√ Kunci Jawaban Halaman 65, 66, 68, 69 Tema 6 Kelas 6 Buku Siswa Subtema 2 Pembelajaran 4 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 65, 66, 68, 69 Tema 6 Kelas 6 Buku Siswa Subtema 2 Pembelajaran 4

Kunci jawaban tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera kelas 6 halaman 65, 66, 68, 69 subtema 2 Membangun Masyarakat Sejahtera pembelajaran 4 buku siswa tematik kurikulum 2013 revisi yang kami buat serta siapkan berikut ini bisa adik-adik manfaatkan sebagai alternatif jawaban untuk mengisi soal-soal pada buku siswa yang menjadi tugas adik-adik. Kami yakin jawaban yang kami buat ini bisa membantu dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah dan nilai yang akan adik-adik peroleh juga bisa bagus. Karena kami membuat alternatif jawaban ini dengan sebaik mungkin.

Kunci Jawaban Halaman 65, 66, 68, 69 Tema 6 Kelas 6

Pada kenyataannya memang sekarang ini banyak dari siswa yang memanfaatkan alternatif jawaban untuk menjawab soal-soal pada buku pelajaran. Bahkan bukan hanya siswa saja, namun bagi orang tua yang terlibat dalam membantu anaknya mengerjakan tugas sekolah, juga banyak yang mencari alternatif jawaban seperti ini. Kamipun melihat hal ini dengan serius dan memutuskan untuk ikut andil dalam menyediakan jawaban-jawaban yang diperlukan oleh adik-adik. Maka dari itu kami juga tidak asal dalam menyediakan jawabannya, kami sebelumnya sudah mempelajari dan memahami materi pada buku pelajaran, baru kemudian menjawab soalnya.

Dan pada postingan kami yang lalupun kami telah berbagi Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 yang masih bisa adik-adik lihat dan cari pada blog ini, dan manfaatkan jawabannya jika memang masih diperlukan untuk menyelesaikan tugas sekolah. Dan lihat juga Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 60, 61, 62, 63 yang kemaren sudah kami posting. Pastinya adik-adik masih memerlukan jawaban tersebut, karena jawaban tersebut merupakan jawaban untuk tugas pada pembelajaran sebelum ini.

Lanjutan Jawaban:

Kami selalu mengingatkan adik-adik, agar sebelum menggunakan dan memanfaatkan alternatif jawaban yang kami posting ini, terlebih dahulu sekiranya adik-adik dapat mencari jawabannya sendiri pada buku siswa. Kami yakin adik-adikpun bisa mencari jawabannya, bagi soal-soal yang memang jawabannya ada pada buku siswa. Namun jika adik-adik tidak juga dapat menjawab sendiri soal-soal tersebut, barulah memanfaatkan alternatif jawaban seperti ini.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 65, 66, 68, 69

Buku siswa tema 6 kelas 6 sendiri adalah buku materi lanjutan dari semester ganjil. Dan buku siswa tema 6 ini merupakan buku materi pelajaran pertama sekali yang dipelajari pada semester genap dan akan terus berlanjut sampai buku siswa tema 9. Setelah semua kegiatan belajar mengajar selesai sampai buku siswa tema 9, barulah adik-adik akan melaksanakan kegiatan ulangan akhir semester, atau saat ini dikenal dengan penilaian akhir semester.

Tugas-tugas sekolah yang terdapat pada buku siswa tema 6 ini tak semuanya tentang soal-soal latihan saja. Namun adik-adik juga akan menemukan jenis tugas lainnya seperti membuat karya seni, melakukan pengamatan, membuat laporan percobaan, berdiskusi, bernyanyi dan lainnya. Dari sekian tugas yang ada, kami mencoba menyediakan jawaban-jawabannya, yang nantinya bisa adik-adik manfaatkan.

Dan kami berharap semua jawaban yang kami buat untuk memudahkan adik-adik dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah, dapat menjadi jawaban yang tepat dan benar sehingga nantinya bisa mendapatkan nilai yang bagus dan maksimal. Dan kami juga mengingatkan agar adik-adik selalu semangat dalam belajarnya, karena ada kegiatan lain yang bisa sewaktu-waktu adik-adik ikuti, yaitu ulangan harian.

