√ Kunci Jawaban Halaman 97, 99, 100, 103, 104, 105, 106 Tema 9 Kelas 6 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 3 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 97, 99, 100, 103, 104, 105, 106 Tema 9 Kelas 6 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 3

Kunci jawaban Tema 9 Menjelajah Angkasa Luar Kelas 6 halaman 97, 99, 100, 103, 104, 105, 106 subtema 2 Benda Angkasa Luar dan Rahasianya pembelajaran 3 buku siswa tematik K13 revisi berikut ini kami sediakan untuk membantu adik-adik yang memang sekarang in tengah kesulitan menjawab beberapa soal pada buku pelajaran yang menjadi tugas sekolah sekarang ini. Dengan memanfaatkan jawaban yang kami posting ini, kami yakin adik-adik akan dengan mudah bisa menyelesaikan tugas sekolah tersebut dan nilai yang nantinya diperoleh akan bagus dan tinggi. Karena memang jawaban yang kami sediakan ini diambil dari referensi yang bagus.

Kami sadari jika sekarang ini adik-adik tengah sibuk mencari alternatif jawaban di internet. Bahkan bukan hanya siswa saja yang mencari alternatif jawaban seperti ini, tak sedikit juga para orang tua turut andil dalam membantu anaknya mencari alternatif jawaban seperti ini untuk membantu anaknya menyelesaikan tugas sekolah. Kami tahu, mungkin adik-adik sekarang ini tengah kesulitan menjawab beberapa soak yang belum ditemukan jawabannya pada buku. Atau memang jawabannya perlu referensi, karena tidak ada pada buku pelajaran.

Melihat hal tersebut, kami hadir dan terus berupaya menyediakan jawaban yang bagus dan tepat menurut kami. Yang mana nantinya jawaban ini bisa adik-adik manfaatkan dengan baik untuk menjawab soal-soal yang mungkin belum terjawab oleh adik-adik. Dan tujuan lainnya tentu dengan jawaban ini, semoga adik-adik bisa mendapatkan nilai yang bagus dan tinggi. Karena kami cukup yakin jika jawaban ini bisa menjadi jawaban yang tepat dan benar.

Sebelumnya, kami juga sudah cukup banyak berbgai kepada adik-adik Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 yang mungkin saja sudah banyak adik-adik manfaatkan. Jika memang begitu, semoga saja nilai yang adik-adik dapatkan dari tugas sebelumnya bisa bagus dan tinggi, sehingga dengan nilai tersebut adik-adik bisa membantu meningkatkan nilai kahir pada raport semester. Dan kami juga sudah memposting Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 88, 89, 91, 92, 93, 95, 96 belum lama ini. Silahkan adik-adik cari dan lihat jika memang masih diperlukan.

Kunci Jawaban Halaman 97, 99, 100, 103, 104, 105, 106 Tema 9 Kelas 6

Pastinya adik-adik akan berharap, tugas sekolah yang adik-adik kerjakan bisa mendapatkan nilai yang bagus dan tinggi. Kamipun demikian, karena kami cukup yakin dengan jawaban yang kami sediakan ini, bisa menjadi solusi bagi adik-adik yang kesulitan dalam menjawab soal pada buku pelajaran. Apalagi adik-adik tahu bahwa semester ini merupakan semester akhir yang akan sangat menentukan sekali dalam kelulusan nantinya. Maka sangat perlu sekali bisa mendapatkan nilai yang bagus.

Namun tak cukup jika hanya mengandalkan nilai dari tugas sekolah saja, akan tetapi adik-adik juga perlu mendapatkan nilai yang bagus dari kegiatan lainnya, seperti ulangan harian, tugas praktek, dan ujian akhir semester. Maka sangat perlu sekali persiapan untuk mengikuti kegiatan tersebut. Perbanyak belajar dan sering-sering mengulang materi yang belum adik-adik pahami dengan baik.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 97

Ayo Berdiskusi

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan salah satu akibat dari modernisasi. Perubahan yang terjadi karena modernisasi tampak dari benda-benda berteknologi yang kamu gunakan sehari-hari di rumah. Diskusikanlah bersama dengan teman sebangkumu mengenai alat atau benda apa saja yang merupakan hasil pengembangan teknologi. Misalnya, kamu menggunakan buku dan pensil untuk menulis dan mencatat. Pada zaman dahulu orang menggunakan sebuah papan kecil dan menuliskannya dengan menggunakan kapur atau arang. Namun saat ini kamu juga melihat orang menggunakan alat elektronik untuk mencatat, tidak lagi menggunakan buku dan pena seperti biasanya.

