√ Kunci Jawaban Halaman 42, 43, 45, 46, 48, 49 Tema 9 Kelas 6 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 4 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 42, 43, 45, 46, 48, 49 Tema 9 Kelas 6 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 4

Kunci jawaban Tema 9 Menjelajah Angkasa Luar Kelas 6 halaman 42, 43, 45, 46, 48, 49 subtema 1 Keteraturan yang Menakjubkan pembelajaran 4 buku siswa tematik K13 revisi berikut ini kami sediakan untuk mempermudah adik-adik dalam mengerjakan soal-soal pada buku pelajaran yang mungkin saja ada beberapa soal yang menjadi tugas sekolah adik-adik yang belum terjawab atau belum ditemukan jawabannya pada buku siswa. Kami mengerti jika saat ini adik-adik tengah sibuk mengerjakan tugas sekolah dan juga memilih untuk mencari jawabannya di internet untuk dimanfaatkan menjawab soal-soal yang belum terjawab.

Pada kenyataannya, memang alternatif jawaban seperti ini tengah banyak dicari dan dimanfaatkan oleh para siswa dan juga orang tua untuk menjawab dan menyelesaikan tugas sekolah. Apalagi kami tahu bahwa soal-soal pada buku tematik kurikulum 2013 tidak semuanya mudah untuk dikerjakan. Dan bahkan ada sebagian jawabannya harus dijawab dengan pendapat sendiri. Maka tak heran jika adik-adik masih ragu dalam menjawabnya dan lebih memilih alternatif jawaban seperti ini.

Melihat hal inilah kami hadir dan berusaha menyediakan jawaban terbaik kepada adik-adik, agar dengan jawaban ini adik-adik bisa dengan mudah mengerjakan soal-soal pada buku pelajaran dan tidak terlambat dalam mengumpulkan tugas tersebut. Dan selain itu kami juga berharap nilai yang adik-adik peroleh dari jawaban yang kami sediakan ini bisa bagus dan tinggi. Dengan nilai yang bagus dan tinggi, adik-adik akan bisa meningkatkan nilai akhir pada raport semester nantinya. Maka dari itu, kerjakan dengan maksimal setiap tugas yang diberikan oleh guru.

Sebelum ini kami juga telah banyak memposting Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 yang bisa adik-adik lihat kembali pada artikel kami sebelum ini. Dan kami berharap jika memang adik-adik pernah menggunakan jawaban tersebut, nilai yang adik-adik dapatkan bisa bagus dan tinggi. Dan lihat juga Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 27, 28, 29, 30, 33, 34, 37, 38. Gunakan dengan bijak setiap jawaban yang kami sediakan ini.

Kunci Jawaban Halaman 42, 43, 45, 46, 48, 49 Tema 9 Kelas 6

Mengerjakan tugas sekolah memang menjadi hal yang rutin dikerjakan oleh adik-adik. Kami tahu kalau orang tua dan kakak juga berperan dalam membantu adik-adik mengerjakan tugas-tugas sekolah. Meskipun kami disini sudah menyediakan jawaban yang tepat dan benar, kami juga mengingatkan adik-adik untuk selalu teliti dalam mengerjakan soal-soalnya. Pastikan terlebih dahulu adik-adik mengecek jawaban yang kami buat sebelum disalin ke buku tugas.

Selain mengerjakan tugas sekolah, adik-adik juga harus mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin untuk kegaitan ulangan harian dan ujian akhir semester nantinya. Dan untuk bisa mengerjakan soal-soal pada kegiatan tersebut, adik-adik harus mengerti dengan materi yang keluar pada soalnya. Untuk itulah, mulai dari sekarang ini, giatlah dalam belajarnya dan sering mengulang dan mempelajari kembali materi pelajaran yang belum dipahami dengan baik.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 42

Ayo Mencoba

Lakukan kegiatan berikut ini dengan memerhatikan instruksi yang diberikan.