Kunci Jawaban Halaman 65 Tema 6 Kelas 6

Ayo Berlatih

Sudahkah Kamu Masuk Masa Pubertas?

Masa pubertas dapat dibedakan dengan masa kanak-kanak atau anak-anak. Isi tabel dengan tanda centang (√) pada kolom yang tersedia. Untuk kolom kesimpulan isi berdasarkan jawaban atas lima pertanyaan yang tersedia. Jika jawaban lebih banyak pada kolom “Sudah” berarti kesimpulannya kamu sudah memasuki masa pubertas. Sebaliknya, jika jawaban lebih banyak pada kolom “Belum” berarti kamu masih anak-anak (kanak-kanak).

Kolom diisi oleh anak laki-laki (hanya sebagai Contoh)

Kunci Jawaban Halaman 65, 66, 68, 69 Tema 6 Kelas 6

Kolom diisi oleh anak perempuan (hanya sebagai Contoh)

Kunci Jawaban Halaman 65, 66, 68, 69 Tema 6 Kelas 6

Kunci Jawaban Halaman 66 Tema 6 Kelas 6

Ayo Berlatih

Kamu telah membaca dengan cermat teks nonfiksi berjudul Tari Klana Topeng. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini.

1. Informasi apakah yang kamu harapkan ketika kamu baru membaca judul teks nonfiksi (Tari Klana Topeng)?

Informasi tentang tari Klana Topeng.

2. Sesuaikah antara harapan informasi yang kamu peroleh ketika baru membaca judul teks nonfiksi dengan informasi yang kamu peroleh setelah membaca teks nonfiksi berjudul Tari Klana Topeng?

Sesuai, judul menunjukkan isi bacaan

3. Informasi apakah yang kamu peroleh setelah membaca teks nonfiksi berjudul Tari Klana Topeng?

Informasi yang diperoleh setelah membaca teks non fiksi berjudul Tari Klana Topeng adalah mengetahui asal Tari Klana Topeng, unsur-unsur tari saman, dan busana serta properti tari Klana Topeng

Kunci Jawaban Halaman 68 Tema 6 Kelas 6

Ayo Berlatih

Berlatihlah memperagakan gerak-gerak tari kreasi bentuk tunggal di atas. Setelah melakukan latihan memperagakan gerak tari tersebut, ungkapkan pendapatmu mengenai gerakan. Apakah gerak tari di atas sulit diperagakan? Tuliskan dalam kolom berikut.

Jawaban berdasarkan pendapat adik-adik sendiri, berdasarkan percobaan yang sudah adik-adik lakukan. Misalnya, Saya telah mencoba memperagakan gerak-gerakan tari kreasi ini, dan menurut saya gerakannya cukup sulit, saya harus begitu bisa melakukannya, namun dengan latihan yang sering pasti akan bisa.

Ayo Mengamati

Buatlah kelompok terdiri atas 5 anak. Lakukan pengamatan terhadap sebuah tarian kreasi daerah bersama teman satu kelompokmu. Cermati tahapan penampilan karya tari kreasi daerah tersebut. Tuliskan unsur-unsur tari dari tarian yang kamu amati.

Alternatif Jawaban :

Pengamatan 1

Nama Tarian : Gambir Anom

Asal daerah Tarian : Jawa Tengah

Unsur Karya tari yang diamati : Raga, irama, tata rias, properti

Tanggapan terhadap karya tari : Tarian ini menceritakan tentang tokoh Irawan yang sedang jatuh cinta. Tarian ini memamerkan gerakan yang gemulai juga sedikit gerakan pantonim. Properti tari yang digunakan berupa sampur.