Bersama dengan teman sebangkumu, tentukanlah kurang lebih lima benda yang ada di sekitarmu. Cari tahu bagaimana alat tersebut telah berkembang hingga saat ini dengan cara membandingkannya dengan alat yang memiliki kegunaan yang sama yang digunakan pada masa lalu.

Apakah yang dapat kamu simpulkan dari hasil diskusimu tersebut?

Kesimpulan : Perkembangan teknologi terjadi karena kebutuhan manusia yang semakin beragam dan cepat. Modernisasi menjadi salah satu hal yang tidak bisa dihindarkan, namun masih dapat dihadapi dengan bijak

Modernisasi memang telah memengaruhi gaya hidup masyarakat kita. Bagaimana modernisasi memengaruhi budaya masyarakat kita? Bacalah bacaan berikut ini dengan saksama.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 99

Ayo Berdiskusi

Lakukan kegiatan berikut ini dengan memperhatikan instruksi yang diberikan. Membuat Ringkasan Dengan menggunakan bacaan di atas dan sumber informasi lainnya yang sesuai, buatlah sebuah ringkasan dalam bentuk yang paling kamu sukai, misalnya berupa peta pikiran, tabel, poster, atau gambar. Ringkasanmu sebaiknya memuat beberapa hal berikut ini:

  1. Bagaimana modernisasi memengaruhi gaya hidup dan cara berpikir masyarakat modern.
  2. Menjelaskan contoh setiap pengaruh modernisasi yang disebutkan dalam artikel. Contoh lain bisa didapatkan dari sumber informasi lain yang sesuai.
  3. Tulisan dan gambar keseluruhan jelas dan mudah dibaca. Dapat menggunakan pensil warna atau spidol untuk memperjelas dan membuatnya menarik

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 100

Ayo Berlatih

Membuat Kliping Dampak Modernisasi Terhadap Budaya Masyarakat

Lakukanlah kegiatan ini secara berpasangan. Kumpulkanlah paling sedikit satu artikel dan gambar dari surat kabar, majalah, atau media lain. Artikel dan gambar yang digunakan harus menjelaskan pengaruh modernisasi terhadap budaya masyarakat Indonesia. seperti yang telah kamu pahami dari artikel di atas dan kegiatan sebelumnya Jangan lupa mencantumkan sumbernya.

Buatlah klipingmu semenarik mungkin untuk mengundang orang lain untuk membacanya.

Contoh Keliping: Download disini

Ayo Menulis

Tulislah kesimpulanmu tentang pemahaman yang kamu dapatkan tentang pengaruh modernisasi terhadap budaya masyarakat, terutama masyarakat Indonesia.

Pengaruh modernisasi terhadap perubahan budaya masyarakat Indonesia yaitu perubahan dari cara-cara tradisional ke cara-cara baru yang lebih maju yang dimaksudkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pengaruh modernisasi memang nyata di dalam kehidupan sehari-hari. Masyarakat kita tidak dapat menghindar dari pengaruh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang menjadi pendorong terjadinya modernisasi. Berbagai bukti perkembangan teknologi ada di sekitar kita. Salah satunya adalah tempat Observatorium Bosscha di Bandung. Pernahkah kamu mengunjunginya?

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 103-104

Ayo Menulis

Berdasarkan cerita fiksi di atas, lakukanlah kegiatan berikut ini secara mandiri. 

A. Bagilah cerita di atas menjadi tiga bagian: awal, tengah, dan akhir. Lalu gambarlah peristiwa penting yang menjelaskan isi cerita bagian awal, tengah dan akhir. Berilah keterangan pada setiap gambar yang kamu buat. Gunakan diagram berikut ini.

