√ Kunci Jawaban Halaman 66, 67, 69, 70, 71, 73 Tema 9 Kelas 6 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 6 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 66, 67, 69, 70, 71, 73 Tema 9 Kelas 6 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 6

Kunci jawaban Tema 9 Menjelajah Angkasa Luar Kelas 6 halaman 66, 67, 69, 70, 71, 73 subtema 1 Keteraturan yang Menakjubkan pembelajaran 6 buku siswa tematik K13 revisi berikut ini kami buat dan siapkan buat adik-adik sekolah dasar, terlebih untuk siswa kelas 6 SD yang sekarang ini tengah sibuk mengerjakan soal-soal pada buku siswa yang mana soal-soal tersebut menjadi tugas sekolah saat ini. Dan mungkin saja ada beberapa soal yang belum terjawab oleh adik-adik dan harus mencari alternatif jawabannya di internet. Dengan memanfaatkan alternatif jawaban seperti ini, pastinya adik-adik akan lebih mudah menyelesaikan tugas sekolah.

Kami mengerti bahwa sekarang ini adik-adik tengah sibuk mengerjakan tugas-tugas sekolah. Apalagi bagi sekolah yang masih menerapkan kegiatan belajar secara daring atau online, pastinya akan lebih banyak diberikan tugas mandiri oleh guru. Yang mana tugas-tugas tersebut harus dikerjakan di rumah dan harus segera dikumpulkan kembali kepada guru untuk dikoreksi dan diberikan nilainya. Dan kami tahu bahwa kenyataannya soal-soal tematik tidak semuanya mudah untuk dikerjakan. Ada sebagain soal yang harus dijawab dengan pendapat sendiri dan juga ada soal yang jawaban tidak terdapat pada buku pelaajran.

Kami tahu akan kebutuhan adik-adik yang sangat bergantung juga dengan alternatif jawaban seperti ini. Maka dari itu, kami selalu berusaha untuk memberikan jawaban terbaik kepada adik-adik. Dengan harapan jawaban yang kami buat ini benar-benar bisa membantu dalam menyelesaikan tugas sekolah dan juga dengan jawaban ini adik-adik bisa mendapatkan nilai yang bagus dan tinggi. Kami membuat jawaban ini dengan semaksimal mungkin, dengan terlebih dahulu memahami soal-soalnya. Baru setelah itu mencari jawaban yang tepat, baik di buku pelajaran maupun diluar buku.

Dan sebelum ini juga kami sudah cukup banyak berbagi Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 yang bisa adik-adik cari dan temukan pada artikel kami sebelum ini. Kami harap apa yang kami buat dan sediakan ini benar-benar bisa membantu dalam menyelesaikan tugas sekolah dan nilai yang diperoleh juga bisa maksimal. Sebelum ini juga kami telah memposting Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 51, 52, 54, 55, 56, 57, 59, 60, 62 yang dapat adik-adik cari dan temukan pada artikel kami sebelum ini. Kami harap jawaban tersebut juga membantu dalam mengerjakan tugas pada kegiatan belajar sebelum ini.

Kunci Jawaban Halaman 66, 67, 69, 70, 71, 73 Tema 9 Kelas 6

Seperti yang adik-adik ketahui bahwa tak lama lagi adik-adik akan menyelesaikan pembelajaran pada buku siswa tema 9 ini. Artinya adik-adik sudah semakin dekat dengan kegiatan akhir sekolah, yaitu ujian akhir sekolah yang akan sangat menentukan juga nilai akhir adik-adik. Namun nilai dari tugas sekolah juga sangat membantu dalam meningkatkan nilai pada raport semester. Maka dari itu selalu kerjakan tugas yang diberikan guru dengan maksimal dan raih nilai terbaiknya.

Selain mengerjakan tugas sekolah, adik-adik juga harus mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin untuk kegaitan ulangan harian dan ujian akhir semester nantinya. Dan untuk bisa mengerjakan soal-soal pada kegiatan tersebut, adik-adik harus mengerti dengan materi yang keluar pada soalnya. Untuk itulah, mulai dari sekarang ini, giatlah dalam belajarnya dan sering mengulang dan mempelajari kembali materi pelajaran yang belum dipahami dengan baik.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 66

Ayo Berdiskusi 

A. Bersama kelompokmu, lakukanlah kegiatan sebagai berikut:

  1. Bacalah kembali bacaan “Pentingnya Persatuan dan Kesatuan Bangsa Indonesia” dengan saksama. Tentukan beberapa informasi-informasi penting yang terdapat di dalam bacaan. 
  2. Gunakan tabel berikut ini untuk mengingat ide-ide pokok dari bacaan tersebut

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 67

3. Diskusikanlah bersama dengan kelompokmu peristiwa-peristiwa yang terjadi yang menunjukkan pentingnya persatuan dan kesatuan bagi diri sendiri, masyarakat serta bangsa dan negara. Kamu dapat menggunakan berbagai sumber informasi untuk menjelaskan peristiwa tersebut.

