√ Kunci Jawaban Halaman 51, 52, 54, 55, 56, 57, 59, 60, 62 Tema 9 Kelas 6 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 5 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 51, 52, 54, 55, 56, 57, 59, 60, 62 Tema 9 Kelas 6 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 5

Kunci jawaban Tema 9 Menjelajah Angkasa Luar Kelas 6 halaman 51, 52, 54, 55, 56, 57, 59, 60, 62 subtema 1 Keteraturan yang Menakjubkan pembelajaran 5 buku siswa tematik K13 revisi berikut ini kami sediakan sebagai jawaban yang bisa adik-adik manfaatkan untuk menjawab soal-soal pada buku pelajaran atau buku siswa yang mungkin sebagian soalnya ada yang menjadi tugas sekolah adik-adik sekarang ini dan ada beberapa soal yang belum adik-adik temukan jawabannya pada buku pelajaran dan memilih mencari alternatif jawaban seperti ini. Kami sadari jika alternatif jawaban seperti ini banyak dicari oleh siswa dan juga para orang tua.

Dimasa pembelajaran seperti sekaran ini, memang alternatif jawaban menjadi hal yang penting bagi siswa. Apalagi bagi siswa yang memang banyak diberikan tugas oleh gurunya, pasti akan lebih sibuk mengerjakan tugas-tugas sekolah. Dan kami tahu bahwa soal-soal pada buku siswa tematik kurikulum 2013, tak semuanya mudah untuk dijawab. Ada sebagian soal atau tugas yang menuntut siswa menjawab dengan pendapat sendiri, dan jawabannya tidak ada pada buku pelajaran. Maka tak heran kalau sekarang ini siswa banyak mencari alternatif jawaban seperti ini.

Melihat hal tersebut, itulah kenapa kami juga turut hadir untuk memberikan jawaban terbaik kepada adik-adik sekalian. Dengan harapan jawaban yang kami buat ini benar-benar bisa menjadi jawaban yang tepat sehingga pastinya adik-adik bisa mendapatkan nilai yang bagus dan tinggi. Dan dalam menjawab soal-soal pada buku pelajaran, kami sudah berusaha semaksimal mungkin mencari jawaban terbaik, baik dari buku pelajaran, maupun jawaban tersebut kami ambil dari referensi lainnya. Untuk itulah kami cukup yakin kalau nantinya jawaban ini bisa mengantarkan adik-adik meraih nilai yang bagus.

Seperti yang adik-adik ketahui, bahwa sebelum inipun kami sudah banyak memposting Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 yang dapat adik-adik cari dan temukan pada artikel kami sebelum ini. Dan kami harap jawaban yang sebelumnya sudah pernah adik-adik manfaatkan dapat membantu dalam menyelesaikan berbagai tugas sekolah. Selain itu, nilai yang adik-adik dapatkan bisa bagus dan maksimal. Sehingga nilai tersebut nantinya dapat meningkatkan nilai akhir pada raport semester. Dan lihat juga Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 42, 43, 45, 46, 48, 49 yang juga sudah kami sediakaan pada postingan kami sebelumnya.

Kunci Jawaban Halaman 51, 52, 54, 55, 56, 57, 59, 60, 62 Tema 9 Kelas 6

Kami memahami akan kebutuhan adik-adik terhadap alternatif jawaban seperti ini. Memang dengan adanya alternatif jawaban ini, akan sangat membantu adik-adik dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah. Apalagi bagi adik-adik yang memang sedang banyak mengerjakan tugas-tugas sekolah dan harus segera dikumpulkan tugasnya kepada guru, maka alternatif jawaban seperti ini menjadi solusi yang tepat. Selain itu dengan jawaban seperti ini, besar kemungkinan juga bisa meraih nilai yang bagus dan tinggi.

Maka dari itu, selalu kerjakan dengan maksimal setiap tugas yang diberikan oleh guru. Dan selain mengerjakan tugas sekolah, adik-adik juga harus mempersiapkan diri dengan memperbanyak belajar di rumah untuk kesiapan mengikuti kegiatan lainnya, seperti ulangan harian, ulangan akhir semester dan tugas praktek lainnya. Pelajari lagi materi pelajaran yang belum adik-adik pahami dengan baik, karena dengan begitu kami yakin adik-adik akan punya persiapan yang bagus untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 51

Ayo Mengamati

Buatlah paling sedikit dua pertanyaan yang berhubungan dengan peristiwa alam tersebut!