Penjelasan:

  • Judul : Berkunjung Ke Observatorium Boscha
  • Pengarang : Diana Karitas
  • Bagaian Awal : Rombongan siswa kelas VI sekolah Rima mengunjungi Observatorium Boscah di Lembang, Bandung, Jawa Barat.
  • Bagian tengah : Di dalam observatorium mereka mendengan suara seseorang menangis. Ternyata Agatha teman satu sekolah Rima tertinggal dari rombongan.
  • Bagian AKhir : Sambil menunggu Kak Yani menghubungi rombongan. Rima membagi minumannya agar Agatha tenang. Rima bersyukur karena diperingatkan peristiwa ini.

B. Jika kamu adalah penulis cerita di atas, dan kamu diberikan kesempatan untuk mengubah jalan ceritanya, bagian manakah yang ingin kamu ubah? Akan seperti apakah cerita di atas jika kamu ubah? Cobalah untuk menuliskannya di tempat yang disediakan berikut ini.

Menurut saya bagian yang akan saya ubah adalah bagian tengah, sehingga jalan ceritanya akan seperti di bawah ini :

Rima yang berada di bagian belakang rombongan mendengar suara anak perempuan menangis. Rima berusaha mencari asal suara tersebut, sehingga tanpa sadar Rima juga ikut terpisah dari rombongannya. Rima memang akhirnya mengetahui suara anak yang menangis tersebut. Ternyata suara tangisan itu adalah suara Agatha yang juga terpisah dari rombongan kelasnya. Rima dan Agatha akhirnya sama-sama terpisah dari rombongan, sehingga kepanikan sempat melanda kedua siswa kelas enam tersebut. Namun Rima tidak larut dalam kepanikan. Segera ia mengajak Agatha untuk mencari petugas observatorium Bosscha dan meminta tolong ke bagian informasi untuk memberitahukan keberadaan mereka kepada rombongan.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 105

Ayo Berdiskusi

Banyak peristiwa di sekitar kita yang menunjukkan persatuan dan kesatuan bangsa. Berdasarkan artikel di atas, bersama dengan teman sebangkumu cobalah untuk mencari tahu dengan saksama peristiwa apa saja yang terjadi menunjukkan persatuan dan kesatuan bangsa. Jelaskan juga bagaimana peristiwa-peritiwa itu berhubungan dengan sila-sila dalam Pancasila. Tuliskanlah hasil diskusimu di atas selembar kertas, lalu bacakanlah secara bergiliran di dalam diskusi kelas. Tempelkanlah hasil diskusimu di papan tulis.

Beberapa peristiwa yang menunjukkan persatuan dan kesatuan dalam khidupan sehari-hari antara lain sebagai berikut :

  1. Contoh peristiwa yang menunjukan persatuan dan kesatuan yang berhubungan dengan sila pertama adalah saling menghormati antar pemeluk agama..
  2. Contoh peristiwa yang menunjukkan persatuan dan kesatuan yang berhubungan dengan sila kedua adalah tidak membeda-bedakan teman berdasarkan suku, bangsa dan agama.
  3. Contoh peristiwa yang menunjukkan persatuan dan kesatuan yang berhubungan dengan sila ketiga adalah memilih menggunakan produk-produk dalam negeri daripada produk impor.
  4. Contoh peristiwa yang menunjukan persatuan dan kesatuan yang berhubungan dengan sila keempat adalah tidak memaksakan pendapat kepada orang lain
  5. Contoh peristiwa yang menunjukan persatuan dan kesatuan yang berhubungan dengan sila kelima adalah ikut memberikan sumbangan bagi korban bencana alam

Ayo Berlatih

Bersama dengan teman sekelompok carilah artikel-artikel di majalah atau surat kabar yang menjelaskan tentang peristiwa persatuan dan kesatuan di dalam masyarakat kita. Lakukan penelaahan terhadap peristiwa tersebut dan hubungkan dengan sila-sila dalam Pancasila yang berhubungan dengan usaha meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa. Presentasikanlah hasil pekerjaanmu di depan kelas.

Laz Harfa Berangkatkan Relawan Bantu Korban Gempa Majene

Sumber : https://www.republika.co.id/berita/qn46fc349/laz-harfa-berangkatkan-relawan-bantu-korban-gempa-majene-part1)

“Bantuan awal yang diberikan untuk tanggap bencana ini berupa dapur umum, makanan cepat saji, pakaian, selimut, dan kebutuhan lain yang memang sangat dibutuhkan saat ini” ungkap Indah.

