√ Kunci Jawaban Halaman 82, 85, 86, 92, 93 Tema 9 Kelas 5 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 3 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 82, 85, 86, 92, 93 Tema 9 Kelas 5 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 3

Kunci jawaban Tema 9 Benda-Benda di Sekitar Kita Kelas 5 halaman 82, 85, 86, 92, 93 subtema 2 Benda dalam Kegiatan Ekonomi pembelajaran 3 buku siswa tematik SD K13 revisi dibawah ini kami buat dan siapkan untuk adik-adik sekolah dasar kelas 5 yang sekarang ini kami tahu sedang sibuk-sibuknya mengerjakan tugas-tugas sekolah yang harus segera dikumpulkan kepada guru untuk nantinya dikoreksi dan diberi nilai sesuai dengan jumlah benar dari tugas tersebut. Kami tahu kalau sekarang ini banyak siswa sekolah dasar yang memilih mencari jawaban di internet untuk menjawab soal-soal pada buku pelajaran yang mungkin saja sebagian soal pada buku pelajaran tersebut menjadi tugas sekolah.

Adik-adik memang sekarang sedang disibukan dengan tugas sekolah, apalagi dalam situasi pembelajaran seperti saat ini. Dimana masih banyak sekolah yang harus menerapkan kegiatan belajar secara online. Maka hal tersebut juga pasti akan berdampak atau berimbas kepada kegiatan belajar siswa. Salasah satunya adalah siswa akan lebih banyak diberikan tugas oleh guru untuk nantinya dikerjakan di rumah dan dikumpulkan kembali kepada guru. Maka tak heran jika kami masih melihat ada siswa yang mengeluh, karena banyaknya tugas yang harus segera diselesaikan. Dan tak heran jika alternatif jawaban seperti in imenjadi pilihan adik-adik dalam menyelesaikan tugas sekolah.

Kami selalu berusaha menyediakan jawaban terbaik yang tepat dan benar untuk adik-adik. Agar dengan jawaban yang kami buat ini adik-adik bisa dengan mudah menyelesaikan semua tugas sekolah. Dan nilai yang nantinyapun diperoleh oleh adik-adik dari tugas yang dikerjakan bisa bagus dan tinggi. Dengan adik-adik bisa mendapatkan nilai yang bagus, tentu juga akan sangat membantu adik-adik dalam meningkatkan nilai akhir pada raport akhir semester. Dan dalam menjawab soal-soal pada buku pelajaranpun kami tentunya tidaklah sembarangan, namun kami mencoba mencari jawaban yang tepat, baik pada buku pelajaran, maupun diluar buku pelajaran.

Sebelumya kami juga telah banyak memposting Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 yang kami yakini sebelum inipun adik-adik sudah pernah melihat dan memanfaatkannya. Jika memang sebelum ini adik-adik juga sudah pernah menggunakan jawaban yang kami buat, kami berharap nilai yang adik-adik peroleh bisa bagus dan maksimal, sehingga nantinya benar-benar bisa membantu meningkatkan nilai akhir pada raport semester adik-adik. Dan lihat juga Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 70, 71, 72, 73, 75, 78, 79 yang juga telah kami posting beberapa waktu yang lalu.

Kunci Jawaban Halaman 82, 85, 86, 92, 93 Tema 9 Kelas 5

Kami mengerti jika adik-adik sangat memerlukan alternatif jawaban seperti ini. Dan jawaban yang kami bagikan ini pastinya sudah merupakan jawaban terbaik yang kami anggap jawaban ini sudah benar dan tepat. Namun kami juga masih tetap menyarankan agar adik-adik bisa teliti dalam mengerjakan soal-soalnya. Pastikan adik-adik sudah mengecek jawaban kami sebelum di salin ke buku tugas. Dengan begitu, setidaknya adik-adik bisa lebih maksimal dalam mengerjakan tugas sekolah.

Dan kalaupun nantinya adik-adik masih menemukan jawaban yang kurang tepat, maka silahkan saja cari jawaban yang lebih tepat. Dan kami harap adik-adik mulai serius dan giat dalam belajar, apalagi semester ini merupakan semester akhir yang sangat menentukan bagi adik-adik dalam kenaikan kelas nantinya. Maka perbanyak mengulang dan mempelajari kembali materi pelajaran yang belum adik-adik pahami dengan baik.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 82

Ayo Berlatih

Kamu telah mengetahui ciri-ciri bahasa iklan elektronik. Sekarang perhatikan iklan-iklan elektronik. Identifikasilah ciri-ciri bahasa yang mampu menarik perhatian khalayak pada iklan tersebut. Tuliskan secara detail hasil identifikasimu dan presentasikan hasil tugasmu di depan kelas.

