bhinneka Tunggal Ika dalam kehidupan modern saat ini?

Indonesia merupakan negara yang kaya akan keanekaragaman Suku, Agama, Ras, serta Antar Golongan. Semboyan Bhinneka Tunggal Ikka dapat diterapkan dengan cara menghormati, saling mencintai, dan saling menyayangi tanpa memandang darimana asala mereka.

Apakah tantangan terbesarmu dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa di sekitarmu?

Menurut saya tantangan terbesar menjaga persatuan adalah isu-isu SARA yang sering terjadi di sekitar kita

Kerja Sama dengan Orang Tua

Bersama orang tuamu, carilah sebuah cerita fiksi untuk anak yang sesuai dengan umurmu dari surat kabar atau majalah. Mintalah ayah atau ibumu untuk membacakannya untukmu. Lalu, diskusilah bersama orang tuamu untuk menentukan tokoh utama dan tokoh tambahannya. Adakah perbedaan pendapat dalam menentukannya? Mengapa? Bagaimana mengatasinya?

Jawaban:

  • Judul Cerita : Keledai dan Penjual Garam
  • Tokoh utama : Penjual Garam
  • Tokoh pembantu : Keledai
  • Sumber : https://www.merdeka.com/jatim/3-contoh-cerita-fantasi-anak-singkat-cocok-jadikan-inspirasi-si-kecil-kln.html?page=3

Demikianlah postingan kami kali ini yang membahas Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 27, 28, 29, 30, 33, 34, 37, 38. Kami yakin adik-adik bisa mengerjakan dan menyelesaikan semua tugas sekolah tepat waktu. Dan kami juga cukup yakin kalau jawaban yang kami buat ini akan mengantarkan adik-adik meraih nilai yang bagus dan tinggi. Namun kami tetap mengingatkan adik-adik supaya adik-adik selalu teliti dalam mengerjakan soal-soalnya. Pastikan adik-adik selalu mengecek setiap jawaban yang ada sebelum jawaban tersebut disalin kebuku tugas.

Mengerjakan tugas sekolah memang sudah menjadi tanggung jawaban adik-adik selalu murid sekolah. Dan nilai yang nantinya adik-adik peroleh dari tugas yang dikerjakan akan sangat membantu sekali dalam meningkatkan nilai akhir pada raport semester. Apalagi adik-adik tahu kalau semester ini akan sangat menentukan sekali dalam kelulusan adik-adik. Maka dari itu kerjakan tugas dengan maksimal dan raih nilai terbaik.

Namun adik-adik juga harus ingat bahwa nilai tugas sekolah saja tidak bisa menjadi syarat dalam kelulusan. Adik-adik juga harus bisa mendapatkan nilai yang bagus dari tugas dan kegiatan laiannya, seperti ulangan harian, tuga praktek, dan ujian akhir semester nantinya. Maka dari itu, mulailah serius dalam belajar dan banyak mengulang materi pelajaran yang belum adik-adik pahami dengan baik. Dengan begitu adik-adik akan lebih siap dalam mengikuti kegiatan tersebut.

Sumber : Buku Siswa SD/MI Kelas VI

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 27, 28, 29, 30, 33, 34, 37, 38 Tema 9 Kelas 6 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 3"