Indah juga mengatakan bahwa dalam jangka Panjang LAZ Harfa akan mendampingi para penyintas secara berkelanjutan “ Untuk selanjutnya, LAZ Harfa akan melakukan proses pemberdayaan menggerakkan ekonomi warga yang terdampak bencana” pungkas Indah. 

Sampai saat ini LAZ Harfa juga terus mengajak seluruh elemen masyarakat untuk saling bahu membahu membantu para korban bencana Gempa di Majene, Sulawesi Barat yang saat ini sangat membutuhkan bantuan. 

Selain itu, Laz Harfa juga turut merespons bencana lainnya yang terjadi di Indonesia di mulai dari Longsor Sumedang, Meletusnya Gunung Semeru hingga Banjir di Kalimantan Selatan. LAZ Harfa Kuatkan Indonesia dengan kepedulian-kepedulian dari para donatur, muzzaki, komunitas, masjid, sekolah-sekolah, dan semua elemen masyarakat lainnya baik.

Telaah :
Kegiatan yang dilakukan Laz Harfa sesuai dengan sila kedua pancasila yaitu kemanusiaan yang adil dan beradab. Mereka menunjukkan nilai kemanusiaan yang menekankan pada rasa kasih sayang yang beradab. Kegiatan yang mereka lakukan semakin memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 106

Ayo Renungkan

Pernahkah kamu membayangkan jika hidup sama seperti ketika orang tua atau kakek nenekmu hidup dulu? Sikap dan keterampilan apa sajakah yang diperlukan untuk menjalani kehidupan seperti itu? Apakah sikap dan keterampilan itu masih diperlukan pada saat kamu menjalani kegiatanmu sehari-hari pada masa kini?

Sikap yang diperlukan adalah percaya diri, mandiri, dan kerja keras, keterampilan yang diperlukan adalah mampu memmanfaatkan teknologi yang ada saat itu. Sikap dan keterampilan tersebut tentu saja masih diperlukan pada kehidupan masa kini

Kerja Sama dengan Orang Tua

Diskusikanlah dengan orang tuamu peristiwa dan kegiatan apa saja yang pernah terjadi di lingkunganmu yang menunjukkan persatuan dan kesatuan masyarakat di tempat kamu tinggal..

Kegiatan yang menunjukkan persatuan dan kesatuan di lingkunganku antara lain menengok tetangga yang sedang sakit, membantu tetangga yang sedang hajatan, gotong royong membersihkan lingkungan, bersama-sama menjaga keamanan lingkungan dan lain sebagainya.

Sekian postingan kami kali ini yang membahas mengenai Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 97, 99, 100, 103, 104, 105, 106. Kami yakin dengan adanya alternatif jawaban ini, akan sangat membantu adik-adik yang sekarang ini memang kesulitan menjawab beberapa soal pada buku pelajaran. Bahkan mungkin jawabannya tidak ada pada buku pelajaran, maka perlu mencari referensi diluar buku. Dengan jawaban yang kami sediakan ini, semoga adik-adik bisa segera menyelesaikan tugas sekolah tersebut.

Seperti yang sering kami sampaikan, bahwa tugas sekolah cukup penting sekali bagi adik-adik untuk dikerjakan. Karena nilai yang nantinya akan adik-adik peroleh dari tugas tersebut, akan dicatat oleh guru, unuk kemudian nantinya pada akhir semester semua nilai yang diperoleh akan dihitung dan dumasukan pada raport semester. Untuk itu, kerjakan dengan maksimal setiap tugas yang guru berikan kepada adik-adik.

Selain mengerjakan tugas sekolah, adik-adik juga harus mulai mempersipakan diri sebaik mungkin  untuk mengikuti kegiatan ulangan harian, maupun ujian akhir semester nantinya. Karena nilai yang adik-adik peroleh selama kegiatan belajar ini akan sangat menentukan sekali dalam kelulusan nantinya. Maka dari itu raih nilai terbaik dari setiap tugas dan kegiatan yang guru adakan.

Sumber : Buku Siswa SD/MI Kelas VI

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 97, 99, 100, 103, 104, 105, 106 Tema 9 Kelas 6 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 3"