√ Kunci Jawaban Halaman 70, 71, 72, 73, 75, 78, 79 Tema 9 Kelas 5 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 2 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 70, 71, 72, 73, 75, 78, 79 Tema 9 Kelas 5 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 2

Kunci jawaban Tema 9 Benda-Benda di Sekitar Kita Kelas 5 halaman 70, 71, 72, 73, 75, 78, 79 subtema 2 Benda dalam Kegiatan Ekonomi pembelajaran 2 buku siswa tematik SD K13 revisi berikut ini kami siapkan untuk adik-adik sekolah dasar, terutama bagi siswa kelas 5 yang sekarang ini tengah sibuk mencari jawaban di internet untuk mengerjakan soal-soal pada buku siswa yang menjadi tugas sekolah adik-adik saat ini. Kenyataannya memang sekarang ini alternatif jawaban tengah banyak dicari oleh para siswa maupun oleh orang tua. Dengan adanya alternatif jawaban seperti ini memang akan sangat membantu adik-adik dalam menjawab soal-soal yang sulit pada buku pelajaran.

Dalam situasi pembelajaran seperti saat ini, memang adik-adik sangat disibukan dengan tugas-tugas sekolah. Bagi sekolah yang sampai saat ini masih menerapkan kegiatan belajar secara online pasti akan lebih banyak memberikan tugas-tugas sekolah kepada siswanya untuk dikerjakan di rumah dan dikumpulkan kembali kepada guru. Maka tak heran jika kami masih menemukan ada siswa yang mengeluh karena banyaknya tugas sekolah yang harus mereka kerjakan. Apalagi kita tahu bahwa soal-soal pada buku pelajaran, semuanya dalam bentuk isian. Dan sebagian soal tidak ada jawabannya pada buku, harus dijawab dengan pendapat sendiri dan juga mencari jawabannya diluar buku pelajaran.

Melihat hal tersebutlah, kami hadir dan berusaha menyediakan jawaban terbaik kepada adik-adik sekalian, agar dengan jawaban tersebut adik-adik bisa mengerjakan soal-soal pada buku pelajaran dengan mudah. Dan tentunya tak samapi itu saja, kami juga berharap dengan jawaban tersebut adik-adik bisa mendapatkan nilai yang bagus dan tinggi. Seperti yang sering kami sampaikan, bahwa dalam menjawab soal-soal pada buku siswa, kami sudah berusaha semaksimal mungkin mencari jawaban terbaik, baik pada buku pelajaran itu sendiri, maupun diluar buku pelajaran. Dan kami cukup yakin jika nantinya jawaban ini bisa menjadi jawaban terbaik buat adik-adik.

Sebelumnya kami juga sudah banyak berbagai Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 yang dapat adik-adik cari dan lihat pada artikel kami sebelumnya. Kami berharap alternatif jawaban yang kami bagikan ini tak hanya membantu dalam menyelesaikan semua tugas sekolah adik-adik, akan tetapi nilai yang nantinya adik-adik peroleh bisa bagus dan tinggi. Sebelum ini kami juga sudah memposting Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 59, 60, 63, 65, 66. Kami harap jawaban tersebut juga membantu adik-adik dalam menyelesaikan tugas sekolah.

Kunci Jawaban Halaman 70, 71, 72, 73, 75, 78, 79 Tema 9 Kelas 5

Mengerjakan tugas sekolah memang sudah menjadi tugas siswa. Namun kenyataannya, banyak juga para orang tua, maupun kakak yang turut membantu adik-adik dalam mengerjakan dan menyelesaikan tugas sekolah tersebut. Apalagi kita tahu bahwa soal-soal pada buku tematik kurikulum 2013, semuanya dalam bentuk isian dan tak cukup mudah untuk menjawabnya. Maka tak heran alternatif jawaban seperti ini menjadi hal yang penting bagi adik-adik dan banyak dicari.

Tugas sekolah memang penting, namun adik-adik tidak bisa berharap dari nilai tugas sekolah saja. Adik-adik juga harus bisa mendapatkan nilai yang bagus dari kegiatan lainnya, seperti ulangan harian, dan ulangan akhir semester. Untuk itu kami sering mengingatkan, agar adik-adik selalu giat dalam belajarnya dan banyak mengulang materi pelajaran yang belum adik-adik pahami. Karena untuk bisa menjawab soal-soal pada kegiatan ulangan, adik-adik harus paham dan mengerti materi pelajaran yang keluar pada soal tersebut.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 70

Ayo Berlatih

Apakah yang dimaksud iklan elektonik?