1. Produk yang diiklankan:

Mi Instant

Ciri-ciri bahasa yang terkandung dalam iklan:
Kalimat dalam iklan tersebut bersifat singkat, padat, menarik, dan jelas. Pilihan kata yang digunakan menunjukkan sasaran, dengan menekankan pada kata "Puas Sedapnya", sehingga khalayak terpengaruh  untuk menikmati kesedapan mie tersebut.

2. Produk yang diiklankan:

Bimbingan Belajar

Ciri-ciri bahasa yang terkandung dalam iklan:
Kalimat dalam iklan tersebut bersifat singkat, padat, menonjolkan informasi yang dipentingkan, dan jelas. Pilihan kata yang digunakan memiliki sugesti bagi khalayak, dengan menekankan pada kata "Belajarnya Nomor Seru, kualitasnya nomor satu" sehingga khalayak terpengaruh untuk menikmati mengikuti bimbingan belajar tersebut agar belajar seru dengan kualitas nomor satu.

3. Produk yang diiklankan:

Mobil

Ciri-ciri bahasa yang terkandung dalam iklan:
Kalimat dalam iklan tersebut bersifat singkat, padat, menarik, pilihan kata yang tepat, Pilihan kata yang digunakan memiliki sugesti bagi khalayak, dengan menekankan pada kata "Satu untuk sejuta impian", sehingga khalayak terpengaruh untuk membeli mobil tersebut.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 85

Ayo Berdiskusi

Kamu telah mengamati beberapa contoh peristiwa dalam kehidupan sehari-hari yang mencerminkan makna pentingnya persatuan dan kesatuan. Berdasarkan contoh tersebut dapat diambil kesimpulan beberapa makna penting persatuan dan kesatuan. Apa sajakah makna penting persatuan dan kesatuan bangsa?

Diskusikan bersama teman satu kelompokmu dan tuliskan hasil diskusi pada kotak berikut. Presentasikan hasil diskusi kelompokmu di depan kelas.

Laporan Hasil DiskusiMakna penting persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia sebagaiberikut.

  1. Menjalin kebersamaan dan saling melengkapi antara satu sama lain
  2. Menjaga keharmonisan untuk hidup secara berdampingan.
  3. Menepiskan semua perbedaan yang ada dalam masyarakat.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 86

Ayo Berlatih

Menjalin persatuan dan kesatuan hendaknya kamu biasakan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya dalam bentuk kegiatan gotong royong dan bekerja sama dalam menyelesaikan tugas kelompok. Masih banyak peristiwa dalam kehidupan sehari-hari yang biasa kamu alami atau kamu saksikan sebagai pencerminan sikap menjalin persatuan dan kesatuan. Sekarang, identifikasilah peristiwa-peristiwa dalam kehidupan sehari-hari sebagai bentuk pencerminan sikap menjalin persatuan dan kesatuan. Tuliskan dalam kotak berikut.

Peristiwa-peristiwa dalam kehidupan sehari-hari yang mencerminkan sikap menjalin persatuan dan kesatuan seperti berikut.

  1. Menyaksikan Festival Budaya Nusantara
  2. Memberikan kebebasan beribadah bagi warga lain yang berbeda agama
  3. Hidup berdampingan dengan warga yang berbeda suku, agama, dan budaya
  4. Ikut bergotong royong di lingkungan sekitar
  5. Kekerja sama dan bahu membahu menyelesaikan pembangunan balai RT

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 92

Ayo Berlatih

Banyak kegiatan ekonomi yang dilakukan masyarakat di lingkungan sekitar kita, misalnya jasa tata boga, jasa angkutan umum, jasa pangkas rambut, pembuat gula merah, dan usaha kepariwisataan. Sekarang coba kamu lakukan pengamatan kegiatan ekonomi yang dilakukan masyarakat tempat tinggalmu. Identifikasilah kegiatan-kegiatan ekonomi yang menghasilkan produk unggulan dari masyarakat tempat tinggalmu.