A. Membuat Peta Pikiran

  1. Dengan menggunakan bacaan di atas dan juga menggunakan sumber informasi lainnya yang sesuai, buatlah sebuah peta pikiran. Peta pikiranmu sebaiknya memuat beberapa hal berikut ini:
  2. Dampak modernisasi terhadap masyarakat, baik dampak positif maupun dampak yang merugikan yang perlu diwaspadai
  3. Menjelaskan contoh setiap dampak yang disebutkan dalam artikel. Contoh lain dapat didapatkan dari sumber informasi lain yang sesuai.
  4. Tulisan dan gambar keseluruhan harus jelas dan mudah dibaca. Kamu dapat menggunakan pensil warna atau spidol untuk memperjelas dan membuatnya menarik.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 43

B. Membuat Kliping Dampak Modernisasi

Secara Sosial Kamu telah memahami dampak modernisasi dari artikel dan kegiatan sebelumnya. Sekarang buatlah kliping mengenai hal tersebut. Lakukanlah kegiatan ini secara berpasangan. Kumpulkanlah paling sedikit dua artikel dan gambar dari surat kabar, majalah, atau media lainnya. Carilah artikel dan gambar yang menjelaskan dampak modernisasi terhadap kehidupan masyarakat Indonesia. Sebelumnya, bacalah perintah pembuatannya berikut ini.

  1. Gunakan surat kabar, majalah, atau media lain sebagai sumbernya.
  2. Jelaskan artikel tersebut dengan menggunakan kata tanya : di mana, siapa, mengapa, kapan, dan bagaimana.
  3. Jangan lupa mencantumkan sumbernya.
  4. Buatlah klipingmu semenarik mungkin agar mengundang orang lain untuk membacanya. Tuliskan dengan kalimat sederhana bagaimana artikel dan gambar tersebut menjelaskan dampak modernisasi secara sosial.

Kebiasaan Orang Indonesia yang Dipengaruhi Budaya Asing

Sadarkah kamu bahwa Indonesia mengalami banyak perubahan akibat adanya modernisasi. Perubahan memang selalu mengarah menjadi baik, tetapi ada juga yang menjadi tidak baik karena ketidaksesuaian dengan kebiasaan di Negara kita. Berikut adalah contoh-contoh perubahan kebiasaan orang Indonesia yang dipengaruhi negara lain.

1. Cara Berpakaian

Dewasa ini, cara berpakaian masyarakat mengikuti perkembangan fashion dari negara lain. Seperti yang kita lihat bahwa banyak sekali menggunakan celana pendek di depan umum. Orang dulu menutup auratnya tetapi sekarang dibuka dan bahkan yang lebih parah lagi menjadi tren mode untuk kalangan remaja dan menjadi kebiasaan banyak orang.

2. Jenis Hiburan

Jenis hiburan orang Indonesia sekarang sudah mulai mengadopsi dari budaya asing. Sekarang ini jenis hiburan masyarakat Indonesia semakin banyak dan bervariasi seperti bermain game controller, Virtual Reality, Augmented Reality, dan menyukai musik-musik kpop, barat dan lainnya. Nah, karena kita menyukai musik dari negara lain biasanya kita jadi termotivasi ingin belajar bahasa dari negara tersebut bukan?. Tapi akibatnya kita jadi meninggalkan permainan tradisional atau permainan khas dari Indonesia.

3. Gaya Hidup

Gaya hidup atau lifestyle masyarakat Indonesia juga sudah banyak dipengaruhi oleh budaya asing loh. Sebagian masyarakat sudah menerapkan gaya hidup yang lebih baik seperti tepat waktu, workaholic, vegetarian. Tetapi ada juga dampak negatif yang didapat jika memilih gaya hidup yang salah seperti suka memakan junk food, mengkonsumsi minuman keras, dan lainnya.

Sumber : https://pastelbooks.id/kebiasaan-orang-indonesia-yang-dipengaruhi-budaya-asing/

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 45-46

Ayo Menulis

Dalam sebuah cerita fiksi biasanya terdapat satu tokoh utama dan satu atau lebih tokoh tambahan. Tokoh keduanya biasanya ditentukan dengan melihat seberapa sering sang tokoh muncul dalam cerita atau dialog di dalam cerita tersebut. Kita juga dapat menentukan tokoh utama dan tokoh tambahan dengan melihat jalan cerita, dan tentang siapa cerita tersebut. Tokoh tambahan biasanya mendukung tokoh utama dalam cerita fiksi. Peran tokoh tambahan salah satunya untuk memperjelas watak tokoh utama. Lakukanlah kegiatan berikut ini dengan mengikuti petunjuknya.