Pertanyaan:

  • Apa penyebab terjadinya siang dan malam?
  • Mengapa jika malam hari susananya gelap?

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 52

Ayo Berdiskusi

Peristiwa terbit dan tenggelamnya matahari merupakan salah satu peristiwa alam. Ketua peristiwa tersebut menunjukkan keteraturan yang terus berlangsung hingga saat ini. Bersama dengan teman sebangkumu, diskusikan hal-hal berikut ini:

1. Adakah keteraturan peristiwa alam yang kamu amati selain peristiwa Matahari terbit dan tenggelam tersebut?

Beberapa contoh keteraturan di alam semesta antara lain :

  • Planet mengelilingi Matahari dalam gerak Revolusi pada waktu yang teratur, misalnya revolusi planet Bumi selama 365,25 hari
  • Setiap planet teratur berputar dalam porosnya (gerak Rotasi), misalnya revolusi planet Bumi selama 24 jam dalam sehari
  • Rasi bintang yang berbeda akan terlihat pada bulan yang berbeda

2. Bagaimana kamu menjelaskan makna keteraturan?

Keteraturan adalah kesamaan keadaan, kegiatan, atau proses yang terjadi beberapa kali atau lebih (KBBI)

3. Bagaimana keteraturan memberikan manfaat kepada manusia?

Manfaat keteraturan bagi manusia antara lain sebagai berikut :

  • Keteraturan revolusi bumi bermanfaat bagi manusia menentukan arah melalui rasi bintang (terbentuknya rasi bintang) dan menentukan musim yang tepat untuk bercocok tanam (perubahan musim).
  • Keteraturan rotasi bumi bermanfaat bagi manusia dalam menentukan kapan melakukan aktivitas dan kapan beristirahat (terjadinya siang dan malam)

4. Keteraturan seperti apa yang kamu harapkan terjadi di sekitarmu?

Keteraturan yang saya harapkan di sekitarku adalah keteraturan masyarakat dalam menjalankan hak dan kewajibannya.

5. Bagaimana memastikan terjadinya keteraturan di dalam kehidupan pribadimu?

Cara memastikan keteraturan dalam kehidupan pribadi saya adalah dengan menyeimbangkan antara kewajiban dan hak saya sebagai seorang anak.

6. Bagaimana memastikan terjadinya keteraturan dalam hidup bermasyarakat?

Keteraturan dalam masyarakat terjadi jika setiap individu melaksanakan kewajiban dan menerima haknya sesuai ketentuan/seimbang

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 54, 55, 56

Ayo Berdiskusi

Berkat perkembangan ilmu pengetahuan, kamu mendapatkan banyak informasi tentang luar angkasa. Keteraturan tata surya yang kamu pahami saat ini masih menyimpan banyak misteri. Misteri-misteri tersebut dapat diungkapkan melalui perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Salah satu cara untuk mengetahui keteraturan dari sistem tata surya adalah dengan melakukan pengelompokan berdasarkan kriteria tertentu.

Bacalah kembali artikel tentang “Mengenal Tata Surya” pada Pembelajaran 2. Bacaan “Matahari Pusat sistem Tata Surya”. Melalui dua bacaan tersebut, kita dapat melakukan pengelompokan sifat-sifat anggota tata surya. Bersama dengan teman sekelompokmu, lakukan pengelompokan anggota tata surya dengan melengkapi tabel berikut. Urutkan planet di dalam tata surya dari yang terdekat hingga terjauh dari Matahari.

1. Urutkan planet di dalam tata surya dari yang terdekat hingga terjauh dari Matahari

2. Urutkan planet dari yang paling kecil ke yang paling besar

3. Urutkan planet dari yang terpanas hingga yang terdingin

4. Urutkan planet yang melakukan rotasi paling cepat hingga yang paling lambat

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 57

5. Perbedaan dan persamaan antara planet dalam dan planet luar

Kesimpulan apakah yang kamu dapatkan dari kegiatan pembelajaran di atas?

Matahari sebagai pusat tata surya memengaruhi setiap planet yang ada di dalamnya. Setiap planet memiliki ciri dan keunikan yang berbeda. Planet di dalam tata surya dibagi menjadi dua golongan, yaitu planet dalam dan planet luar.

Adakah pertanyaan yang kamu miliki sehubungan dengan keteraturan dalam tata surya setelah melakukan kegiatan tersebut?

Mengapa Pluto tidak disebut lagi sebagai planet?

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 59-60

Ayo Menulis

Lengkapi diagram berikut ini setelah kamu membaca cerita fiksi di atas!