Hasil Identifikasi Kegiatan-Kegiatan Masyarakat di Lingkungan Sekitar:

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 93

Ayo Berdiskusi

Banyak benda-benda bekas di sekitarmu yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber penghasilan. Tentu saja dengan cara mendaur ulang, misalnya memanfaatkan gelas plastik bekas air mineral untuk bahan membuat bunga plastik. Selain itu, dapat pula memanfaatkan kerang-kerang sebagai bahan membuat hiasan atau pigura, dan masih banyak lagi yang lainnya. Kesemuanya itu dapat dijual di tempat wisata sebagai suvenir. 

Pernahkah kamu menemukan kegiatan ekonomi dengan memanfaatkan benda-benda bekas? Diskusikan bersama dua orang temanmu dengan menyebutkan benda bekas, cara pengolahan, dan cara penjualan hasil pengolahan. Tuliskan hasil diskusi pada kolom berikut.

Benda bekas yang digunaka : Tutup Botol bekas

Cara pengolahan :
Tutup botol bekas dicuci bersih, kemudian dipilah-pilah berdasarkan ukuran dan warna. Kemudian tutup botol diberi lubang di ke-4 sisi samping secara sejajar dengan menggunakan alat solder. Kemudian tiap tutup botol disambung menyamping dengan kawat kecil atau tali plastik khusus, hingga menyambung dengan panjang sesuai kebutuhan/sesuai selera, kemudian dirangkai sehingga terbentuk keranjang sampah atau pot bunga.

Cara penjualan : 
Dengan bekerja sama dengan pemilik warung/toko suvenir yang berada di daerah wisata.

Ayo Renungkan

Apa yang sudah kamu pelajari hari ini? Apakah kamu sudah memahami semua kegiatan yang kamu lakukan hari ini? Adakah yang ingin kamu tanyakan kepada teman, Bapak atau Ibu Guru terkait dengan materi yang kamu pelajari? Ayo, bertanyalah untuk kemajuan dirimu.

Hari ini saya telah belajar tentang sikap rasa ingin tahu, percaya diri, dan bertanggung jawab Pengetahuan tentang ciri Iklan elektronik, makna penting persatuan dan kesatuan, kegiatan ekonomi. Keterampilan tentang mengidentifikasi, mengomunikasikan, menuliskan.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Banyak kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh orang tua yang bisa kamu pelajari. Bekerja samalah dengan orang tuamu untuk melakukan kegiatan ekonomi yang dilakukan orang tuamu. Dengan demikian, kamu mempunyai pengalaman melakukan kegiatan ekonomi sebagai modal kelak setelah kamu terjun langsung dalam kegiatan ekonomi dalam kehidupan sehari-hari. Tuliskan kegiatan ekonomi yang sudah kamu lakukan bersama orang tuamu.

Kegiatan ekonomi yang sudah saya lakukan bersama orang tua adalah konsumsi berbagai macam makanan, membuat berbagai macam kue jajanan pasar, menjual atau mendistribusikan kue tersebut kepada para konsumen

Sekian postingan kami kali ini yang membahas tentang Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 82, 85, 86, 92, 93. Kami berharap jawaban yang kami sediakan pada blog Pojok Edukasi ini benar-benar bisa membantu adik-adik yang kesulitan menjawab soal-soal yang sulit yang menjadi tugas sekolah saat ini. Selain itu kami juga berharap nilai yang adik-adik dapatkan bisa bagus dan tinggi. Karena nilai yang bagus akan sangat membantu adik-adik dalam meningkatkan nilai akhir pada raport semester.

Bisa mendapatkan nilai yang bagus sangat penting sekali bagi adik-adik. Apalagi pada sekarang ini sudah memasuki semester akhir dan menjadi semester penentu bagi adik-adik dalam menentukan kenaikan kelas. Namun nilai dari tugas sekolah saja tidak cukup, adik-adik juga harus bisa mendapatkan nilai yang bagus dari kegiatan lainnya yang diadakan oleh guru maupun oleh sekolah. seperti ulangan harian, tugas praktek dan ulangan akhir semester.

Namun untuk kegiatan ulangan, adik-adik tidak bisa mengandalkan orang lain atau alternatif jawaban. Karena untuk bisa menjawab soal-soal pada kegiatan ulangan harian maupun ulangan akhir semester aidk-adik harus paham dan mengerti dengan materi pelajaran yang keluar. Oleh karena itu mulailah serius dalam belajar dan banyak-banyak mengulang dan mempelajari kembali materi pelajaran yang belum adik-adik pahami dengan baik.

Sumber : Buku Siswa SD/MI Kelas V

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 82, 85, 86, 92, 93 Tema 9 Kelas 5 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 3"