Peristiwa yang menunjukkan pentingnya persatuan dan kesatuan antara lain sebagai berikut :

A. Bagi Diri Sendiri

  • Saling mencintai sesama anggota keluarga
  • Mengakui keberadaan dan fungsi tiap-tiap anggota keluarga
  • Mengembangkan sikap tenggang rasa dan tepa salira
  • Tidak memaksakan kehendak orang lain
  • Adanya keterbukaan antar anggota keluarga

B. Bagi Masyarakat

  • Hidup rukun dengan semangat kekeluargaan antarwarga masyarakat
  • Setiap warga masyarakat menyelesaikan masalah sosial secara bersama-sama
  • Bergaul dengan sesama warga masyarakat tidak membedakan-bedakan suku, agama, ras, ataupun aliran
  • Menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar dalam bergaul antarsuku bangsa
  • Mengadakan bakti sosial di lingkungan masyarakat

C. Bagi Bangsa dan Negara

  • Mendahulukan kepentingan bangsa dan negara diatas kepentingan pribadi dan golongan
  • Memberikan kesempatan yang sama kepada suku bangsa untuk memperkenalkan kesenian daerahnya ke daerah lainnya.
  • Memajukan pergaulan demi persatuan dan kesatuan bangsa
  • Memberikan kesempatan yang sama kepada semua daerah untuk mengembangkan kebudayaan daerah lainnya.

3. Presentasikanlah hasil diskusimu di depan kelas dengan memberikan kesempatan kelompok lain untuk memberikan pertanyaan berdasarkan presentasimu.

B. Membuat Pertanyaan

Dari hasil diskusi dan presentasi dari kelompokmu dan kelompok yang lain, catatlah hal-hal menarik dan tuliskanlah pertanyaan yang berhubungan dengan isi presentasi tersebut. Catat dan tuliskanlah di tempat yang tersedia.

Hal menarik:

  1. Setiap keinginan dan kepentingan pribadi harus disesuaikan dengan mengutamakan kepentingan orang banyak
  2. Persatuan dan kesatuan harus dimiliki seluruh anggota masyarakat
  3. Bangsa yang bersatu akan lebih cepat dan mudah mencapai tujuan.

Pertanyaanku:

  1. Mengapa kita harus mengutamakan kepentingan orang banyak di atas kepentingan pribadi?
  2. Mengapa persatuan dan kesatuan harus dimiliki setiap anggota masyarakat?
  3. Mengapa bangsa yang bersatu lebih mudah mencapai tujuan?

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 69

Ayo Menulis

Sudahkah kamu membaca cerita di atas? Bagaimana pendapatmu tentang cerita tersebut? Apakah kamu dapat mengikuti jalan ceritanya dengan baik? Apakah kamu dapat membayangkan watak si tokoh utama?

Dalam sebuah cerita fiksi, biasanya diawali dengan pengenalan tokoh dalam cerita, penjelasan masalah yang terjadi, dan berikutnya cara penyelesaian masalahnya.

Setelah kamu membaca dengan saksama, lakukanlah kegiatan berikut ini dengan teliti.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 70-71

A. Lengkapi diagram berikut ini!

Penjelasan:

  • Judul: Kejujuran Wina
  • Pengarang: Oleh Fransisca Emilia
  • Tokoh Utama : Wina
  • Watak : Jujur, sportif,  dan Bertanggung jawab
  • Hal yang Kamu Sukai tentang Tokoh Utama : bersikap jujur dan berani mengakui kesalahanya.
  • Hal yang Mengejutkanmu dari Cerita : Bu Indi menghargai kejujuran Wina dan memberikan kesempatan mengumpulkan cerpen lagi

Tuliskan ringkasanmu di sini

Wina mendapat tugas menulis cerpen yang harus segera dikumpulkan. Wina menyalin cerpen dari majalah lama. Tera sebagai teman sebangku menyarankan agar Wina tidak melakukan plagiat. Bu Indi memberi penghargaan kepada Wina berkat tulisan cerpennya yang bagus. Bu Indi juga meminta Wina maju ke depan untuk membacakan cerpennya. Wina kemudian mengaku kepada bu Indi dan semua teman-temannya bahwa karya cerpennya adalah hasil menyalin dari cerpen majalah lama. Bu Indi dengan bijaksana tetap memberi hukuman yang adil kepada Wina untuk membuat cerpen lagi. Wina dengan senang hati menerima hukuman tersebut.

