√ Kunci Jawaban Halaman 59, 60, 63, 65, 66 Tema 9 Kelas 5 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 1 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 59, 60, 63, 65, 66 Tema 9 Kelas 5 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 1

Kunci jawaban Tema 9 Benda-Benda di Sekitar Kita Kelas 5 halaman 59, 60, 63, 65, 66 subtema 2 Benda dalam Kegiatan Ekonomi pembelajaran 1 buku siswa tematik SD K13 revisi berikut ini kami sediakan sebagai jawaban yang bisa adik-adik pergunakan untuk menjawab soal-soal pada buku pelajaran, yang mana soal-soal tersebut menjadi tugas sekolah adik-adik saat ini. Kami melihat bahwa ternyata memang alternatif jawaban seperti ini cukup banyak dimanfaatkan oleh para siswa maupun orang tua untuk membantu menyelesaikan tugas-tugas sekolah, terutama bagi soal-soal yang sulit yang belum terjawab dan belum ditemukan jawabannya pada buku pelajaran.

Pada kenyataannya memang alternatif jawaban seperti ini sangat membantu adik-adik dalam mengerjakan tugas sekolah. Apalagi dalam situasi pembelajaran seperti saat ini, dimana siswa lebih banyak diberikan tugas oleh guru. Maka bagi siswa yang kesulitan dalam menjawab sebagian soal-soal yang menjadi tugas sekolah, tentu alternatif jawaban seperti ini menjadi pilihan. Dan dengan alternatif jawaban seperti ini adik-adik tidak akan telat dalam mengumpulkan tugas sekolah kepada guru, meskipun tugas tersebut cukup banyak, dan harus dikumpulkan segera.

Kami selalu berkomitmen untuk terus menyediakan jawaban terbaik kepada adik-adik. Harapan kami, dengan adanya alternatif jawaban ini, adik-adik dapat terbantu dan menjadi jalan bagi adik-adik dalam meraih nilai yang bagus serta tinggi untuk tugas sekolahnya. Dan dalam menjawab soal-soal pada buku pelajaran, kamipun tentunya sudah memahami soal-soal yang ada, baru setelah itu kami mencari jawaban yang tepat dan benar untuk menjawab soal-soal tersebut. Jawaban-jawaban ini kami cari pada buku pelajaran, maupun dari luar buku pelajaran. Maka dari itulah kami cukup yakin dengan jawaban yang kami sediakan ini nantinya bisa menjadi jawaban yang tepat dan benar.

Sebelum inipun kami sudah cukup banyak berbagi Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 yang mungkin adik-adik sudah pernah memanfaatkannya untuk menyelesaikan tugas-tugas pada kegiatan belajar sebelum ini. Kami berharap jawaban tersebut tak hanya membantu dalam menyelesaikan tugas sekolah saja, namun nilai yang adik-adik peroleh dari tugas tersebut bisa maksimal. Dan lihat juga Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 45, 46, 47, 48, 53 yang juga sudah kami sediakan pada blog ini, kami harap adik-adik dapat memanfaatkannya dengan baik dan bisa segera menyelesaikan tugas sekolah.

Kunci Jawaban Halaman 59, 60, 63, 65, 66 Tema 9 Kelas 5

Seperti yang adik-adik ketahui, bahwa sekarang ini adik-adik sedang mengerjakan tugas sekolah pada subtema 2 di buku siswa tema 9 kelas 5. Dan buku tema 9 ini merupakan buku materi pelajaran yang adik-adik pelajari pada semester genap serta menjadi buku materi terkahir pada semester genap ini. Setelah adik-adik selesai menyelesaikan semua materi dan tugas pada buku siswa tema 9 ini, adik-adik akan melanjutkan mengikuti kegiatan ulangan akhir semester. Dan kegiatan tersebut tentunya sudah tak lama lagi.

Maka dari itu, mulailah giat dalam belajarnya, karena nilai tugas harian saja tidak cukup. Adik-adik juga harus bisa mendapatkan nilai yang bagus dari kegiatan ulangan harian maupun ulangan akhir semester. Untuk itu perbanyak belajar dan kurangi waktu bermain, serta sering-sering mengulang atau mempelajari kembali materi pelajaran yang belum adik-adik pahami dengan baik. Dengan begitu, kami cukup yakin nantinya adik-adik bisa dengan mudah mengerjakan soal-soal pada kegiatan ulangan.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 59

Ayo Berlatih

Kamu telah memahami berbagai bentuk iklan elektronik. Sekarang, coba kamu pilih satu bentuk iklan elektronik yang sudah kamu pelajari sebelumnya. Buatlah contoh iklan elektronik. Cantumkan naskah iklannya jika iklan yang kamu pilih iklan radio atau iklan televisi. Kemudian, tuliskan skrip dan papan ceritanya. Jika kamu memilih iklan internet, tempelkan iklan pada lembaran kertas. Selanjutnya, buat kesimpulan isi dari iklan elektronik yang kamu buat. Tuliskan kesimpulan di bawah naskah iklan, skrip dan papan cerita, atau gambar iklan yang kamu buat. Presentasikan hasil berlatihmu dalam mengidentifikasi iklan elektronik di depan kelas. Kumpulkan hasilnya kepada Bapak/Ibu Guru untuk dinilai.