Pengamatan 2

Nama Tarian : Tari Jaipong

Asal daerah Tarian : Jawa Barat

Unsur Karya tari yang diamati : Raga, irama, tata rias, properti

Tanggapan terhadap karya tari : Tari jaipong juga melambangkan kebebasan dan pemberontakan melalui gerakan-gerakan tangan, kepala, tubuh, dan kaki secara leluasa. Bisa kita perhatikan dalam gerakan pencak silat yang dikreasikan ke dalam jaipong. Properti yang digunakan berupa sampur yang diletakkan di leher para penari

Pengamatan 3

Nama Tarian : Tari Bondan

Asal daerah Tarian : Surakarta, Jawa Tengah

Unsur Karya tari yang diamati : Raga, irama, properti

Tanggapan terhadap karya tari : Tarian ini menggambarkan kasih sayang seorang ibu pada anaknya. Para penari menari di atas kendi sambil memutar-mutar kendi yang diinjak serta memainkan payung yang dibawanya. Properti yang digunakan adalah payung kertas, kendil dan boneka bayi yang di gendong penari

Kunci Jawaban Halaman 69 Tema 6 Kelas 6

Ayo Renungkan

Apakah kamu sudah mengenali ragam tarian daerah di Nusantara? Bagaimanakah cara yang akan kamu lakukan untuk menyayangi budaya daerah sebagai akar budaya nasional sehingga kamu akan selalu melestarikannya? Tuliskan hasil renunganmu pada kolom seperti berikut.

Hasil renungan:

Beberapa cara yang dapat saya lakukan untuk menyayangi budaya daerah yaitu :

  • Mau Mempelajari Budaya Tersebut
  • Mengambil Partisipasi dalam Pelestarian Kebudayaan Daerah
  • Mengajari Generasi Lainnya untuk Dapat Melestarikan Kebudayaan
  • Mempraktikkan penggunaan bahasa daerah dengan baik dan benar
  • Menghilangkan perasaan gengsi
  • Menghindari sikap primordialisme dan etnosentrisme

Kerja Sama dengan Orang Tua

Mintalah pendapat orang tuamu untuk menyebutkan tarian daerah dan asalnya. Melalui kegiatan ini kamu akan mengenal beragam tarian daerah yang merupakan akar budaya nasional. Tuliskan hasilnya pada kolom berikut.

Hasil Identifikasi:

  1. Tari Saman Meuseukat : D. I. Aceh
  2. Tari Kecak : Bali
  3. Tari Sekapur Sirih : Jambi & Kepulauan Riau
  4. Tari Jaipong : Jawa Barat
  5. Tari Reog Ponorogo : Jawa Timur
  6. Tari Poco-poco : Maluku Utara
  7. Tari Topeng : Betawi/DKI Jakarta
  8. Tari Kipas Pakarena : Sulawesi Selatan
  9. Tari Andun : Bengkulu
  10. Tari Bendrong Lesung : Banten

Nah adik-adik, itulah ulasan yang bisa kami paparkan, terkait dengan Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 65, 66, 68, 69 ini. Semoga saja jawaban-jawaban yang kami sediakan in, yang kemudian adika-dik jadikan jawaban  untuk menyelesaikan tugas sekolah, bisa menjadi penyebab, adik-adik mendapatkan nilai yang bagus dan tinggi dari teman-teman sekelas lainnya. Jika adik-adik sering mendapatkan nilai yang bagus, pastinya orang tua adik-adik akan sangat senang, dan juga akan sangat bagus sekali ini untuk prestasi adik-adik di sekolah. Maka silahkan, jangan ragu untuk memanfaatkan alternatif jawaban yang kami sediakan ini.

Mengerjakan tugas dan mengumpulkannya tepat waktu kepada guru kelas, memang hal yang sangat penting sekali. Dengan memanfaatkan alternatif jawaban ini, kami rasa adik-adik bisa melakukan hal tersebut. Serta kami juga cukup yakin, dari jawaban ini adik-adik bisa mendapatkan nilai yang bagus dari tugas harian. Dan kami juga tak lupa untuk mengingatkan, agar adik-adik selalu mengikuti blog Pojok Edukasi, dan terus melihat kelanjutan dari alternatif jawaban ini agar bisa menyelesaikan semua tugas yang ada. Serta jangan ragu untuk saling berbagi kepada teman sekelas lainnya.

Source : Buku Siswa SD/MI Kelas VI

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 65, 66, 68, 69 Tema 6 Kelas 6 Buku Siswa Subtema 2 Pembelajaran 4"