Tuliskan dalam kolom berikut.

Iklan elektronik adalah iklan yang disampaikan melalui media elektronik, misalnya radio, televisi, dan internet

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 71

Kamu telah mengetahui unsur-unsur iklan secara umum. Sekarang, coba sebutkan unsur-unsur iklan elektronik pada radio, televisi, dan internet. Lakukan kegiatan dengan mengisi kolom berikut.

Beri penilaian terhadap iklan-iklan elektronik pada gambar.

Apakah iklan itu sesuai dengan unsur-unsur yang ada? Sertakan pula alasan penilaianmu terhadap iklan tersebut. Kaitkan alasanmu dengan unsur-unsur iklan elektronik.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 72-73

Iklan 1

Penilaian:
Iklan di atas kurang memenuhi unsur-unsur iklan elektronik.

Alasan:
Iklan tersebut tidak menjelaskan keunggulan produk dan nama produk sehingga kurang menarik

Iklan 2

Penilaian:
Iklan di atas cukup menarik

Alasan:
Iklan tersbut cukup menarik karena didalamnya terdapat penjelasan keunggulan produk dan ada juga nama dan gambar produk.

Iklan 3

Penilaian:
Iklan tersebut sangat menarik perhatian.

Alasan:
Iklan berisi keunggulan produk dan nama dan gambar produk sehingga menarik perhatian

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 75

Ayo Berdiskusi

Kamu telah mengetahui beberapa contoh zat pada materi. Sekarang, diskusikan dengan teman satu kelompokmu untuk mencari contoh lain materi yang termasuk zat tunggal, zat campuran homogen, dan zat campuran heterogen. Berikan alasan mengapa materi tersebut termasuk zat tunggal, zat campuran homogen, atau zat campuran heterogen. Setiap kelompok minimal membuat lima contoh materi. Buatlah laporan hasil diskusi kelompokmu. Kumpulkan hasilnya kepada Bapak/Ibu Guru untuk dinilai.

Laporan Hasil Diskusi

Anggota Kelompok : Wawan, Siti, Dayu, Iwan, Made, Budi
Hasil diskusi :
Materi:

1. Zat Tunggal
Contoh zat tunggal diantaranya : Tembaga, Berlian, Gula murni, Garam dapur, Baking soda, Besi, Air, Emas murni (24 karat), Sulfur (Belerang), dan Timah.

Alasan :
Karena komposisinya konstan/tetap dan memiliki sifat yang sama (konsisten) di seluruh bagiannya

2. Zat Campuran Honogen
Contoh zat campuran homogen antara lain :Kuningan, Stainless stell, Tenol, Cuka, Baja, Air garam, Sirop, Udara Perunggu.

Alasan :
Karena tidak terlihat lagi batas-batas antara zat-zat yang dicampurkan

3. Zat Campurab Heterogen
Contoh zat campuran heterogen diantanya : Campuran kapur dan pasir, Adonan cor beton, Pizza<, Air kapur, Air Kopi, Es dawet, Es campur.

Alasan :
Karena masih terlihat bidang batas antara zat-zat yang tercampur tersebut

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 78

Ayo Berkreasi

Bentuklah kelompok yang terdiri atas lima anak. Buatlah lima contoh bentuk pola lantai yang ditulis atau digambar pada selembar kertas. Dari bentuk pola lantai yang kalian buat tersebut, coba peragakan di depan guru dan kelompok lain.

Siti mengangguk-angguk setelah mendengar penjelasan ayahnya. Tidak lupa Siti berterima kasih kepada ayahnya. Ibu mengajak ayah, Siti, dan adik menikmati hidangan kembali sambil menonton acara televisi selanjutnya.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 79

Ayo Berlatih

Kamu telah mengetahui pengertian pola lantai tarian daerah. Sekarang, coba kamu cari contoh gerakan tarian daerah dari internet atau dari kaset video tarian daerah. Mintalah Bapak/Ibu/Saudara untuk mendampingimu saat mengamati gerak tarian daerah tersebut. Tuliskan tarian yang kamu amati dan pola lantai tariannya. Lakukan kegiatan ini secara kelompok.