B. Lengkapilah tabel berikut ini berdasarkan cerita di atas. Jelaskanlah setiap tokoh tambahan yang ada di dalam cerita dengan wataknya sesuai dengan imajinasimu berdasarkan cerita di atas.

Tukarkanlah hasil pekerjaanmu dengan teman sebangkumu. Lihatlah adakah perbedaan dan persamaannya dengan hasil pekerjaanmu. Cobalah untuk menelaah mengapa ada perbedaan dan persamaan hasil pemahamanmu tentang cerita fiksi di atas.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 73

Ayo Renungkan

Ceritakanlah sebuah peristiwa di dalam hidupmu yang membuatmu selalu teringat akan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan di sekitarmu. Bagaimana hubungan antara menjaga persatuan dan kesatuan dengan keteraturan di dalam masyarakat sekitar kita? 

Setiap sebulan sekali warga di lingkungan rumahku selalu mengadakan kegiatan gotong royong. Para bapak membersihkan parit, memotong rumput, dan lain sebagainya. Sedangkan, ibu-ibu memasak hidangan dan membuat minuman untuk dinikmati bersama sama setelah. Kegiatan gotong royong membuat lingkungan sekitar bersih dan juga bisa mencerminkan persatuan dan kesatuan di lingkungan sekitar. Dengan adanya persatuan dan kesatuan warga juga menjadi tertib menjalankan kewajiban dan haknya.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Kamu tentu mengerti bahwa keluarga merupakan unit sosial terkecil di dalam masyarakat. Di dalam keluarga ditanamkan nilai-nilai dasar, untuk menciptakan persatuan dan kesatuan. Nilai-nilai dasar tersebut yang akan diterapkan baik di dalam keluarga maupun dengan lingkunganmu. Bersama dengan orang tuamu, diskusikan hal-hal apa saja yang diterapkan di dalam keluargamu agar setiap anggota keluarga menjaga persatuan dan kesatuan di dalam keluarga.

Beberapa hal yang diterapkan dalam keluargaku antara lain : Masing-masing anggota keluarga memiliki tugas yang harus dikerjakan. Misalnya saja Ayah bertugas memperbaiki jika ada kerusakan rumah yang ringan, sedangkan ibu tugasnya adalah kebersihan di dalam rumah. Anak bertugas membantu kedua orang tuanya jika membutuhakan.

Demikianlah postingan kami kali ini terkait dengan Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 66, 67, 69, 70, 71, 73. Kami berharap jawaban ini benar-benar membantu adik-adik dalam menyelesaikan tugas sekolah, selain itu kami berharap nilai yang adik-adik dapatkan bisa maksimal dan tinggi. Karena nilai tugas yang adik-adik perolehpun akan membantu dalam meningkatkan nilai akhir pada raport semester nantinya. Maka dari itu kerjakan dengan maksimal setiap tugas yang diberikan guru.

Apalagi adik-adik tahu kalau semester genap ini menjadi semester penentu bagi adik-adik dalam kenaikan kelas nantinya. Maka dari itu sangat penting bagi adik-adik bisa mendapatkan nilai yang bagus, tak hanya pada tugas sekolah saja namun adik-adik juga harus bisa mendapatkan nilai yang bagus pada tugas dan kegiatan lainnya, seperti ulangan harian, tugas praktek dan nilai ujian akhir semester.

Untuk bisa menjawab dan mengerjakan soal-soal pada kegiatan ulangan, baik ulangan harian maupun ulangan akhir semester, adik-adik harus punya persiapan. Persiapan yang kami maksud adalah dengan rajin belajar dan sering mengulang kembali materi pelajaran yang belum adik-adik pahami dengan baik. Dengan persiapan yang bagus, kami yakin adik-adik bisa dengan mudah mengerjakan soal-soal pada kegiatan tersebut dengan mudah.

Sumber : Buku Siswa SD/MI Kelas VI

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 66, 67, 69, 70, 71, 73 Tema 9 Kelas 6 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 6"