  1. Sediakan kertas ukuran A4 atau folio. Gunakan format diagram berikut ini untuk menuliskan tokoh utama, tokoh tambahan, watak, dan tempat terjadinya cerita fiksi “Proyek Rino”.
  2. Pada tempat yang disediakan, tuliskan isi cerita dari cerita fiksi di atas.

Penjelasan:

  • Judul cerita : Proyek Rino
  • Watak tokoh utama (Rino) : Antusias, bertanggung jawab dan mandiri
  • Watak tokoh tambahan (Argia) : Sabar, bijakasana dan seka membantu
  • Hubungan antara tokoh utama dan tokoh tambahan : Tokoh tambahan berhubungan erat dengan tokoh utama dan sangat memengaruhi keseluruhan cerita.

Isi Cerita :
Rino berpikir keras setelah mendapat tugas dari gurunya untuk membuat proyek sekolah. Kakaknya yang bernama Argia membantu permasalahan yang dihadapi Rino dengan memanfaatkan internet. Kak Argia mencari cara membuat barang-barang yang diperlukan Rino untuk dijual di sekolah dalam kegiatan proyek sekolah. Kakak Rino juga menasihati agar Rino bijaksana dalam menggunakan internet karena semua yang dapat terhubung dengan internet itu sesuai dengan usia Rino.

Ayo Berdiskusi

Kamu telah membaca cerita fiksi yang berjudul “Proyek Rino.” Dari cerita tersebut, adakah hal yang mirip dengan keadaan atau peristiwa yan terjadi dalam kehidupanmu sendiri? Hal penting apa sajakah yang dapat kamu dapatkan dari cerita tersebut? Bagaimana cara kita dalam menggunakan kemajuan teknologi untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa? Ceritakanlah kepada teman sebangkumu!

Hal penting yang saya dapatkan adalah pemanfaatan teknologi untuk menyelesaikan masalah. dan bijak menggunakan teknologi. Kemajuan teknologi dapat kita gunakan untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan. Misalnya dengan adanya telepon genggam kita dapat terhubung dengan saudara-saudara kita yang ada di seluruh Indonesia dari Sabang sampai merauke. Dengan adanya komunikasi yang baik tentunya persatuan dan kesatuan bangsa akan semakin terbina dengan baik. Hindari menyebarkan hoax yang mudah memecah-belah persatuan dan kesatuan bangsa.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 48-49

Ayo Berdiskusi

Bersama dengan teman sebangkumu jawablah beberapa pertanyaan berikut ini.

1. Apa makna persatuan dan kesatuan bangsa dari bacaan tersebut?

Negara Indonesia sebagai bentuk persatuan dari kumpulan suku-suku di Indonesia yang beragam dan mendiami wilayah geografis pulau-pulau di Indonesia.

2. Apa makna persatuan kesatuan bangsa menurutmu sendiri?

Menurut saya makna persatuan adalah utuh atau tidak terpecah belah serta rasa senasib dan sepenanggungan sebagai bangsa.

3. Bagaimana persatuan dan kesatuan bangsa diupayakan oleh para pendiri bangsa?

Persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia sebagai semangat bagi para pemuda bangsa yang berikrar dalam Sumpah Pemuda. Pada masa perjuangan kemerdekaan persatuan dan kesatuan merupakan hal yang sangat penting untuk memacu semangat perjuangan bangsa.

4. Bagaimana makna persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia saat ini? Berikanlah beberapa contoh!

Makna persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia saat ini adalah :

  • Indonesia adalah negara beragam. Sehingga masyarakat harus mengakui jika Indonesia negara yang beragam dan tetap satu sebagai bangsa Indonesia.
  • Adanya wawasan nusantara, maka tiap orang akan merasa satu, senasib sepenanggungan.
  • Setiap orang bisa mengisi kemerdekaan dan melanjutkan pembangunan.

