√ Kunci Jawaban Halaman 75, 76, 77, 78, 79, 83, 84 Tema 9 Kelas 6 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 1 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 75, 76, 77, 78, 79, 83, 84 Tema 9 Kelas 6 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 1

Kunci jawaban Tema 9 Menjelajah Angkasa Luar Kelas 6 halaman 75, 76, 77, 78, 79, 83, 84 subtema 2 Benda Angkasa Luar dan Rahasianya pembelajaran 1 buku siswa tematik K13 revisi yang kami posting ini dapat adik-adik gunakan sebagai jawaban, menjawab soal-soal pada buku pelajaran yang mana soal-soal tersebut menjadi tugas sekolah adik-adik sekarang ini. Dan mungkin saja masih ada beberapa soal yang sulit yang mungkin belum bisa adik-adik temukan sendiri jawabannya pada buku pelajaran. Maka dari itu adik-adik lebih memilih alternatif jawaban seperti ini.

Kami sadari jika alternatif jawaban seperti ini cukup efektif membantu adik-adik dalam menyelesaikan semua tugas sekolah. Dengan begitu, adik-adik bisa segera menyelesaikan tugas sekolah dan tidak terlambat dalam mengumpulkan tugas tersebut kepada guru. Kami melihat bahwa memang sekarang ini banyak siswa dan juga para orang tua mencari alternatif jawaban ini di internet untuk dimanfaatkan menjawab soal-soal pada buku siswa.

Melihat hal tersebutlah, kenapa kami disini hadir dan terus berupaya memberikan jawaban terbaik kepada adik-adik. Dengan harapan kami, bahwa jawaban yang kami hadirkan ini benar-benat bisa menjadi solusi dalam menjawab soal-soal yang sulit dan bisa segera menyelesaikan semua tugas sekolah. Dan tak hanya itu saja, namun kami juga berharap nilai yang kelak adik-adik dapatkan bisa bagus dan maksimal, sehingga nilai tersebut juga bisa membantu dalam meningkatkan nilai akhir pada raport semester.

Dan sebelum ini juga kami sudah cukup banyak memposting Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 yang jika belum sempat adik-adik lihat, silahkan buka kembali artikel kami sebelum ini. Dan kami harap, jawaban yang sudah adik-adik gunakan atau manfaatkan, dapat benar-benar membantu dalam menyelesaikan semua tugas sekolah yang ditugaskan oleh guru. Dan belum lama ini juga kami Sudha memposting Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 66, 67, 69, 70, 71, 73. Silahkan adik-adik lihat juga alternatif jawaban tersebut.

Kunci Jawaban Halaman 75, 76, 77, 78, 79, 83, 84 Tema 9 Kelas 6

Seperti mana yang adik-adik ketahui, bahwa sekarang ini adik-adik tengah mengerjakan tugas sekolah pada buku siswa tema9 kelas 6 subtema 2 pembelajaran 1. Tak terasa, adik-adik sekarang ini sudah masuk pada buku materi terakhir di semester genap atau semester dua. Buku siswa tema 9 ini adalah buku materi terakhir yang akan adik-adik pelajari pada semester ini. Selanjutnya, setelah adik-adik menyelesaikan semua kegiatan belajar, adik-adik akan mengikuti kegiatan akhir semester, yaitu ujian akhir semester.

Dan semester genap ini akan menjadi semester penentu bagi adik-adik dalam kelulusan nantinya. Maka dari itu, persiapankan diri adik-adik sebaik mungkin dengan memperbanyak belajar dan banyak mengulang materi pelajaran yang belum adik-adik pahami dengan baik. Dengan begitu, kami cukup yakin jika nantinya adik-adik bisa mengerjakan soal-soal pada kegiatan tersebut dengan mudah dan tak menutup kemungkinan, adik-adik bisa meraih nilai yang bagus.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 75

Bersama dengan teman sebangkumu lakukanlah kegiatan berikut.

1. Tuliskan sebanyak mungkin apa yang kamu ketahui tentang gambar tersebut!

Yang saya ketahui:

  • Gambar tersebut menunjukkan gambar bintang di langit.
  • Bintang memancarkan cahaya di malam hari.
  • Matahari merupakan sebuah bintang
  • Bintang tampak kecil karena jaraknya sangat jauh dari bumi.

2. Tuliskan hal-hal yang ingin kamu ketahui tentang gambar tersebut di dalam bentuk pertanyaan.

Pertanyaan:

  • Mengapa bintang memencarkan cahaya?
  • Berapa jumlah bintang di langit?
  • Apa nama bintang yang paling dekat dengan bumi?
  • Apa nama bintang paling terang yang terlihat di langit?
  • Mengapa kita terkadang bisa melihat bintang terkadang tidak?

Salah satu benda langit yang sering kamu lihat di malam hari yang cerah adalah bintang. Apakah bintang itu? Ayo, kita cari tahu tentang bintang dari bacaan berikut ini.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 76

Ayo Mencoba

Berdasarkan bacaan di atas, jawablah pertanyaan berikut ini dengan menggunakan kata-katamu sendiri.

1. Apakah yang disebut dengan bintang?

Bintang merupakan benda langit yang memancarkan cahayanya sendiri.

2. Mengapa bintang memiliki warna yang berbeda-beda?

Bintang memiliki warna yang berbeda-beda karena perbedaan suhu permukaan bintang tersebut

3. Mengapa Matahari disebut sebagai bintang?

Matahari disebut bintang karena mampu memncarkan cahayanya sendiri.