Isi Cerita

Arya gembira karena bisa menonton film bersama ayah di bioskop. Namun kegembiraannya berkurang setelah mengetahui antrian yang cukup panjang. Arya pun berpikir seandainya tadi sepeda kakaknya tidak rusak, mungkin ia tidak perlu mengantri lama. Ayah Arya menasihatinya dan Arya bisa memahaminya. Ketika terdengar suara anak perempuan yang kesakitan perutnya.,Arya berinisiatif mempersilahkan anak perempuan tersebut untuk membeli tiket lebih dahulu. Arya ingin memastikan semua tetap teratur dan dapat melakukan kegiatan sesuai dengan yang telah direncanakan. Ayah bangga dengan keputusan Arya tersebut.

Apa yang terjadi jika Arya tidak cepat mempersilakan orang di belakangnya mengambil antreannya? Lanjutkan cerita di atas dengan menggunakan imajinasimu. Lalu, tuliskanlah hasil pengembangan ceritamu ke dalam sebuah paragraf.

Jika Arya tidak cepat mempersilakan orang dibelakangnya mengambil antreannya tentu saja dibioskop akan timbul kekacauan. Beberapa orang yang dekat dengan peristiwa tersebut akan menyingkir menjauh. Untuk menghindari kekacauan dan pertengkaran lebih parah, maka pihak bioskop menutup sementara tiket pembelian, sehingga tidak ada calon pembeli tiket yang bisa dilayani, termasuk Arya. Arya menjadi menyesal atas tindakannya tersebut.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 62

Ayo Renungkan

Hal baru apa sajakah yang kamu pelajari dan temukan dari kegiatan pembelajaran hari ini? Bagaimana keteraturan di sekelilingmu memengaruhi kegiatanmu seharihari? Hal apa sajakah yang dapat kamu lakukan untuk memelihara keteraturan di sekitarmu?

Hal baru yang saya temukan pada pembelajaran kali ini adalah karekteristik khusus masing-masing planet anggota tata surya. Hal yang dapat saya lakukan untuk memelihara keteraturan yang ada di lingkungan sekitar adalah mematuhi peraturan yang ada. 

Kerja Sama dengan Orang Tua

Lihatlah sekeliling rumah tinggalmu. Apakah menurutmu lingkungan rumah tinggalmu cukup teratur? Bersama dengan orang tuamu, diskusikan hal-hal apa saja yang dapat dilakukan warga untuk meningkatkan keteraturan di lingkungan tempat tinggalmu.

Hal-hal yang dapat dilakukan warga untuk meningkatkan keteraturan adalah dengan memahami kewajiban dan haknya sebagai warga masyrakat.

Sekian artikel kami kali ini yang membahas mengenai Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 51, 52, 54, 55, 56, 57, 59, 60, 62. Kami tahu bahwa adik-adik berharap tugas yang dikerjakan kali ini bisa memperoleh nilai yang bagus dari tugas-tugas sebelumnya. Dengan mendapatkan nilai yang bagus, pastinya akan berdampak baik juga buat adik-adik untuk meningkatkan nilai akhir pada raport semester. Untuk itulah kami selalu mengingatkan dan menyarankan adik-adik agar selalu maksimal dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah.

Apalagi adik-adik tahu kalau sekarang ini sudah memasuki kegiatan akhir untuk semester genap. Dan buku siswa tema 9 ini merupakan buku materi pelajaran terkahir yang dipelajari pada semester genap ini. Setelah adik-adik menyelesaikan pembelajaran pada buku siswa tema 9 ini, selanjutnya adik-adik akan mengikuti kegiatan akhir, yaitu ujian akhir semester. Sangat penting sekali bagi adik-adik bisa mendapatkan nilai yang bagus pada kegiatan tersebut.

Untuk bisa lulus dengan nilai yang bagus, adik-adik tidak bisa jika hanya mengandalkan nilai dari tugas sekolah saja, namun adik-adik juga harus bisa mendapatkan nilai yang bagus dari tugas dan kegiatan lainnya, seperti ulangan harian, tugas praktek, dan ujian akhir semester. Maka dari itu, mulailah giat untuk belajarnya dan persiapkan diri adik-adik mengikuti kegiatan tersebut. Dengan persiapan yang bagus, kami yakin adik-adik bisa mengerjakan soal-soal pada kegiatan tersebut dengan mudah.

Sumber : Buku Siswa SD/MI Kelas VI

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 51, 52, 54, 55, 56, 57, 59, 60, 62 Tema 9 Kelas 6 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 5"