Contoh Iklan Elektronik:

Merek : My Baby Shampoo dan Milk Bath
Media : Televisi
Waktu : 1 menit

Iklan :
Waktu mandi menggunakan Shampoo My Baby, lembut di mata, pakai sabun My Baby lembut di kulit, busanya banyak. Usapkan pada tangan dan kaki. Bilas sampai bersih dan wangi dari kepala sampai kaki. Kulit dan rambut wangi sehat menggemaskan sepanjang hari. My Baby bikin mandi jadi hepi. My Baby kepercayaan ibu cerdas.

Kesimpulan Isi Iklan :
Berdasarkan iklan televisi tersebut dapat disimpulkan bahwa iklan tersebut berisi ajakan menggunakan Shampoo dan Sabun cair My Baby. Shampo My Baby lembut dimata, Sabun My Baby lembut dikulit dan busanya banyak sehingga kulit dan rambut wangi sepanjang hari. My Baby membuat mandi menjadi menyenangkan dan menjadi kepercayaan ibu cerdas.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 60

Ayo Berkreasi

Kamu telah memahami berbagai bentuk iklan elektronik, salah satunya iklan televisi. Sekarang, pilihlah salah satu iklan di televisi yang menarik menurutmu. Tuangkan kembali benda yang diiklankan dalam televisi yang kamu anggap menarik dalam bentuk gambar iklan. Buat gambar semenarik mungkin pada kotak berikut.

Hasil Kreasiku Menggambar Benda yang Ada dalam Iklan Televisi

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 63

Ayo Berlatih

Buatlah kesimpulan tentang materi berdasarkan uraian di atas. Buatlah kesimpulan dalam bentuk bagan tentang materi lengkap dengan jenis materi berdasarkan komponen penyusunnya beserta contohnya. Bentuk bagan seperti contoh berikut.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 65-66

Ayo Mencoba

Kamu telah mengetahui adanya zat campuran homogen dan zat campuran heterogen. Apakah kamu sudah bisa menuliskan perbedaan antara campuran homogen dan campuran heterogen? Coba sekarang lakukan percobaan di bawah ini. Selanjutnya, berdasarkan hasil percobaanmu tuliskan perbedaan perbedaan antara zat campuran homogen dan campuran heterogen. Lakukan percobaan secara kelompok. Satu kelompok minimal terdiri atas 6 anak. Bapak/Ibu Guru akan membantumu membagi kelompok dan mendampingimu melakukan percobaan.

Setiap kelompok membuat dua percobaan. Untuk melakukan dua percobaan, anggota kelompok dibagi dua. Dua percobaan yang harus dilakukan setiap kelompok yaitu membuat larutan air gula dan air kopi. Adapun bahan dan peralatan yang harus dipersiapkan sebagai berikut.

1. Peralatan

a. Gelas plastik transparan b. Sendok plastik

2. Bahan

a. Air b. Gula putih c. Kopi bubuk

Langkah-langkah percobaan sebagai berikut.

  1. Percobaan pertama, masukkan air ke dalam gelas plastik transparan. Selanjutnya, masukkan gula putih ke dalam gelas yang sudah berisi air. Aduk gula hingga larut dalam air. Diamkan beberapa saat.
  2. Percobaan kedua, masukkan air dalam gelas plastik transparan. Selanjutnya masukkan kopi bubuk ke dalam gelas yang sudah berisi air. Aduk kopi hingga larut dalam air. Diamkan beberapa saat.
  3. Bandingkan hasil kedua larutan bersama teman satu kelompokmu.
  4. Buat laporan hasil percobaanmu dengan menuliskan hal-hal berikut. a. Nama anggota kelompok, b. Percobaan yang dilakukan., c. Alat dan bahan yang digunakan., d. Hasil percobaan.
  5. Presentasikan laporan yang kalian buat di depan kelompok lain. Kemudian, kumpulkan hasil laporan kepada Bapak/Ibu Guru.