Gerakan tari piring pada umumnya adalah meletakkan dua piring di atas dua telapak tangan. Penari mengayunkan piring dalam gerakan-gerakan yang cepat, diselingi dengan mendentingkan piring atau dua cincin di jari penari terhadap piring yang dibawanya. Pada akhir tarian, biasanya piring-piring yang dibawakan oleh para penari dilemparkan ke lantai dan para penari akan menari di atas pecahan-pecahan piring.Pola lantai yang dipergunakan dalam tari piring adalah lingkaran besar dan kecil, horizontal, dan vertikal.

Ayo Renungkan

Apa yang sudah kamu pelajari hari ini? Apakah kamu sudah memahami semua kegiatan yang kamu lakukan hari ini? Adakah yang ingin kamu tanyakan kepada teman, Bapak atau Ibu Guru terkait dengan materi yang kamu pelajari?Ayo, bertanyalah untuk kemajuan dirimu.

Hari ini saya telah belajar, Sikap percaya diri, bekerja sama, dan bertanggung jawab Pengetahuan tentang iklan elektronik, materi zat tunggal, zat campuran homogen, dan zat campuran heterogen, pola lantai karya tari. Keterampilan terantan mengidentifikasikan, mengomunikasikan, berkreasi. Saya sudah memahami semua pelajaran hari ini. Saya ingin menanyakan apa perbedaan iklan televisi, elektronik dan internet?

Kerja Sama dengan Orang Tua

Bertanyalah kepada kedua orang tuamu. Apakah waktu kecil mereka suka menari atau melihat pertunjukan karya tari? Apakah tarian yang mereka lakukan juga menggunakan pola lantai? Tanyakan pola lantai yang mereka peragakan atau mereka lihat. Tuliskan pada selembar kertas, lalu kumpulkan kepada gurumu.

Pada waktu kecil saya suka menari dan melihat pertunjukan tari. Tarian yang saya lihat adalah tari saman dari aceh. Tari saman menggunakan pola lantai garis lurus.

Sekian artikel kami untuk postingan Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 70, 71, 72, 73, 75, 78, 79 ini. Kami tahu jika adik-adik sangat terbantu sekali dengan adanya alternatif jawaban seperti ini. Soal-soal yang sulit yang mungkin belum adik-adik temukan jawabannya pada buku pelajaran, akan mudah diselesaikan dengan memanfaatkan alternatif jawaban seperti ini. Maka adik-adik tidak akan pernah telat dalam mengumpulkan semua tugas sekolah yang diberikan oleh guru. Dan tentu tak cukup hanya disitu saja, pastinya juga adik-adik sangat berharap bisa mendapatkan nilai yang bagus dari setiap tugas yang dikerjakan.

Kami sebenarnya cukup yakin jika nantinya dengan alternatif jawaban ini adik-adik bisa meraih nilai yang bagus dan tinggi. Karena memang kami membuat alternatif jawaban ini dengan semaksimal mungkin, dengan terlebih dahulu memahami soal-soalnya, baru setelah itu mencari jawaban yang tepat dan benar baik pada buku pelajaran maupun diluar buku pelajaran. Maka dari itulah kami cukup yakin kalau nantinya alternatif jawaban ini bisa mengantarkan adik-adik meraih nilai yang bagus dan tinggi.

Dan kami juga tentunya mengingatkan adik-adik agar selalu giat dalam belajar, apalagi saat ini kegiatan belajar mengajar untuk semester genap sudah akan berakhir. Dan setelah adik-adik menyelesaikan semua materi pada buku siswa tema 9 ini, adik-adik akan mengikuti kegiatan akhir semester, yaitu ulangan akhir semester. Tak cukup jika adik-adik hanya mengandalkan dan mengharapkan nilai yang diperoleh dari tugas sekolah. Adik-adik juga harus bisa mendapatkan nilai yang bagus dan tinggi dari kegiatan ulangan harian, tugas praktek dan ulangan akhir semester. Maka dari itu, mulailah giat dalam belajarnya. Persiapkan diri sebaik mungkin untuk mengikuti kegiatan ulangan akhir semester nantinya.

Sumber : Buku Siswa SD/MI Kelas V

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 70, 71, 72, 73, 75, 78, 79 Tema 9 Kelas 5 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 2"