4. Apakah yang kamu ketahui tentang Matahari?

Matahari merupakan bintang yang letaknya paling dekat dengan Bumi. Matahari memiliki volume yang sangat besar yaitu sekitar satu juta kali volume Bumi. Matahari memiliki gaya gravitasi kurang lebih 28 kali lebih besar daripada gravitasi Bumi. Matahari menjadi pusat tata surya yang dikelilingi oleh delapan planet

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 77-78

Ayo Mengamati

Perhatikanlah keterangan tentang jarak Matahari dengan delapan planet dalam tata surya kita. Susunlah data tentang jarak Matahari ke planet-planet secara berurutan dan catat di tabel berikut. Kemudian cobalah untuk melengkapi tabel tersebut untuk mengetahui perbandingan jarak antara planet satu dengan yang lainnya dari Matahari. Perhatikan contoh yang disediakan

Apa yang dapat kamu simpulkan dari kegiatan di atas?

Matahari meupakan sebauah bintang. Matahari memiliki gaya gravitasi sangat besar yang menyebabkan gaya tarik menarik antara Matahari dengan planet-planet. Gaya gravitasi matahari menyebabkan Matahari menjadi pusat tata surya yang dikelilingi oleh delapan planet

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 79

Ayo Mencoba

Sistem tata surya kita selalu menarik untuk diteliti karena banyak misteri dan pertanyaan yang belum terjawab tentangnya. Model merupakan barang tiruan dari sesuatu dengan ukuran yang lebih kecil tetapi dengan bentuk atau rupa yang diusahakan mirip dengan yang ditiru.

Sistem tata surya kita telah dibuat berbagai model yang diharapkan dapat memberikan gambaran tentang tata surya yang sebenarnya. Pilihlah paling tidak dua model, yaitu model dua dimensi dan tiga dimensi yang ingin kamu buat, lalu gambarkan pada tabel berikut ini. Tentukan alat dan bahan apa saja yang menurutmu diperlukan untuk membuat model tersebut.

Sekarang, kamu mungkin telah mendapatkan gambaran lebih banyak tentang benda-benda langit yang kamu lihat.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 83-84

Ayo Menulis

A. Bacalah kembali cerita di atas dengan saksama. Lalu lengkapilah diagram berikut ini berdasarkan bacaan di atas.

B. Bacalah kembali cerita di atas dan juga hasil pekerjaanmu sebelumnya. Bayangkanlah kamu ada di dalam cerita itu dan ingin menjelaskannya kepada temanmu dengan menggunakan sebuah gambar. Gunakanlah imajinasimu untuk membuat gambar yang menjelaskan cerita di atas. Gunakanlah kotak di bawah ini untuk menggambarkannya. Lalu, berikanlah keterangan yang menarik di samping gambarmu!

Tuliskan beberapa pertanyaan sehubungan dengan kegiatan di atas sebagai bahan renungan. Simpan pertanyaanmu untuk ditanyakan pada kegiatan pembelajaran berikutnya.

Ayo Renungkan

Pernahkah kamu menyanyikan lagu “Bintang Kecil”? Lagu itu mendorong anak-anak untuk mengetahui lebih banyak tentang rahasia bintang di langit yang terang. Rahasia apa sajakah yang kamu pahami dari lagu itu? Hal baru apakah yang kamu dapatkan untuk memperkaya pemahamanmu tentang bintang di langit?

Pertanyaan apa lagi yang ingin kamu sampaikan untuk mengetahui lebih banyak tentang bintang sebagai salah satu benda luar angkasa?

Lagu Bintang Kecil menceritakan tentang seorang anak yang ingin terbang tinggi ke angkasa untuk menggapai bintang. Hal baru yang saya dapatkan adalah ternyata matahari merupakan sebuah bintang. Saya ingin tanyakan adalah apakah bintang yang terlihat dilangit setiap malam selalu sama?

Kerja Sama dengan Orang Tua

Pergilah bersama orang tuamu di salah satu malam yang cerah untuk mengamati bintang yang ada di langit. Gambarlah bintang-bintang yang paling terang yang dapat kamu amati saat itu. Adakah bentuk khusus yang kamu lihat?

Sirius merupakan bintang paling terang di langit malam. Saat terbaik untuk mengamati bintang tersebut yakni ketika memasuki tengah malam di bulan Desember-Januari karena posisinya tepat berada di atas kepala manusia.

Sekian artikel kami kali ini yang membahas tentang Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 75, 76, 77, 78, 79, 83, 84. Kami yakin, jika adik-adik bersungguh-sungguh dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah dan selalu teliti dalam mengerjakan soal-soalnya, pasti nilai yang akan diperolehpun bisa maksimal dan bagus. Kami juga selalu mengingatkan kepada adik-adik, meskipun kami disini sudah menyediakan jawaban terbaik, namun adik-adik juga harus selalu teliti dalam mengerjakan soal-soalnya. Pastikan adik-adik selalu mengecek setiap jawaban yang kami sediakan sebelum disalin ke buku tugas.

Mengerjakan tugas sekolah memang sudah menjadi bagian dalam kegiatan belajar di sekolah. Tugas sekolah menjadi salah satu alat penilaian guru dalam melihat kemampuan siswanya dan melihat keberhasilan pembelajaran yang diadakan. Dan nilai yang adik-adik dapatkan dari tugas-tugas sekolah juga akan sangat berguna dalam meningkatkan nilai akhir pada raport semester nantinya.

Namun tentunya tak cukup jika adik-adik hanya mengandalkan nilai dari tugas sekolah saja. Untuk bisa lulus dari sekolah, adik-adik harus bisa memenuhi standar nilai yang sekolah terapkan. Maka dari itu, raih juga nilai yang bagus dari berbagai kegiatan lainnya seperti ulangan harian, tugas praktek, dan ujian akhir semester.

Sumber : Buku Siswa SD/MI Kelas VI

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 75, 76, 77, 78, 79, 83, 84 Tema 9 Kelas 6 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 1"