Laporan Kegiatan Percobaan Campuran Homogen dan heterogen

Anggota Kelompok : Udin, Lani, Dayu, Edo, Siti, Beni, dan Melli
Tujuan Percobaan : Mengetahui perbedaan campuran homogen dan heterogen

Alat dan bahan :

  1. Gelas plastik transparan
  2. Sendok plastik
  3. Air
  4. Gula putih
  5. Kopi bubuk

Langkah-langkah Percobaan:

  1. Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan
  2. Percobaan pertama, masukkan air ke dalam gelas plastik transparan.
  3. Selanjutnya, masukkan gula putih ke dalam gelas yang sudah berisi air.
  4. Aduk gula hingga larut dalam air.
  5. Diamkan beberapa saat.
  6. Percobaan kedua, masukkan air dalam gelas plastik transparan.
  7. Selanjutnya masukkan kopi bubuk ke dalam gelas yang sudah berisi air.
  8. Aduk kopi hingga larut dalam air.
  9. Diamkan beberapa saat.
  10. Amatilah yang terjadi pada kedua gelas tersebut!

Hasil Percobaan : Dari percobaan pertama dan kedua terdapat perbedaan antara larutan gula dan larutan kopi :

  1. Sifat larutan gula: tercampur sempurna dan tidak mengendap setelah didiamkan beberapa saat.
  2. Sifat larutan kopi: tidak tercampur sempurna dan mengendap setelah didiamkan beberapa saat.

Kesimpulan : Dari pengamatan percobaan yang telah dilakukuan dapat disimpulkan bahwa Larutan gula merupakan zat campuran homogen, sedangkan larutan kopi merupakan zat campuran heterogen

Ayo Renungkan

Apa yang sudah kamu pahami dari pembelajaran di atas? Tuliskan dalam kolom berikut.

Hasil Renungan

Hari ini saya telah belajar tentang Sikap percaya diri dan bekerja sama. Pengetahuan tentang iklan elektronik serta zat campuran homogen dan zat campuran heterogen. Keterampilan tentang menganalisis, mengomunikasikan, menuliskan hasil percobaan

Kerja Sama dengan Orang Tua

Zat campuran dan zat tunggal selalu kamu temui dalam kehidupan seharihari. Misalnya, air minum dan adonan masakan atau kue yang dibuat ibumu. Sekarang, coba kamu tanyakan cara ibu membuat makanan yang pernah disajikan buat keluargamu, misalnya adonan bakwan, kue, dan minuman. Tuliskan adonan bahan makanan yang ibu sampaikan. Tuliskan pula zat campuran adonan yang ibu buat. Tuliskan dalam buku tugas hasil tanya jawab kamu dengan ibumu. Kumpulkan kepada Bapak/Ibu Guru untuk dinilai.

Zat tunggal:
Saat ibu memasak ibu menambahkan bumbu garam, garam merupakan salah satu contoh zat tunggal

Zat Campuran :
Salah satu bahan yang termasuk campuran adalah adonan kue bolu. Adonan bolu termasuk ke dalam zat campuran heterogen karena adonan bolu terbuat dari berbaga bahan yaitu tepung, air, gula, susu, pengembang kue, mentega, telur, dll.

Demikianlah postingan kami untuk Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 59, 60, 63, 65, 66 ini. Kami tahu, adik-adik pastinya sangat berharap bisa mendapatkan nilai yang bagus pada setiap tugas yang dikerjakan. Seperti yang sering kami sampaikan pada setiap postingan kami, bahwa sebenarnya kami cukup yakin dengan jawaban yang kami sediakan ini, bahwa nantinya jawaban ini bisa menjadi jawaban yang tepat dan benar ketika guru mengoreksi tugas adik-adik. Dengan begitu pasti nilai yang akan adik-adik perolehpun akan maksimal dan bagus.

Bisa memperoleh nilai yang bagus pada setiap tugas yang dikerjakan memang menjadi hal yang baik, karena nilai yang adik-adik peroleh dari tugas harian akan sangat membantu sekali dalam meningkatkan nilai akhir pada raport semester nantinya. Oleh karena itu jangan pernah menganggap sepeleh tugas-tugas harian yang guru berikan kepada adik-adik, apalagi sampai tidak mengerjakannya. Kerjakan dengan maksimal dan manfaatkan dengan bijak semua jawaban yang kami sediakan ini.

Namun adik-adik juga tak hanya berfokus pada tugas sekolah saja, namun adik-adik juga harus giat dalam belajarnya, karena selain tugas harian, adik-adik juga harus bisa mendapatkan nilai yang bagus dari kegiatan lainnya, seperti ulangan harian, tugas praktek, dan ulangan akhir semester. Maka dari itu mulailah giat dalam belajarnya, perbanayk mempelajari kembali materi pelajaran yang belum adik-adik pahami dengan baik, karena dengan begitu kami yakin adik-adik akan lebih mudah memahami soal-soal yang keluar pada saat kegiatan ulangan nantinya.

Sumber : Buku Siswa SD/MI Kelas V

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 59, 60, 63, 65, 66 Tema 9 Kelas 5 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 1"