5. Carilah satu berita utama tentang peristiwa yang terjadi di Indonesia. Berita utama tersebut berkaitan dengan persatuan dan kesatuan bangsa. Bacalah berita utama tersebut dengan saksama. Diskusikan dengan teman sebangkumu tentang makna persatuan dan kesatuan yang ada di dalam berita utama tersebut.

Judul : Racikan Toleransi di Semangkuk Soto Kudus
Sumber : www.liputan6.com

Makna persatuan dan kesatuan dalam berita :

  • Tak hanya warga Kudus yang menikmati soto dan pindang kerbau. Ada pula yang datang dari Jakarta
  • Soto Kudus merupakanan akulturasi Tiongkok dan nusantara.
  • Soto Kudus merupakan simbol nyata toleransi di Tanah Air.

Ayo Renungkan

Bagaimana pendapatmu tentang cara hidup masyarakat modern yang kamu lihat di sekelilingmu?

Cara hidup masyarakat modern memiliki sisi positif dan juga sisi negatif. Sisi positifnya adalah masyarakat moderen memiliki cara hidup yang serba efisien dengan memanfaatkan teknologi. Sisi negatifnya adalah masyarakat modern tidak bergantung lagi pada manusia lain sehingga menjadi masyarakat yang individualis.

Apa saja pengaruh berkembangnya teknologi komunikasi terhadap kehidupanmu sehari-hari?

Perkembangan teknologi komunikasi semakin memudahkan proses komunikasi tanpa memikirkan jarak, ruang dan waktu, lebih mudah dalam memperoleh informasi dengan memperolehnya lebih cepat.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Bersama dengan orang tuamu, diskusikanlah tentang kesepakatan dan aturan dalam menggunakan peralatan elektronik, komputer atau telepon genggam, sebagai sumber informasi. Sumber informasi yang dimaksud adalah yang berasal dari media cetak maupun media digital atau elektronik. Seperti koran, majalah, televisi atau internet.

Perjanjian/ Ksepakatan Menggunakan Smartphone (hanya contoh, silahkan kembangkan sendiri)

  • Orang tua berhak melihat isi percakapan, history browsing, dan tahu password yang digunakan.
  • Sepakat untuk memakai smartphone ini untuk hal baik.
  • Jangan gunakan smartphone ini untuk menyakiti dan merugikan orang lain. 
  • Jika menggunakan smartphone untuk mengakses media sosial, pastikan hanya posting hal-hal baik

Sekian artikel kami kali ini yang mengulas tentang Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 42, 43, 45, 46, 48, 49. Pastinya adik-adik akan sangat berharap jawaban yang kami sediakan ini bisa menjadi jawaban yang tepat dan benar. Sehingga dengan begitu, pasti adik-adik akan mendapatkan nilai yang bagus. Namun kami tetap menyarankan, supaya adik-adik tetap teliti dalam mengerjakan soal-soalnya, pastikan adik-adik selalu mengecek jawabannya sebelum disalin ke buku tugas.

Dengan begitu kami cukup yakin jika nantinya adik-adik akan lebih maksimal dalam mengerjakan tugas sekolah. Dan kalaupun nantinya ternyata adik-adik masih menemukan jawaban yang kurang tepat, maka silahkan saja adik-adik cari jawaban lain yang lebih tepat atau sampaikan kepada kami, agar kami dapat mengecek jawaban tersebut. Nilai yang adik-adik dapat dari tugas yang dikerjakan, nantinya akan dihitung dan dimasukan kedalam raport semester.

Selain mengerjakan tugas sekolah, kami juga mengingatkan adik-adik agar mulai giat dalam belajarnya dan untuk mempersiapkan diri mengikuti kegiatan lainnya seperti ulangan harian, tugas praktek dan ulangan akhir semester. Untuk bisa lulus dengan nilai yang bagus, tak cukup jika hanya mengandalkan nilai yang diperoleh dari tugas sekolah. Namun adik-adik juga harus bisa mendapatkan nilai yang bagus dari kegiatan lainnya. Maka dari itu, mulailah serius dan giat dalam belajar, persiapkan diri sebaik mungkin.

Sumber : Buku Siswa SD/MI Kelas VI

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 42, 43, 45, 46, 48, 49 Tema 9 Kelas 6 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 4"